Tampilan website bisa menjadi salah satu penyebab toko online belum maksimal dalam penjual, baik karena tampilan toko online yang tidak menarik maupun fitur yang kurang lengkap. Meskipun produk yang dijual peminatnya banyak, memilikli kualitas yang tinggi, dan harga yang bersaing, tampilan dan fitur lah yang akan dilihat pertama kali oleh pengunjung website. Bisa jadi, ada fitur toko online yang tidak digunakan, yang membuat pengunjung malas berbelanja di toko online tersebut. Menurut data HubSpot, 61,5% pengunjung meninggalkan website toko online karena kurangnya fitur-fitur penting. Sedangkan, 38,5% calon pembeli meninggalkan website yang tampilannya ketinggalan zaman.
Baca juga : Tipe Data Center dan Cara Memilih Data Center yang Berkualitas
Fitur Toko Online
-
Website User-Friendly
Website user-friendly didesain untuk mempermudah pengunjung dalam mengakses sebuah website. Pengunjung bisa menemukan apa yang mereka cari di website dengan cepat dan gampang. Berdasarkan survey dari Hubspot, 76% konsumen mengatakan bahwa hal terpenting dalam desain website adalah kemudahan dalam mencari apa yang mereka butuhkan. Berikut tips untuk membuat website user-friendly:
- Tingkatkan kecepatan website
- Tambahkan menu navigasi website, Menu navigasi berguna untuk memudahkan pengunjung menemukan apa yang mereka cari di website.
- Hati-hati dalam memilih warna – Salah memilih kombinasi warna bisa membuat pengunjung malas berkunjung ke website. Maka, baca dan pelajari mengenai cara memilih kombinasi warna website memakai teori warna.
-
Website Mobile-Friendly
Website mobile-friendly (responsive) adalah website yang dapat menyesuaikan tampilannya dengan perangkat yang digunakan. Membangun website mobile-friendly sangat penting. Karena 50% transaksi toko online berasal dari perangkat mobile. Perusahaan Walmart bahkan mampu meningkatkan penjualan hingga 98% setelah mengoptimasi websitenya agar mobile-friendly. Jika ternyata website belum mobile-friendly, maka wajib mengubahnya. Cara paling mudah yaitu dengan menginstall template.
-
Logo Bisnis
Logo sebenarnya bukan bagian dari fitur, tapi menambahkan logo bisnis ke toko online sangat penting. Karena logo bisa menjadi identitas bisnis, dan agar toko online semakin dikenal banyak orang. Dengan logo, calon pelanggan dapat mengenali toko dengan mudah. Logo juga bisa digunakan sebagai pengganti tombol home, untuk memudahkan pengunjung dalam menavigasi website toko online. Namun, masih banyak pebisnis online pemula yang menganggap remeh logo bisnis. Mulai dari menggunakan desain logo yang asal-asalan, sampai yang paling parah menggunakan logo hasil plagiat dari bisnis lain. Untungnya, saat ini sudah banyak website untuk mendesain logo bisnis dengan mudah dan gratis. Jadi, sudah tidak ada alasan untuk mengabaikan logo bisnis sebagai fitur wajib toko online.
Baca juga : Definisi Data Center dan Cara Memilih Data Center
-
Customer Login
Customer login merupakan fitur toko online untuk meningkatkan pengalaman pengguna ketika berbelanja. Sebelum calon pembeli bisa membeli produk, mereka harus login terlebih dahulu. Namun, banyak calon pembeli yang akhirnya tidak jadi berbelanja karena proses login yang ribet. Bahkan menurut Neil Patel, proses login yang berbelit-belit membuat pengunjung malas untuk checkout produk. Agar tidak terjadi hal tersebut, pahami kriteria halaman login yang baik, di antaranya:
- Tombol login harus jelas – agar calon pembeli tidak kesulitan mencari letak tombol login.
- Pisahkan halaman login dan registrasi akun – Bedakan mana halaman login, dan halaman registrasi. Jangan membyat pengunjung bingung.
- Tambahkan fitur social login – Dengan fitur ini, calon pembeli bisa login lewat akun media sosial dengan sekali klik. Untuk membuat halaman login sesuai kriteria tersebut, caranya yaitu dengan menginstall plugin untuk login.
-
Pencarian Produk
Pencarian produk juga merupakan fitur toko online yang tidak boleh dilewatkan. Jika toko online menjual ratusan produk, tapi tidak memiliki fitur ini. Maka calon pelanggan akan kesulitan dalam mencari produk yang ingin mereka beli, berikut tips untuk memasukkan fitur pencarian:
- Pastikan kolom pencarian mudah ditemukan – Tempatkan pada bagian atas website agar mudah dicari.
- Tambahkan teks di kolom pencarian – Tambahkan teks seperti “Cari disini” atau “Apa yang Anda cari” pada kolom pencarian. Agar pengunjung langsung paham cara pakai fitur pencarian.
- Tambahkan fitur Auto-Complete – Agar pengguna tidak perlu mengetikkan semua yang ingin mereka cari.
- Tempatkan kolom pencarian di semua halaman – Kolom pencarian tidak hanya ada di homepage toko online, tapi juga di halaman lain seperti detail produk.
- Tambahkan fitur Advanced Search – Fitur ini dapat melakukan pencarian berdasarkan filter tertentu, seperti kategori produk, rentang harga, ukuran, atau rating produk.
Untuk memudahkan dalam membuat fitur pencarian di toko online, bisa dengan menggunakan plugin. Ada beberapa plugin pencarian yang bisa di install, salah satunya adalah FiboSearch. Plugin yang menawarkan fitur auto-complete, bisa melakukan pencarian berdasarkan nama produk, deskripsi, maupun filter-filter lain, serta dapat menampilkan gambar dan harga produk langsung di kolom pencarian.
Baca juga : Tips Memulai Usaha Sampingan untuk Menambah Penghasilan
-
Detail Produk
Jika calon pelanggan sudah menemukan produk yang mereka cari, selanjutnya mereka pasti ingin mengetahui informasi detail atau spesifikasi produk. Untuk kemudian calon pelanggan memutuskan jadi membeli atau tidak. Halaman detail produk berfungsi untuk memberi gambaran secara rinci tampilan, fitur dan manfaat produk yang akan dirasakan konsumen. Itulah mengapa fitur ini penting untuk mendorong calon pembeli melakukan transaksi. Berikut informasi yang harus dimasukkan pada halaman detail produk:
- Nama produk – Tuliskan nama produk yang dijual, jika perlu tambahkan informasi spesifik lain seperti warna atau ukuran produk.
- Gambar atau video produk – Tambahkan beberapa gambar berkualitas tinggi, sehingga tidak pecah ketika pengunjung men-zoom gambar. Beri video produk jika dirasa perlu.
- Harga produk – Tuliskan harga produk, serta menyebutkan diskon atau harga promosi. Cara paling umum dengan menuliskan harga baru, mencoret harga sebelumnya, dan menambahkan persentase diskon dalam tanda kurung.
- Deskripsi produk – Deskripsi produk memuat segala hal berkaitan dengan produk yang dijual. Mulai dari spesifikasi lengkap, ukuran produk, manfaat, hingga cara penggunaan.
-
Keranjang Belanja (Cart)
Keranjang belanja berguna untuk meletakkan produk yang akan dibeli oleh pelanggan, sebelum melakukan pembayaran. Umumnya keranjang belanja berada di pojok kanan atas website toko online. Keranjang belanja juga wajib ditambahkan pada halaman detail produk, untuk memudahkan pengunjung agar bisa langsung membeli produk yang mereka lihat. Bagi pengguna WordPress, cara paling mudah tentu dengan menginstall plugin keranjang belanja, seperti WP EasyCart atau Ecwid Shopping Cart. Namun jika tidak ingin ribet, bisa memasang plugin toko online yang terintegrasi, seperti WooCommerce atau Shopify yang lebih lengkap dan kaya fitur, termasuk fitur keranjang belanja. Jadi, tidak perlu repot menginstall plugin satu per satu untuk membangun toko online.
Baca juga : Usaha Sampingan Untuk Karyawan di Masa Pandemi
-
Wishlist
Wishlist merupakan fitur untuk menyimpan produk yang ingin dibeli calon pelanggan di kemudian hari. Dimana jika pelanggan menginginkan sebuah produk, namun baru akan membelinya di kemudian hari. Jadi ketika pelanggan siap membeli produk, mereka bisa langsung menemukannya tanpa harus mencari lagi lewat fitur pencarian. Berikut beberapa tips untuk menerapkan fitur wishlist di website:
- Bebaskan pengguna untuk mengkustomisasi dan membuat lebih dari satu wishlist;
- Tambahkan tombol share agar pengguna bisa berbagi isi wishlist ke teman, keluarga, atau ke akun sosial media mereka;
- Tempatkan wishlist di tempat yang mudah ditemukan pengguna, misal homepage atau halaman akun;
- Pastikan fitur wishlist tersedia di semua platform, baik desktop maupun di mobile web.
Dan bagi pengguna WooCommerce, bisa dengan mudah menambahkan plugin wishlist dengan cara menginstall plugin.
-
Rating dan Review Pelanggan
Berdasarkan data dari Learn Hub, 95% calon pembeli membaca review produk sebelum memutuskan membeli. Bright Local juga menyebut bahwa 57% pelanggan hanya membeli produk dengan rating di atas bintang 4. Jadi, biarkan pelanggan menilai dan menyampaikan pendapat mereka setelah menerima produk yang dibeli. Meskipun mendapat mendapatkan penilaian buruk dari konsumen atau rating kurang memuaskan dari pembeli, bukan berarti buruk. Karena bisa juga jika toko online hanya menerima rating dan review bagus, bisa jadi calon konsumen beranggapan bahwa review yang ditulis adalah palsu. Maka, jangan ragu untuk menambahkan rating dan review pelanggan sebagai salah satu fitur wajib toko online. Kemudian, rata-rata rating dan jumlah review pembeli bisa diletakkan pada halaman detail produk.
-
Prediksi Ongkos Kirim
Bagi sebagian besar konsumen, biaya ongkos kirim pasti menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli suatu produk. Maka, perlu juga menambahkan informasi ongkos kirim sebagai fitur toko online. Calon pembeli jadi lebih yakin jika tahu biaya yang harus mereka keluarkan untuk mengirimkan produk ke tempat mereka tinggal. Pembeli hanya tinggal masukkan nama kota dan pembeli bisa mengetahui biaya ongkos kirim yang harus dibayar. Bagi yang ingin menambahkan fitur prediksi ongkos di toko online, caranya bisa dengan menggunakan plugin ongkos kirim.
Baca juga : Control Panel Web Hosting Gratis yang Bisa Dicoba
-
Produk Terkait (Related Items)
Produk terkait adalah rekomendasi produk-produk sejenis yang biasanya ditempatkan di bagian bawah halaman detail produk. Menambahkan fitur toko online ini sangat penting. Untuk membuat calon pembeli menghabiskan waktu lebih lama di toko online tersebut. Mereka jadi merasa mempunyai banyak opsi untuk dilihat, sebelum memutuskan membeli. Pelanggan juga kemungkinan jadi mau membeli lebih dari satu produk. Apalagi jika menerapkan promo ongkir dengan minimal pembelanjaan atau diskon sesuai nominal kelipatan. Menampilkan produk terkait di toko online ini bisa dibilang merupakan penerapan dari teknik cross selling.
-
Halaman Promo
Semua orang menyukai promo, penawaran spesial, ataupun diskon. Maka dari itu, menambahkan halaman promo ke toko online sangat penting. Sekarang ini, hampir semua bisnis online menjadikan promo sebagai strategi untuk mendongkrak penjualan. Karena persaingan yang ketat, Anda perlu cara agar informasi promo yang sedang berlangsung dapat diketahui oleh pengunjung. Nah, kehadiran halaman promo ini membantu calon pembeli agar tahu promo apa saja yang sedang berlangsung di toko online Anda. Agar halaman promo makin maksimal, kami punya beberapa ide promosi yang bisa Anda terapkan di toko online:
- Beri pelanggan harga spesial pada momen-momen khusus, misal hari gajian atau tanggal cantik;
- Berikan penawaran terbatas, misal potongan harga hanya dalam waktu 3 jam;
- Berikan gratis ongkos kirim dengan minimal pembelian tertentu;
- Beri promo paket bundling, yakni harga spesial jika pelanggan membeli lebih dari satu produk di saat bersamaan.
Baca juga : Pengertian, Jenis dan Tips Memaksimalkan Carousel
-
Informasi Produk Baru
Ketika memiliki toko fisik dan memiliki koleksi produk baru untuk dijual, pasti akan memajangnya di tempat yang strategis agar produk tersebut dilihat oleh pengunjung yang datang. Sama halnya dengan toko online, tentu ingin produk yang baru dirilis bisa dikenal banyak orang. Maka, akan memerlukan fitur toko online berupa halaman informasi produk terbaru. Dari sisi pelanggan, hadirnya fitur informasi produk baru bisa membuat mereka betah berlama-lama menjelajahi toko online. Karena setiap pelanggan pasti senang dengan hal-hal baru dan up to date. Bagi yang menggunakan halaman informasi produk baru, bisa menamai halaman ini semenarik mungkin, misalnya “New Arrivals”, “New Collections”, atau “Latest Collections”. Sedangkan untuk toko online yang masih baru merintis, dan belum punya banyak produk baru, bisa menggunakan nama lain, misal “Produk Terlaris”, “Produk Terpopuler”, atau “Sedang Trending”. Tambahkan beberapa informasi berikut, untuk produk yang ditampilkan pada halaman ini:
- Tag produk, misalnya “New”, “Hot”, atau “Best Seller”;
- Nama dan spesifikasi singkat produk, seperti warna;
- Foto produk;
- Harga produk;
- Rating pelanggan dan jumlah pembelian.
-
Tombol Call-to-Action (CTA)
Jika menggunakan halaman promo, informasi produk baru, atau halaman lain yang sekiranya potensial untuk meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk melengkapinya dengan fitur Call-to-Action (CTA). CTA adalah suatu tombol ‘aksi’ yang mengajak pengunjung untuk melakukan sesuatu. Bisa membeli produk, mengisi formulir, berlangganan newsletter, dan sebagainya. Tergantung tujuan dari website yang menggunakan CTA. Jika ditempatkan di halaman-halaman strategis pada toko online, CTA bisa meningkatkan konversi penjualan. Sebuah studi menyatakan bahwa menambahkan CTA di toko online bisa meningkatkan penjualan hingga 22% dalam satu kuartal.
Baca juga : Apa itu Customer Experience dan Manfaatnya?
-
Payment Gateway
Agar mempermudah transaksi pembelian di toko online, bisa menggunakan fitur wajib toko online yang satu ini. Payment Gateway adalah layanan pembayaran untuk memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli secara online. Payment gateway menyediakan beragam pilihan pembayaran. Jadi, konsumen bisa bebas menentukan ingin membayar lewat cara apa. Payment gateway juga membuat proses transaksi berjalan secara otomatis. Jadi, konsumen tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran setelah mereka selesai bertransaksi. Kemudian, payment gateway juga bisa membuat transaksi jual beli menjadi lebih aman, karena perusahaan penyedia payment gateway mempunyai sistem yang canggih. Jadi, setiap transaksi yang masuk dapat diperiksa secara cepat dan akurat. Sehingga meminimalisir terjadinya transaksi fiktif yang merugikan. Dengan menggunakan payment gateway, toko online memiliki reputasi yang baik dan pelanggan jadi lebih aman ketika berbelanja. Untuk toko online berbasis WordPress, caranya cukup memasang plugin WooCommerce.
-
Link dan Ikon Penting
Di bagian bawah website toko online atau disebut footer, biasanya akan menemukan link menuju halaman-halaman lain. Misal halaman tentang kami, kontak, karir, atau bantuan. Ternyata, footer tersebut merupakan salah satu fitur wajib toko online yang sangat penting, karena pengunjung jadi bisa mengakses halaman lain dengan cepat dan mudah, dimana informasi penting di toko online telah tersedia di footer. Tambahkan juga ikon-ikon penting pada bagian footer yang disebut dengan trust badge. Misal ikon metode pembayaran, sertifikasi keamanan, hingga tautan menuju akun media sosial resmi. Dengan menambahkan trust badge ternyata bisa meningkatkan penjualan toko online. Menurut survey dari Yieldify, kehadiran trust badge bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli untuk berbelanja hingga 48%. Trust badge memiliki banyak jenis, tapi direkomendasikan untuk menambahkan enam jenis trust badge berikut ke toko online:
- Garansi checkout aman
- Jaminan produk asli
- Gratis ongkir dan biaya pengembalian – Berikan juga pada pelanggan kemudahan dalam mengembalikan barang tanpa biaya tambahan;
- Metode pembayaran yang didukung – Tambahkan metode pembayaran apa saja yang toko online tersebut bisa layani, baik rekening bank, kartu kredit, kartu debit, e-wallet/ lainnya.
- Garansi uang kembali – Berikan pelanggan garansi uang kembali jika dalam rentang waktu tertentu mereka tidak menerima produk yang dibeli.
Baca juga : Tips Membangun dan meningkatkan Customer Experience
-
Frequently Asked Questions (FAQ)
Frequently Asked Questions (FAQ) adalah halaman yang berisi kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung toko online. Baik pertanyaan seputar produk, pembayaran, pengiriman, atau lainnya. FAQ merupakan salah satu fitur wajib toko online, karena pelanggan membutuhkan informasi serinci mungkin ketika memutuskan untuk mencoba produk yang dijual. Tanpa adanya FAQ, pelanggan akan kesulitan untuk mencari tahu informasi seputar produk dan toko online. Menyebabkan jumlah pelanggan yang bertanya lewat live chat akan bertambah, yang tentu saja akan sangat merepotkan. Jadi, manfaatkan penggunaan FAQ di toko online.
-
Kebijakan Pengembalian (Return Policy)
Kebijakan pengembalian adalah halaman yang menjelaskan tentang apa yang bisa dilakukan pembeli jika mereka tidak puas atas kualitas produk. Biasanya setiap toko online menyediakan beberapa opsi pengembalian, mulai dari mengembalikan produk atau mengembalikan uang sesuai dengan yang pembeli bayarkan. Fitur ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko online. Jika mereka tidak puas dengan apa yang dijual, penjual siap menanganinya dengan senang hati. Ketika menambahkan fitur kebijakan pengembalian, jelaskan secara rinci menggunakan bahasa yang sederhana semua opsi yang bisa pelanggan tempuh. Berikut cara membuat informasi kebijakan pengembalian di toko online?
- Beri jangka waktu pengembalian – misal hingga 7 hari sejak produk diterima. Tambahkan pula informasi kapan toko online dapat mengirim kembali produk yang dikembalikan.
- Informasikan batasan kondisi produk – Sampaikan pada pelanggan kondisi produk seperti apa yang bisa dikembalikan, misal jika produk rusak karena proses pengiriman. Bisa juga dengan menambahkan syarat “produk bisa dikembalikan asal terdapat bukti rekaman video saat membuka paket.”
- Jelaskan langkah-langkah mengembalikan produk – Mulai dari pengemasan produk, layanan ekspedisi yang dipilih, hingga biaya tambahan yang mungkin dibebankan.
- Tambahkan opsi pengembalian lain – Misal dengan mengembalikan uang senilai harga produk. Jelaskan bagaimana pelanggan bisa memperoleh dana pengembalian serta apakah ada potongan biaya jika memilih opsi ini.
Baca juga : Mengenal Certificate Authority (CA) dan Manfaatnya
-
Live Chat (Customer Support)
Lewat fitur Live chat, pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan penjual jika mereka memiliki pertanyaan, masalah, atau hal lain yang mengganggu. Jadi tidak hanya fokus mengejar kualitas produk yang ditawarkan, tapi juga mengoptimalkan fitur layanan pelanggan. Berikut alasan kenapa live chat penting:
- Meningkatkan penjualan, fitur live chat bisa meningkatkan penjualan hingga 40%;
- Membuat pelanggan merasa nyaman – Karena pertanyaan dari pelanggan bisa dijawab saat itu juga lewat live chat;
- Menghemat pengeluaran – Dibandingkan dengan call center, menggunakan live chat jelas lebih hemat karena bisa diterapkan langsung di website.
-
Fitur-Fitur Keamanan
Fitur keamanan merupakan fitur wajib toko online, karena toko online sering menjadi sasaran empuk kejahatan di dunia maya. Misal, infeksi malware, serangan spam, sampai pencurian data kartu kredit. Fitur keamanan juga merupakan upaya penjual dalam meyakinkan calon konsumen, bahwa toko online tersebut adalah tempat belanja yang aman.
Baca juga : SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Reset Keyword
Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.
Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?