Search
Close this search box.
Control Panel Web Hosting Gratis yang Bisa Dicoba

Control Panel Web Hosting Gratis yang Bisa Dicoba

Control panel hosting digunakan untuk mengelola sebuah website. Dalam cPanel, terdapat sejumlah fitur yang dapat dipakai untuk mengelola email, database, penambahan domain, disk, monitor bandwidth sampai backup data. Meskipun sudah banyak penyedia web hosting dengan beragam paket yang ditawarkan, namun tidak ada salahnya untuk mencoba control panel hosting gratis terlebih dahulu untuk mempelajarinya.

Baca juga : Pengertian, Jenis dan Tips Memaksimalkan Carousel

Pengertian Cpanel

apa itu cPanel

Salah satu control panel hosting yang paling populer adalah Cpanel. cPanel adalah suatu kontrol panel yang berfungsi untuk mengelola pengaturan domain, hosting ataupun website. cPanel akan memberikan tampilan grafis dan automasi untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. Sedangkan cPanel hosting adalah kontrol panel di hosting yang dapat membantu dalam mengelola hosting, domain dan website. Cpanel yang berbasis Unix/Linux mempunyai tampilan antarmuka yang simple sehingga mudah digunakan oleh para pemula. Cpanel memberikan akses penuh kepada pengguna untuk mengatur situs website dan administrasi hosting melalui browser, serta dapat dipakai untuk membuat akun email, autoresponder dan mengatur database dengan cepat. Ada juga control Panel VPS (Virtual Private Server), yang merupakan aplikasi berbasis web yang memungkinkan seorang administrator server untuk mengelola berbagai macam fungsi server. Pengelolaan VPS akan lebih mudah jika menggunakan panel dibandingkan dengan menggunakan teks perintah (command line). Kemudahan penggunaan panel di VPS membuat banyak pengguna mau untuk mengembangkan control panel VPS terbaik menurut versi mereka masing-masing.

Alasan Memilih Hosting Gratis

Bagi seorang pemula dalam dunia website dan sebagai sarana belajar, layanan web hosting tidak berbayar adalah keputusan yang tepat. Namun tetap ada beberapa konsekuensi yang harus diketahui agar nantinya tidak kecewa. Kelebihan web hosting tidak berbayar yaitu tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun, namun ada juga kekurangan dari hosting gratis ini, yaitu:

  • Mutu layanan yang tidak optimal sebagaimana hosting yang berbayar.
  • Beberapa server sangat kurang dalam memberikan layanan sehingga downtime sering terjadi.
  • Tak dapat mengatur iklan yang muncul sehingga sering merasa terganggu.
  • Website gratis sewaktu-waktu dapat dihapus tanpa informasi lebih dulu.
  • Bila ingin beralih pada hosting lain, misal karena sudah menyediakan budget khusus untuk domain itu, data akan sulit ditransfer.

Maka, pengguna selalu berkesempatan menggunakan hosting tak berbayar, namun sebaiknya cermatlah dalam memilih dan gunakanlah dengan hati-hati.

Baca juga : Cara Mudah Riset Keyword untuk Blog dan Website

Perbedaan Hosting Gratis dan Berbayar

Fasilitas yang diperoleh oleh pengguna berbayar dengan pengguna gratisan tentunya tidak akan sama. Dimana ada batasan-batasan tertentu bagi layanan tak berbayar. Meskipun penyedia hosting mempromosikan bahwa layanan free hosting unlimited. Namun tetap ada batasan tertentu dalam membangun situs website, karena bandwith dan ruang disk yang tersedia memang terbatas. Alasannya adalah agar semua pengguna layanan gratis sama-sama mendapatkan peluang dengan porsi setara. Meski demikian tak ada salahnya untuk memilih fasilitas ini sebagai sarana belajar, dimana pengguna dapat melakukan berbagai uji coba terkait website tersebut tanpa modal. Jika sudah merasa siap untuk membangun website yang serius, bisa memilih layanan berbayar yang memiliki fungsi, fitur tambahan, serta kapasitas bandwithnya lebih besar.

Fitur yang ditawarkan Control Panel VPS

  • Manajemen DNS (Domain Name System), dapat mengelola pengaturan DNS melalui tampilan berbasis web. Jika tanpa panel pengaturan ini harus dilakukan menggunakan teks perintah yang membutuhkan ketrampilan seperti perintah dasar linux.
  • Manajemen Email, Fitur ini memungkinkan untuk menambahkan dan mengelola alamat email, mengatur kuota setiap akun email, dan mengatur penanganan spam. Dengan tampilan yang berbasis web.
  • Manajemen File System, dapat jugs menyesuaikan dan mengatur file system menggunakan control panel VPS. Pengaturan menggunakan teks perintah harus dilakukan manual. Jadi ini akan mengurangi kesalahan pengaturan yang terkadang sering terjadi pada saat mengelola file system menggunakan teks perintah.
  • Manajemen Database, Berbagai macam pengelolaan sistem database juga dapat dikelola dengan baik menggunakan control panel VPS, seperti MySQL, PostgreSQL, dan sistem database lainnya.
  • Laporan Akses dan Pelaporan, Jika terjadi masalah biasanya sistem akan menuliskannya pada log detail masalahnya. Pengguna tidak perlu repot membaca di file log pada server. Pada control panel VPS tampilan laporan log dapat ditampilkan lebih enak untuk dibaca.
  • Manajemen FTP, Control panel VPS juga biasanya menyediakan pengelolaan FTP seperti akun user, menajemen password, dan pengaturan kuota setiap akun.
  • Manajemen User SSH, Pengguna dapat menambahkan dan menghapus akun SSH yang ada di dalam VPS dengan mudah.
  • Konfigurasi Plugin, Beberapa panel menyediakan fitur untuk menambahkan dan menghapus plugin tambahan. Plugin-plugin itu biasanya bertujuan untuk memudahkan proses pengelolaan situs web atau menambah fitur, seperti WordPress, Laravel, dan modul lainnya.

Baca juga : Tahapan Perencanaan Strategi Pemasaran Untuk Bisnis

Daftar Control Panel Gratis

1. VestaCP

Vesta

VestaCP adalah control panel gratis yang sudah memiliki aplikasi Softaculous dengan lebih dari 439 apps, yang dapat diinstall hanya dengan satu kali klik. Panel ini dapat berjalan cepat hanya dengan spesifikasi minimal menggunakan 512 RAM dan penyimpanan sebesar 20Gb. vestaCP juga mendukung beberapa sistem operasi Linux dengan menggunakan web server Nginx dan Apache. Pada pengelolaan email, VestaCP mempercayakan engine-nya menggunakan Dovecot dan Exim. VestaCP termasuk ke dalam salah satu control panel VPS terbaik gratis yang banyak digunakan admin sistem. Panel ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan tidak kalah dengan panel berbayar.

2. Dreamnix

Dreamnix

Dreamnix merupakan anak perusahaan Business ICS International Ltd. Terdapat tiga layanan web hosting yang disediakan o Dreamnix mulai dari yang gratis hingga yang sangat terjangkau.

  • Cloud Free – Fitur yang disediakan: kapasitas disk sebesar 1 GB, Cpanel, 1 situs dan basis data, bandwith hingga 1 GB per bulan.
  • Cloud Pro – Dengan biaya berlangganan sebesar US$ 2, bisa mendapatkan fitur Cpanel, 1 situs dan basis data, serta bandwith 1 GB per bulan.
  • Cloud Turbo – Biaya langganan untuk layanan yaitu US$ 4 per bulan. Fitur yang dijanjikan adalah kecepatan muat hingga 20 kali, tidak ada batasan ruang disk serta bandwith, tanpa batasan basis data dan situs, tanpa batasan kotak email, dan gratis Cpanel, SSH, serta SSL.

Baca juga : Mengenal Certificate Authority (CA) dan Manfaatnya

3. Infinity Free

Infinity Free

Keunggulan hosting ini adalah tak menampilkan iklan, memperbolehkan untuk memilih nama domain serta subdomain. Tersedia sekitar 25 ekstensi domain gratis untuk para pengguna. Fitur yang tersedia adalah bandwith dan ruang disk unlimited, maksimal 400 website, maksimal 10 akun email, dan kecepatan serta uptime-nya bagus. Paket hosting yang disediakan oleh Infinity adalah Infinity Free, Super Premium, dan Ultimate Premium.

4. Webuzo

webuzo

Webuzo adalah control panel VPS yang menyediakan versi gratis dan berbayar dengan fitur yang sangat lengkap. Versi gratis Webuzo tentu ada batasannya. Dimana tidak bisa menggunakan seluruh fitur dan hanya diperbolehkan untuk menggunakan 59 skrip saja. Webuzo menyediakan banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membangun website, seperti manajemen domain, managemen user, File Transfer Protocol (FTP), manajemen database yang menggunakan MySQL dan Rockmongo, manajemen DNS Zone, manajemen MXEntry records, manajemen CRON, Advanced Security menggunakan IP Block, CSR, Private keys.

5. ByetHosting

ByetHosting

ByetHosting merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan gratis dengan jaringan terstabil serta tercepat. Penyedia layanan yang merupakan anak perusahaan iFastNet ini juga sudah berpengalaman puluhan tahun dalam bisnis tersebut. Fitur yang tersedia unlimited adalah bandwith dan Storage. Website builder atau design dapat dilakukan dengan template gratis, Joomla, dan Auto Installer WordPress.

Baca juga : Tips Membangun dan meningkatkan Customer Experience

6. OOOWebhost

webhost

OOOWebhost dapat dibilang sudah sangat berpengalaman dalam menyediakan layanannya. Akun webhost dapat dengan mudah diaktifkan dalam waktu singkat, baik blog dengan situs HTML yang simple atau dibuat dengan WordPress. Fitur yang disediakan oleh hosting ini adalah uptime 99% blazing speed, control panel, aktivitas akun secara instan, dan jaminan layanan berbasis teknologi teraktual.

7. Webmin dan Virtualmin

Virtualmin

Webmin dan Virtualmin memiliki kesamaan dalam control panel hosting. Ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan mendukung sistem operasi UNIX, Linux, BSD dan baru-baru ini mendukung untuk sistem operasi Windows. Webmin terkenal dengan fleksibilitasnya. Sedangkan Virtualmin merupakan panel gratis dan sudah diunduh ribuan user dan aktif.. Virtualmin GPL merupakan inti dari panel kontrol web dengan fitur yang cukup lengkap dengan tampilan yang menarik. Ada empat metode yang ditawarkan untuk mengelola server, yaitu dari web, mobile, command line, dan menggunakan remote HTTP API.

8. Ajenti

ajenti

Ajenti adalah control panel VPS yang fokus pada efisiensi eksekusi program. Beberapa admin situs web menggunakan Ajenti, karena merasa lebih cepat dalam melakukan akses remote dengan performa lebih tinggi. Kontrol panel ini berbasiskan Python yang mana kontrol panel lain lebih dominan menggunakan PHP. Tampilan kontrol panel cukup menarik dengan dukungan berbagai macam sistem operasi. Mereka mengklaim bahwa sudah lebih dari 55 ribu user aktif yang menggunakannya.

Baca juga : Apa itu Customer Experience dan Manfaatnya?

9. CentOS-WebPanel

CentOS-WebPanel

CentOS-WebPanel adalah VPS control panel gratis untuk hosting dan open source. Panel ini mendukung pada sistem operasi CentOS/RHEL 6.x dan CloudLinux. Panel ini membuat sederhana proses pengelolaan situs web dengan berbagai fitur dengan panel modern yang penuh kontrol. Instalasi ini sangat mudah dengan beberapa klik saja.

10. RackH

rackh

Inilah salah satu startup IT yang cukup terkemuka di tanah air dan menyediakan paket-paket hosting cuma-cuma. Yang perlu dilakukan hanya mempromosikan perusahaan dengan memuat banner RackH serta backlink pada situs. Hosting dari RackH ini banyak digunakan oleh para freelancer, blogger, komunitas, dan lain-lain. Keunggulan RackH adalah 500MB Storage, tak tersedia domain, kapasitas bandwith 5 GB, dua akun email, dan hanya tersedia cPanel untuk sarana website builder.

11. Mitrahosting

Mitrahosting

Paket hosting tak berbayar dari MitraHosting menyediakan layanan yang unik, karena bisa berhubungan secara langsung dengan customer support via Whatsapp atau SMS. Hosting tak berbayar ini dapat dinikmati selamanya. Jika ingin menggunakan paket premium pun tak dipatok harga khusus atau terserah klien. Fitu yang disediakan, yaitu tersedia cPanel untuk website builder atau design, maksimal dua akun email, 1 GB Bandwith, tanpa iklan, 2 add-on domain ditambah 2 subdomain, dan storage berkapasitas 512 MB. Dan agar website tetap aktif, paling sedikit setiap bulannya dikunjungi dua pengguna internet.

Baca juga : Apa itu Churn Rate dan Apa Penyebab Churn Rate Tinggi

12. Dobelhost

dobelhost

Untuk menggunakan hosting ini terdapat beberapa persyaratan, yaitu wajib memilih domain premium, harus bergabung dengan grup Whatsapp Dobelhost, serta melakukan perpanjangan setiap tiga bulan sekali. Inilah spesifikasi yang disediakan yang dapat dibilang cukup baik untuk layanan hosting tak berbayar.2 GB storage, tanpa domain, tanpa iklan, bandwith tidak terbatas, tanpa email, tersedia cPanel untuk website builder dan design.

13. ISPConfig

ISPConfig

ISPConfig yang dikembangkan oleh SPConfig UG merupakan control panel VPS terbaik gratis yang menggunakan lisensi BSD. Panel ini mengimplementasikan web-based interface yang memungkinkan mengelola beberapa fungsi VPS. ISPConfig cukup populer digunakan, mereka juga menyediakan layanan support untuk pengguna enterprise. Proyek ini mengklaim sudah mencapai 40 ribu unggahan setiap bulannya. Terdapat multi-server, dukungan IPv6, dan virtualisasi (OpenVZ) yang mana ini cukup ideal untuk ISPs atau berbagai macam lingkungan sistem perusahaan.

Baca juga : SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Reset Keyword

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

 

Postingan Terkait

deep web

Apa itu Deep Web?

Apa yang Anda cari sebagian besar akan Anda temukan di internet. Namun, siapa sangka ternyata internet ini memiliki sesuatu yang lain dan sebelumnya tak pernah

Read More »
programing

Apa Itu Visual Programming?

Selaku programmer, Kamu pastinya menguasai kalau bahasa pemrograman berplatform bacaan berpusat pada eksekusi perintah- perintah khusus serta gimana perintah itu menunjukkan suatu buat konsumen. Tetapi,

Read More »