JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
google

Ketahui Tentang Google Partner Indonesia

Google partner merupakan suatu program pemasaran yang disediakan google untuk digital marketing agency, pemilik bosnos, ataupun pihak ketiga yang mengelola google Ads milik sebuah brand atau bisnis. Namun, agency marketing tersebut harus memiliki kompetensi sesuai standar yang sudah ditetapkan dalam program periklanan Google. Google tidak berhubungan dengan SEO (Search Engine Optimazation), Google Ads, Gmail, Google Analytics serta yang lainnya.

Pengertian Google Partner

Google Partner adalah sertifikat yang diberikan oleh Google kepada sebuah perusahaan (bisnis) yang telah memenuhi kriteria tertentu untuk menjadi mitra Google. Perusahaan yang mendapatkan sertifikat ini dinyatakan sebagai perusahaan yang dipercaya Google dalam menangani klien mereka.  Program Google Partner adalah status yang diberikan Google kepada Agensi Periklanan atau Individu yang mengelola beberapa Google Ads dan memliki kompetensi sesuai standard yang telah ditentukan dalam  program periklanan Google. Jadi Status Google Partner pada dasarnya tidak berhubungan dengan SEO (Search Engine Optimization), Google Adsense, Gmail, Google Analytics dan lainnya.

Baca juga : Faktor Penting Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Merancang Sebuah Website

Manfaat dari Google Partner

Secara umum, manfaat dari program Google Partner adalah tersedianya materi edukasi khusus serta program sertifikasi program periklanan Google. Google tidak memberikan insentif iklan (komisi iklan) kepada Google Partner. Dalam beberapa kasus, komisi dari iklan biasanya diberikan hanya kepada layanan aplikasi otomatisasi iklan melalui perjanjian tertentu. Adapun manfaat penggunaan Google Partner lainnya, adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kepercayaan (Kredibilitas)

trust

Untuk bergabung dengan mitra Google bukan hal yang mudah, karena harus mampu memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh Google. Mengikuti beberapa ujian sertifikasi, memiliki pembelanjaan iklan dengan jumlah yang telah ditetapkan oleh Google. Serta memiliki performa perusahaan yang bagus. Jika berhasil melakukannya, berarti bisa membuktikan pengalaman, keahlian, dan kinerja perusahaan kepada banyak orang dan membuat klien percaya dengan bisnis yang dijalankan.

2. Mendapatkan Informasi Terbaru Mengenai PPC

Google selalu melakukan perubahan algoritmanya untuk PPC (Pay Per Click), yang  tentu saja akan menuntut pemilik situs mengikuti perubahan-perubahan tersebut untuk mendapatkan hasil iklan secara maksimal.Setelah bergabung dengan mitra Google, maka akan mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai PPC. Google akan mengadakan berbagai pelatihan dan ujian sertifikasi yang dapat diikuti.

3. Membantu Menyelesaikan Berbagai Masalah Iklan

Saat membuat (menjalankan) iklan, mungkin ada berbagai masalah yang akan muncul. Bisa saja iklan diserang malware yang dapat menghabiskan banyak waktu dan budget. Tetapi melalui mitra Google, maka akan dibantu menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut dengan cepat dan biaya yang lebih kecil. Yang tentunya ini akan menghemat waktu dan pengeluaran.

4. Terhubung Dengan Google

Ada banyak perusahaan yang mencoba menghubungi (menjalin koneksi) Google, misalnya untuk menangani berbagai masalah atau meminta bantuan. Namun jarang sekali yang berhasil. Ketika bergabung dengan mitra Google, maka akan memiliki akses langsung dengan Google. Google akan menyediakan tim yang bisa membantu, dan juga dapat mengakses penawaran promosi Google Ads untuk klien dengan mudah. Misalnya apakah klien melakukan penambahan budget? Apakah klien tetap berlangganan dalam waktu 1 tahun? Bagaimana pendapatan perusahaan? dan apakah jumlah klien terus bertambah?

Manfaat Menjadi Google Partner

Google akan memperkenalkan Anda kepada klien baru dan memberikan akses ke berbagai manfaat yang akan membenatu dalam mengelola basis pelanggan yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Manfaatkan juga pengelolaan akun dengan dukungan eksekutif, dimana Anda akan memiliki akses pada fitur dan juga produk Google Partner. Peluang pemasaran dan pengembanngan bisnis serta sertifikasi produk pun akan lebih mudah untuk dilakukan.

Menjadi bagian dari partner Google akan membuat bisa terus mengasah keterampilan dan keahlian dalam pemanfaatan produk google karena adanya akses pelatihan dan dukungan teknis yang disesuaikan. Maka, dengan demikian badge partner publisher bersertifikasi, akan terlihat lebih menonjol diantara pesaing lain, serta mendapatkan akses ke jaringan partner global yang unik.

Baca juga : Cara Membuat Website Tampil di Halaman Pertama Google

Metode dan Ketentuan Jadi Google Partner

Siapapun bisa dan boleh bergabung menjadi mitra google. Namun untuk memperoleh badge partner google ataupun badge partner google premium, terdapat beberapa kriteria dari google yang wajib dipenuhi untuk menjadi mitra, yaitu antara lain:

  1. Mendaftar di Google Partner

Sebelum mendaftarkan usaha di google partner, wajib mempunyai akun google manager terlebih dahulu. Baru daftarkan usaha beserta nomor akun di halaman registrasi google partner.

  1. Tes Sertifikasi

Kemudian anggota wajib mengikuti tes sertifikasi. Terdapat dua tes dari enam tes yang wajib diikuti. Yaitu ada tes Google Ads Fundamental, Google Ads Search, Google Ads Display Network, Google Ads Mobile, Google Ads Vidio dan Google Ads Shopping. Anggota harus memenuhi skor kelulusan serta ambang batas waktu dalam tes ini. Jika tidak lulus falam penilaian, bisa mrncobanya lagi satu hari kemudian. Tes ini juga harus diulang setiap tahun, karena masa berlaku sertifikatnya hanya selama satu tahun. Untuk memperpanjang masa sertifikat, harus melakukan ujian sertifikasi lagi, terutama sertifikasi Google Ads yang dikelola oleh skill shop ini. Mengikuti Ujian Sertifikasi.  Ada minimum 2 ujian dari total 6 ujian yang harus anda ikuti, yaitu Google Ads Fundamental, Google Ads Search, Google Ads Display Network, Google Ads Mobile, Google Ads Video, Google Ads Shopping. Ujian Sertifikasi ini perlu dilakukan minimal 1 tahun sekali. Sertifikasi bisa diambil dalam situs belajar online google yaitu, academy for ads.

  1. Pembelanjaan Iklan dengan Batas Minimal Tertentu

Google menerapkan persyaratan pembelanjaan iklan dengan jumlah minimal US$10.000 dalam waktu 90 hari terakhir pada seluruh akun yang dikelola, untuk menentukan bahwa perusahaan atau bisnis cukup aktif. Jadi dengan berhubungan dengan Google Partner, Google ingin memastikan apakah pengiklan berhubungan dengan pihak ke-3 yang aktif dan berpengalaman mengelola beberapa iklan google atau sebaliknya.

  1. Kinerja atau Performa Perusahaan

Ini adalah syarat yang tidak dibuka ke publik, namun Google akan menilai performa pihak Google Partner. Tampilkan kinerja atau performa perusahaan atau bisnis kepada Google. Umumnya google melihat atau mengevaluasi berlandaskan pada 4 kriteria berikut:

  • Apakah klien melakukan pembahan nilai anggaran?
  • Apakah klien berlangganan dalam 12 bulan terakhir?
  • Bagaimana pemasukan perusahaan secara keseluruhan?
  • Apakah jumlah klirn terus mengalami peningkatan?

Jenis Keanggotaan Google Partner

google partner google partner premium

Ada tiga jenis keanggotaan sebagai partner google, yaitu :

  • Pendaftaan Baru / Keanggotaan Tanpa Lencana.
  • Google Partner (berlencana warna biru)
  • Google Partner Premium (berlencana merah)

Baca juga : Cara Memilih Domain Yang Tepat Untuk Website

Mulai dari pendaftarab baru/ keanggotaan tanpa badge. Kemudian badge partner google berwarna biru. Dan badge partner premium yang berwarna merah. Dengan memiliki salah satu dari dua keanggotaan ber-badge tersebut, maka akan mendapatkan banyak manfaat guna mengembangkan bisnis partner ke depannya. Perbedaan mendasar dari Lencana Biru dan Lencana Merah adalah syarat premium yang jauh lebih besar. Jika untuk Google Partner lencana biru harus memiliki min 1 sertifikasi, pada Goolgle Partner Premium syarat sertifikasinya adalah 2 orang. Syarat pembelanjaan Google Partner Lencana Merah berbeda tiap negara, namun untuk Indonesia Jumlahnya bisa mencapai $80.000 (lebih dari 1 milliar) dalam 90 hari. Google Partner Premium ini biasanya dimiliki oleh Agency yang memiliki klien besar atau memiliki layanan aplikasi yang berhubungan dengan Google Ads. Jadi, segeralah mendaftarkan diri menjadi anggota Google Partner dan dapatkan badge sesuai dengan kebutuhan bisnis yang sedang ditangani.

Cara Melakukan Cek Status Google Partner

Setiap mitra google yang sudah berhak mendapatkan lencana Google Partner, biasanya memiliki profil publik dalam halaman Google. Pastikan melakukan pemeriksaan seperti terlebih dahulu karena banyak pihak ke-3 yang memasang logo Google Partner namun tidak bisa menunjukkan profil publik.

Perbedaan Google Partner dan Sertifikasi Google

Program Google Partner dan Sertifikasi Google pada dasarnya adalah dua hal yang berbeda. Sertifikasi Google adalah sertifikasi dalam penggunaan Platform iklan Google, sementara Google Partner (lencana biru atau merah) adalah status yang diberikan setelah pihak ke-3 memenuhi syarat kompetensi. Google tidak pernah memberikan sertifikat pada Google Partner.

Google menawarkan bantuan kelola iklan, kenapa butuh bekerja sama dengan Google Partner, karena Google berkomitmen untuk memberi dukungan selama 90 hari untuk kelola akun. Namun hal ini hanya terbatas pada platform Google Ads dan hanya 90 hari. Pihak Google Partner pada dasarnya dapat memberikan pandangan lebih penuh tentang digital marketing karena program periklanan dapat dilihat dari banyak sudut pandang seperti periklanan dalam media sosial (Facebook/Instagram Ads), Optimasi Website, Pembuatan Video dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, bekerja dengan Google Partner tentunya pebisnis bisa berharap akan hasil yang lebih baik karena standard yang diberikan oleh Google cukup tinggi, namun bekerja dengan Google Partner bukanlah Garansi akan hasil yang positif karena Google Partner adalah standar kualitas untuk platform Google. Para mitra google adalah pihak yang fasih dalam mengatur platform iklan google namun pemilik situs adalah Pakar dalam produknya sendiri.  Lakukan komunikasi dan lihat apakah pihak Google Partner bisa memahami maksud dan tujuan bisnis. Berikut tips bekerja sama dengan Mitra Google untuk bisnis:

  • Tentukan Goal yang spesifik. Agensi Google adalah pakar pada platform iklan, namun sebagai pemilik situs, komunikasikanlah tujuan periklanan, apakah Awareness (Kesadaran akan merk) atau Sales (Transaksi Penjualan), jika ingin keduanya, mana yang lebih prioritas?
  • Lihat Wawasan Mereka. Ceritakan tentang bisnis dan tanyakan bagaimana para agency atau konsultan melihat bisnis itu, perhatikan jawabannya karena dari sana dapat melihat apakah agensi memiliki pola pikir yang sejalan atau hanya ingin jualan saja.
  • Portfolio, lihat apakah pihak mitra kuat dalam industri tertentu atau memiliki pengalaman dalam industri
  • Pelaporan dan Transparansi Tata Kelola Iklan. Mitra Agensi memiliki model bisnis yang berbeda-beda ada yang memiliki laporan bulanan berkala, ada juga yang memberikan laporan yang lebih Real Time. Manajemen iklanpun berbeda-beda kebijakannya ada yang full-transparan dan ada yang tidak. Apapun itu, pastikan kebijakan pihak ke-3 tidak membebani bisnis.

Baca juga : Data Analysis dan Google Analytics

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂