Search
Close this search box.
tips memilih hosting terbaik untuk website

Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk Website

Dalam memilih Hosting, bukan hanya dilihat berdasarkan harga dan disk space nya saja, namun sesuaikan juga dengan website yang ingin dibuat,  berapa estimasi pengunjung per harinya, perlu akses SSH atau tidak, perlu kecepatan tinggi atau tidak dan lain sebagainya. Jika sebuah website toko online diakses 1000 pengunjung tiap harinya, maka Hosting yang dipilih juga harus dapat menampung standar 1000 pengunjung, memiliki Core CPU dan RAM yang cukup serta kapasitas kurang lebih 2 GB. Dan tidak bisa memilih Hosting dengan kapasitas hanya 300 MB. Karena akan menyebabkan toko online tidak maksimal dan mengalami overload atau resource limit. Hosting dikatakan pas jika sesuai dengan website yang ingin dibuat, tidak lebih dan tidak kurang.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mempercepat Loading Website WordPress

Di internet, layanan hosting nantinya akan menjadi ‘rumah’ bagi website. maka perlu ekstra hati-hati sebelum menentukan pilihan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, hal pertama yaitu ketahui kebutuhan website terlebih dahulu, fokus pada apa yang menjadi prioritas. Berikut daftar pertanyaan yang bisa dijadikan acuan sebelum membeli hosting:

  • Platform apa yang akan digunakan untuk membuat website?
  • Akan seperti apa konten website yang dibuat? (lebih banyak video, konten gambar dengan resolusi tinggi, atau gambar animasi dan sebagainya)
  • Dari mana pengunjung website akan datang?
  • Seberapa sering melakukan dan memerlukan backup data?
  • Apa saja layanan tambahan yang dibutuhkan? Pertimbangkan jumlah Addon Domain hingga Email Hosting.
  • Apakah support 24 jam, live chat dan telepon Anda butuhkan, atau hanya melalui email sudah mencukupi?

Jika sudah mengetahui apa yang dibutuhkan, maka dapat mulai mencari informasi web hosting murah Indonesia terbaik di mesin pencari. Langkah ini memang terdengar mudah, namun banyaknya rekomendasi layanan dapat membingungkan Anda.

Kriteria Web Hosting Terbaik

Menetapkan kriteria dilakukan agar tidak salah saat memilih hosting. Terdapat empat aspek yang perlu diperhatikan saat memilih hosting, yaitu:

  • Speed – Perhatikan berbagai faktor yang mendukung performa server. Seperti bandwidth, storage, dan plugin optimasi kecepatan website.
  • Security – Pastikan hostingnya dapat menjamin kemanan website. Contohnya melalui proteksi malware dan DDoS, serta gratis SSL.
  • Support – ketahui juga layanan support yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Seperti 24/7 live chat, email, dan phone support.
  • Scalability – Hosting harus memudahkan pemilik website untuk berkembang. Contoh, dengan menawarkan paket-paket yang sesuai dengan kebutuhan website.

Namun, belum tentu semua website membutuhkan jenis hosting dengan performa dan keamanan maksimal. Contoh, website yang jumlah trafficnya rendah, seperti personal blog yang tentu saja tidak membutuhkan sumber daya server yang berlebih. Berikut beberapa contoh jenis hosting yang sesuai dengan kebutuhan websitenya:

  • Shared hosting = Personal blog.
  • Cloud Hosting = Website perusahaan, toko online, dan portal berita.
  • VPS = Ecommerce, website proyek, dan high-traffic blog.

Maka dapat disimpulkan bahwa cara memilih layanan hosting terbaik adalah dengan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan website. Jika diibaratkan, untuk memilih sebuah layanan web hosting yang cocok untuk website yang dimiliki, seperti memilih sebuah rumah. Sebelum memilih rumah di dunia nyata, tentunya banyak pertimbangan yang harus pikirkan, seperti lokasi rumah, status, harga, keamanan rumah yang akan ditempati, kondisi perumahan dan sebagainya. Hal ini juga berlaku dalam memilih hosting website, diperlukan strategi khusus dan rencana yang matang dalam memilih hosting yang bagus dan pas untuk digunakan. Menjatuhkan pilihan pada salah satu hosting provider, menjadi pilihan yang cukup sulit. Karena, banyak perusahaan web hosting yang mengklaim hosting murah meriah, namun kualitas servernya belum diketahui bagus atau tidaknya. Berikut yang harus diperhatikan sebelum memilih layanan hosting:

Baca juga : Plugin WordPress Terbaik Untuk Toko Online

Tips Memilih Web Hosting Terbaik

1. Kualitas Performa Server

server

Ketahui kualitas server suatu layanan terlebih dahulu, jangan sampai kesuksesan di dunia online terhambat hanya karena website yang sulit diakses, atau segudang permasalahan teknis layanan hosting lainnya. Ada banyak parameter yang bisa dilihat, seperti lokasi server. Tidak ada lokasi server yang lebih baik dari negara tempat para calon pelanggan itu berada. Apabila ingin membuat website dengan calon pelanggan dari Indonesia, maka server website juga lebih baik berada di Indonesia. Selain memangkas routing yang akan berdampak pada kecepatan loading. Menggunakan hosting dari perusahaan dalam negeri juga relatif lebih mudah dalam menjalin komunikasi ketika terjadi trouble. Dari segi keamanan dan teknologi pun, data center Indonesia saat ini juga tidak kalah canggih dengan yang ada di luar negeri. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir terkait hal ini. Perhatikan juga spesifikasi server yang terletak di data center penyedia layanan hosting, yang mencakup teknologi server, kecepatan prosesor (jenis prosesor maupun berapa core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (menggunakan SSD atau tidak), maupun network speed (semakin tinggi maka semakin baik kecepatan aksesnya). Cari informasi spesifikasinya pada website layanan web hosting yang diinginkan. Jika menemukan kesulitan, segera tanyakan ke bagian Customer Support layanan yang bersangkutan.

2. Customer Support 24 Jam dan Berkualitas

customer support 24/7

Idealnya tim Customer Support layanan hosting tersedia 24 jam, dan selalu siap kapanpun dibutuhkan dalam bantuan teknis. Mereka juga harus mampu menyelesaikan setiap permasalahan dengan baik. Tingkat keramahan serta sopan santun petugas Customer Support adalah parameter utama yang perlu dijadikan perhatiani. Perhatikan juga melalui apa menghubungi mereka. Layanan yang baik pasti menyediakan banyak cara komunikasi, seperti tiket bantuan, email, live chat, maupun panggilan telepon. Ada banyak layanan yang hosting tersedia, namun tidak semua layanan hosting memiliki tim Customer Support yang baik. Jika menemukan layanan yang bisa mengakomodasi seperti ini, jangan ragu lagi untuk menggunakan layanan mereka.

3. Harga Terjangkau dan Unlimited

 terjangkau dan unlimited

Banyak perusahaan hosting lokal maupun interlokal yang menawarkan paket harga yang lebih masuk akal. Harga yang dibayarkan, idealnya sesuai dengan paket maupun layanan yang digunakan. Jangan sampai, membayar terlalu mahal untuk layanan serupa di perusahaan penyedia layanan lain. Bandingkan rincian spesifikasi maupun jenis paket antar layanan hosting berikut harganya. Dan perbandingan ini sebaiknya bersifat apple to appleLevel harga yang lebih tinggi biasanya menawarkan jenis paket serta performa yang lebih baik. Contoh layanan VPS, yang memiliki kisaran harga yang lebih tinggi dibandingkan paket hosting unlimited. Karena layanan VPS menawarkan spesifikasi teknis yang lebih memadai, sehingga performa yang dihasilkan dapat menjadi jauh lebih baik. Pastikan mendapatkan harga terjangkau, namun tetap memperoleh layanan hosting terbaik. Bisa saja mendapatkan hosting gratis, karena ada beberapa penyedia layanan hosting yang mengadakan program hosting gratis yang bisa diikuti. Calon pelanggan biasanya diminta memenuhi persyaratan untuk memperbesar peluang mendapatkan hosting gratis. Atau jika mengalami keterbatasan dana, alternatifnya bisa dengan membeli web hosting menggunakan skema pay later.

Baca juga : Bisnis- Bisnis Startup yang Ada di Indonesia

4. Garansi Uang Kembali

garansi uang kembali

Dengan garansi uang kembali, penyedia layanan akan menjamin kepuasan pelanggan. Dari sudut pandang pelanggan, adanya fasilitas ini tentu sangat menggembirakan, karena penyedia layanan hosting memberikan jaminan kepuasan kepada pelanggan, Jika pelanggan tidak puas dengan layanan mereka, pelanggan bisa melakukan klaim dan uang akan dikembalikan. Hampir setiap penyedia layanan hosting memiliki kebijakan ini. Namun, syarat dan ketentuan yang ditetapkan bisa berbeda-beda, pilih layanan dengan syarat serta ketentuan yang tidak menyesatkan. Setidaknya harus diketahui, Berapa nominal yang akan didapatkan? Bagaimana sistem pengembalian uangnya? Dan Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga uang kembali?

Apabila keterangan yang diberikan masih kurang jelas, tanyakan melalui tim support penyedia layanan hosting yang digunakan. Apabila tidak juga mendapatkan kejelasan, dan adanya fasilitas ini malah cenderung mengarah ke penipuan, mungkin akan lebih baik beralih ke layanan hosting lain. Karena ini merupakan jaminan kepuasan pelanggan, maka dengan adanya fasilitas ini harus membuat pelanggan merasa lebih aman memercayakan bisnisnya, dan tidak membuat ragu.

5. Fitur Tambahan

Selain fitur utama, pertimbangkan juga fitur tambahan yang disediakan oleh perusahaan penyedia layanan hosting. Ada banyak fitur yang biasanya disediakan. Perhatikan fitur tambahan yang berkaitan dengan proteksi dan keamanan. Misal, website memerlukan fitur SpamAssassin Protection serta SpamExperts, yang akan membantu mengatasi spam pada website dengan lebih mudah. Selain itu perlu juga memasang BitNinja Smart Security, tool yang bisa digunakan untuk mengamankan server dari serangan botnet, malware, maupun hacker. Tanpanya, website bisa jadi lebih rentan terhadap serangan. Pertimbangkan juga ketersediaan fitur lain yang mungkin dibutuhkan website. Misal, jika ingin lebih mudah membangun website, bisa menggunakan fitur tambahan Website Builder.

6. Review Pelanggan

Lihat review dari pelanggan lain, memutuskan layanan apa yang akan digunakan. Ada banyak sumber yang bisa ditelusuri, mulai dari blog hingga forum, guna mendapatkan ulasan mengenai suatu layanan hosting. Namun tentu saja tidak semuanya obyektif, maka solusinya baca ulasan dari blog dan forum terpercaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih obyektif berhati-hati agar tidak hanya dimanfaatkan oleh rasa ingin tahu dan mengeruk keuntungan pribadi.. Kelebihan dan kekurangan adalah kuncinya, simak kelebihan serta kekurangan berdasarkan pengalaman dan sudut pandang pengguna lain. Kemudian, refleksikan kepada diri sediri, bagaimana jadinya jika mengalami hal serupa. Ini adalah cara efektif menakar baik atau buruk suatu layanan berdasarkan ulasan orang lain.

Baca juga : Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal di Masa Pandemi

7. Tentukan Platform yang Digunakan dan Perhatikan Jenis Website

Platform yang digunakan untuk membuat website merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih web hosting. Di Indonesia, mayoritas website dibuat menggunakan platform WordPress yang terkenal lebih mudah digunakan dan SEO Friendly. Adapula platform lain yang bisa digunakan, yaitu seperti WIX, Joomla, dan lain sebagainya. Meski berbagai jenis platform tersebut bisa berjalan di layanan web hosting paket apapun, namun tetap disarankan untuk memilih paket hosting yang sudah dibuat berdasarkan kebutuhan. Contoh, paket Hosting khusus WordPress yang bisa didapatkan di Qwords.com.

Perhatikan juga jenis website saat memilih paket hosting, karena layanan web hosting hadir dalam berbagai paket pilihan. Setiap website memiliki karakteristik yang berbeda, berdasarkan jenis dan fungsinya. Misal, saat ingin membuat blog atau website untuk kebutuhan pribadi, cukup menggunakan paket hosting murah (Shared Hosting). Sedangkan, jika ingin membuat website jenis e-commerce dengan ribuan produk dan aktivitas kunjungan yang besar. Maka sangat disarankan untuk menggunakan Dedicated Server yang memiliki resource lebih tinggi dari Shared Hosting.

8. Jumlah Domain dan Kapasitas Hosting

domain

Dalam pembelian hosting biasanya ada peraturan yang menyebutkan jumlah maksimal penambahan domain atau Addon Domain. Ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih hosting sesuai kebutuhan. Biasanya, untuk paket hosting murah (Shared Hosting) biasanya hanya diberikan slot untuk dua sampai tiga domain. Sementara untuk paket yang lebih tinggi seperti VPS atau Dedicated Server, klien bisa lebih leluasa dalam menambah domain. Dan karena biasanya pembeli membuat website dari nol, maka tidak ada metode yang akurat untuk menghitung berapa kapasitas hosting yang dibutuhkan. Besaran kapasitas penyimpanan dalam web hosting sendiri biasanya terdiri mulai dari 500MB hingga 1TB. Namun biasanya, kapasitas paling kecil tidak akan cukup untuk menunjang website pribadi yang selalu konsisten diperbarui. Untuk awal-awal, pilihlah paket hosting murah dengan penyimpanan minimal 1GB. Karena selain digunakan untuk menampung file postingan dan aneka macam system, akan membutuhkan space juga jika ingin melakukan backup data secara manual.

9. Kecepatan dan Keamanan

Mengingat hosting merupakan wadah penyimpanan data pada website, maka mempertimbangkan kecepatan servernya pula. Jika website bisa lebih cepat, maka tidak mustahil untuk bisa selangkah lebih maju dari kompetitor. Berdasarkan hasil riset dari Google, 53% pengunjung akan meninggalkan website yang memakan waktu loading lebih dari 3 detik. Maka, sangat direkomendasikan untuk mempunyai website dengan performa load speed yang cepat. Google juga menjadikan kecepatan website pada algoritma mereka untuk mendapatkan rank yang lebih tinggi di SERP. Tidak heran jika website yang biasa dijumpai di halaman pertama Google memiliki kecepatan website yang baik. Selain itu, keamanan juga merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih hosting. Ketika memiliki website sendiri, maka akan mengisi website dengan berbagai informasi dan data penting untuk melengkapi website, baik dari tampilan, informasi, maupun responsivitas yang nantinya akan berpengaruh pada pengalaman pengunjungmu di website. Maka, pastikan dahulu keamanan yang akan didapatkan saat memilih hosting terbaik untuk website.

Baca juga : Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis Online

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait

deep web

Apa itu Deep Web?

Apa yang Anda cari sebagian besar akan Anda temukan di internet. Namun, siapa sangka ternyata internet ini memiliki sesuatu yang lain dan sebelumnya tak pernah

Read More »
programing

Apa Itu Visual Programming?

Selaku programmer, Kamu pastinya menguasai kalau bahasa pemrograman berplatform bacaan berpusat pada eksekusi perintah- perintah khusus serta gimana perintah itu menunjukkan suatu buat konsumen. Tetapi,

Read More »