about us- website

Pentingnya Website atau Blog untuk Perkembangan Bisnis

Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, kini informasi dapat ditemukan dengan hanya sekali klik. Internet atau Interconnection networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket yang melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet kini sudah digunakan oleh banyak orang dari berbagai usia sebagai media informasi.

Baca juga : Memahami Tentang Pengertian Dan Perkembangan Komputer Generasi Kelima

Pengertian Website

Website adalah suatu halaman web yang dapat diakses melalui Internet. Dalam sebuah web biasanya akan tersedia sebuah informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi. Menurut Global Web Index, 62% pelanggan mengunjungi website hanya untuk mencari informasi mengenai merek maupun produk. Maka, bagi seorang pengusaha, sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk membuat website sebagai media branding maupun promosi bisnis.

Pentingnya Website atau Blog untuk Bisnis Online

Membangun bisnis pada masa kini bisa dimulai dari mana saja, karena berbagai jenis bisnis tersedia, dan mudah untuk dijangkau karena kemajuan zaman. Apalagi ketika berbicara mengenai bisnis online, langkah pertama dalam membangun bisnis online yaitu membuat sebuah website atau blog. Kemajuan teknologi dan akses internet yang semakin banyak diterima masyarakat membuat bisnis online menjadi sektor bisnis yang menggiurkan, memberikan keuntungan cepat serta tidak sulit untuk dilakukan. Para produsen tinggal memanfaatkan platform yang sudah ada untuk menjalankan bisnisnya. Ketika membahas blog, maka yang biasa muncul di benak adalah sebuah situs yang diisi dengan berbagai artikel menarik. Namun ada beberapa keunggulan dari memakai blog untuk bisnis online, yang akan menaikkan pendapatan dan promosi dengan sendirinya. Berikut seberapa penting blog untuk bisnis online.

1. Pengenalan Produk atau Jasa (Branding)

branding
Branding Advertisment Copyright Value Profile Concept

Branding merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan dalam membangun sebuah bisnis. Dengan memiliki website, maka dapat secara langsung menyajikan informasi yang membantu dalam memperkenalkan merek atau produk yang dipasarkan atau dijual. Dengan mengunjungi website, pelanggan juga dapat dengan mudah mengetahui segala hal tentang produk dan merek yang dipasarkan, serta dapat lebih percaya dengan bisnis yang sedang dijalankan, dan penjual dapat melakukan komunikasi dua arah dengan calon konsumen. Dengan mengetahui berbagai informasi tersebut, pelanggan dapat segera mengambil keputusan untuk melakukan pembelian jika tertarik, atau mencari produk lain yang mereka butuhkan melalui website. Pengguna juga dapat menambahkan sedikit informasi tentang perusahaan. Maka, tak perlu repot lagi menjawab pertanyaan pelanggan satu per satu, karena semua informasi yang dibutuhkan pelanggan telah tersedia di dalam website.

2. Menjadi Media Promosi Dengan Cara Soft- Selling

soft selling

Blog sangat berguna untuk dipakai sebagai alat promosi karena seluruh artikel yang ada di dalamnya sangat bisa untuk dimasukkan sisipan jualan ala soft-selling. Dengan membuat artikel dengan gaya ‘menjual secara halus’, para pembaca bisa terpengaruhi untuk membeli produk yang dijual. Dan itu bisa dilakukan di seluruh artikel yang ada. Soft selling juga bisa tidak dipakai karena di dalam blog, promosi dengan hard selling pun tidaklah salah. Jadi ada dua gaya promosi yang bisa dipakai secara sekaligus tanpa perlu kesulitan untuk memilih mana yang paling tepat. Apalagi saat ini, banyak orang yang sangat suka mencari informasi di internet dan memperhatikan blog-blog dengan bahasan menarik. Di sanalah kesempatan besar para produsen untuk memakai blog sebagai alat promosi.

3. Meningkatkan Penjualan

Website dapat membantu calon pelanggan mendapatkan informasi mengenai produk yang dijual. Ketika pelanggan tertarik, mereka akan melakukan transaksi penjualan di dalam website. Maka, penghasilan bisnis akan ikut meningkat. Jadi, cobalah mulai membuat website dengan fitur penjualan online di dalamnya.

Baca juga : Memahami Tentang Pemrograman Aplikasi API

4. Memberikan Edukasi

Mayoritas blog diisi dengan artikel yang dipenuhi tulisan menarik. Dengan memberikan artikel yang membawa pesan edukasi, maka para pengunjung blog akan merasakan manfaat dari artikel yang ditulis. Mereka menjadi selalu berkunjung ke blog karena pesan edukasi yang terkandung di dalamnya bisa memberikan pembelajaran dan pengetahuan bagi pembaca. Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan menambah pengetahuan karena zaman terus berkembang sehingga perlu ada asupan gizi untuk ilmu yang setiap saat bermunculan.

5. Menambah Pemasukan dari Iklan

meningkatkan pendapatan

Ketika blog yang sudah ada semakin lama semakin berkembang dan semakin banyak pengunjungnya, maka para produsen yang ingin mempromosikan produknya bisa menggunakan jasa blog yang ada sebagai media untuk promosi sehingga pemasukan dari iklan akan datang dengan sendirinya. Sebagai pemilik blog, artikel-artikel yang ada di website, tentu bisa disusupi oleh iklan dari para pemasangnya. Tidak ada batasan tertentu dalam mempromosikan iklan karena pemasukan yang datang sulit untuk ditolak. Segala bentuk kreativitas yang ada akan membawa pengunjung yang lebih banyak lagi.

Contoh Nyata Pentingnya Blog untuk Bisnis

Strategi Content Marketing pada blog memang melimpah. Karena, menerapkan strategi tersebut benar-benar membawa dampak bagi bisnis. Untuk lebih meyakinkan, berikut trik blogging yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan ternama:

  1. Tanihub: Menciptakan Brand Awareness

Tanihub

Tanihub adalah e-commerce penyedia bahan masakan segar yang rilis di tahun 2016. Kemudian Startup ini membuat blog setahun setelahnya, di tahun 2017. Mereka berharap, blog Tanihub mampu menyebarkan brand awareness sehingga target audiens yang tadinya tidak kenal (Cold Traffic) jadi menyadari kehadiran bisnis ini dan nantinya mau menggunakannya. Berikut cara Tanihub membangun brand awareness dari blog:

  • Mendesain blog sesuai dengan warna identitas brand;
  • Menyajikan layout yang rapih dan menyediakan navigasi. Misal, adanya menu kategori;
  • Membuat konten-konten dengan topik yang relevan dan bermanfaat, yaitu seputar hasil tani dan tipsnya;
  • Melengkapi blog dengan artikel pendukung yang menunjukkan keseriusan Tanihub dalam melayani konsumen. Mulai dari mengulas customer service mereka hingga memberikan press release event;
  • Menyediakan konten-konten promosi;
  • Memposting konten secara teratur dan konsisten, yaitu sekitar empat artikel setiap harinya;
  • Menyediakan formulir untuk berlangganan newsletter.

Baca juga : Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk Website

Hasil dari Strategi Content Marketing Blog Tanihub

Upaya Tanihub membangun brand awareness melalui blog membuahkan hasil yang bagus. Produktivitas dan konsistensi memposting konten dari tahun 2017 nyatanya mampu mengangkat traffic. Artinya, semakin banyak orang menemukan konten TaniHub. Selain jadi tambah populer, kepercayaan calon pelanggan pun meningkat. Faktanya, 82% konsumen merasa lebih positif terhadap brand setelah beberapa kali membaca konten berkualitas yang diterbitkan perusahaan tersebut. Dengan upaya branding dan produktivitas yang kuat, di tahun 2020 Tanihub memenangkan penghargaan Popular Agritech Company for Publication Activity Strategy dalam ajang Indonesia Corporate PR Award. Hingga saat ini, Tanihub terus berkembang menjadi brand yang makin terpercaya. Bisnisnya tumbuh 639% dan bahkan berhasil mendapat suntikan dana sebesar Rp942miliar. Walaupun performa blog Tanihub sudah bagus, masih ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan, terutama mengenai:

  • Kurangnya ilustrasi pendukung untuk memudahkan pemahaman artikel;
  • Tidak menggunakan tombol Call-to Action (CTA) yang jelas untuk mengajak audiens menggunakan aplikasi Tanihub;
  • Minimnya formatting pada artikel membuat audiens sulit membaca secara scanning;
  • Pilihan kata pada menu kategori terlalu umum sehingga kurang mewakili daftar konten di dalamnya.
  1. Skill Academy: Memperkuat Minat Beli Target Audiens

Skill Academy

Skill Academy adalah layanan terbaru dari Ruangguru yang rilis sekitar tahun 2019. Membawa popularitas Ruangguru, orang-orang pun lebih mudah mengenal layanan yang fokus ke pelatihan kerja ini. Namun, branding saja tidak mampu meyakinkan orang-orang di fase Warm Traffic sehingga mau berlangganan. Karena, Skill Academy pun memfokuskan blognya untuk menerbitkan artikel-artikel bermanfaat yang berkaitan dengan dunia kerja dan pelatihan skill. Mereka juga menawarkan course Skill Academy untuk memudahkan audiens dalam belajar. Untuk memperkuat minat beli Warm Traffic melalui blog, Skill Academy menerapkan cara berikut:

  • Menerbitkanartikel dengan topik umum dan ngetren;
  • Menggunakan keyword-keyword dengan volume pencarian kecil(100 hingga 1000) sehingga persaingannya rendah;
  • Menyediakan informasi yang lengkapseperti soal-soal latihan seleksi kepegawaian terbaru beserta pembahasannya;
  • Menyediakan artikel-artikel promosiuntuk memperkenalkan Skill Academy secara lengkap;
  • Mengakhiri artikel denganmenawarkan kelas Skill Academy sebagai solusi masalah;
  • Menyediakan tombol CTAuntuk mengambil course Skill Academy;
  • Memperkuatperforma SEO blog. Misal: memperkaya backlink dengan mengadakan lomba blog yang mengharuskan peserta membahas Skill Academy sambil menyematkan link tertentu.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mempercepat Loading Website WordPress

Hasil dari Strategi Content Marketing Blog Skill Academy

Trik Content Marketing ala Skill Academy terbilang cukup sukses. Karena, traffic yang semula datar bisa naik secara tajam seiring dengan pertumbuhan konten blog. Strategi Skill Academy dalam memilih kata kunci yang volumenya kecil rupanya berhasil. Misal, artikel 15 Tools Photoshop dan Fungsinya untuk Belajar Desain Grafis. Skill Academy membidik keyword ‘fungsi tools Photoshop’ yang volumenya sekitar 200 per bulan. Karena persaingan keyword rendah dan artikelnya juga bermanfaat, konten tersebut pun mampu menduduki ranking pertama di halaman Google. Dan juga menyumbang sekitar 1000 traffic pada blog Skill Academy. Kompetisi blogging yang Skill Academy adakan, juga turut menyumbang backlink secara cuma-Cuma, dimana backlink mampu meningkatkan reputasi website di mata Google. Kesimpulannya, Skill Academy mengawinkan optimasi SEO dan strategi konten berkualitas. Meskipun traffic blog Skill Academy terus meningkat, namun ada celah yang kemungkinan memperlambat performa blog. Berikut di antaranya:

  • Memisahkan blog dengan halaman utamanya. Daripada menggunakan sub-domain blog.skillacademy.com, lebih baik gunakan sub-directory semacam skillacademy.com/blog. Sehingga, blog dan website saling terhubung dan meningkatkan performa SEO;
  • Waktu publikasi konten di blog belum konsisten dan banyak hari kosong;
  • Terlalu banyak menggunakan keyword yang rendah volume pencarian bisa mengakibatkan konten sulit ditemukan;
  • Variasi format konten yang memudahkan pemahaman informasi masih minim. Belum ada e-book, video tutorial, dll;
  • Konten-konten usang membutuhkan update konten supaya infonya tetap segar.
  1. Gojek: Memperluas Bisnis dan Mendorong Angka Transaksi

gojek

Tampaknya Gojek memanfaatkan blognya untuk memperluas bisnis dan mendorong transaksi di berbagai layanan mereka (Goride, Gocar, GoFood, dll). Artinya, Gojek mengincar audiens Hot Traffic, atau audiens sudah mengenal mereka tapi butuh diyakinkan sedikit lagi supaya mau bergabung menjadi mitra ataupun bertransaksi. Maka, Gojek banyak memposting artikel yang fokus membahas produk dan promo. Berikut strategi yang dilakuakn gojek, untuk mendorong transaksi lewat blog:

  • Membuat kategori konten di blog sesuai dengan layanan yang tersedia sehingga topik artikel tidak campur aduk;
  • Memakai keyword yang cukup spesifik dan berkaitan langsung dengan layanan. Seperti: daftar Gojek, promo Gopay, cara daftar Gofood, lacak Gosend, dll;
  • Melengkapi blog dengan berbagai konten pendukung seperti info jajanan tradisional Indonesia, tips belanja bulanan, dsb;
  • Memberikan artikel yang mengulas pengalaman pengguna Gojek;
  • Di akhir artikel, Gojek memberikan tombol CTA yang mengarah langsung ke produk atau pemakaian promo. Tombol CTA juga didesain sesuai warna brand Gojek.

Baca juga : Plugin WordPress Terbaik Untuk Toko Online

Hasil dari Strategi Content Marketing Blog Gojek

Selama dua tahun terakhir, Gojek berhasil mengumpulkan lebih banyak traffic seiring dengan meningkatnya jumlah konten blog. Gojek menjadikan blognya sebagai sumber informasi yang menjawab kebutuhan calon konsumen. Strategi Gojek untuk menggunakan kata kunci yang spesifik ke layanan, juga cukup sukses. Buktinya, artikel blog yang paling banyak menyedot visitor adalah Cara Daftar Mitra Gojek, Promo Google Play, Cara Daftar GoFooddll. Konten blog Gojek ini juga memenangkan posisi pertama di halaman pencarian Google. Rupanya, Gojek menyadari bahwa blog adalah sumber informasi yang strategis. Jadi, bisa dikatakan blog membantu Gojek menumbuhkan transaksi hingga 10% di tahun 2020. UMKM yang bergabung di Gojek juga meningkat 80%. Dari 500.000 merchant menjadi 900.000. namun jika diperhatikan, dari Februari 2020 traffic blog Gojek menurun  dan cenderung stuck di angka 240K hingga 290K. Berikut beberapa masalahnya:

  • Ada lebih dari 50 broken link atau tautan yang tidak bisa diakses di dalam blog sehingga memungkinkan hilangnya kesempatan transaksi;
  • Jadwal publikasi artikel di blog Gojek belum konsisten dan terkadang sama sekali tidak upload;
  • Konten belum sepenuhnya menerapkan strategi SEO sehingga performanya di Google bisa jadi kurang maksimal;
  • Menggunakan gambar berukuran besar yang kurang dioptimasi. Akibatnya, gambar tidak kunjung muncul;
  • Beberapa CTA menggunakan gambar yang disematkan link. Padahal, ada gambar yang gagal ter-load sehingga audiens tidak bisa mengkliknya.
  1. Miro: Membangun Loyalitas Pelanggan

miro

Miro adalah penyedia virtual whiteboard untuk membantu membuat mind-mapping dan kolaborasi dengan tim. Salah satu daya tarik Miro yaitu mereka tidak meninggalkan pelanggannya setelah transaksi terjadi. Sebaliknya, Miro menjadikan blognya sumber inspirasi sehingga pelanggan tahu apa saja yang bisa dilakukan dengan Miro. Tentunya, Dan upaya Miro ini mampu membangun loyalitas pelanggan, karena segala informasi yang pelanggan butuhkan terkait penggunaan produk bisa ditemukan di blog. Berikut strategi Content Marketing yang dilakukan Miro:

  • Menyediakan berbagai pilihan menu sesuai topik konten (Product Development, Agile Management, Customer Stories, dll);
  • Mengangkat topik-topik yang berkaitan langsung dengan penggunaan Miro;
  • Membuat konten dengan sasaran audiens yang jelas.Mulai dari pengguna baru, level startups, dsb;
  • Memberikan ilustrasi pendukungyang memudahkan pemahaman audiens;
  • Menyajikan berbagai pengalaman penggunaterkait manfaat Miro;
  • Memberikanrekomendasi bacaan di setiap konten.

Hasil dari Strategi Content Marketing Blog Miro

Tentunya, performa blog Miro agak unik. Kemungkinan karena spesifik menyediakan konten yang menyasar pelanggan, traffic blog Miro memang tidak seramai bisnis lainnya. Namun, jangan mengukur kesuksesan blog dari traffic saja. Karena, dengan blognya Miro tidak hanya berupaya menjaring calon pelanggan, tapi mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Faktanya, 75% konsumen mengharapkan suatu brand mampu membantu mereka dalam menuntaskan masalah. Dan lewat konten-konten blognya, Miro menginspirasi pelanggan untuk menyelesaikan masalah dengan produk mereka. Dan Miro berhasil membangun loyalitas konsumen, bahkan sudah menjaring lebih dari 20 juta pengguna. Dan di tahun 2021, Miro menyabet beberapa penghargaan sekaligus dari G2 Best Software Award:

  • #1 Fastest Growing Product;
  • #2 Remote Work Product;
  • TOP 100 Global Sellers;
  • TOP 100 Highest Satisfaction.

Untuk memperkuat loyalitas pelanggan, Miro harus memperbaiki beberapa celah ini:

  • Menyediakan kolom komentar untuk mendengar feedback audiens;
  • Memberikan social sharing button sehingga pelanggan mudah membagikan konten ke media sosial;
  • Memajang social proof seperti testimoni positif untuk memperkuat konten.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Bisnis Startup

  1. Jasa Kurir YZ: Mengapa Traffic Anjlok Meski Sudah Rajin Posting?

Selanjutnya, ketahui dampak jika strategi blogging kurang tepat. Mari lihat blog dari sebuah layanan kurir YZ. Startup ini melayani pengiriman barang online dari berbagai e-commerce. Membuat blog di tahun 2019, sepertinya jasa pengiriman YZ ingin memfokuskan blognya untuk promosi fitur layanan. Seperti cek ongkir hingga cek resi. Berikut upaya Content Marketing yang dilakukan YZ:

  • Mengincar keyword dengan volume pencarian rendah hingga medium, yaitu 1000 ke atas;
  • Membuat konten relevanyang berhubungan dengan lifestyle dan bisnis;
  • Memilih topik yang sedang ngehits. Seperti jam tangan pria, action camera, body scrub, dll;
  • Konsisten menerbitkan sekitar satu artikel per hari;
  • Menerapkan strategi SEO;
  • Memperkenalkan fitur pengiriman YZ di setiap akhir artikel.

Hasil dari Strategi Content Marketing Blog Jasa Kurir YZ

Secara garis besar, blog Jasa Kurir YZ sebenarnya bagus, karena selama dua tahun terakhir, blog YZ terus bertumbuh, baik dari segi konten maupun traffic. Selain itu, banyak artikelnya menyabet peringkat pertama di halaman Google dan mendapatkan featured snippet. Featured snippet merupakan cuplikan artikel yang tayang di bagian paling atas halaman pencarian. Sehingga, blog atau artikel mendapatkan eksposur lebih dan mempunyai potensi besar untuk diklik. Namun, traffic blog YZ menurun tajam sejak bulan Mei 2021, meskipun sudah konsisten menerbitkan konten. Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan traffic blog YZ anjlok. Berikut alasannya:

  • User Experience di Blog Kurang Nyaman

Bagi pengunjung yang datang langsung ke blog YZ, kemungkinan agak sulit dalam menavigasi. Karena tidak ada menu navigasi atau kategori sehingga beragam topik konten saling tumpang tindih. Proporsi konten dengan gambar pada blog juga tidak seimbang. Visual cukup jumbo, sedangkan paragraf-paragrafnya terlalu mini. Menyebabkan, mata pembaca jadi mudah lelah dan informasi pun sulit ditangkap. Tentunya, user experience ini sangat berdampak bagi traffic. Buktinya, 88% orang ogah balik ke situs web tertentu setelah pengalaman pengguna yang buruk.

  • Performa SEO Blog Menurun

Performa SEO web cukup berpengaruh bagi keberhasilan blog. Faktanya, halaman pencarian Google mampu menyumbang 59,2% traffic blog. Menurut pantauan Ahrefs, banyak konten blog YZ yang mengalami penurunan pada performa SEO. Ini terlihat dari  melimpahnya artikel blog XY yang rankingnya merosot setiap hari. Selain itu, YZ juga kehilangan puluhan backlink dari berbagai guest blog. Artinya, tautan-tautan untuk melempar audiens ke blog YZ jauh berkurang. Padahal, link building atau kegiatan untuk mendapat link dari website lain cukup berpengaruh pada reputasi, kredibilitas, serta potensi traffic blog.

  • Konten Kalah Saing Dengan Blog Kompetitor

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, salah satu penyebab merosotnya ranking konten blog YZ bisa jadi karena kalah saing. Artikel berkualitas pasti original, masuk akal, bermanfaat, dan enak dibaca. Kehilangan satu elemen saja, kualitas konten akan turun. Contoh salah satu artikel blog YZ yang penurunannya paling tajam, yaitu: 11 Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari, Modal Kecil Loh! Menurut Ahrefs, ranking konten ini anjlok dari posisi dari 6 ke 36.

Rupanya, ide dalam artikel dari blog Kurir YZ  sebagian besar sudah dibahas oleh blog tetangga. Alhasil, nilai unik konten pun jadi kurang. Kemudian, YZ juga kalah saing di banyak keyword. Meskipun kata kunci utamanya sama-sama ‘contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing’, YZ tidak memakai keyword pendukung yang potensial. Seperti ‘usaha yang belum ada’, ‘usaha yang masih jarang tapi menguntungkan’, dll. Padahal, jika YZ memasukkan dan mengulas topik yang berhubungan dengan keyword pendukung ini, kemungkinan konten akan memberi value atau manfaat lebih ke artikel tersebut. Sehingga, audiens pun lebih terbantu dan berpotensi menganggap blog sebagai sumber informasi terbaik. Dari sisi teknis, keyword pendukung juga mempunyai volume tersendiri. Karena, tidak semua orang mencari info dengan kata kunci utama. Artinya, memasukkan keyword pendukung memungkinkan blog menangkap lebih banyak traffic. Namun, penyebab anjloknya traffic bukanlah konten saja. Tapi juga faktor lainnya seperti: umur domain, perubahan algoritma Google, struktur website, kecepatan halaman web, dan sebagainya.

Baca juga : Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis Online

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait