Perkembangan dunia digital marketing menghadirkan keuntungan tersendiri bagi bisnis, apapun jenisnya. Alasan utamanya adalah perpindahan gaya hidup masyarakat yang secara perlahan-lahan berubah ke arah digital. Kondisi ini menciptakan ekosistem baru yang akhirnya menjadikan masyarakat lebih senang dengan hal yang berbau digital, termasuk membeli produk atau layanan. Jika ingin mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik di kemudian hari, tips dan trik SEO bisa menjadi solusi yang wajib dimanfaatkan. Bagi yang belum tahu, SEO adalah salah satu bagian dari digital marketing yang mampu memberikan hasil maksimal dalam meningkatkan brand awareness dan mendapatkan leads. Praktik SEO sudah semakin banyak dilakukan oleh berbagai jenis bisnis karena memang tidak ada batasan khusus di dalam penerapannya. SEO dapat diterapkan untuk segala jenis industri. Fleksibilitas inilah yang membuat SEO semakin digemari pada saat ini. Untuk bisa mendapatkan dampak terbaik dari penerapan strategi SEO, Anda bisa terapkan beberapa tips dan trik di bawah ini.
Baca juga : Ketahui Tentang Google Partner Indonesia
Trik dalam SEO
1. Perhatikan Page Speed Website
Page speed website adalah bagian yang sangat penting di dalam SEO. Dulu, page speed bukan masalah yang penting untuk diperhatikan. Namun saat ini, page speed websiteharus semakin cepat. Jika membutuhkan waktu lama dalam mendapatkan 100% tampilan website yang disertai berbagai teks dan gambar, maka sudah bisa dipastikan bahwa page speed laman tersebut sangat lama. Ada riset yang menyatakan bahwa jangka waktu website terbuka secara sempurna yang terlalu lama bisa mengurangi conversion. Sudah pasti ini merupakan hal yang merugikan. Sebaiknya singkirkan berbagai media memberatkan tampilan laman website agar page speed kembali cepat.
2. Memasukkan Link Website Lain
Banyak yang mengatakan bahwa memasukkan link website lain ke dalam konten situs sendiri sebaiknya jangan dilakukan karena memberikan backlink pada website tersebut. Namun ternyata, jika memberikan link website lain di dalam konten tidak akan menimbulkan masalah, asalkan memiliki kualitas yang bagus. Website yang dipilih pun tepercaya dan memiliki banyak pengunjung. Jika pemilik website tersebut dapat dihubungi, jangan ragu untuk menjalin kerja sama agar saling memberikan backlink sehingga strategi SEO berjalan lebih lancar.
3. Buat Konten yang Mudah Dibaca Audiens, Bukan Mesin
Konten dan SEO menjadi satu kesatuan yang amat sangat penting untuk diterapkan dalam website. Namun, banyak orang yang berpikiran bahwa konten yang dioptimasi dengan SEO harus fokus pada keyword dan segala praktiknya. Pada akhirnya, konten tersebut tidak nyaman untuk dibaca orang karena berfokus pada mesin. Mesin pencari mampu membaca konten yang dibuat agar mengecek apakah sudah memiliki kaidah SEO atau belum. Maka, banyak orang yang fokus membuat konten untuk dibaca oleh mesin, bukan orang. Padahal sudah jelas bahwa pembuatan konten lebih penting untuk dibaca oleh orang, bukan mesin. Karena target konsumen yang dituju adalah orang. Maka, buatlah konten yang layak untuk dibaca oleh orang.
4. Gunakan Web Analytics
Melakukan analisis website memang menjadi satu tantangan tersendiri. Dari sekian banyak data yang dihasilkan, tentukan arah strategi SEO untuk diambil pada kemudian hari. Bisa dengan menggunakan aplikasi seperti google analitycs atau Google Search Console untuk membantu proses mendapatkan solusi strategi SEO yang lebih tepat. Maka gunakanlah web analytics.
5. Kreasikan Meta Description yang Unik dan Berbeda
Meta description merupakan salah satu bagian dalam konten SEO yang harus dikreasikan sebaik mungkin. Karena meta description menjadi informasi pertama yang dibaca yang muncul di bagian mesin pencari. Dengan tulisan di dalamnya, orang bisa melihat apa maksud dari konten tersebut sebelum mengkliknya. Bisa dibilang meta description adalah teaser. Maka buatlah dan kreasikan meta description yang unik dan berbeda atau jangan sampai menggunakan meta description yang sama untuk beberapa laman sekaligus karena sudah pasti tidak baik di mata mesin pencari.
6. Gunakan URL yang Simpel
Ciptakan URL ke berbagai laman website sendiri sesuai keinginan. Pembuatan URL yang simpel harus dilakukan, karena jika terlalu panjang, pengunjung pasti tidak langsung mengerti apa maksud isi konten tersebut. URL yang terlalu panjang juga tidak bagus di mata mesin pencari. Tuliskan judul atau maksud konten tersebut di dalam URL. Jangan menggunakan angka atau default URL dari CMS karena hasilnya pasti akan kurang memuaskan.
7. Manfaatkan Media Sosial
Media sosial menjadi salah satu media promosi yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan trafik pengunjung ke website. Walaupun bukan bagian dari praktik SEO, tetapi media sosial tetap ada kaitannya. Gunakan media sosial, seperti Linkedin, Facebook, Twitter, hingga Instagram untuk mempromosikan konten di website.
Baca juga : Cara Membuat Website Tampil di Halaman Pertama Google
8. Optimasi Gambar
SEO tidak hanya bisa membantu optimasi dalam bentuk teks saja, tetapi juga gambar. Masukkan keyword yang dioptimasi sebagai judul dalam gambar tersebut. Maka ketika keyword dicari di mesin pencari, lalu pengguna mengecek hasil pencarian dalam bentuk gambar, maka image yang sudah dioptimasi dapat muncul di sana.
9. Buat Konten yang Unik
Membuat konten yang unik sangat menarik untuk dilakukan karena memberikan pengalaman berbeda bagi para pengunjung website. Buat artikel, webinar, e-book, studi kasus, hingga demo. Dengan ragam konten unik yang diproduksi, pengunjung website akan semakin banyak. Bahkan mereka bisa semakin tertarik untuk mencari tahu lebih dalam tentang produk dan layanan yang dijual. Dari ketertarikan mereka itulah maka dapat dikonversi menjadi leads.
10. Gunakan E-mail Marketing
Menjadi salah satu bagian dalam dunia digital marketing, e-mail marketing dapat memberikan informasi lebih lengkap kepada setiap konsumen yang telah memberikan e-mail nya. Di dalam informasi yang mereka terima, berikan kabar tentang produk/layanan terbaru, diskon bulanan, dan lainnya. Semakin banyak orang yang mendapatkan e-mail marketing, maka secara perlahan-lahan penjualan pun juga meningkat.
Alasan SEO Dapat Menghemat Budget
Ketika sebuah bisnis ingin mempromosikan produk atau layanan di situsnya, kemungkinan besar mereka juga akan mencari cara untuk bisa menghemat uang saat melakukannya. Ketika persaingan untuk digital ads meningkat, semakin banyak bisnis yang beralih ke kampanye SEO. Cara ini bisa membantu mendapatkan hasil Organik. Traffic yang didatangkan kemungkinan adalah para pelanggan yang benar-benar tertarik dengan produk ataupun jasa mereka. Ada banyak alasan SEO dapat menghemat budget marketing. Melalui alasan ini, bisnis akan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan SEO dalam usaha marketing mereka.
Jika tidak melakukan perencanaan SEO secara matang akan bisa menjadi pemborosan uang yang besar. Namun, jika dilakukan dengan benar, ini akan menjadi taktik yang paling hemat biaya untuk meningkatkan pendapatan. Maka pelajari mengenai optimasi SEO yang tepat melalui banyak sumber. SEO sama halnya seperti investasi. Akan butuh modal serta waktu untuk bisa menikmati hasilnya. Bila dioptimasi dengan tepat dan efektif, hasil yang akan didapatkan bisa sangat berguna dalam peningkatan return of investment (ROI).
“Berapa Banyak Yang Harus dihabiskan untuk SEO?”
Dari pertanyaan ini tidak ada jawaban yang jelas, karena setiap situs, perusahaan, dan industri berbeda. Perhatikan goals dari optimasi SEO, keluarkan dana hingga ROI yang didapatkan akan menguntungkan. Ada yang berpendapat jika SEO bisa dilakukan tanpa budget, namun ada juga yang mengatakan SEO butuh budget. Keduanya tidak ada yang salah, tapi tentu saja ROI yang dihasilkan akan berbeda. Buat perencanaan yang matang setelah menganalisa channel mana yang bisa mendatangkan traffic ke situs web. Jika SEO dapat membantu mendatangkan pengunjung dengan jumlah yang banyak, maka alokasikan sebagian besar budget untuk SEO. Jika ada channel lain yang bisa melakukan tugas ini, maka atur dengan baik pembagiannya. Berikut beberapa alasan mengapa SEO bisa membantu menghemat budget marketing dan memberikan keuntungan dalam bentuk ROI yang baik.
Baca juga : Cara Memilih Domain Yang Tepat Untuk Website
1. Tersedianya Berbagai Tools (Free, Freemium, Premium)
Salah satu bagian penting dalam SEO adalah melakukan keyword research. Lakukan dengan menggunakan berbagai macam tools yang tersedia, yaitu diantaranya sebagai berikut:
-
Google Keyword Planner
Tools tertua dan pertama untuk mempelajari penelitian kata kunci adalah Google Keyword Planner. Tools gratis yang dapat digunakan siapa saja untuk mencari kata kunci atau frasa yang terkait produk atau bisnis dan mencari tahu informasi tentang kata kunci tersebut.
-
Google Trends
Google Trends ini bisa membantu menemukan apa yang sedang tren di niche. Jelajahi tren masa lalu dan saat ini dalam industri di Google untuk mencari kata kunci yang sekiranya cocok dengan bisnis Anda.
-
SEMrush
SEMrush adalah tools SEO yang dapat membantu sebagian besar aktivitas SEO. Namun, SEMrush adalah alat berbayar yang tersedia pada model freemium yang membatasi penggunaan. Ada banyak hal dan insight juga yang bisa didapatkan melalui tools ini. Ada banyak tools yang tersedia di luar sana, tinggal menyesuaikan budget dengan tools yang dapat membantu bisnis.
2. Keyword Research
Terlepas dari pasar bisnis, meneliti adalah kunci untuk bisa mengalokasikan sumber daya yang optimal dan memberikan kesuksesan untuk bisnis. Yang dibutuhkan saat ini adalah mencari tahu keyword kompetitif untuk bisa mendapatkan ranking. Google Keyword Planner adalah alat yang hebat untuk kegiatan ini. Manfaatkan tools ini untuk menemukan kata kunci yang dapat mengarahkan orang ke situs web.
3. Perbedaan Harga dan Waktu
Manfaat utama PPC adalah kecepatan untuk muncul di mesin pencari dengan beberapa kata kunci. Saat menjalankan kampanye PPC, web dapat muncul di halaman pertama SERP untuk banyak kata kunci yang relevan dalam hitungan menit. Namun, setiap kata kunci ini akan memiliki harga yang berbeda. Jika dibandingkan dengan SEO organik, terdapat perbedaan yang besar. Kampanye SEO organik akan membutuhkan waktu lebih lama untuk melihat hasilnya. Namun jika mempertimbangkan seberapa efektif pencarian organik dan seberapa murah jika digunakan dalam kampanye pemasaran, ini merupakan pilihan jangka panjang yang lebih baik.
4. Hasil Organik Lebih Dihormati
Penelitian telah menunjukkan bahwa hasil organik 8,5x lebih mungkin untuk diklik daripada hasil PPC, karena audiens akan secara bertahap mempelajari perbedaan antara hasil organik dengan yang berbayar. Dan menyadari bahwa hasil organik biasanya lebih bermanfaat. Lokasi iklan juga dapat berperan dalam mengapa hasil organik lebih cenderung diklik. Hasil penelusuran organik masih menyumbang persentase klik yang lebih besar. Jadi, jika hanya mencoba memutuskan antara organik dan PPC, pilihan logisnya adalah organik, yang tentu saja dapat mengurangi budget.
5. CPC dan CPA yang Rendah
SEO tidak didasarkan pada cost-per-click, traffic apapun yang dihasilkan akan bisa meningkatkan nilai kampanye dan memungkinkan mendapatkan ROI yang lebih baik. Seiring dengan cost-per-click yang lebih terjangkau, maka dapat mengharapkan untuk melihat cost-per-acquisition yang lebih rendah. Dan bisa menghasilkan prospek organik dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada yang berbayar. Dengan kampanye SEO yang kuat, ada kemungkinan besar para user akan menyukai apa yang mereka lihat. Membantu konversi naik, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan penjualan nantinya.
6. Kebutuhan Yang Lebih Rendah Untuk AdWords
Jika berada di industri atau pasar dimana AdWords sangat mahal, memiliki kampanye SEO yang solid akan memastikan bahwa web masih mendapatkan traffic berkualitas tanpa perlu membayar mahal untuk AdWords seperti yang harus dilakukan para pesaing.
7. Mendapatkan Otoritas di Online
SEO adalah strategi untuk semua bisnis yang berusaha membangun otoritas online, kepercayaan, dan basis pendapatan yang stabil. Pemilik situs memiliki kesempatan untuk terus belajar dan mengungguli pesaing dengan strategi dan eksekusi yang tepat. Siapkan tools yang tepat dan gunakan secara maksimal.
Baca juga : Data Analysis dan Google Analytics
Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.
Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?