Saat memulai sebuah perusahaan, atau baru saja meluncurkan produk baru, tentunya Anda juga perlu memikirkan rangkaian promosi untuk memperkenalkan produk & layanan Anda kepada masyarakat luas. Namun, tidak semua orang menyadari hal ini.
Desain Logo UKM Acak? Tidak mungkin.
Kami melihat banyak UKM yang menggunakan identitas bisnis apa adanya, terutama pada logo usaha kecil dan menengah. Sejujurnya, ini sangat disayangkan, karena dibandingkan dengan bisnis besar, usaha kecil dan menengah sebenarnya membutuhkan strategi promosi yang efektif. Logo UMKM dan UMKM harus sesuai dengan usahanya dan tidak boleh asal-asalan.
Oleh karena itu, hindari hal-hal berikut agar bisnis Anda tidak terkesan tidak profesional.
1. Menggunakan Logo UKM ala kadarnya
Contoh logo di atas adalah logo tentang pendidikan hewan peliharaan Yayasan Kasih K9. Awalnya logo dibuat begitu rumit dan sulit dipahami, menggunakan elemen yang terkesan dipaksakan, ada karakter manusia dan anjing yang berperan. Namun, menggunakan ilustrasi yang kaku, sehingga keseluruhan logo menjadi aneh dan tidak profesional.
Sedangkan logo di sebelah kanan merupakan contoh desain ulang dari logo Yayasan Kasih K9 yang terlihat lebih simpel, jelas, dan profesional. Jadi, logo bukan hanya sekedar simbol untuk menandai sebuah bisnis, tetapi lebih dari itu, sebuah logo akan mampu mencerminkan kepribadian sebuah bisnis.
2. Logo UKM Kontras dengan Usaha
Logo tersebut merupakan logo Olimpiade London 2012, yang mendapat banyak sindiran karena desainnya yang kontras dan memukau. Desain logo menggunakan warna mencolok dan elemen bidang bersudut dan runcing, dianggap logo tidak membawa kepribadian negara sama sekali dan tidak mencerminkan semangat Olimpiade dibandingkan dengan logo Olimpiade sebelumnya.
3. Menggunakan Clipart dari Internet
Tak jarang para pelaku usaha/orang awam baru mencari referensi yang akan dijadikan identitas melalui internet. Hasilnya adalah menemukan gambar yang mereka sukai, kemudian menggunakannya sebagai identitas bisnis.
4. Tidak Menggunakan Desain Software
Ini adalah sesuatu yang lucu
dan aneh. Menambahkan garis, lingkaran, atau efek teks menggunakan aplikasi non-desain, seperti Microsoft Word adalah favorit bagi sebagian besar dari mereka yang menilai layanan desain mahal dan menggunakan pintasan untuk membuat logo mereka sendiri.
Ini adalah sesuatu yang lucu dan aneh.
Famous logos such as Starbucks Coffee, are one of the good and effective business logos, of course many people are inspired by the appearance of the logo. A good logo is certainly the work of a professional designer, so never copy an existing logo to use as your new business identity, because the copyright of these logos will sue you, if you use the logo without permission. previously.
In making a business logo design there must be some special criteria in order to appear effective and professional. Well, here are some basic principles of a professional logo created.
Basic Principles of Effective Logo Design
1. Logo Should be Simple
garis, lingkaran, atau efek teks menggunakan aplikasi non-desain, seperti Microsoft Word adalah favorit bagi sebagian besar dari mereka yang menilai layanan desain mahal dan menggunakan pintasan untuk membuat logo mereka sendiri.
5. Menjiplak Logo yang Ada
Logo terkenal seperti Starbucks Coffee merupakan salah satu logo bisnis yang bagus dan efektif, tentunya banyak orang yang terinspirasi dengan tampilan logo tersebut. Logo yang bagus tentunya merupakan hasil karya seorang desainer profesional, jadi jangan sekali-kali mengcopy logo yang sudah ada untuk digunakan sebagai identitas bisnis baru Anda, karena hak cipta dari logo tersebut akan menuntut Anda, jika Anda menggunakan logo tersebut tanpa izin. sebelumnya.
Dalam membuat desain logo bisnis harus ada beberapa kriteria khusus agar tampil efektif dan profesional. Nah, berikut ini beberapa prinsip dasar dari sebuah logo profesional yang dibuat.
Prinsip Dasar Logo Desain yang Efektif
1. Logo Harus Sederhana
Perhatikan juga apakah direduksi sampai skala tertentu masih bisa terbaca dengan jelas atau tidak. Jika Anda ingin menggunakan logo pada media digital seperti website, perhatikan kesesuaian logo dengan tampilan website Anda.
Perhatikan juga apakah direduksi sampai skala tertentu masih bisa terbaca dengan jelas atau tidak. Jika Anda ingin menggunakan logo pada media digital seperti website, perhatikan kesesuaian logo dengan tampilan website Anda.
2. Logo Harus Mudah Diingat
Seperti logo-logo ternama dunia yang selalu konsisten dalam branding dengan desain logo yang minimalis namun kuat dalam mencitrakan perusahaan. Karena logo minimalis yang unik akan mudah menarik perhatian dan mengingat konsumen.
3. Logo Harus Bertahan
Logo Coca Cola dengan tulisan swerving khasnya benar-benar berhasil membangun brand untuk produk coke ini. Konsisten dari awal tahun 1886 menggunakan tulisan “COCA COLA”, hingga kini logo bisnis tersebut semakin dikenal di berbagai belahan dunia.
Begitu juga dengan Anda yang ingin mendesain logo harus memikirkan masa depan perusahaan. Jangan sampai perkembangan tren desain yang begitu pesat mengubah tampilan logo Anda dan berdampak negatif pada citra perusahaan. Seperti logo Instagram yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan, karena para penggemar menganggap logo yang ada saat ini sangat jelek, dengan tampilan full color. Padahal penggantian logo tersebut bertujuan untuk tampil lebih modern.
4. Logo Harus Serbaguna
Logo yang efektif harus mampu dan mudah digunakan di berbagai media dan aplikasi. Seperti logo yang menggunakan gradasi warna, warna transparan, atau berbentuk logo 3 dimensi, akan sulit untuk diterapkan pada media cetak. Untuk itu, logo yang baik harus mampu bertransformasi menjadi bentuk yang sederhana, yaitu hitam putih.
Karena ada beberapa logo yang terlihat baik di media digital seperti website, terlihat buruk ketika dipasangkan di media cetak misalnya kartu nama, kop surat, dll.
5. Logo Harus Sesuai
Toys R Us, World Wildlife Federation dan Amazon adalah contoh desain logo yang dapat menerjemahkan produk/jasa dalam bentuk tampilan grafis. Ini adalah bagaimana logo Anda mampu membaca target pasar produk Anda. Diperuntukkan untuk anak-anak, dewasa, atau orang tua. Dalam bidang bisnis menuju feminin atau maskulin, itu menyenangkan atau serius.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, usaha kecil dan menengah lebih membutuhkan logo perusahaan. Mengapa? Berikut penjelasan singkatnya.
Mengapa Desain Logo Profesional Penting untuk Bisnis?
Sebagai pebisnis profesional, Anda harus menyesuaikan logo Anda dengan gambaran besar perusahaan Anda. Sekalipun Anda seorang UKM, desain logo UKM Anda harus sesuai dengan apa yang menjadi fokus bisnis Anda. Berikut adalah alasan penting mengapa Anda harus melakukannya.
1. Logo Mewakili Visi dan Misi Perusahaan
Sebuah logo akan menjadi ciri khas sebuah perusahaan, sehingga sangat penting untuk menyampaikan profesionalisme perusahaan Anda kepada masyarakat luas, dengan melihat seolah-olah memiliki pengalaman puluhan tahun yang menunjuk pada layanan prima atau produk hebat. Ketika Anda terlihat profesional, Anda secara otomatis akan mendapatkan kepercayaan pelanggan.
2. Bangun Kepercayaan dengan Tampilan Profesional
Dalam membangun kepercayaan pelanggan, desain logo bisnis yang profesional akan sangat membantu konsumen menilai bagaimana sebuah perusahaan selalu mengutamakan totalitas.
Desain Logo Anda akan menjadi wajah yang mudah dilihat dan dinilai oleh konsumen.
Jika Anda tampil menawan dan profesional, konsumen tidak akan ragu untuk mengenal produk Anda lebih dalam.
3. Bangun Identitas Merek
Desain logo merupakan strategi visual yang menjadi sangat penting ketika roda promosi bisnis Anda dimulai, logo akan mampu menjadi identitas visual yang mewakili seluruh bisnis Anda. Selain logo, warna, desain kemasan, desain alat tulis, dll. Ini adalah identitas merek terpadu yang saling terkait secara visual.
Begitu juga sebuah perusahaan kecil akan sangat membutuhkan kampanye promosi untuk memperkenalkannya kepada masyarakat luas, sehingga logo yang baik akan sangat menguntungkan dalam jangka panjang dalam proses kampanye produk Anda. Melalui logo unik yang terintegrasi dengan seluruh elemen perusahaan seperti kartu nama, alat tulis, kemasan, media iklan, promosi, dan masih banyak lagi tentunya akan menjadi identitas merek yang sangat kuat.
4. Lebih Mudah Diingat
Logo yang baik akan menarik perhatian dan mudah tertanam di benak pelanggan. Konsumen akan selalu mengingat logo Anda, meskipun dihadapkan pada deretan perusahaan dengan produk/jasa yang sama.
5. Kesan Pertama untuk Pelanggan Baru
Bagi suatu perusahaan baru akan membutuhkan pengakuan terhadap keberadaan perusahaan tersebut. Dengan bantuan logo profesional, akan lebih mudah untuk mendapatkan pengakuan dan kesan yang baik bagi konsumen yang baru pertama kali menggunakan produk/jasa Anda.
Solusi Mendapatkan Desain Logo yang Efektif
Setelah memahami seperti apa logo yang profesional dan efektif, serta fungsinya dalam mendukung promosi bisnis Anda. Saat ini, mungkin Anda sedang memikirkan cara untuk mendapatkan logo yang sesuai dengan keinginan dan anggaran Anda. Padahal Anda tidak punya waktu untuk memikirkan logo yang efektif.
Ada beberapa pilihan bagi Anda yang menginginkan logo yang efektif dan profesional yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. berikut adalah beberapa solusi.
1. Pembuat Logo
Pembuat logo adalah aplikasi website gratis yang memiliki banyak pilihan objek gambar, simbol, font dan warna. Meskipun aplikasi ini gratis untuk digunakan, Anda tetap akan dikenakan biaya antara $10 – $50 untuk logo final, jika Anda ingin mendapatkan lisensi untuk menggunakannya secara penuh.
Pembuat logo memiliki beberapa keunggulan, antara lain…
- Anda dapat melakukannya sendiri dengan bantuan banyak pilihan warna, simbol, font, ikon.
- Relatif murah dengan anggaran $10-$50 untuk sebuah logo.
- Ini sangat cepat, dalam hitungan menit.
Kelemahan dalam pembuatan logo menggunakan pembuat logo, antara lain…
- Ini akan terlihat mirip dengan logo lain, karena menggunakan font, warna, dan template simbol yang terbatas.
- Anda tidak dapat menyesuaikan logo lebih dari yang Anda inginkan. Karena sistemnya hanya drag and drop.
- Anda tidak dapat menggabungkan pengetahuan Anda tentang warna, tipografi, dan desain. Jadi, apa yang Anda lihat adalah apa yang akan Anda dapatkan.
Ada beberapa situs yang menyediakan jasa pembuatan logo.
1. GraphicSprings
2. DesignMantic
3. SquareSpace
4. TailorBrands
5. Logo.com
2. Kontes Desain Logo
Website yang mewadahi para creative designer yang siap membantu dalam strategi branding bisnis Anda. Di sini Anda akan hadir sebagai klien, membuat kompetisi untuk logo yang ditujukan kepada ribuan desainer yang siap memenangkan hadiah yang akan Anda tawarkan.
Keuntungan menggunakan layanan logo kontes antara lain…
- Anda akan diberikan banyak pilihan logo alternatif, jika Anda menemukan logo yang hampir sesuai dengan kriteria, Anda dapat memberikan masukan kepada desainer untuk memperbaikinya hingga benar-benar sesuai dengan keinginan Anda.
- Kontes yang mudah diikuti untuk perusahaan besar dan kecil. Dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari $100 – $1300 desain berkualitas profesional.
- Prosesnya cukup cepat, tergantung bagaimana feedback dan keakuratan desainnya.
Untuk kekurangan dari kontes logo antara lain…
- Butuh lebih banyak waktu untuk memberikan umpan balik kepada desainer yang mengikuti kontes Anda.
- Sebuah kontes akan terbuka untuk umum, dan berbagai desainer, mulai dari pemula hingga profesional, akan berpartisipasi.
- Itu semua tergantung pada umpan balik Anda dan harga yang diposting.
Ada beberapa website populer untuk jasa kontes desain logo, beberapa di antaranya adalah:
1. 99 desain
2. LogoArena
3. 48HoursLogo
4. DesignCrowd
3. Desainer Freelance
Seorang desainer lepas adalah seorang desainer independen yang bekerja pada basis per proyek. Karena pekerja lepas adalah wiraswasta, mereka bebas menentukan tarif dan jadwal mereka sendiri. Untuk desain logo biasanya tarifnya berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta, menyesuaikan dengan tingkat kesulitan atau ukuran perusahaan.
Sebenarnya cukup sulit untuk menemukan kriteria desainer freelance yang sesuai dengan kebutuhan kita, karena kemampuan freelance juga sangat bervariasi. Solusinya Anda bisa melihat situs portofolio online yang memajang karya mereka di sana.
Beberapa situs di bawah ini bisa menjadi referensi Anda.
1. Behance
2.Dribble
3. Logopond
Kesimpulan
Logo bukanlah hiasan untuk produk/bisnis Anda, tetapi logo yang efektif dan terlihat profesional akan menjadi wajah dari bisnis itu sendiri. Jangan biarkan calon pelanggan pergi sebelum mereka sempat menggunakan produk atau layanan Anda, hanya karena mereka menilai dari luar. Apapun jenis bisnis Anda, memiliki logo yang baik adalah suatu keharusan. Tentu bukan karena kami ingin menggurui. Ini semua untuk kebaikanmu.
Baca juga: Apa itu Struktur Data dan Kegunaannya dalam Pemrograman?
Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.
Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua