Ada beberapa faktor yang mempengaruhi peringkat atau ranking website di mesin pencari, yang dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini akan menentukan bagaimana peringkat situs web di mesin pencari. Banyak orang-orang yang baru memulai pemasaran online, yang masih bingung mengenai bagaimana peringkat mesin pencari dalam menentukan situs web mana yang terbaik untuk pencarian kata kunci. Jawaban tentang cara meningkatkan peringkat situs web melalui metode search engine optimization (SEO) tidak selalu pasti dan bahkan bisa berubah. Tetapi ada beberapa faktor yang telah diketahui secara signifikan mempengaruhi peringkat situs web.
Faktor paling signifikan yang meningkatkan pengoptimalan mesin telusur dan mempengaruhi peringkat situs web di mesin telusur utama yaitu menyertakan konten situs web, arsitektur situs web, dan popularitas tautan situs web. Bahkan ketika inovasi mesin pencari terus maju, cara-cara ini tetap menjadi faktor kunci untuk optimasi mesin pencari dan penentuan situs web yang paling cocok untuk pencarian kata kunci.
Baca juga : Teknik SEO dalam Meningkatkan Peringkat dan Traffic Website
Memahami Apa Itu Peringkat atau Ranking Website
Rangking website adalah posisi suatu website di halaman pencarian suatu Mesin Pencari seperti Google yang mana ditentukan dari kualitas konten dari website tersebut. Rangking website juga memiliki makna lain jika diukur menggunakan aplikasi lain seperti Alexa atau Ahref yang mana dapat melihat peringkat suatu website di seluruh dunia atau lokasi tertentu berdasarkan trafik dan refering domain yang ada di website tersebut, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk melihat peringkat website di halaman Google.
Ketika memulai membangun sebuah website dengan memilih nama domain, mendesain tampilan web atau coding sendiri yang pada akhirnya menjadikan sebuah halaman website yang bisa dibanggakan merupakan suatu pencapaian. Namun, jika website tidak memiliki cukup trafik atau bahkan tak ada trafik sama sekali, peringkat website di mesin pencari masih jauh dari halaman 1, maka upayamu dalam membangun website untuk mencari trafik adalah sia-sia. Jadi, optimalkan website di mesin pencari (SEO), ini merupakan sesuatu yang harus terus dilakukan untuk menaikkan peringkat website di halaman 1 google. Dalam hal ini SEO adalah faktor utama dalam menentukan posisi atau rangking website di mesin pencari. Jika website memiliki salah satu konten yang masuk kedalam peringkat 1 atau setidaknya 10 peringkat teratas halaman 1 Google, maka upaya dalam membangun website tidaklah sia-sia, hanya saja proses ini membutuhkan waktu.
Peringkat mesin pencari dari sebuah situs web/URL, mengacu pada tempatnya di halaman hasil mesin pencari. Halaman web yang memiliki peringkat baik akan muncul di bagian atas sebagai salah satu dari beberapa hasil terbaik di halaman pertama. Halaman web yang relevan namun tidak memiliki peringkat juga dapat muncul di bagian bawah halaman pertama, atau di salah satu halaman hasil pencarian berikutnya. Konten dengan peringkat tertinggi akan muncul di tempat nomor satu, sementara halaman dengan peringkat lebih rendah mungkin muncul di tempat nomor sembilan. Sebagian besar halaman hasil pencarian menyoroti sepuluh URL, selain iklan dan fitur lain yang tercantum di halaman. Ini adalah tujuan umum sebagian besar pemasar untuk menempatkan konten mereka di halaman pertama hasil mesin pencari.
Peringkat situs web penting, karena dengan peringkat lebih tinggi akan mendapatkan lebih banyak pengunjung. Menurut sebuah penelitian di tahun 2014, 67% dari jumlah klik masuk ke lima hasil teratas di peringkat mesin pencari. Dan 95% pencari hanya mempertimbangkan opsi di halaman pertama karena pencari tidak akan melihat halaman berikutnya. Situs web yang muncul di bagian atas halaman pertama, atau di lima hasil pertama, akan mendapatkan pengunjung paling banyak. Lebih banyak pengunjung berarti memiliki penjualan yang lebih tinggi. Situs yang muncul lebih jauh dalam daftar akan mendapatkan lebih sedikit kunjungan, dan lalu situs yang muncul di halaman berikutnya tidak akan mendapatkan apa-apa.
Pentingnya Cek Ranking Website
Memantau rangking website bukanlah suatu hal yang tidak boleh dilewatkan dalam SEO, karena jika ranking website tidak dicek, maka tidak akan bisa tahu bagaimana performa dan dikinerja website dalam segala aspek termasuk kontennya. Ketahui kapan ranking website naik dan turun, serta ketahui alasan mengapa hal tersebut terjadi, maka penting mengawasi perkembangan website secara berkala. Ada berbagai cara yang digunakan search engine seperti Google dalam menentukan peringkat sebuah halaman website, mulai dari penggunaan META Tags, konten dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan.
Google menggunakan sebuah algoritma perangkingan yang dinamakan Google PageRank, yang memiliki konsep dasar memperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut atau biasa disebut sebagai backlink. Karena hal tersebut posisi halaman web selalu berubah-ubah, tidak selamanya ada di peringkat 1, bisa saja turun atau bahkan menghilang dari pencarian google.
Tujuan dari membuat artikel di blog/website kebanyakan adalah untuk mendapatkan trafik yang banyak. Dengan menyasar salah satu kata kunci (keyword) dan muncul di (minimal) page satu hasil pencarian Google. Artikel atau halaman web dengan performa SEO yang baik biasanya akan menempati posisi atas. Tidak mudah untuk mendapatkan peringkat pertama di hasil pencarian. Apalagi ketika kata kunci yang ditargetkan mempunyai pesaing yang cukup berat. Namun, itu bukan berarti mustahil untuk dilakukan.
Langkah pertama, lakukan cek peringkat website di Google untuk memastikan posisi terakhir artikel atau website pada hasil pencarian, yang bertujuan untuk memantau bagaimana kinerja dari SEO di dalam artikel/website. Jika tidak mendapatkan ranking yang bagus, tentu harus dilakukan beberapa langkah untuk memperbaiki kinerja SEO yang bekerja di halaman website. Pengecekan yang dilakukan secara manual bisa saja melewatkan beberapa informasi penting yang dapat digunakan untuk memperbaiki ranking SEO dan meningkatkan trafik. Berikut beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan proses cek peringkat website di Google.
Baca juga : Apa itu Bandwidth dan Cara Mengurangi Pemakaiannya di Jaringan
Cara Cek Ranking dan Peringkat Website di Google Rank Checker
Google Rank Checker adalah alat yang menunjukkan dengan kata kunci mana peringkat situs web tertentu di Google SERP dan pada posisi apa. Pemeriksa ini tidak hanya memberikan URL, posisi, dan volume berdasarkan kata kunci, tetapi juga kode negara, bahasa, biaya per klik, dan tingkat persaingan di Google Adwords. Data kata kunci diperbarui setiap bulan dan bisa digabungkan dengan alat lain. Backlink checker akan membantu menemukan tautan balik yang dibuat atau diperoleh pesaing ke situs web mereka sendiri dan memahami strategi pembuatan tautan apa yang mereka gunakan. Dapat juga menggunakannya untuk mendeteksi backlink baru yang dibangun ke situs web. Rank Checker juga membantu mendapatkan data berharga dari situs web sendiri maupunpesaing. Cari tahu kata kunci mana dan di negara mana yang membawa lalu lintas paling banyak ke pesaing dan tingkatkan strategi SEO web sendiri.
Meskipun lebih baik menggunakan Google Search Console untuk analisis peringkat SEO kata kunci oleh situs sendiri. Pengguna bisa mendapatkan laporan peringkat SEO yang penting bagi website untuk meningkatkan pembuatan tautan atau strategi pemasaran kontena. Ketika memahami kata kunci mana yang paling menguntungkan untuk bisnis online, mulailah melacaknya dengan pelacak posisi mesin pencari, untuk membantu memantau peningkatan mana dari SEO on-page dan off-page yang memiliki dampak terbesar pada peringkat situs web.
Cara Meningkatkan Peringkat Situs Website dengan SEO
Semua pemilik situs web berlomba-lomba untuk berada di page one dan muncul pada pencarian pertama di Google Search. Berikut beberapa saran yang bisa diterapkan untuk meningkatkan pengoptimalan mesin telusur (SEO):
· Konten berkualitas yang relevan
Konten berkualitas adalah pendorong nomor satu peringkat mesin pencari dan tidak ada yang mampu menandingi sebuah konten yang dirancang dan ditulis dengan sepenuh hati. Sebuah konten berkualitas yang dibuat khusus untuk pengguna yang dituju meningkatkan lalu lintas situs, yang meningkatkan otoritas dan relevansi situs web.
· Perbarui konten secara teratur
Pengunjung dan pembaca situs web sangat menyukai konten matang yang bagus dan relevan, begitu juga mesin pencari. Konten yang diperbarui secara berkala dipandang sebagai salah satu indikator terbaik dari relevansi situs, jadi pastikan untuk tetap segar. Lakukan audit konten pada jadwal yang telah ditentukan atau dijadwalkan dan buat pembaruan sesuai kebutuhan.
· Metadata
Saat mendesain situs web, setiap halaman berisi spasi di antara tag untuk menyisipkan metadata, atau informasi tentang konten halaman. Jika memiliki situs CMS yang awalnya dibuat oleh tim web UMC, data ini telah terisi sebelumnya secara otomatis. Namun, penting untuk meninjau dan memperbarui metadata karena situs juga berubah seiring waktu.
· Situs dengan tautan yang tepat
Fokus pada pembuatan tautan yang relevan di dalam teks. Alih-alih memiliki tautan “klik di sini”, coba tuliskan nama tujuan untuk mengalihkan pembaca. “Klik di sini” tidak memiliki nilai mesin pencari di luar URL terlampir, sedangkan judul dengan muatan keyword kaya dengan kata kunci, akan meningkatkan peringkat mesin pencari serta peringkat halaman yang ditautkan. Selalu gunakan tautan deskriptif dengan menautkan kata kunci karena cara ini tidak hanya meningkatkan pengoptimalan mesin telusur, tetapi juga menambah nilai bagi pembaca.
· Gunakan tag alt
Selalu deskripsikan media visual dan video menggunakan tag alt, atau deskripsi teks alternatif. Mereka memungkinkan mesin telusur untuk menemukan halaman, yang sangat penting terutama bagi mereka yang menggunakan browser atau pembaca layar hanya teks.
Baca juga : Platform WooCommerce untuk Website Toko Online
Daftar Aplikasi untuk Cek Peringkat Website di Google
A. Aplikasi Gratis
1. Google Search Console
Tidak harus mengeluarkan uang untuk menggunakan aplikasi rank checker yang mahal hanya untuk melihat posisi halaman website di Google, Karena Google juga sudah memberikan tool gratis yaitu Google Search Console (Google Webmaster Tool) yang menyediakan data ranking organik, diantaranya :
- Keyword apa saja yang terindex di website
- Posisi rata-rata dari keyword dan halaman website
- Berapa jumlah klik yang didapatkan dari setiap halaman
- Melihat tren dalam periode tertentu
Untuk menggunakan Google Search Console caranya, dimulai dengan
- Login ke Seearch Console dengan akun Gmail yang telah dimiliki,
- Tambahkan property (domain website),
- Lakukan verifikasi website dengan 4 pilihan metode,
- Menambahkan kode HTML ke tag <head > dari website
- Mengunggah file HTML dari Google ke website
- Memverifikasinya melalui Google Analytic
- Jika menggunakan WordPress cukup menggunakan Plugin Yoast.
Untuk melihat ranking website dari Google Search Console, gunakan menu performance yang juga bisa melihat jumlah klik dan total tayangan website. Disini bisa melihat data performa website seperti jumlah Klik yang didapat dan seberapa banyak impresi website di pencarian selama periode waktu tertentu. Bisa juga melihat rata-rata click-through rate (CTR) dan posisi rata-rata halaman website.
Terdapat tombol tanggal pada menu filter diatas diagram yang dimulai saat pertama kali search console diintegrasikan dengan website. Versi terbaru search console dapat menampilkan data dari 16 bulan sebelumnya. Selain itu juga bisa melakukan komparasi antar bulan atau periode waktu tertentu. Untuk membantu menganalisis perkembangan website sepanjang waktu. Pada bagian bawah setelah diagram terdapat tabel yang berisikan tentang query atau keyword, halaman, Negara, Perangkat, dan Search Appearance. Pada tab query, berisi data kumpulan keyword yang sudah terindex oleh Google, yang juga menampilkan jumlah tayangan dan klik yang didapat dari setiap query, serta posisi ranking website dari query tersebut dengan CTRnya.
Google Search Console (Google Webmasters Tools) merupakan kumpulan alat yang ditawarkan oleh google untuk membantu webmasters meningkatkan website mereka agar dapat mempunyai performa baik di dalam mesin pencari. Pengguna juga dapat melihat performa website pada hasil pencarian, impresi, dan banyaknya klik, peringkat dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga mengizinkan untuk menambahkan XML sitemap yang mana dapat membantu Google untuk mengenali website dengan baik. Dapat langsung masuk ke dalam halaman Google Search Control untuk langsung dapat menggunakannya. Namun sebelumnya, diperlukan file HTML yang diunggah ke website kemudian melakukan verifikasi.
2. SERPROBOT
SERPRobot merupakan website yang menyediakan layanan SERP analisis. Website ini dapat digunakan untuk memantau pergerakan konten dan kata kunci yang ditargetkan. Fitur yang disediakan adalah pengecekan ranking website untuk mendapatkan hasil yang akurat. Pengguna dapat memilih target negara atau lokasi secara spesific. Bisa juga melihat langsung ranking lebih dari 10, keywords dan SERBLab akan melakukan pengecekan sesuai dengan apa yang dikehendaki. Jadi, lakukan cek ranking peringkat website di Google sekarang juga, Gunakan konten yang bagus dan tingkatkan kinerja website pada mesin pencari.
3. What’s My SERP
Gunakan aplikasi ini untuk melakukan pengecekan peringkat website di mesin pencarian Google. Dapat memasukkan lebih dari 10 kata kunci secara bersamaan untuk melihat peringkatnya. Cukup masukkan domain yang dikelola kemudian masukkan beberapa kata kunci yang menjadi target, kemudian eksekusi. Secara otomatis sistem akan melakukan pencarian dan analisis posisi website pada kata kunci yang sudah dimasukkan tadi. Pengguna juga dapat menganalisis peringkat berdasarkan negara yang ditargetkan.
4. SERPChecker
Dibandingkan dengan beberapa aplikasi gratis lain, SERPChecker adalah aplikasi yang menyediakan informasi pengecekan peringkat secara lengkap dan gratis. Namun, penggunaan aplikasi ini terbatas. Hanya memperbolehkan user terdaftar melakukan pencarian sebanyak 5 kali sehari. Proses pencarian dilakukan dengan memasukkan salah satu kata kunci. Kemudian lokasi dan perangkat yang dijadikan target. Pengguna juga dapat membandingkan dengan pesaing. Kemudian lakukan analisis fitur SERP pada hasil pencarian di Google Search.
B. Aplikasi Berbayar
Tools yang disediakan secara gratis memang mempunyai beberapa batasan, sehingga terkadang tidak memberikan informasi yang lengkap. Namun dengan mengetahui fungsi-fungsi yang ada di dalamnya, penggunaannya pun dapat dimaksimalkan. Ada juga beberapa aplikasi berbayar yang bisa dicoba untuk cek peringkat website di Google. Aplikasi berbayar ini biasanya digunakan oleh perusahaan maupun blogger yang mempunyai komunitas besar untuk mengelola dan menganalisa performa SEO website. Berikut beberapa aplikasi berbayar untuk cek peringkat website di Google.
1. Ahrefs
Ahrefs merupakan aplikasi SEO yang digunakan oleh profesional marketer. Aplikasi ini menawarkan interface yang mudah dipahami dan informasi yang ada di dalamnya dapat dimengerti meskipun digunakan oleh user baru. Proses analisis dapat dilakukan dengan sederhana. Tinggal memasukkan domain di dalam kotak pencarian, dan secara otomatis Ahrefs akan melakukan analisis kemudian memunculkan informasi terkait dengan performa dan kualitas website menggunakan diagram dan grafik yang menarik. Pengguna dapat menemukan peringkat kata kunci (keyword) di bawah bagian laporan organic keyword. Dan juga dapat melihat besarnya volume pencarian, posisi ranking kata kunci, keyword density, dan masih banyak lagi.
2. SEMRush
SEMRush adalah salah satu alat untuk melakukan penelitian SEO dan kata kunci populer. Ini adalah kumpulan dari beberapa fitur analisis SEO yang bisa dimanfaatkan. Mirip seperti Ahrefs, SEMRush mempunyai banyak fungsi untuk meneliti bagaimana kinerja SEO dari website. Tool ini juga dapat menampilkan peringkat keywords dari berbagai macam website dengan berbagai informasi lainnya. Alat ini dapat digunakan untuk metode pemasaran agar website dapat tampil di peringkat pertama hasil pencarian. SEMRush juga mempunyai beberapa fitur untuk membandingkan situs yang satu dengan beberapa situs lain. Termasuk perkiraan penghasilan dari situs lain, trafik, keyword yang digunakan pemasaran, dan informasi yang berguna lainnya.
Baca juga : Apa itu Bandwidth dan Cara Mengurangi Pemakaiannya di Jaringan
Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.
Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?