JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal di Masa Pandemi

Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal di Masa Pandemi

Untuk menyikapi anjuran #dirumahaja, ada baiknya para pelaku bisnis mulai melihat peluang bisnis online. Karena bisnis konvensional dengan pemasaran offline terkena dampak yang paling besar dengan kondisi pandemi ini. Ada banyak pilihan bisnis online, beberapa diantaranya bahkan bisa dimulai tanpa modal. Di era teknologi ini memungkinkan  untuk bisa memangkas pengeluaran terutama bagi yang ingin membuka bisnis online tanpa berikut beberapa rekomendasi bisnis online tanpa modal:

Baca juga : Tips Membuat Konsumen Terpikat Dengan Produk yang Ditawarkan

Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal

  1. Reseller atau Dropshipper

Ketika membeli barang secara online, pasti pernah mendengar istilah reseller atau dropshipper. Bisnis online tanpa modal ini bisa jadi pilihan yang terbilang mudah, karena tidak harus berpikir tentang konsep bisnis dan membuat sebuah produk. Hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  • Menentukan produk apa yang akan dijual, dengan menggunakan analsis Swot, maka sudah dapat membaca trend pasar yang laku di masyarakat.
  • Mencari produk yang akan dijual, sebagai Reseller atau Ddropshipper pastikan terlebih dahulu kualitas produk yang dijual. Agar saat menjual produk pada bisnis online tidak mendapat complain dari pembeli, dan membuat pembeli akan loyal untuk kedepannya.
  • Membuat akun pada situs jual beli, untuk media toko online dapat memasarkannya melui platform Bukalapak, Tokopedia, Shopee, OLX
  • Membuat akun media social, untuk memasarkan produk yang dijual, dapat mempromosikannya dengan media social seperti Twitter, Facebook, Instagram, sehingga semakin banyak yang mengenal toko online dan semakin banyak yang akan membeli produk.
  • Membuat media promosi, bisa dibuat melalui iklan dan memanfaatkan Influencer untuk menaikkan nama produk agar lebih mudah mendapatkan banyak pelanggan.

Sederhananya, menjadi reseller dan dropshipper bisa mendapat penghasilan dengan hanya memasarkan produk tanpa mengeluarkan modal dan takut mengalami kerugian. Karena, hanya mempromosikan barang-barang yang dijual saja melalui gambar atau foto yang dikirimkan dari supplier. Bisnis Reseller adalah bisnis yang membeli produk dari distributor atau supplier dengan harga yang lebih murah dari pasaran untuk di jual kembali dengan harapan mendapatkan sejumlah keuntungan dari penjulan barangtersebut. Sedangkan Dropshipper merupakan bisnis yang hampir sama dengan reseller, bedanya barang bisa dikirim langsung dari pemasok ke pembeli. Sehingga penjual tak perlu menyediakan tempat dan repot menyimpan maupun melakukan pengemasan barang untuk dikirim ke pembelinya. Penghasilan dropshipper berasal dari selisih harga, dari yang dibayarkan oleh pembeli dengan yang dibayarkan untuk supplier.

  1. Membuka Jasa Pembuatan Website dan Jasa SEO

SEO

Bagi yang jago coding, membuka jasa pembuatan website bisa menjadi bisnis online yang menjanjikan. Karena banyak orang mulai memahami pentingnya website tapi belum mampu membuat website sendiri. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu, bangunlah website yang unik sebagai media promosi dan identitas online. Bangun juga branding yang kuat atas keahlian tersebut. Serta lebih jelilah dalam memilih target pasar dan menyesuaikan tarif jasa yang dikenakan. Bisnis online ini bisa dilakukan tanpa modal, namun tetap menjanjikan keuntungan yang berlipat, karena bisa melakukan berbagai pengembangan usaha. Kemudian bagi yang memiliki keahlian SEO (Search Engine Optimization), membuka jasa konsultan optimasi website adalah pilihan bisnis online menjanjikan. Bisnis online ini akan membantu website pebisnis untuk mendapat peringkat terbaik di mesin pencari. Dan akan mendatangkan banyak pengunjung yang berpeluang meningkatkan penjualan produk. Gunakanlah strategi yang baik seperti riset keyword, content audit, hingga monitor backlink, sekaligus untuk membangun reputasi bisnis. Untuk memasarkannya, bisa memanfaatkan website portofolio atau blog yang menjelaskan kemampuan yang dimiliki atau juga bisa berpromosi lewat media sosial.

Baca juga : Alasan Perusahaan Besar Banyak yang Menggunakan WordPress

  1. Admin Media Sosial

sosial media

Saat ini, orang yang menggunakan sosial media tentu semakin banyak, bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu akun.  Selain untuk pribadi, media sosial juga bisa digunakan sebagai sarana bisnis online tanpa modal. Bagi pebisnis online biasanya lebih memilih untuk merekrut orang lain untuk dijadikan sebagai admin media sosial dengan upah jutaan rupiah untuk melakukan beberapa pekerjaan, di antaranya yaitu : membuat konten media sosial yang menarik, membantu mencari followers, berkomunikasi dengan followers, meningkatkan brand awareness, serta meningkatkan traffic website melalui media social.

  1. Menjadi Vlogger

giveaway

Banyak media social yang membutuhkan vlogger untuk endorse. Maka banyak juga Vlogger yang bermunculan, baik vlogger dewasa maupun anak-anak, dengan tema yang berbeda-beda. Misal vlog travelling, review kuliner, kecantikan dan sebagainya. Dan tentu saja, hal ini dapat menjadi peluang bisnis online tanpa modal yang patut dicoba. Tidak perlu mempunyai kamera mahal untuk bisa memulai membuat vlog atau endorse. Karena bisa langsung memulainya hanya dengan menggunakan smartphone. Untuk menjadi vlogger, maka harus mempunya tingkatkan percaya diri, keterampilan kreativitas dan relasi yang banyak dalam pembuatan vlog ataupun endorse. Buatlah video dan foto yang kreatif, maka penonton dan followers juga akan terus bertambah.

  1. Membuat Tutorial Online dan Kursus Online

tutor online

Saat ini ilmu bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan melalui media apapun, terutama Youtube dengan Youtube adSense. Sudah banyak orang-orang yang membuat konten tutorial video, audio, pelajaran, seminar, hingga game online. Kreatifitas dalam dunia digital sangat dibutuhkan, jika kamu mampu memanfaatkan keterbatasan yang ada. Inilah peluang yang cukup menarik untuk mendapatkan penghasilan dengan cara membuat tutorial online. Kursus online adalah sebuah website yang berisi berbagai macam materi pengetahuan yang bisa diakses dengan sistem berbayar. Baik dengan sistem berlangganan, maupun sekali beli. Anjuran Pemerintah untuk belajar dari rumah membuat kursus online kian booming. Tak hanya bagi siswa, banyak karyawan perusahaan yang juga membutuhkan akses belajar skill baru melalui kursus online.

Bagi yang tak memiliki keahlian coding untuk membuat website, banyak platform seperti wordpress yang dapat membantu dalam membuat kursus online dengan sistem yang baik. WordPress memiliki banyak plugin LMS (Learning Management System) yang akan membantu mengelola kursus, membuat kelas hingga manajemen portal pembayaran. Meskipun bisa dimulai tanpa modal, namun tetap disarankan untuk berinvestasi dengan layanan hosting yang baik. Agar mampu menyediakan website yang bisa diakses kapan saja tanpa kendala.

  1. Bergabung dengan Afiliasi

Afiliasi merupakan bisnis online tanpa modal dengan cara menjualkan produk pihak lain. Pendapatan afiliasi berasal dari komisi penjualan barang. Besarnya prosentase komisi sesuai dengan yang telah disepakati dengan penjual, bisa 20% atau 50%. Afiliasi biasanya berupa sebuah program yang mengharuskan untuk mendaftar. Setelah bergabung, akan mendapatkan kode kupon atau banner. Cukup pasang banner tersebut di website atau blog, atau sebarkan kupon melalui media sosial. Setiap kali konsumen membeli produk menggunakan kupon tersebut, akan terhitung sebagai poin yang menjadi komisi penjual. Kunci dari bisnis afiliasi adalah bagaimana mendapatkan prosentase komisi yang besar.

Baca juga : Rekomendasi Pekerjaan Freelance Yang Menjanjikan Di Masa Pandemi

  1. Jasa Desain Grafis

desain grafis

Ketika memiliki keahlian dibidang desain dan art, ini merupakan peluang yang sangat besar. Saat ini, design grafis merupakan produk yang banyak diminati. Karena untuk membuat brand suatu produk harus menggunakan design yang creative dan menarik. Misal, membuat desain logo, desain kemasan produk, desain brosur dan lainnya. Bisnis ini bisa mendapatkan penghasilan online, terlebih jika sudah mahir, maka bayaran atau upah yang didapat bisa sangat tinggi. Jika masih memiliki kemampuan dasar, teruslah berlatih membuat desain untuk memperdalam keahlian. Untuk mendapatkan konsumen, Anda bisa juga bergabung ke platform freelancer. Namun, tetap perlu membangun reputasi online sendiri melalui sebuah website portofolio, untuk menjadi bukti keahlian desain. Calon klien juga tidak akan ragu lagi setelah mengetahui hasil karya desain yang ditampilkan.

  1. Menjadi Blogger

Dengan memiliki sebuah blog, tentu akan menulis konten yang tidak hanya menarik tapi juga bermanfaat, dan akan menarik pengunjung untuk datang ke blog dan mendapatkan informasi berkualitas yang dibutuhkan. Semakin banyak pengunjung datang, semakin besar penghasilan yang akan didapatkan. Penghasilan akan didapatkan melalui iklan. Misal, dengan bergabung ke platform Google Adsense. Bahkan tak jarang ada bisnis yang berani membayar untuk menulis sponsored post.

  1. Menjadi Influencer dan Podcaster

podcast

Tak perlu menjadi artis untuk bisa menekuni dunia influencer. Karena banyak bisnis kecil dan menengah yang membutuhkan figur untuk mempromosikan produk mereka tapi dengan tarif terjangkau. Influence marketing merupakan salah satu strategi dalam digital marketing yang masih akan terus digunakan oleh para pebisnis dalam upaya menjual produk. Untuk menjadi seorang influencer, pastikan sudah memahami tingkatannya terlebih dahulu. Hal ini penting untuk memastikan bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Sebagai langkah awal, bisa bergabung ke salah satu platform influencer terlebih dahulu. Seiring reputasi sebagai seorang influencer meningkat, maka bisa mulai menawarkan jasa tersebut secara mandiri. Bisa melalui media sosial seperti Instagram atau melalui blog.

Selain itu ada juga podcasting, dimana saat ini podcasting juga bisa menjadi bisnis online tanpa modal. Dimana podcast fokus pada konten audio. Menjadi podcaster artinya membangun sebuah channel yang menyediakan konten audio on demand yang bisa diakses secara online. Topik konten untuk channel bisa apa saja, mulai dari bahasan kehidupan sehari-hari sampai dengan topik berat yang sedang viral. Pilihlah yang memiliki audiens yang besar dan setia agar podcast bisa semakin berkembang. Untuk membuat podcast, bisa memanfaatkan platform seperti Spotify, Anchor, atau Soundcloud. Namun, untuk tampil unik dan keleluasaan penggunaan, menggunakan website sendiri adalah pilihan terbaik. Bangun channel sendiri di website WordPress yang dilengkapi plugin seperti PowerPress Podcasting. Jika sudah memiliki banyak pendengar, mulailah melakukan monetizing untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, afiliasi dan lainnya.

  1. Menjadi Penulis Freelance atau Berjualan Ebook

ebook

Keahlian menulis juga bisa menjadi bisnis online yang menguntungkan. Karena saat ini banyak pebisnis yang sadar pentingnya pemasaran dengan content marketing. Salah satunya, melalui blog. Namun, tak banyak dari mereka yang memiliki keahlian menulis artikel yang menarik. Maka, bisnis online jasa penulisan konten cukup menjanjikan. Untuk menemukan calon konsumen, bisa dengan melakukan beberapa cara. Yaitu dengan bergabung dengan platform freelancer dan mengambil pekerjaan sesuai keahlian. Atau membangun blog atau website portofolio yang menunjukkan skill. Siapkan halaman kontak khusus agar calon klien mudah menghubungi Anda. Lalu, promosikan skill melalui berbagai platform media sosial untuk mendukung upaya pemasarannya. Kemudian dengan bekal kemampuan menulis, juga bisa melakukan bisnis berjualan ebook yang saat ini sedang naik daun. Hal ini terjadi berkat perkembangan teknologi yang memudahkan buku digital dapat diakses di mana saja dengan berbagai perangkat. Saat ini juga banyak toko buku digital yang melayani penjualan ebook. Jadi, konsumen bisa membeli buku dengan cepat dan mudah. Untuk menekuni bisnis ini, harus mampu membuat sebuah buku digital yang menarik. Tidak hanya dari kontennya, tapi juga dari desain dan tampilannya. Penjualan ebook bisa dilakukan dengan menjualnya lewat toko buku digital, atau menjualnya secara mandiri baik menggunakan media sosial atau website. Jika menggunakan WordPress, cukup menambahkan plugin download yang memiliki fitur sistem pembayaran untuk menjual ebook.

Baca juga : Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis Online

  1. Membuka Toko Online

tips

Meskipun dalam kondisi pandemi, kebutuhan sehari-hari harus tetap terpenuhi, dari makanan hingga alat mandi dan berbagai kebutuhan lain. Maka, membuka toko online dengan layanan antar merupakan ide bisnis online menjanjikan. Terutama, dengan pangsa pasar konsumen di kota-kota besar. Membuat website toko online tidaklah sulit, cukup dengan membeli hosting dan domain, lalu memilih platform website toko online. Selanjutnya, pasang beragam produk yang dijual dalam tampilan etalase yang menarik dan gunakan strategi bisnis yang menarik pembeli. Salah satu contoh toko online yang bisa Anda jalankan adalah toko sayur online, bisa menjual sayur dalam bentuk paket masakan, alih-alih menjual terpisah. Misal, paket sayur asem, paket sayur sop, dan lainnya. Promosi toko online bisa dilakukan melalui media sosial atau dengan membangun blog yang menghubungkan dengan toko online. Tujuannya, untuk lebih banyak menarik pembeli datang. Bisnis online ini membutuhkan investasi yang kecil, tapi menjanjikan hasil yang menguntungkan.

Selain menggunakan website, media sosial juga bisa menjadi sarana untuk membuka bisnis online. Instagram merupakan platform media sosial untuk jenis bisnis ini, karena mampu menampilkan foto dan video produk dengan lebih menarik. Caranya dengan membuat akun Instagram bisnis, untuk membangun kredibilitas bisnis. Kemudian, lakukan optimasi profil agar pengguna bisa mendapatkan informasi bisnis dengan lengkap. Posting konten yang menarik dengan berbagai penawaran khusus seperti free delivery di area tertentu atau hari tertentu. Sesekali perlu mengiklankannya, sesuai dengan budget dan target pasar.

Baca juga : Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis Online

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂