Meskipun setiap orang akan melakukan pembelian, namun nyataya mencari konsumen tidaklah mudah. Penjual bisa saja menghubungi, membujuk, dan mendekati target pasarnya. Namun, peluang untuk diterima tentu tergantung dari apa yang ditawarkan penjual dan yang dibutuhkan konsumen. Contoh, penjual menawarkan produk yang menarik dan berkualitas tinggi untuk memikat target pasar. Namun, memperhatikan fitur produknya saja belum cukup. Maka pembeli juga harus pintar dalam menjualnilai dan manfaat produknya. Atau dalam istilah bisnis adalah value proposition. Dengan membuat dan menampilkan value proposition yang menarik, maka calon pembeli akan semakin yakin untuk membeli produk tersebut.
Baca juga : SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Reset Keyword
Pengertian Value Proposition
Value proposition merupakan suatu pernyataan yang berisi manfaat yang ditawarkan sebuah bisnis kepada pelanggannya. Biasanya, pernyataan value proposition terdiri dari empat unsur. Namun, tidak semua value proposition memiliki keempat komponen tersebut secara lengkap. Terkadang ada juga value proposition yang hanya menampilkan headline dan CTA saja. Seperti pada halaman ini, semua komponen value propositionnya sudah sangat jelas. Keempat unsur tersebut yaitu:
- Headline – Bagian yang langsung menjelaskan manfaat utama layanannya, yaitu “Konsumen bisa mendapat website bisnis dengan fitur lengkap secara praktis”.
- Sub-headline – Bagian ini berfungsi untuk mendukung pernyataan di headline. Jadi, kalimatnya menekankan bahwa pembeli bisa langsung menerima website siap pakai.
- CTA – Fungsi tombol ini adalah mengarahkan calon pembeli untuk melakukan transaksi. Itulah kenapa tombolnya diberi tulisan “Lihat Penawaran”.
- Gambar – pasang gambar yang cocok untuk mendukung narasi. Patut dicatat bahwa kunci dari value proposition adalah menyampaikan manfaat dari produk atau layanan. Jadi, value proposition bukan sekadar slogan.
Berikut beberapa contoh slogan dari beberapa brand terkenal:
- Coca Cola – Open Happiness
- L’oreal – Because you’re worth it
- Apple – Think different
- McDonald’s – I’m lovin’ it!
Slogan tersebut tentu saja tidak menjelaskan manfaat produk, dan kalimat brending juga bukan termasuk value proposition. Contohnya seperti:
- Jasa Website Nomor Satu Jawa Barat.
- Restoran Padang pertama di Yogyakarta!
- Toko buku online nomor satu di Indonesia.
- Franchise ayam goreng terbaik dengan 40 cabang di seluruh Indonesia.
Karena pernyataan branding hanya berfungsi untuk menaikkan reputasi, bukan untuk menawarkan manfaat ke calon pelanggan.
Baca juga : Strategi Marketing Pelaku UKM Di Masa Pandemi dan PPKM
Cara Membuat Value Proposition yang Menarik
Untuk membuat value proposition yang menarik, caranya cukup simpel. Karena pengguna hanya perlu melakukan tiga hal berikut:
- Jelaskan produk dan manfaatnya.
- Jelaskan siapa yang cocok untuk membeli produknya.
- Jelaskan mengapa produk Anda lebih unggul dari kompetitor.
Jika pelaku bisnis mampu menjelaskan ketiganya, maka kemungkinan besar sudah punya value proposition yang ideal. Namun, meskipun sudah memiliki penawaran yang menarik, terkadang eksekusinya tidak sesuai harapan. Biasanya, disebabkan oleh penawaran yang tidak disampaikan dengan baik. Kemudian resentasikan value proposition agar lebih menarik.
Cara Menawarkan Value Proposition secara Lebih Menarik
- Hindari bahasa yang terlalu teknis. Pastikan target konsumen paham apa yang disampaikan dan yang ditawarkan. Maka, gunakan bahasa yang dimengerti oleh orang awam.
- Jangan berlebihan. Terkadang ada penawaran yang bahasanya terlalu heboh. Seperti “Produk revolusioner!” atau “Layanan yang akan mengubah hidup Anda!”. Padahal, konsumen pasti lebih tertarik jika penawarannya jujur dan apa adanya.
- Tawarkan bonus. Jika penawaran awal sudah menarik, lalu ditambahkannya dengan bonus. Tentu calon pembeli akan semakin tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
Contoh Bonus Penawaran yang Menarik bagi Pelanggan
Berikut beberapa contoh bonus yang menarik dan berpotensi membuat calon konsumen tertarik untuk membeli:
- Gratis ongkir. Cara ini banyak dilakukan oleh online marketplace ternama seperti Shopee dan Tokopedia.
- Beli satu produk gratis produk lain. Contoh pada pembelian domain dan hosting, pelanggan yang membeli hosting bisa mendapat domain gratis.
- Gratis instalasi. Contoh seperti bisnis internet service provideryang menawarkan gratis instalasi modem. Atau usaha isi ulang air galon mineral, yang menawarkan pemasangan ke dispenser secara cuma-cuma.
- Garansi. Terkadang konsumen takut produk yang dibeli tidak sesuai harapan. Maka, dengan menawarkan garansi, mereka tak perlu lagi khawatir dengan risiko kerugian.
- Potongan Biaya. Semua orang akan tertarik dengan diskon. Maka sebagai penjual, bisa memberikan potongan harga pada produk-produk tertentu untuk memberi nilai tambah.
Kemudian, seberapa besar pengaruh value proposition terhadap peningkatan penjualan? Sebuah agensi CRO (Conversion Rate Optimization) pernah melakukan riset dengan memperbaiki value proposition di lima website. Dan hasilnya, semua website tersebut menunjukkan peningkatan penjualan, bahkan ada yang meningkat hingga 90%. Dapat disimpulkan, bahwa value proposition memiliki peran yang cukup besar dalam meningkatkan penjualan. Namun, value proposition yang dipasang tidak hanya menarik, tapi juga efektif.
Baca juga : Strategi Promosi Bisnis Dengan Menggunakan Hashtag
Cara Mengetahui Kebutuhan Customer dengan Value Proposition
1. Pahami Customer
Jika sudah memutuskan fokus bisnis, catat apa saja pekerjaan (Customer Jobs) yang harus dilakukan customer. Contoh, apakah customer merupakan orang yang sering bepergian, Atau apakah customer adalah orang yang lebih sering bekerja di rumah? Kebutuhan mereka jelas berbeda baik itu untuk sehari- hari maupun kebutuhan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Selanjutnya, pelajari tentang Pains yang ada di customer. Contoh, apa saja yang menghalangi atau menyulitkan customer dalam melakukan pekerjaannya? Kuncinya adalah terus bertanya dan mempelajari lebih jauh tentang customer.
2. Value yang Bisa di Ciptakan
Tuliskan beberapa opsi atau pilihan yang memungkinkan untuk menyelesaikan pekerjaan (Customer Jobs) yang dipikirkan. Dengan menggabungkan ide-ide tersebut, maka bisa mendapatkan produk atau jasa yang dapat menciptakan Gains dan mengurangi Pains untuk customer, dan tentunya disukai oleh customer. Menggunakan Value Proposition ini dapat membuat pelaku bisnis berpikir berbeda tentang customer, dan apa yang bisa ditawarkan pada customer. Dengan mengerjakan sesuatu dengan baik, customer tentu akan berpikir baik tentang mengapa mereka membutuhkan layanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka. Setelah mengetahui kecocokan dan ketidakcocokan pada Value Production, kemudian kenali siapa customer anda, gaya hidup mereka, dan apa saja kebutuhannya. Agar tidak terjadi ketidakcocokan pada produk atau layanan. Pastikan seluruh komponen pada Value Productionas bersinergi dengan baik untuk hasil yang baik juga.
Contoh Value Proposition yang Mengundang Calon Pembeli
-
Flip
Flip adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank tanpa mengeluarkan biaya. Manfaat tersebut ditampilkan Flip sebagai headline utama. Flip juga menempatkan tombol CTA tepat di bawahnya, sehingga pengguna yang tertarik bisa langsung mendaftar. Jadi, sub-headlinenya masih mendukung manfaat yang ditampilkan di headline utama, yaitu membantu masyarakat Indonesia menghemat uang dengan menghapus biaya transfer antar bank. Analisa value proposition:
- Produk dan manfaatnya: Aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank tanpa biaya.
- Cocok digunakan oleh: Orang-orang yang sering melakukan transfer antar bank, untuk menghemat biaya yang dikeluarkan.
- Keunggulan produk: Flip bersaing dengan aplikasi-aplikasi mobile banking yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank juga. Namun, rata-rata kompetitornya masih menerapkan biaya transfer.
Baca juga : Pentingnya Website atau Blog untuk Perkembangan Bisnis
-
Mitra Bukalapak
Mitra Bukalapak adalah program yang dibangun oleh Bukalapak untuk membantu para anggotanya membuka usaha dengan berjualan berbagai produk dan jasa yang ada di Bukalapak. Value proposition yang ditawarkan pun cukup menarik. Dan headline utama websitenya langsung menjelaskan, bahwa siapa pun bisa mendapat untung jutaan dengan menjadi Mitra Bukalapak. Hal ini tentu menggoda sekali bagi orang-orang yang ingin mendapat penghasilan tambahan. Sub-headlinenya pun mendukung narasi di headline utama, dengan menjelaskan bahwa Mitra Bukalapak dapat menikmati berbagai manfaat mulai dari belanja stok warung hingga menjual produk virtual. Lalu, jika melihat ke bagian kanan headline, Bukalapak menaruh gambar yang senada dengan pernyataan di headline, yaitu: Siapapun bisa mendapat keuntungan dari program ini. Mulai dari orang tua, anak muda, ibu rumah tangga, hingga tukang ojek. Analisa Value Proposition:
- Produk dan manfaatnya: Program mitra usaha yang dapat membantu anggotanya untuk meraih penghasilan tambahan.
- Cocok digunakan oleh: Siapa pun yang berminat untuk mendapat penghasilan tambahan dari berjualan.
- Keunggulan produk: Mitra Bukalapak dapat bergabung tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Selain itu, ada banyak keuntungan lainnya seperti harga ekonomis untuk produk grosir dan juga potongan harga untuk layanan top up dan tagihan.
-
Sucor Sekuritas
Value proposition yang sederhana juga bisa menjual lho! Contoh, seperti value proposition yang digunakan Sucor Sekuritas. Perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan investasi ini mempunyai value proposition yang sangat simpel, yaitu “Grow Your Wealth” alias “Mengembangkan kekayaan Anda”. Kemudian, mereka juga menekankan manfaat layanannya di bagian sub-headline, yaitu membantu orang-orang untuk mencapai kebebasan finansial, yang merupakan cara yang cukup brilian untuk mengajak masyarakat awam mengenal lebih jauh tentang dunia investasi. Karena bahasanya sangat mudah dimengerti. Sebaliknya, jika value proposition yang digunakan adalah “Membantu pemula berinvestasi untuk capai return yang tinggi”. Tentu akan lebih membingungkan, apalagi bagi orang awam. Analisa Value Proposition:
- Produk dan manfaatnya: Layanan manajemen aset dan perdagangan online yang dapat membantu nasabahnya membangun kekayaan dan mempertahankannya.
- Cocok digunakan oleh: Orang-orang yang tertarik untuk berinvestasi demi mengembangkan kekayaan mereka dari waktu ke waktu.
- Keunggulan produk: Selain menawarkan produk investasi yang cukup lengkap. Sucor Sekuritas juga memiliki aplikasi SPOT yang dapat mempermudah nasabah dalam melakukan trading saham via online.
Baca juga : Memahami Tentang Pengertian Dan Perkembangan Komputer Generasi Kelima
-
Notion
Pelaku bisnis bisa saja memiliki value proposition yang menarik. Namun apabila kompetitor menawarkan value yang sama, solusinya yaitu dengan memberikan ciri khas pada value proposition yang ditawarkan. Contoh, seperti yang dilakukan oleh Notion, sebuah aplikasi workspace yang memiliki banyak fungsi. Mulai dari menulis catatan, menyimpan tugas, hingga menjalankan proyek kolaborasi. Value proposition mereka adalah “All-in-one workspace”. Yang berarti, pengguna bisa membuat dan mengakses seluruh data terkait pekerjaan di satu tempat. Idenya memang menarik, namun jika presentasinya kurang tepat, tentu saja akan terdengar membosankan. Notion tahu bahwa penggunanya adalah orang-orang yang tertarik dengan kemudahan dan hal-hal yang sifatnya simpel. Maka mereka menggunakan style minimalis dalam menyampaikan value propositionnya. Penggunaan gambar-gambar nya juga simpel namun bermakna. Dan pengunjung bisa melihat konsistensi style Notion di seluruh halaman websitenya. Analisa Value Proposition:
- Produk dan manfaatnya: Workspace multi fungsi yang dapat memudahkan penggunanya dalam banyak hal terkait pekerjaan. Mulai dari mencatat tugas harian, menulis laporan, hingga melakukan kolaborasi antar tim.
- Cocok digunakan oleh: Orang-orang ingin membuat, menyimpan dan mengakses seluruh data pekerjaan di satu tempat.
- Keunggulan produk: Notion bukan hanya sekadar aplikasi pembuat catatan. Karena, penggunanya juga dapat membuat database, diagram, dan tabel. Notion juga sudah terintegrasi dengan aplikasi populer lain seperti Slack dan Google Drive.
-
Qasir
Qasir adalah aplikasi kasir yang dapat membantu para pengusaha untuk mengelola bisnis via perangkat mobile. Saat pertama kali melihat value propositionnya, pasti langsung tahu apa manfaat utama aplikasi ini. Pengguna juga pasti menyadari bahwa yang menjadi kunci dari penawarannya adalah kata gratis. Karena, kata ini muncul secara berurutan di headline, sub-headline, dan juga tombol CTA. Jadi, bisa dibilang gratis merupakan salah satu keunggulan utama yang dimiliki Qasir. Selain menulis penawaran yang menarik, gambar yang digunakan Qasir pun cukup mewakili fungsi aplikasi mereka. Mulai dari memilih menu hingga memproses pembayaran. Pelaku bisnis lain juga bisa melakukan hal yang sama ketika merangkai value proposition. Pastikan seluruh elemennya, mulai dari headline hingga gambar, mampu mengkomunikasikan manfaat dan keunggulan produknya dengan baik ke calon konsumen. Analisa Value Proposition:
- Produk dan manfaatnya: Aplikasi kasir yang dapat membantu para pengusaha mengelola bisnisnya melalui perangkat mobile.
- Cocok digunakan oleh: Pengusaha yang mencari solusi mudah dalam mengelola usaha sekaligus kemudahan dalam melayani pelanggan.
- Keunggulan produk: Sesuai dengan value proposition di halaman utama websitenya, pengguna dapat menikmati fitur Qasir secara cuma-cuma. Qasir juga menawarkan fitur premium seperti fitur laporan usaha dan fitur absensi.
Baca juga : Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal di Masa Pandemi
Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.
Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?