Search
Close this search box.
komputer generasi kelima

Memahami Tentang Pengertian Dan Perkembangan Komputer Generasi Kelima

Hingga saat ini perkembangan komputer masih terus berjalan. Perbaikan dan pengembangan teknologi komputer masih terus dilakukan. Inovasi dalam berbagai sisi komputerpun masih terus diciptakan. Mungkin saat ini merasa teknologi yang dimiliki sudah sangat canggih dan memenuhi apa yang diperlukan. Namun ditempat lain, para ilmuwan dan semacamnya masih belum puas dan terus melakukan percobaan dan penelitian untuk menghasilkan teknologi yang lebih canggih lagi. Mungkin tak lama lagi komputer generasi keenam akan muncul menggantikan teknologi komputer saat ini. Saat ini kita hidup di jaman dimana komputer generasi kelima sedang digunakan. Sebuah generasi dimana komputer digunakan secara luas di seluruh dunia dan dimiliki oleh milyaran pengguna. Bahkan sebagian besar keluarga menengah keatas di seluruh dunia minimal memiliki sebuah komputer di rumahnya. Walau memang belakangan penggunaan komputer sedikit bergeser dengan adanya smartphone, namun jumlah pengguna komputer masih sangat besar.

Baca juga : Memahami Tentang Pemrograman Aplikasi API

Pengertian Komputer Generasi Kelima

komputer generasi kelima

Komputer generasi kelima merupakan komputer yang mulai mengunakan mikroprosessor dengan teknologi ULSI. Teknologi yang memungkinkan pemadatan 10 juta komponen didalam sebuah mikroprocessor. Komputer ini mulai berkembang sejak tahun 1980 hingga saat ini. Ciri lain komputer generasi kelima adalah penggunaan parallel processing (pemrosessan secara parallel) dan Artificial Intelegence (Kecerdasan Buatan). Parallel processing atau pemrosesan secara paralel adalah kemampuan komputer dalam menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu yang sesingkat mungkin. Karena dari sejumlah mikroprosesor yang terpasang dalam internal komputer, mampu bekerja secara bersama-sama dan paralel. Sedangkan Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan merupakan salah satu komponen komputer yang mampu memudahkan berbagai pekerjaan komputer secara otomatis. Di mana proses memudahkan pekerjaan ini didapat dari pengalaman mesin dalam mengolah beragam input data sebelumnya menjadi segala sesuatu yang dapat membantu aktivitas manusia. Contoh, penyesuaian informasi yang diinginkan di mesin pencarian Google.

Dari segi bentuk, komputer generasi kelima menyerupai komputer generasi keempat yang sama-sama memiliki perangkat komputer seperti layar laptop, CPU (Central Processing Unit), keyboard, dan mouse. Namun, komputer generasi ke 5 memiliki bentuk fisik yang lebih kecil dengan bobot yang lebih ringan ketimbang komputer generasi keempat. Komputer generasi kelima juga lebih canggih ketimbang komputer generasi keempat, sebagai wujud dari tuntutan zaman terhadap perkembangan generasi komputer. Contoh, dilihat dari bagaimana komputer bisa dioperasikan dengan menyentuh jemari di layar laptop, tidak harus menggunakan maouse ataupun keyboard sebagaimana pada komputer generasi keempat. Komputer generasi kelima juga lebih unggul dari sisi bahasa pemrograman. Bahasa-bahasa pemrograman pada komputer generasi kelima diketahui lebih praktis dan lebih mudah digunakan oleh manusia, meskipun belum sepenuhnya bisa menampik fakta bahwa masih banyak bahasa pemrograman tingkat tinggi. Muncul juga bahasa-bahasa pemograman baru, hasil pengembangan bahasa pemograman sebelumnya yang lebih mudah dimengerti dan lebih praktis. Namun tetap masih berupa bahasa tingkat tinggi. Untuk generasi kedepan, dengan semakin berkembangnya kecerdasan buatan, tidak mustahil akan muncul komputer tanpa program (programless computer).

Dari segi performa, komputer generasi kelima tentunya jauh lebih bagus ketimbang komputer-komputer pada generasi sebelumnya. Karena komputer generasi ini memiliki teknologi superkonduktor, yang mampu mengirimkan informasi elektronik dengan kecepatan tinggi tanpa mengalami hambatan sama sekali. Kualitas grafis pada komputer generasi ke 5 juga tumbuh semakin menakjubkan. Kapasitas penyimpanannya, bisa menyimpan berbagai file, program, ataupun aplikasi hingga mencapai ukuran terabyte. Kapasitas RAM yang semakin besar, juga memungkinkan komputer yang bekerja semakin optimal.

Baca juga : Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk Website

Sejarah Generasi Komputer

Charles Babbage, seorang ilmuwan matematika yang berasal dari Inggris adalah penemu komputer pertama kali. Awalnya ia menemui beberapa masalah dalam perhitungan menggunakan tabel matematika. Hal ini membuatnya berinovasi untuk menciptakan alat yang bisa meminimalisir kesalahan dalam proses hitung. Dan akhirnya ia berhasil menciptakan mesin penghitung yang dinamai Difference Engine untuk pertama kalinya. Mesin inilah yang dulu menjadi cikal bakal terciptanya komputer. Teknologi komputer terus berkembang dari generasi ke generasi. Setiap generasi komputer memiliki perbedaan dalam banyak hal, salah satunya dalam hal komponen. Komputer generasi pertama menggunakan Tabung Hampa (Vacum Tube), generasi kedua berbasis Transistor, generasi ketiga berbasis IC (Integrated Circuit), generasi keempat berbasis mikroprossesor VLSI  ( Very Large Scale Integration), dan komputer yang dewasa ini digunakan, yaitu komputer generasi kelima berbasis mikroprosessor ULSI (Ultra Large Scale Integration).

Perkembangan Generasi Komputer

  1. Generasi Pertama (1941-1959)

Generasi Komputer pertama

Pada perang dunia II komputer mulai dikembangkan oleh negara-negara yang terkait untuk kebutuhan perang. Jerman adalah negara pelopor yang berpengaruh dalam perkembangan komputer tersebut. Melalui salah satu insinyurnya yang bernama Conrad Zuse, pada tahun 1941. Jerman berhasil menciptakan sebuah komputer bernama Z3 yang berfungsi untuk merancang pesawat terbang dan peluru kendali. Tidak ingin kalah dengan rivalnya, sekutu Inggris pada tahun 1943 juga berhasil membuat komputer yang dibuat khusus untuk bisa memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman, Komputer ini diberi nama Colossus. Baru kemudian pada tahun 1946, seorang ilmuwan Amerika Serikat berhasil membuat komputer yang bisa digunakan untuk semua hal serbaguna yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), merupakan komputer yang besar dan memakan banyak tempat karena terdiri dari 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, 10 ribu kapasitor, 75 ribu saklar dan 5 juta titik solder yang beratnya mencapai 30 ton. Dan komputer ENIAC inilah yang disebut sebagai komputer generasi pertama.

  1. Generasi Kedua (1959-1965)

Generasi Komputer kedua

Komputer pada tahun 1960-an dikembangkan dengan transistor yang memiliki daya listrik dan ukuran lebih kecil. Bahasa mesin pada komputer juga menggunakan bahasa assembly. Komputer transistor ini mulai dipakai pada lembaga-lembaga pemerintahan dan universitas untuk tujuan ilmiah. Kemampuan komputer ini dinilai lebih cepat dan dapat melakukan pembagian informasi secara real time. Komputer pada generasi kedua ini cukup laris di pasaran walaupun harganya tergolong mahal. Selanjutnya komputer generasi kedua dipakai di dunia industri dan kesehatan karena handal dalam hal mencetak data, menghitung gaji dan mendesain produk.

  1. Generasi Ketiga (1965-1971)

Generasi Komputer ketiga

Komputer generasi kedua menghasilkan panas yang besar saat dipakai yang beresiko merusak bagian komputer lain. Hingga akhirnya pada tahun 1958 ada ilmuwan dari Amerika Serikat yang bernama Jack Kilby yang berhasil menemukan solusi dari masalah transistor tersebut. Yaitu dengan memanfaatkan sirkuit integrasi (Integrated Circuit/IC) yang dikombinasikan dengan tiga komponen elektronik dalam piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian para ilmuwan berhasil membuat terobosan satu chip tunggal yang isinya mewakili banyak komponen, sehingga membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil. Komputer generasi ketiga juga sudah memakai sistem operasi (operating system) yang dapat menjalankan banyak program yang berbeda secara bersamaan. Komputer generasi ketiga ini meliputi IBM 30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108 dan GE 600.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mempercepat Loading Website WordPress

  1. Generasi Keempat (1971-1980)

Generasi Komputer keempat

Pada generasi keempat, banyak perusahaan-perusahaan yang berhasil bermanuver dengan menggunakan chip tunggal yang menampung ribuan komponen komputer dengan menggunakan teknologi LSI (Large Scale Integration). Selanjutnya chip ini bertransformasi menjadi VLSI atau Very LSI yaitu chip yang berisi ratusan ribu IC, dan akhirnya tercipta komputer mikro. Pada tahun 1970 perusahaan Intel mengenalkan mikrokomputer 4 bit. Komputer pada generasi keempat ini memakai chip yang berisi 230 transistor yang menjalankan 60 ribu operasi dalam hitungan detik. Lalu pada tahun 1972 muncul mikrokomputer 8 bit yang juga merupakan rancangan Intel. Ciri khas dari komputer generasi keempat yaitu mulai digunakannya green colour dan pemakaian Microsoft Basic untuk bahasa pemrogramannya serta CPM untuk sistem kontrol operasinya.

  1. Generasi Kelima (Saat ini)

Generasi Komputer kelima

Komputer pada generasi kelima sudah mulai menggunakan standar PC. Perusahaan yang dianggap ahlinya dalam pengembangan komputer ini adalah Intel dan Microsoft. Bahkan Microsoft resmi menjadi standar internasional untuk software dan hardware komputer. Generasi kelima ini juga sering disebut generasi pentium karena penggunaannya sebagai salah satu mikroprosesor yang dianggap paling canggih. Komputer generasi kelima juga mempunyai jutaan warna dengan resolusi yang sangat tajam. Dan pada masa ini mulai berkembang komputer bergerak seperti laptop. Saat ini masih dilakukan tahap untuk merealisasikan komputer generasi masa depan yang dilengkapi dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Tujuannya, untuk bisa mewujudkan suatu perangkat komputer yang mampu melakukan komunikasi dengan manusia, mampu menggunakan input visual dan belajar dari pengalaman pribadi. Komputer yang awalnya berbentuk tabung vakum besar kini sudah berubah menjadi perangkat kecil yang bahkan bisa dibawa kemana-mana. Tidak bisa dipungkiri memang teknologi akan membuat Anda untuk terus berinovasi.

Komponen Komputer Generasi Kelima

  • Teknologi ULSI, salah satu komponen komputer yang memungkinkan pemadatan 100 ribu hingga 1 juta komponen elektronik di dalam sebuah mikroprosesor.
  • Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan. Awalnya, komputer generasi kelima memanfaatkan AI dalam tingkat rendah. Namun, penggunaan AI ini terus berkembang seiring dengan perkembangan komputer.
  • Parallel Processing, penggunaan berbagai mikroprosesor di waktu yang bersamaan secara paralel.
  • Teknologi Superkonduktor, salah satu komponen komputer generasi kelima yang mampu mempercepat dan memudahkan pengiriman informasi.
  • Interface yang user friendly, dapat melihatnya dari mouse yang dapat dioperasikan secara optik atau sensorik, tidak perlu lagi menggunakan kabel panjang. Layar komputer pun dapat disentuh untuk memasukkan data input ke dalam komputer.
  • Bentuk fisik dari komputer generasi kelima jauh lebih kecil, ringan, compact, canggih, dan tentunya lebih murah ketimbang komputer generasi sebelumnya.
  • Perkembangan komputer generasi kelima hingga masa kini memungkinkan untuk berkembangnya natural language understanding, yaitu perkembangan komputer dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia.

Baca juga : Plugin WordPress Terbaik Untuk Toko Online

Tipe-Tipe Komputer Generasi Kelima

  1. Laptop

Laptop merupakan komputer yang umumnya bisa disimpan di atas pangkuan. Biasanya, komputer satu ini berukuran kecil dengan beratnya mencapai 1-6 kg, dilengkapi pula dengan baterai sebagai sumber tenaganya. Karena bentuk fisiknya, istilah laptop kerap kali tertukar dengan Notebook.

  1. Notebook

Bedanya dengan laptop, komputer satu ini memiliki hampir seluruh komponen komputer pada internalnya. Notebook juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya, seperti CD/DVD/Blu-Ray Drive, HDMI, USB Port, VGA Port. card reader, dan Touchpad. Saking lengkapnya fitur Notebook, bahkan melebihi laptop, banyak yang yang menjulukinya sebagai “Laptop yang sebenarnya”, terlebih dengan ukuran kecilnya yang hanya mencapai 12-18 inci.

  1. Netbook

Netbook sering dikenal sebagai “Laptop Mini”, karena ukurannya yang hanya berkisar 9-12 inci. Ukuran kecil dari Netbook didukung pula dari spesifikasinya yang lebih rendah dari Notebook ataupun Laptop. Karena komputer ini tidak dilengkapi dengan CD/DVD/Blu-Ray Drive dan berbagai komponen Notebook lainnya. Harga Netbook pun setara dengan ukuran dan kelengkapan fiturnya. Di Indonesia, harganya hanya dibanderol sekitar Rp 2 juta – Rp 4 juta saja. Netbook cocok digunakan bagi yang hanya ingin mengetik, menonton, atau mendengarkan lagu.

  1. Ultrabook

Ultrabook merupakan salah satu komputer generasi kelima yang lahir belum lama ini. Produk ini berukuran 11-15 inci dan tidak memiliki fitur bawaan CD/DVD/Blu-Ray Drive selayaknya pada Notebook. Namun, Ultrabook diketahui memiliki spesifikasi yang sama bahkan lebih tinggi daripada Notebook. Salah satu ciri khas yang menonjol dari Ultrabook adalah SSD (Solid State Drive), yang diketahui mempunyai performa jauh lebih baik ketimbang dengan HDD (Hard Disk Drive). Meski begitu, tidak menutup kemungkinan masih ada Ultrabook yang menggunakan HDD, disesuaikan dengan bentuk bodi ataupun kesesuaian drive dengan komponen lainnya.

  1. Chromebook

Chromebook memiliki ukuran yang sama dengan Ultrabook, yaitu berkisar 11-15 inci. Namun, dari segi spesifikasi maupun sistem operasi keduanya jauh berbeda. Chromebook dikabarkan mempunyai spesifikasi minim. Namun, dengan sistem operasi ChromeOS, Chromebook tetap mampu bekerja secara baik dengan spesifikasi yang minim. Harga Chromebook yaitu sekitar Rp 2 juta – Rp 3 juta, jauh lebih murah ketimbang jenis-jenis komputer generasi kelima lainnya. Bagi yang bekerja kantoran, Chromebook pun menjadi pilihan yang memuaskan, karena mampu bekerja dengan memanfaatkan aplikasi office secara maksimal.

Baca juga : Bisnis- Bisnis Startup yang Ada di Indonesia

Contoh Komputer Generasi Kelima

  • IBM PC 5150

IBM PC adalah sebutan untuk komputer buatan IBM. IBM PC 5150 merupakan  komputer pribadi pertama yang dibuat secara masal oleh IBM. Nama komputer generasi kelima ini merupakan mutasi dari nama penciptanya, yakni IBM itu sendiri. Diluncurkan pada 12 Agustus 1981, IBM PC 5150 dibekali prosesor 16-bit Intel 8088, power supply 63.5W, serta memori berukuran 64 KB. Media penyimpanan berupa floppy disk drive 5.25 inci dengan kapasitas 320 KB atau 360 Kb. IBM PC memiliki ROM yang dilengkapi dengan interpreter bahasa Microsoft Cassette BASIC. Sehingga jika tidak ada sistem operasi yang dimuat, pengguna dapat melakukan pemrograman sendiri. ROM pada IBM PC 5150 juga dilengkapi dengan fungsi POST (Power-on Self Test), sehingga sistem akan melakukan pengecekan terlebih dahulu pada saat booting.

  • BM 5140 PC Convertible (laptop)

IBM 5140 PC Convertible merupakan laptop pertama yang dipasarkan oleh IBM pada  tanggal 2 April 1986. Meskipun IBM 5140 tersedia dalam dua model, nmaun laptop ini kurang sukses dipasaran karena kalah saing dengan produk lain yang memiliki kapasitas media penyimpanan yang lebih besar, processor yang lebih cepat, serta ukuran dan harga yang lebih murah.

  • Macintosh 128k

Macintosh merupakan komputer yang diproduksi oleh Apple. Macintosh 128k merupakan komputer pertama Apple, Inc yang diperkenalkan pertama kali pada Januari 1984. Komputer ini merupakan komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka dalam tampilan grafis (GUI). Selain CPU, Mac 128k dilengkapi juga dengan monitor CRT berukuran 9 inchi, serta keyboard dan mouse. Kelebihan dari Mac adalah memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras; dan menyediakan sistem operasinya. Jadi, Apple menjual komputer yang telah memiliki sistem operasi terinstal di dalamnya. Berbeda dari produsen lain, Apple secara ekslusif membuat perangkat keras komputer dan perangkat lunaknya, juga mengatur desain serta harganya.

  • MacBook

Macbook merupakan seri komputer jinjing Macintosh dari Apple. Macbook pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006. Macbook menggunakan processor core 2 Duo, dan merupakan transisi PowerPC ke Intel. Casing macbook yang tipis dan bobotnya yang ringan namun memiliki performa yang baik serta daya tahan baterai yang cukup tahan lama menjadikan Macbook sebagai komputer keluaran apple yang paling laris hingga hari ini.

Selain 4 komputer diatas, masih banyak lagi contoh komputer generasi kelima. Misal, komputer-komputer yang menggunkakan processor intel Pentium 1 hingga Pentium 4, atau keluaran terbaru saat ini, menggunakan intel i7.

Baca juga : Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis Online

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait