Search
Close this search box.
SEO VS Google ads

Perbedaan Antara Seo Dan Google Ads

Bagi pengguna internet marketing, istilah SEO pasti sudah tak asing lagi. SEO atau Search Engine Optimization menjadi strategi terbaik untuk menjadikan bisnis lebih menonjol dibandingkan dengan para kompetitor. Google SEO bisa meningkatkan peringkat website pada mesin pencari, sehingga orang-orang bisa melihat sebuah website di antara para kompetitor. Karena orang-orang hanya mengklik beberapa website di halaman teratas, maka untuk tetap kompetitif, akan membutuhkan strategi SEO yang cerdas dan bekerja dengan baik.

Ketika Google pertama kali menerapkan Page ranks untuk mengatur peringkat dalam mesin pencari, banyak webmaster yang berusaha dan berlomba untuk menjadi peringkat satu di halaman pertama Google. Dan ketika Google membuat program iklan berbayar, banyak webmaster yang juga berlomba untuk ada di tampilan halaman pertama Google. Google Adwords dan SEO dalam penggunaannya, sebenarnya mempunyai suatu kolaborasi yang jika dipahami dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan trafik yang tinggi. Jika dibuat suatu perbandingan, perbedaan Google Adwords dan SEO yaitu, bahwa Google Adwords adalah layanan yang berbayar sedangkan SEO adalah layanan yang dioptimasi secara organik. Maka, dengan SEO seharusnya tidak perlu mengeluarkan dana untuk memaksimalkan trafik.

Jika SEO dengan kata kunci tertentu menghasilkan result di SERP yang terbaik (pada halaman 1 dan pencarian teratas), maka lakukan pengurangan BID pada Google Adwords. Namun, itu tidak wajib, karena beberapa kompetitor tentunya bisa saja mendatangkan dari fasilitas Adwords, namun setidaknya dengan keunggulan SEO yang didapatkan, setidaknya dapat mengurangi pengeluaran keuangan. Maksimalkan Google Adwords dengan kata kunci yang unpredictable/ kata kunci yang jarang digunakan kompetitor namun terbukti efektif dan relevan untuk bisnis.

Baca juga : Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik 2022

Apakah SEO dan Adword Saling Mempengaruhi?

Google Ads dan SEO bisa bekerja bersama secara harmonis jika anda menjalankannya dengan baik. Kekuatan dari Google Ads terletak pada kemampuannya dalam meninggikan perusahaan di mesin pencarian. Sedangkan kekuatan SEO organik adalah hasil dari kampanye SEO yang dibuat dengan baik yang mengkombinasikan konten berkualitas, desain yang hebat, dan pengenalan industri dalam satu kampanye gratis. SEO harus terus ditingkatkan dan pastikan bahwa konten tepat sasaran serta relevan dengan industri. Manfaatkan kekuatan dari Google Ads. Jika berkomitmen mengeluarkan dana agar website muncul pada halaman pertama Google, berarti telah membuat keputusan yang tepat. Google Ads juga menawarkan tool analitik cerdas yang bisa digunakan untuk melihat bagian mana yang perlu diubah dan bagian mana yang perlu ditonjolkan dalam kampanye iklan. Tool analitik juga berguna untuk menentukan siapa saja yang akan menjadi target bisnis. Maka akan memiliki gambaran yang lebih baik terhadap jenis-jenis orang yang tertarik pada bisnis. Dan konten yang tertarget adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan SEO organik.

Google Ads vs SEO

Perbedaan utama antara SEO dan Google Ads adalah SEO selalu bersifat organik dan Google Ads memberikan tempat bagi perusahaan pada bagian tengah halaman  pertama mesin pencarian. Google tidak membebankan biaya untuk SEO organik. Jika perusahaan cukup baik untuk muncul pada halaman depan Google berdasarkan algoritma mesin pencarian, maka website bisa menduduki halaman depan Google secara gratis. Google akan melakukan scan pada halaman website secara berkala dan menjatuhkannya jika website dirasa tidak lagi cukup berharga.

  1. Pengertian SEO

seo optimization

SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik akan meningkat. SEO juga akan membantu mendapatkan trafik yang tepat. Jadi tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tapi juga trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website. Untuk memastikan bahwa website tampak baik bagi Google’s bot adalah membuat konten yang bermanfaat dan dapat menarik minat pembaca, serta memastikan bahwa website responsif, yang artinya website sesuai dengan device yang menampilkannya.

Tujuan SEO

SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya di halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang telah di analisa/ diriset untuk ditargetkan. Situs web yang telah menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung potensial. Pengunjung bisa dikonversikan menjadi calon customer atau tujuan lainnya, ini dapat diseting pada saat awal meriset keyword + optimasi pembuatan konten / artikel. Dengan semakin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai alat media bisnis, kebutuhan atas SEO juga tentu menjadi semakin meningkat.

Pola Kerja SEO:

  1. Membuat website dengan konten yang sudah mengandung beberapa keywords.
  2. Page rank adalah salah satu penentu peringkat website.
  3. Bersifat (hampir) selamanya.
  4. Konten yang ter-update dan berkualitas akan disukai Google.
  5. Tingkat persaingan hampir selalu tinggi untuk beberapa keywords.

Baca juga : Strategi Link Building Berkualitas

Keunggulan SEO

  • Memiliki Mesin Promosi Gratis 24 Jam

Melalui teknik SEO, diibarat seperti memiliki mesin promosi gratis secara terus-menerus yang tidak akan pernah berhenti, dimana akan bekerja penuh selama 24 jam tayang di halaman mesin pencarian google.

  • Pendapatan Tak Terbatas

Jumlah per klik/ kunjungan web tidak terbatas, sehingga akan mendapatkan profit unlimited/ tak terbatas dan hasil ROI lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan Google Adwords/Ads untuk waktu jangka panjang.

Kekurangan SEO

  • Membutuhkan Perhatian Khusus

SEO membutuhkan ‘perhatian khusus’ dalam merawat blog/website dengan berbagai cara legal oleh pihak google, seperti : update membuat konten/artikel berkualitas, share ke media sosial, membangun link, dan lainnya.

  • Membutuhkan Waktu yang Lama

SEO bukanlah sesuatu hal instan dalam proses menjadikan situs dapat tayang di laman pertama hasil mesin pencarian secara berkala, untuk mendapatkannya memerlukan proses, waktu dan evaluasi yang berkelanjutan. Hasil dari progres SEO pun tidak dapat dilihat dalam waktu hitungan jam, karena progresnya memerlukan waktu berminggu-minggu atau bahkan bulanan. Jika berpendapat proses SEO membuang waktu dan merepotkan, maka bisa menyewa jasa SEO untuk melakukan optimasi website/blog, baik milik pribadi maupun perusahaan. Hingga website dapat mencapai halaman pertama hasil mesin pencarian google. Maka ini akan membuat pemilik web lebih fokus kepada pekerjaan utama bukan di teknisnya. Produk periklanan jenis PPC (Pay Per Click) yang dibuat oleh Google sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan yang utama untuk google di bidang periklanan.

2. Pengertian Google Ads

google ads

Google Ads adalah program periklanan online Google. Google Adwords/Ads merupakan sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian google sebagai sarana beriklan, biasa disebut juga sebagai SEM (Search Engine Marketing) atau pemasaran berbasis mesin pencari. Melalui Google Ads, dapat membuat iklan online untuk menjangkau pengunjung yang tepat saat mereka tertarik pada produk dan layanan yang ditawarkan. Google Ads sangat berbeda dengan SEO karena sebuah bisnis harus membayar untuk bisa berada pada posisi atas mesin pencarian. Google Ads menjadi cara yang hebat untuk mengembangkan bisnis yang masih baru, dan bisa digunakan untuk mempromosikan kampanye tertentu, penjualan atau pemberitahuan dari perusahaan besar. Google Ads adalah cara cepat untuk berada pada halaman awal hasil pencarian Google. Google Ads digunakan untuk membangun visibilitas perusahaan di mesin pencarian dengan meletakannya pada posisi teratas mesin pencarian. Pemilik web membuat iklan dan membayarnya ketika pengunjung melakukan klik pada iklan tersebt. Ini mengapa Google Ads disebut dengan PPC (pay per click). Beberapa perusahaan menjalankan iklan Google Ads secara teratur. Sedangkan yang lain hanya menjalankan iklan pada waktu tertentu saja.

Jenis Google Adwords / Ads

  • Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions

Sistem dimana para pengiklan membayar produk yang mereka iklankan melalui google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayangnya iklan tersebut.

  • Sistem PPC atau Pay Per Click

Sistem dimana para pengiklan membayar iklan mereka berdasarkan jumlah klik yang didapat dari iklan tersebut. Jadi, apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.

Pola kerja Google Adwords

  1. Menggunakan sistem PPC (pay per click)
  2. Tidak perlu membayar ke Google, jika tidak ada yang meng-klik iklan.
  3. Pembayaran menggunakan kartu kredit.
  4. Hanya membayar untuk muncul di keyword tertentu.
  5. Harga tiap keyword berbeda tergantung jumlah pencarian bulanan para pengguna internet   dan tingkat persaingan nya.
  6. Bersifat sementara selama anda membayar.

Keuntungan Beriklan di Google Adwords / Ads

  • Iklan Cepat Tayang Diposisi Teratas

Tidak perlu kesulitan untuk menjadikan website muncul dan tayang di hasil halaman 1 google untuk mendapatkan traffic pada website. Website akan tayang sesuai keyword yang diinginkan dalam hitungan jam, namun untuk menggunakan google ads memerlukan biaya yang relatif besar. Hal ini tidak masalah bagi yang bermodal tebal dan lebih mengutamakan kualitas. Namun sebagai pebisnis online yang baik, tentu harus bisa menghitung return of investment jika ingin menggunakan google ads.

  • Target Cepat Tercapai

Target pengunjung akan cepat tercapai selama tetap berlangganan kepada mereka.

  • Menghemat Waktu

Dengan menyewa jasa Google Ads akan menjadikan pekerjaan lebih ringan dan iklan terjamin selama selalu rutin membayar jasa mereka.

Kekurangan Google Adwords / Ads

  • Membutuhkan Biaya yang Lumayan Besar

Meskipun terlihat mudah, namun hal ini membutuhkan biaya yang lumayan besar.

  • Pengelolaan Iklannya Harus Tepat

Pengelolaan iklan juga harus tepat, jangan sampai tagihan kartu kredit membengkak karena salah dalam menargetkan keywordnya.

  • Iklan Tidak Bertahan Selamanya

Iklan akan bertahan selama jasa rutin dibayar, jika tidak tentu iklan akan turun peringkat.

Baca juga : Mengenal Backlink, Manfaat dan Strategi Backlink

Pertimbangan dalam Memilih SEO dan Google Ads

No Penilaian Deskripsi
1 Budget Jika budget besar maka PPC bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan jika budget kecil sebaiknya memilih teknik SEO
2 Jenis iklan yang ingin ditampilkan Agar iklan tampil pada bagian atas hasil pencarian, bisa memilih PPC. Sedangkan SEO bisa dipilih sebagai metode iklan untuk tempat yang tidak terlalu mencolok.
3 Tujuan PPC: mengetahui perilaku target audiens dan keyword yang efektif + biaya yang cukup besar.  SEO: iklan bisa bertahan lama dan trafficnya besar, Hasilnya permanen + gratis.

SEO organik dianggap sebagai permainan jangka panjang. Karena dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun kredibilitas agar Google menempatkan website pada daftar teratas. Sebuah website biasanya akan berada pada peringkat bawah Google selama beberapa tahun sebelum akhirnya bisa muncul pada halaman teratas. Google Ads menjadi solusi yang cukup cepat dan efektif untuk menyelesaikan permasalahan dari SEO. Kampanye iklan PPC juga ditandai seperti itu. Pelanggan akan tahu bahwa mereka mengklik iklan ketika mereka melihat daftarnya. namun beberapa pelanggan mungkin merasa bahwa mereka tidak akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Stratergi Marketing Yang Membedakan SEO dan Adwords

Strategi marketing yang tepat merupakan hal terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis. SEO dan Adwords memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, maka pemilihan keduanya didasarkan dengan pertimbangan. SEO ataupun adwords merupakan salah satu sistem untuk peningkatan rating yang akan diberikan oleh search engine google. Keduanya sangat berbeda, karena SEO menggunakan cara menaikkan traffic web dengan keyword untuk website, jasa optimasi website memberikan penanganan khusus pada kegunaan kata kunci website lebih optimal. Berbeda dengan adwords, pengerjaan adwords meliputi iklan yang didapat pada saat mengetikan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis online yang dijalankan. Iklan muncul pada sisi atas mesin pencari, dan ketika iklan tersebut diklik, otomatis akan mengarah pada website yang di adwords tersebut. Setiap klik yang dilakukan visitor, harus dibayar oleh pengiklan. Tata cara pemasaran keduanya tentu saja berbeda sistemnya. Adwords akan langsung memberikan halaman teratas saat kata kunci dicari pada search engine, namun bukan karena berada pada tingkatan teratas, melainkan iklan adwords websitenya. Jasa SEO profesional memberikan bukti nyata pada peningkatan rating yang membuat website melambung pada halaman teratas.

Biaya dan Masa Tayang Iklan Yang Membedakan SEO dan Adwords

Iklan Adwords menggunakan sistem Pay-Per-Click. Maka biaya yangh dibutuhkan tergantung dari jumlah dan harga per kliknya. Iklan Adwords bisa dibatasi dengan budget harian, agar biaya yang dibayarkan tidak melebihi anggarana. Sedangkan biaya SEO tergantung pada kompetisi (tingkat persaingan) dari kata kuncinya. Semakin kompetitif kata kunci yang ditarget, akan semakin tinggi tingkat kesulitannya, otomatis makin tinggi pula biayanya. Hindari memilih kata kunci yang terlalu umum, karena tingkat persaingannya akan lebih tinggi. Dengan Adwords bila budget iklan sudah habis maka iklan akan berhenti ditayangkan. Sedangkan listing organik (dengan SEO), website akan tetap tampil di hasil pencarian Google (namun SEO tetap dijaga dan tidak ada perubahan algoritma Google yang signifikan).

Namun, tidak semua bisnis / jasa cocok untuk menggunakan model iklan PPC Ads, karena harus menghitung anggaran biaya iklan dan nilai ROI (Return On Investment), supaya tidak rugi. Ketika Google pertama kali menerapkan Page ranks untuk mengatur peringkat dalam mesin pencari mereka, banyak webmaster yang berusaha dan berlomba untuk menjadi peringkat satu di halaman pertama Google. Dan ketika Google membuat program iklan berbayar, banyak webmaster yang juga berlomba untuk ada di tampilan halaman pertama Google.

Baca juga : Web Server dan Jenis- Jenis Web Server

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO

Pengertian SEO Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO

Read More »