JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
seo tools gratis

SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Reset Keyword

Google sebagai satu-satunya mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan saat ini, memiliki cara tersendiri untuk melihat kualitas dari sebuah konten dalam sebuah website. Demi memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya, Google akan memilih website berkualitas yang paling relevan untuk ditampilkan di hasil pencarian. Sistem yang begitu rumit ini memang pada akhirnya membuat Google harus berkali-kali melakukan update untuk sistem algoritma mereka. Maka dengan menggunakan SEO tools dapat memperkirakan bagaimana Google melihat kualitas konten dari sebuah situs. Ibarat kalkulator, SEO tool dapat membantu dalam melakukan perhitungan strategi SEO yang akan dijalankan.  Strategi SEO bisa berupa optimasi kualitas konten (On Page) atau optimasi link building (Off Page). Maka, SEO tool yang dipilih nantinya harus memiliki beberapa kriteria, misalnya:

Baca juga : Plugin WordPress Terbaik Untuk Toko Online

  • Support SEO On Page dan Off Page
  • Tampilan dan navigasinya user-friendly
  • Analisis atau datanya lengkap
  • Bisa digunakan tanpa biaya atau gratis
  • Menawarkan free trial untuk fitur premium

Untuk mendapatkan keyword atau kata kunci yang tepat, maka memerlukan SEO tools. SEO tools adalah alat yang digunakan untuk mendapatkan keyword yang bagus agar artikel yang dibuat memiliki power untuk memenangkan persaingan di search engine atau mesin pencari. Ada banyak macam SEO tools untuk riset keyword, baik gratis maupun yang berbayar.

Pengertian SEO

SEO adalah teknik optimasi situs dengan tujuan agar konten bisa masuk ke halaman pertama dan peringkat pertama di mesin pencari Google. Contoh, situs online jualan makanan kucing daerah Bogor, maka sudah pasti kontennya pun seputar makanan kucing. Ketika orang mencari di Google dengan kata kunci ‘makanan kucing di Bogor’ maka situs tersebut akan muncul di peringkat pertama. Jika website mendapatkan ranking teratas, trafik website akan meningkat. Bisa juga mendapatkan trafik yang sesuai dengan target pasar yang diinginkan. Sehingga tak hanya trafik yang tinggi, namun juga membidik pengunjung yang tepat sesuai dengan tujuan bisnis. Untuk bisa mendapatkan ranking di mesin pencari, situs perlu mengikuti aturan yang dibuat oleh mesin pencari (Google). Dan SEO dapat membantu situs untuk sedemikian rupa mengikuti aturan Google. Sebenarnya ada banyak search engine di dunia, namun karena Google yang paling besar, maka SEO ditujukan untuk optimisasi halaman di Google.

Baca juga : Strategi Marketing Pelaku UKM Di Masa Pandemi dan PPKM

SEO Tools Gratis Terbaik 2021

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner

Google keyword planner adalah bagian dari platform iklan yang dimiliki Google dan merupakan layanan untuk mencari serta melakukan analisis terhadap kata kunci yang akan dibidik dan dapat meningkatkan kualitas konten yang dibuat. Sampai saat ini, tools Google keyword planner menjadi favorit banyak orang untuk mencari kata kunci yang tepat, karena database keyword yang selalu update, disertai dengan angka persaingan di mesin pencari. Dan karena database keyword yang lengkap, maka dapat memudahkan dalam menentukan sebaik apa kualitas keyword yang akan digunakan.  Dengan Google Keyword Planner Anda bisa:

  • Menemukan kata kunci baru
  • Melakukan riset keyword yang digunakan di website

Semua itu dapat dilakukan menggunakan dua fitur utama, yaitu Discover New Keyword dan Get Search Volume and Forecast. Dengan kedua fitur tersebut, maka bisa memasukkan kata kunci dan domain tertentu untuk melihat beberapa informasi penting, seperti:

  • Kata kunci yang relevan
  • Rata-rata volume pencarian
  • Tingkat kompetisi untuk masing-masing keyword

Google Keyword Planner berada di dalam layanan Google Ads. Jadi, bisa juga dimanfaatkan untuk melakukan riset keyword untuk kebutuhan ads atau iklan. Maka Google Keyword Planner, cocok digunakan bagi yang ingin melakukan riset kata kunci dengan efektif dan juga berencana untuk menggunakan iklan.

2. SEMrush

semRush

SEMrush yang dirilis pada tahun 2008 ini, dikenal sebagai salah satu SEO tools terbaik yang mampu menjawab kebutuhan lebih luas seperti online marketing. Dengan SEMrush, maka bisa meningkatkan upaya SEO On Page dan Off Page, menggunakan fitur sebagai berikut:

  • Competitive research – Ringkasan performa domain, analisis traffic, pencarian organik, membandingkan keyword dan backlink dengan kompetitor
  • Keyword Research – Melacak posisi SERP, merangkum keyword yang relevan, saran traffic organik untuk situs, dan lainnya
  • Link Building – Tool analisis, audit, dan membangun backlink.
  • On Page & Technical SEO – Audit situs, mengecek performa SEO On Page
  • Rank Tracking – Memberikan hasil domain peringkat teratas di SERP

Data analisis SEMRush cukup lengkap tapi mampu ditampilkan dengan tabel yang ringkas serta informasi yang singkat dan padat. Navigasi SEO tool ini juga sangat intuitif dan terstruktur, cocok digunakan oleh pengguna pemula hingga tingkat lanjut. SEMrush merupakan fitur audit website dan tracking keyword untuk menentukan kata kunci yang cocok digunakan untuk website, terutama blog. Versi gratis SEMrush sudah cukup untuk mendapatkan informasi utama. Namun beberapa informasi yang lebih spesifik masih terkunci. Jika membutuhkan fitur lengkap, bisa mencoba free trial 30 hari yang ditawarkan. Jika dirasa SEMrush dapat membantu proses SEO lebih optimal, langganan berbayar bisa menjadi solusinya.

Baca juga : Strategi Promosi Bisnis Dengan Menggunakan Hashtag

3. Google Trends

Google Trends

Untuk mengetahui apa yang saat ini sedang trend  atau untuk mengetahui seberapa populer kata kunci yang menjadi incaran, Google Trends bisa menjadi salah satu SEO tools bantuan dalam praktik SEO On Page. Di platform gratis milik Google ini, pengguna dapat:

  • Mencari kata kunci yang sedang populer
  • Menambah referensi keyword baru
  • Membandingkan secara historis performa kata kunci
  • Mengetahui lokasi yang potensial untuk kata kunci tertentu.

Selain memberikan hasil pada pencarian web, Google Trend juga memberikan hasil dari Google Images, Google News, Google Shopping, dan YouTube. Dengan informasi dari tool ini, maka dapat mengatur strategi pembuatan konten sesuai dengan tren kebutuhan pengguna. Dan Google Trend, cocok untuk yang ingin membuat konten terbaik sesuai tren terhangat.

4. Google Analytics

Google Analytics

Karena sebagian besar pencarian online menggunakan Google, maka menjadi ranking pertama Google merupakan hal yang penting. Maka, memanfaatkan SEO tool seperti Google Analytics sangat direkomendasikan. Karena Google Analytic memiliki kemampuan untuk memantau perkembangan performa website. Bahkan tools yang memiliki user hingga 28,8 juta pengguna ini mampu menyarikan data lengkap berupa:

  • Realtime – Analisis data website yang selalu update
  • Demografi pengunjung – Informasi mengenai aktif user, jumlah tayangan, total pengguna baru, bounce rate, dan lainnya
  • Perilaku pengunjung – Detail frekuensi kunjungan, engagement (durasi sesi dan jumlah halaman yang dibuka dalam satu sesi), kemungkinan konversi, dan lainnya
  • Jumlah trafik – Informasi seputar tren trafik, referral link ke website, dan sumber trafik secara umum
  • Sumber trafik– Data traffic yang bersumber dari organik, direct, referral, ataupun media sosial
  • Kecepatan website – Urutan halaman populer beserta waktu loading, dilengkapi saran untuk mempercepat loading halaman

Dengan memiliki data tersebut, dapat mengetahui strategi apa yang harus dilakukan untuk mengalahkan kompetitor. Untuk menggunakanya, bisa memasang Google Analytic di website WordPress. Maka Google Analytic, wajib untuk yang ingin memantau pola aktivitas pengunjung dan berapa lama berada di halaman website.

5. Google Search Console

Google Search Console adalah tool gratis yang dapat mengidentifikasi performa website di ranah organik. SEO tool keluaran Google ini tidak perlu diragukan lagi keakuratan datanya. Karena, hasil riset yang ditampilkan tentu berasal dari database Google. Tool yang sebelumnya bernama Google Webmaster Tool ini memiliki kemampuan sebagai berikut:

  • Mengetahui referring domain
  • Memeriksa kinerja website di perangkat mobile
  • Menganalisis traffic website
  • Mencari ide keyword baru
  • Mengidentifikasi halaman terpopuler di website
  • Memeriksa kompatibilitas website di perangkat mobile
  • Melihat backlink ke website
  • Memeriksa broken link
  • Mengidentifikasi masalah keamanan website
  • Mengatur sitemap website

Ketika melakukan pengecekan website dengan Google Search Console, pengguna akan mendapat informasi berupa statistik perkembangan total klik, impression, rata-rata CTR, hingga rata-rata posisi website. Data yang ditampilkan oleh Google Search Console cukup lengkap. Namun, untuk membaca data tersebut bisa menjadi tantangan bagi pemula karena banyak istilah teknis yang harus dipahami. Maka Google Search Console, cocok untuk yang menginginkan solusi praktis optimasi SEO On Page dan SEO Off Page tanpa biaya.

Baca juga : Pentingnya Website atau Blog untuk Perkembangan Bisnis

6. Yoast SEO

Yoast SEO

Yoast SEO merupakan salah satu plugin SEO terpopuler di kalangan pengguna WordPress. Berbeda dengan tool lain yang harus diakses melalui website atau web app, Yoast SEO dapat dipasang di WordPress dan secara otomatis akan menganalisis apakah konten sudah menerapkan SEO dengan benar. Yoast SEO memiliki beberapa fitur, seperti focus keyword, meta deskripsi, meta title, readability, slug, dan lainnya. Dengan fitur-fitur tersebut, Yoast SEO sangat tepat digunakan untuk memastikan konten sudah sesuai kaidah SEO secara real time. Yoast SEO juga dapat membantu dari sisi technical. Misal, dengan memberikan rekomendasi interlink untuk artikel, notifikasi error page, canonical link otomatis, dan How To schema agar konten lebih terstruktur. Maka Yoast SEO, cocok dipasang di WordPress sebagai bantuan optimasi dari SEO On Page dan teknikal.

7. Ubersuggest

Ubersuggest

Ubersuggest dari neilpatel.com merupakan salah satu SEO tool serbaguna yang bisa membantu optimasi secara On Page dan Off Page, karena hadir sebagai tools yang menawarkan fitur lengkap. Tool ini dilengkapi dengan tiga fitur utama, yaitu:

  • Keyword Analyzer – Menganalisis kekuatan keyword, memberi kata kunci yang relevan, menampilkan laporan performa keyword, dan lainnya
  • Competitive Analysis – Membandingkan data SEO beberapa kompetitor sekaligus
  • SEO Explorer – Menganalisis SEO On Page, memberikan informasi backlink, merangkum informasi terkait SEO

Keunggulan Ubersuggest:

  • Adanya fitur riset keyword yang detail, meliputi ide keyword, ide konten, dan list keyword
  • Terdapat laporan data keyword secara umum, seperti historis volume pencarian, tingkat kesulitan SEO, CPC, dan paid difficulty
  • Dapat melihat tingkat persaingan dengan fitur khusus Similar Website
  • Memberikan rincian traffic, baik berdasarkan keyword maupun halaman populer
  • Informasi lengkap seputar pencarian website di ranah organik, seperti skor SEO website secara keseluruhan, traffic per bulan, dan keyword yang menang
  • Dapat mengidentifikasi kekurangan website, misalnya error, kecepatan website, dan saran untuk memperbaikinya
  • Detail laporan backlink yang mengarah ke website Anda
  • Menganalisa kesempatan backlink yang bisa didapat, dapat melihat perbandingan dengan domain kompetitor

Untuk mencoba Ubersuggest, bisa menggunakan 7 hari percobaan gratis. Jika cocok, maka dapat melanjutkan dengan akun berbayar. Ubersuggest juga cukup efektif untuk mendukung strategi iklan dengan informasi lengkap seputar ads, paid search, dan analisis kompetitor. Ubersuggest juga menjadi tools yang memiliki user interface yang sangat ramah dan intuitif. Tentu tak butuh waktu lama untuk memahami cara kerja platform ini, bahkan bagi yang baru pertama kali menggunakannya.

Baca juga : Memahami Tentang Pengertian Dan Perkembangan Komputer Generasi Kelima

8. Google PageSpeed Insight

Google PageSpeed Insights

Berdasarkan riset Google menunjukkan, sebanyak 53% pengguna internet di Indonesia meninggalkan website yang loading lebih dari 3 detik. Dan jika dibiarkan, nilai bounce rate di website akan meningkat, karena kecepatan website sangat penting. Menggunakan SEO tool seperti Google Pagespeed Insight bisa membantu menjaga performa SEO. Google PageSpeed Insight memberikan analisis terkait kecepatan website, baik di tampilan desktop maupun mobile. Maka Google PageSpeed Insight, cocok digunakan untuk yang ingin memastikan website SEO Friendly dari sisi kecepatannya.

Penilaian berupa skor dihitung dari beberapa kriteria, seperti:

  • First Contentful Paint – Berapa lama teks atau gambar muncul ke halaman browser
  • Time to Interactive – Durasi halaman hingga siap digunakan
  • Speed Index – Seberapa cepat halaman terlihat lengkap
  • Total Blocking Time – Jangka waktu antara FCP hingga waktu interaktif
  • Largest Contentful Paint – Waktu saat konten terbesar (teks atau gambar) mulai muncul di halaman browser
  • Cumulative Layout Shift – Deteksi gerakan elemen yang terlihat di situs

9. Moz

MOZ

Moz merupakan salah satu SEO tool dengan fitur optimasi lengkap yang telah dipercaya brand-brand besar dunia, seperti trivago dan 99designs. Moz memiliki dua fitur yang bisa digunakan gratis, yaitu Keyword Explorer dan Link Explorer. Namun, untuk dapat mengaksesnya, harus memiliki akun. Jika ingin fokus pada upaya optimasi SEO On Page, gunakanlah Keyword Explored dengan fitur berikut:

  • Top pages
  • Top anchor text
  • Ranking keyword
  • Saran keyword yang relevan
  • Spam score

Sedangkan untuk upaya optimasi Off Page, bisa memanfaatkan Link Explorer yang akan menyajikan informasi berupa:

  • Domain authority
  • Linking domain
  • Inbound link
  • Backlink dofollow dan nofollow
  • Analisis SERP
  • Komparasi link profile

Moz menunjang fitur unggulannya dengan resource, dengan total hingga 7 triliun link dan rutin mengindex link secara live. Dengan sumber data yang sangat masif, SEO tool ini dapat menampilkan analisis yang detail. Ada juga beberapa fitur yang hanya diperuntukan bagi pengguna versi berbayar. Misal, On-Page Optimization yang dapat memberi saran optimasi halaman, atau Rank Tracking untuk mengukur SEO situs. Pengguna dapat mencoba pengalaman menggunakan Moz Pro dalam 30 hari secara gratis. Selanjutnya, dapat melanjutkan ke akses berlangganan.

Baca juga : Memahami Tentang Pemrograman Aplikasi API

10. Ahrefs

Ahrefs

Secara keseluruhan, tool yang dibangun pada 2011 ini memiliki lima fitur utama untuk optimasi SEO, yaitu:

  • Site Audit – Mengoptimasi performa SEO On Page
  • Site Explorer – Menganalisa kompetitor, menampilkan data traffic organik dan profil backlink
  • Keyword Explorer – Menampilkan ribuan kata kunci, lengkap dengan analisa tingkat kesulitan, potensi, volume pencarian, dan lainnya
  • Content Explorer – Menemukan konten yang sedang populer dan menganalisis kinerja konten
  • Rank Tracker – Memantau peringkat di mesin pencarian setiap waktu dan memberikan grafik persaingan dengan kompetitor

Di samping menyediakan data yang lengkap dan fitur yang unggul, Ahrefs sangat nyaman digunakan karena user interface yang intuitif. Ahrefs juga dilengkapi dengan informasi How To Use atau panduan lengkap di setiap toolnya. Jadi, siapapun bisa menggunakan SEO tool ini, baik pemula maupun profesional. Beberapa dari fitur Ahrefs dapat dibuka secara gratis, namun sangat terbatas. Untuk mendapatkan akses lengkap, terdapat percobaan gratis selama 7 hari hanya dengan USD 7. Untuk aku premium, Ahrefs relatif lebih mahal dibandingkan SEO tool lainnya. Namun, harga tersebut sebanding dengan kualitas yang Ahrefs berikan. Seperti memberikan data yang lengkap dan akurat, memiliki navigasi yang user-friendly, hingga memberikan hasil riset audit situs.

11. SEOquake

SEOquake

Jika semua SEO tool sebelumnya berupa website yang mengharuskan login bahkan berbayar, di SEOquake hanya perlu menginstal extension ke browser. Setiap melakukan pencarian Google, SEOquake akan secara otomatis menampilkan parameter SEO. Informasi juga dapat ditampilkan dalam berbagai versi, misalnya bar di atas website, pop up dashboard, hingga overlay pada halaman pencarian Google. Sebagai SEO tool, SEOquake memang tidak memiliki databasenya sendiri, melainkan merangkum data umum terkait performa SEO On Page dan SEO Off Page dari tool lainnya. SEOquake akan menampilkan data berupa kumpulan peringkat URL di Google index, Bing index, Alexa rank, SEMrush rank, dan lainnya. Jadi, performa SEO dapat dilihat secara singkat tanpa login ke SEO tool terlebih dahulu. Dashboard SEO tool ini juga terintegrasi dengan halaman analisis. Caranya, hanya perlu mengklik salah satu tab yang ada di dashboard extension. Kemudian, akan dibawa ke halaman SEOquake yang berisi beberapa fitur memukau, seperti audit SEO, internal links, external links, keyword density, hingga membandingkan dengan situs kompetitor.

12. SEO SiteCheckup

SiteCheckup

Selain menampilkan nilai SEO website, SEO SiteCheckup juga memberikan informasi tentang cara untuk meningkatkan kualitas website dengan memasukkan URL atau link website. Kemudian SEO SiteCheckup akan menampilkan hasil analisis terhadap website, mulai dari penggunaan keyword dan heading, kelengkapan informasi website, tingkat keamanan, bahkan simulasi tampilan website di mobile hingga penghitungan jumlah keyword utama yang paling sering digunakan di website. Jika belum membuat akun, hanya dapat melakukan check up untuk satu website setiap harinya. Maka, jika ingin melakukan check up hingga lima kali, buatlah akunnya terlebih dahulu. Namun, jika kamu perlu membuat laporan hasil analisis untuk banyak website, dapat membeli paket berlangganan.

Baca juga : Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal di Masa Pandemi

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂