JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
backlink

Mengenal Backlink, Manfaat dan Strategi Backlink

Backlink merupakan salah satu aspek penting yang bisa menentukan posisi website di penelusuran mesin pencari. Mempelajari dan memahami konsep backlink memang tidak gampang. Karena selalu ada aturan dari Google yang membatasi setiap gerak-gerik yang dinilai bisa merugikan banyak orang. Salah satunya yaitu kehadiran algoritma Google Penguin yang diplot untuk menurunkan peringkat situs dengan jumlah backlink spam yang tidak relevan. Terkadang, mencari cara membangun backlink untuk website menjadi suatu tantangan tersendiri. Maka, dibutuhkan langkah yang tepat untuk melakukannya. Backlink menjadi salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan digital marketing, melalui metode search engine optimization (SEO).

Pengertian Backlink

Backlink adalah link dari sebuah website untuk masuk ke halaman website lain. Backlink juga disebut dengan inbound link atau one way link. Backlink bisa menjadi pertanda apakah website itu berkualitas atau tidak. Inbound backlink atau link adalah kumpulan link yang ada di dalam sebuah website, seperti link dari halaman utama sebuah website yang terhubung dengan halaman lain yang ada di website tersebut, atau link yang menghubungkan sebuah website ke website lainnya. Backlink merupakan sebuah link yang dipasang pada suatu blog/website yang mengarah ke halaman blog/website lain. Kegiatan membangun backlink disebut link building. Terdapat juga istilah external link dan inbound link, yaitu pemberi backlink dan penerima backlink.

Baca juga : Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkan Personal Branding

Mesin pencari umumnya menggunakan backink sebagai salah satu faktor yang digunakan dalam memberikan ranking pada sebuah website, dan Google adalah salah satu mesin pencari yang menggunakan metode ini. Google akan menetapkan halaman website dengan jumlah backlink yang paling banyak akan mendapatkan ranking yang lebih tinggi dibandingkan dengan website yang memiliki sedikit backlink. Dengan begitu website yang memiliki backlink yang banyak, dan berkualitas akan lebih mudah ditemukan pada mesin pencari untuk dapat meningkatkan SEO pada website tersebut. Dari segi manfaat, backlink dibedakan menjadi dua jenis, yakni dofollow dan nofollow. Kedua jenis backlink tersebut sebenarnya tidak berbeda sama sekali jika dilihat secara kasat mata. Namun, jenis backlink dofollow lebih banyak disukai karena memiliki nilai tinggi di mata mesin pencari, sementara jenis nofollow relatif kurang diminati karena tidak memberikan efek berarti untuk website. Saat ini, kebutuhan backlink semakin berkembang pesat seiring maraknya kampanye berbasis SEO sebagai salah satu strategi untuk menarik calon pembeli. Lalu seberapa penting backlink dalam konten website?

Mengapa Backlink Itu Penting?

 

1. Google akan Menemukan Website Melalui Backlink

Penggunaan backlink cukup penting karena ini merupakan cara Google menemukan halaman baru untuk ditampilkan di hasil pencariannya. Mesin pencari Google akan selalu melakukan crawling untuk menemukan halaman yang paling relevan dengan kata kunci tertentu. Seperti ketika manusia menggunakan peta untuk menemukan lokasi baru, maka mesin pencari Google akan menggunakan backlink untuk menemukan halaman baru, melakukan crawling di halaman tersebut, kemudian memasukkannya ke indeks Google. Dengan backlink akan lebih mudah menemukan lokasi baru yang terhubung dengan lokasi lain. Karena lokasi terpencil yang tidak terhubung dengan lokasi lainnya akan lebih sulit ditemukan, begitu juga dengan halaman website. Halaman website yang tidak mendapatkan backlink dari website lain akan sulit ditemukan oleh Google. Semakin banyak backlink yang didapatkan, semakin mudah Google menemukan halaman website tersebut. Namun, pertimbangkan juga kualitas backlink, jangan asal dalam mencari backlink, karena backlink yang tidak berkualitas akan merugikan website.

2. Backlink Berguna untuk Menjaga Reputasi di Google

Ketika orang mencari sebuah kata kunci di Google, Google akan berusaha untuk memberikan hasil pencarian terbaik untuk si pencari. Dan akan mengarahkan pencarian pada halaman-halaman website yang populer. Untuk menilai sebuah halaman website populer atau tidak, Google menggunakan backlink sebagai indikator popularitas sebuah halaman website. Semakin banyak backlink berkualitas mengarah ke website, semakin baik reputasi website di penilaian Google.

3. Backlink Relevan Meningkatkan Kredibilitas Website

Backlink menjadi indikator penting dalam menentukan popularitas sebuah halaman website di Google. Namun, Google tidak hanya menilai backlink dari kuantitasnya saja. Google juga menilai backlink berdasarkan relevansinya. Backlink yang relevan adalah backlink yang didapatkan dari website atau blog dari niche yang relevan. Misalnya, sebuah perusahaan smartphone dikatakan memiliki backlink relevan ketika mereka mendapatkan backlink dari website atau blog yang niche-nya adalah teknologi. Dengan begitu perusahaan smartphone tersebut bisa dianggap kredibel oleh Google. Karena jika perusahaan smartphone tersebut mendapatkan backlink dari website atau blog kecantikan, fashion, atau bahkan blog furnitur. Google akan mempertanyakan kredibilitas website perusahaan smartphone tersebut, apakah perusahaan tersebut cukup kredibel untuk industri smartphone dan teknologi.

4. Backlink Mendatangkan Trafik ke Website

Semakin banyak backlink berkualitas yang didapat, maka semakin bagus juga penilaian Google terhadap website tersebut. Dan halaman website bisa mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian. Selain dari hasil pencarian Google, backlink juga mendatangkan trafik dari link yang ditanam di website pemberi backlink. Ditambah jika website pemberi backlink sudah memiliki reputasi bagus di Google dan mendapatkan banyak trafik, yang juga akan mengarah ke website Anda.

Baca juga : Tips Menulis Alt Text dalam Memaksimalkan SEO Website

Manfaat Backlink untuk Meningkatkan SEO

Backlink berkualitas tinggi adalah bagian utama dari algoritma Google dan akan terus menjadi salah satu prioritas penilaian, karena backlink dapat menjadi faktor penentu yang mendorong website berada dibagian teratas hasil pencarian. Sementara upaya membangun link dilakukan untuk optimasi mesin pencari dan beberapa alasan lain. Google terus meluncurkan update baru dan menyegarkan data untuk menghukum situs web berkualitas rendah yang menggunakan teknik membangun link spam untuk memanipulasi hasil pencarian. Maka manfaat backlink tidak hanya membantu keluar dari masalah penalti, tetapi juga membantu untuk memastikan link memberikan nilai dengan cara lain, dalam hal ini suatu hari Google memutuskan untuk tidak menghargai link berkualitas tinggi lagi. Tidak banyak orang berpikir tentang manfaat dari membangun backlink untuk peningkatan SEO. Berikut manfaat Backlink dari link kualitas tinggi.

1. Membangun Otoritas Situs Web

Mendapatkan link pada situs-situs populer sangat bagus untuk SEO, dan membantu untuk membangun otoritas merek. Dengan cara yang sama konsumen melihatnya sebagai indikasi yang baik bahwa merek tersebut merupakan salah satu yang perlu untuk di perhitungkan. Jadi, link berkualitas tinggi pada situs-situs populer akan sangat menguntungkan SEO, dan membantu menarik konsumen hanya dengan asosiasi. Serta akan membantu dalam mempresentasikan perusahaan sebagai sumber informasi, bahkan dapat mengakibatkan situs menghubungkan ke konten web dan memberikan backlink alami, yang dicintai Google.

2. Lalu lintas Referral

Tidak semua lalu lintas situs web berasal dari pencarian di Google, Yahoo, Bing, atau mesin pencari lain. Lalu lintas arahan juga merupakan persentase besar dari semua lalu lintas, yang berarti orang akan mengklik link dalam konten dan dibawa ke konten terkait. Link berkualitas tinggi di situs dengan banyak lalu lintas tidak hanya akan membantu SEO situs, tetapi juga dapat mengarahkan lalu lintas bertarget ke situs Web sepanjang waktu. Sebuah link tunggal pada situs web populer dapat terus mendorong lalu lintas selama bertahun-tahun. Dengan menggunakan lalu lintas referral maka akan sangat bertarget. Jadi, tidak hanya berpikir tentang berapa banyak uang yang dihabiskan untuk pencarian berbayar. Beberapa perusahaan memiliki BPK yang sangat tinggi, sehingga setiap klik referral akan mengarahkan lalu lintas berkualitas tinggi tanpa biaya per klik yang terkait dengan link.

3. Directory & Sumber Daya Link Jangka Panjang

Internet adalah salah satu sumber data besar yang akan terus tumbuh dan akan selalu di akses sebagai sumber informasi. Jika mendapatkan link berkualitas tinggi membentuk direktori terkemuka dan situs sumber daya lainnya, maka dapat membantu untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Web selama beberapa tahun mendatang.

4. Membuat Hubungan Baru

Ketika seseorang membaca konten yang baik dan melihat backlink menunjuk ke sumber atau pencipta, ada kesempatan yang sangat baik bahwa mereka akan mengklik pada link untuk mempelajari lebih lanjut tentang siapa dan apa yang disajikan di link tersebut. Hal ini dapat menyebabkan seseorang untuk bergabung dengan newsletter konten website atau melakukan beberapa tindakan terukur lain. Mereka mungkin terhubung dan mengikuti profil media sosial/ membaca blog dan kemudian menandainya/ berlangganan RSS feed situs. Link sederhana dapat membawa perusahaan dan konsumen bersama-sama tanpa bantuan peringkat mesin pencari.

5. Pengakuan Brand Situs

Ketika seseorang membaca konten online, mereka dapat dengan cepat mengidentifikasi terlihat link dalam konten. Ketika konsumen melihat nama brand terhubung di seluruh konten besar, mereka akan mulai mengasosiasikan situs tersebut dengan topik tertentu, dan itu merupakan keuntungan bagi situs. Fokus utama dari kampanye link building akan selalu meningkatkan posisi organik dari sebuah situs web, tetapi itu tidak berarti bahwa harus menjadi satu-satunya faktor untuk digunakan ketika mengevaluasi kinerja usaha membangun link.

Baca juga : Jenis- Jenis Web Hosting / Web Server

Strategi Mendapatkan Backlink Berkualitas

Backlink berkualitas tidak bisa didapatkan dengan mudah. Strategi membangun backlink berkualitas diawali dengan membuat konten yang lengkap, unik, dan solutif. Ada beragam cara untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas, baik secara gratis maupun berbayar. Untuk cara gratis, bisa memanfatkan metode peletakan backlink profile, sosial bokmarking, atau guestpost. Sedangkan untuk cara mendapatkan backlink berkualitas yang berbayar bisa melalui kerjasama content placement atau sponsored post. Berikut tips mendapatkan backlink berkualitas untk memenuhi kebutuhan website.

1. Bangun Relevansi dan Kredibilitas Konten

Hal yang paling penting dalam membangun backlink adalah tingkat relevansi tautan yang dibangun dengan situs. Tingkat relevansi yang semakin tinggi akan membuat backlink semakin berkualitas. Misalnya, website dengan niche tentang travelling, bisa ditautkan ke link situs travelling dengan kredibilitas yang bagus. Maka, nantinya bisa mendapatkan backlink dari situs lain, asalkan melakukannya dengan konsisten serta membuat konten yang berkualitas secara berkala. Kemudian untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas juga harus membangun kredibilitas website atau blog terlebih dahulu. Seperti pada Kualitas Outbound Link, biasanya website atau blog dengan backlink berkualitas hanya bersedia untuk memberikan backlink ke website dan blog berkualitas. Maka pemilik situs perlu membangun kredibilitas terlebih dahulu.

2. Tulis Konten yang Lengkap dan Solutif serta Unik

Pastikan konten di website, lengkap dan mampu menjawab pertanyaan para pencari, serta harus solutif. Jadi setelah membaca artikel di blog atau website tersebut, pembaca bisa menyelesaikan masalah yang dialaminya. Maka penggunjung tidak akan ragu untuk membagikan artikel tersebut di media sosial atau bahkan website/ blognya. Konten yang dibuat juga harus unik. Jika memungkinkan, buatlah konten yang belum pernah dibuat orang lain atau sudut pandang yang belum pernah diambil orang lain. Contohnya, bisa melakukan studi kasus tentang pelanggan atau bisnis web. Keunikan konten akan menarik orang lain untuk menanamkan link ke website atau blog tersebut.

3. Lakukan Guest Blogging

Guest blogging adalah ketika menulis artikel yang tidak untuk diterbitkan di blog sendiri, melainkan diterbitkan di blog atau website orang lain. Di dalam artikel tersebut bisa meletakkan link menuju blog atau website sendiri. Namun, pilih blog atau website dengan trafik tinggi agar guest blogging bisa terasa manfaatnya.

4. Buat Infografik dan Bangun Relasi Pertemanan

Terkadang orang malas membaca paragraf-paragraf panjang. Maka solusinya bisa dengan memanfaatkan infografik, agar orang-orang tertarik membaca artikel. Pengunjung juga akan lebih mudah membagikan infografik karena lebih menarik dan lebih mudah dipahami. Bagi seorang blogger, jangan sampai terlewat untuk ikut bergabung dalam sebuah komunitas. Di Jogja misalnya, ada KBJ (Komunitas Blogger Jogja) yang menjadi wahana efektif untuk saling bertukar pikiran maupun menambah jejaring pertemanan. Jika beruntung, maka bisa jadi ada satu atau dua orang yang tertarik dengan websitemu dan bersedia untuk diajak saling bertukar link.

5. Gunakan Tools Backlink

tools backlink

Konten yang bagus, unik, lengkap, dan solutif akan menarik orang-orang untuk meletakkan link website atau blog di website mereka. Namun selain solusi tersebut, tetap harus menjemput bola agar bisa mendapatkan backlink berkualitas. Karena website dan blog dengan kualitas backlink bagus perlu didekati secara personal terlebih dahulu untuk kemudian bisa menanam backlink di sana. Untuk menemukan website dan blog berkualitas tersebut, akan membutuhkan bantuan pihak ketiga seperti Ahrefs, Ubbersuggest, dan lain-lain. Ahrefs adalah tool terbaik untuk menemukan backlink berkualitas berdasarkan kata kunci yang relevan dengan bisnis. Bisa juga mengetahui kredibilitas website melalui Domain Rating (DR) dan jumlah trafik yang dihasilkan.

6. Gunakan Content Sharing Platform

Banyak orang membagikan artikel atau konten terbarunya di media sosial. Namun juga perlu membagikan konten di content sharing platform, seperti MediumKompasianaHipweeVIVA BlogKaskusReddit, dan SlideShare yang bisa dimanfaatkan untuk menempatkan link website atau blog. Penulis konten bisa menulis artikel baru yang masih berkaitan dengan topik yang dibahas lalu letakkan link artikel yang diinginkan. Maka akan mendapatkan backlink dari content sharing platform tersebut. Meskipun link-nya bersifat nofollow, metode ini tetap layak diterapkan untuk mempromosikan konten blog atau website.

7. Tulis Informasi yang Sedang Banyak Dicari dan Lakukan Blogwalking ke Website yang Memiliki Topik yang Sama

Temukan topik bahasan yang sedang banyak dibutuhkan untuk menarik banyak pengunjung. Aktivitas blogwalking memang sudah mulai ditinggalkan karena dianggap cukup merepotkan dan kurang powerfull untuk mendongkrak posisi website di hasil pencarian. Namun, jika blogwalking dilakukan pada blog atau website dengan topik bahasan yang sama, cukup bermanfaat dalam menarik pengunjung situs. Sedangkan, jika tidak ingin repot melakukan blogwalking tapi ingin mendapatkan backlink berkualitas, bisa menggunakan layanan marketplace backlink yang sudah dipercaya oleh ratusan advertiser dari seluruh Indonesia.

Baca juga :Jenis- Jenis Web Hosting / Web Server

Kriteria dan Contoh Backlink Berkualitas

Dalam mencari backlink tidak boleh sembarangan. Google tidak menilai backlink dari kuantitas saja, tetapi juga mempertimbangkan kualitas. Karena backlink yang tidak berkualitas hanya akan merugikan. Maka seleksi terlebih dahulu backlink dengan teliti agar mendapatkan backlink berkualitas. Berikut beberapa kriteria backlink berkualitas:

1. Relevansi

Agar bisa memperoleh efek positif dari backlink maka harus mendapatkan backlink yang relevan. Buatlah skala prioritas website yang potensial untuk ditanami backlink. Bisa dengan mengelompokkannya menjadi beberapa kelompok website potensial. Dari sangat relevan, cukup relevan, hingga tidak relevan. Kelompok backlink sangat relevan adalah website yang kebanyakan isinya adalah review produk tertentu. Misalnya, bisnis komputer dan laptop, maka carilah website atau blog review yang khusus mereview komputer dan laptop. Di kelompok backlink cukup relevan, bisa memperluas kriteria calon backlink. Cari blog atau website yang kebanyakan postingannya adalah tentang teknologi, tidak hanya laptop dan komputer. Backlink yang tidak relevan dengan website bisa saja ditanamkan di website, namun dengan syarat bahwa website tersebut memiliki trafik super tinggi dan membahas konten beragam seperti portal berita. Jika website tersebut tidak relevan dengan bisnis dan tidak memiliki trafik tinggi, sebaiknya tinggalkan saja.

2. Punya Pengaruh (Authority)

Pastikan juga website yang akan ditanami backlink benar-benar memiliki kredibilitas dan berpengaruh. Untuk memastikan kredibilitas sebuah website, bisa dengan memeriksa kredibilitas website menggunakan software seperti Ahrefs, yang diukur menggunakan skala 1 sampai 100 yang disebut dengan Domain Rating (DR). Domain Rating mengukur berapa banyak backlink berkualitas yang didapatkan sebuah website. Semakin tinggi nilai DR, semakin potensial untuk backlink.

3. Trafik

Pertimbangkan pula jumlah trafik yang dihasilkan sebuah website sebelum menjadikannya backlink. Untuk mengukur berapa trafik yang dihasilkan sebuah website per bulannya, juga bisa menggunakan Ahrefs. Pastikan website yang akan ditanami backlink benar-benar mendapatkan trafik.

4. Standar Editorial

Perhatikan juga standar editorial konten website yang akan ditanami backlink. Biasanya yang menghasilkan backlink berkualitas adalah website dengan standar editorial ketat seperti portal berita atau blogger kredibel.

5. Kualitas Outbound Link

Website dengan kualitas backlink bagus biasanya hanya akan memberikan backlink ke website berkualitas saja. Maka perhatikan outbound link dari calon website yang akan ditanami backlink. Apakah rekam jejak outbound link mereka bagus, dan mereka memberikan outbound link ke website berkualitas atau tidak?

6. Terindeks Google

Website yang akan ditanami backlink wajib terindeks oleh Google. Jika sebuah website tidak terindeks Google, sebaiknya ditinggalkan. Karena menanam backlink di website yang tidak terindeks Google adalah hal sia-sia. Untuk mengecek apakah website tersebut sudah terindeks Google atau belum cukup dengan membuka Google. Kemudian ketik “site:contohwebsite.com”. Jika setelah itu tidak muncul apa pun, tinggalkan website tersebut.

Baca juga : Web Server dan Jenis- Jenis Web Server

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂