Seperti pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang” biar sayang makanya kenalan. Pepatah tersebut juga berlaku untuk bisnis! Cara paling mudah membangun identitas bisnis agar lebih dikenal konsumen adalah membuat Halaman ‘Tentang Kami’ atau ‘About Us’ di website bisnis yang merupakan salah satu halamn penting yang wajib ada di website bisnis. Kehadirannya memainkan peranan penting, seperti:
- Penunjang branding– Dapat memberi kesan dan menonjolkan ciri khas bisnis. Ceritakan kisah inspiratif, motivasi, atau tujuan dibalik brand Anda.
- Menginformasikan profil bisnis kepada konsumen – “perkenalkan kami, produk nomor satu dengan kualitas unggul dan rekam jejak yang mumpuni.”, begitulah kira-kira.
- Emotional engagement – Mendekati konsumen bukan hanya dengan hard selling atau soft selling saja, tapi juga secara personal dengan lebih menyentuh kalbu. Caranya, sentuh simpati konsumen dengan nilai atau kelebihan bisnis. Misalnya, senantiasa berkomitmen menjaga lingkungan, memberdayakan sosial sekitar, dll.
Kreatif adalah kunci utama dari halaman tentang kami pada website agar menarik. Sebenarnya tidak ada aturan baru untuk menuliskan panjang tulisan pada halaman tentang kami. Hanya perlu memahami apa yang nantinya akan disampaikan, bagaimana akan menyampaikan pada user, dan juga pentingnya isi konten yang dibuat untuk disampaikan. Dan juga harus memastikan bahwa yang sudah tertulis memang jelas, padat dan juga menarik.
Meskipun halaman Tentang Kami tidak diisi dengan kata kunci, namun bukan berarti informasi yang diberikan pada halaman ini tidak berguna. Halaman ini ada untuk menjawab pertanyaan pengunjung untuk mengetahui tentang siapa Anda, apa produk Anda, dll. Tujuan keseluruhan website adalah untuk menyediakan informasi yang bermanfaat untuk mengubah pengunjung web menjadi calon pelanggan atau bahkan pelanggan setia.
Tips Membuat Halaman “Tentang Kami” agar terlihat Menarik
1. Menjawab Pertanyaan 5W + 1H
Halaman “Tentang Kami” harus mengandung unsur 5W + 1H (who, why, what, when, where, dan how). Pengunjung datang ke halaman untuk mendapatkan kepercayaan dalam bisnis Anda, bahwa telah memiliki produk atau layanan yang mereka butuhkan dan support yang baik. Cobalah untuk menghindari pesan dengan bahasa umum dan fokus pada bagaimana bisnis dapat membantu pengunjung potensial, maka harus dikomunikasikan dengan jelas
2. Kalimat Pertama Harus Semenarik mungkin
Sebisa mungkin buat kalimat pertama atau paragraf pertama yang mengesankan dan membuat pengunjung jatuh cinta. Biasanya, kalimat pertama halaman tentang kami adalah definisi. Misalnya, “kami adalah perusahaan multinasional dengan 1000 cabang di seluruh dunia”. Namun, jangan sampai mau terlihat biasa-biasa saja. Anda dapat mencontoh penggunaan definisi dengan unik, seperti yang dilakukan Twitter. Selain definisi, boleh juga diisi dengan pertanyaan, sejarah berdirinya bisnis, atau yang lainnya.
3. Bagikan Identitas Unik Anda
Halaman “Tentang Kami” adalah tempat yang tepat untuk mengekspresikan identitas unik bisnis. Halaman ini sebaiknya menceritakan tentang apa yang membuat bisnis istimewa. Sementara halaman yang lain didedikasikan untuk informasi produk dan layanan. Hindari celoteh bisnis dan cobalah untuk menghilangkan jargon umum. Kendalikan bagian ini dengan konten yang otentik untuk menggambarkan apa yang dilakukan. Jika ada kesulitan membangun informasi unik, cobalah mewawancarai rekan kerja dan penyelia Anda. Dengarkan cara mereka menggambarkan bisnis dan bekerja secara tim , kemudian coba visualkan contoh-contoh pribadi ini pada halaman “Tentang Kami”. Proses tersebut akan membantu mendeskripsikan identitas unik diri Anda.
4. Buat Headline yang Memikat dan Sapa Secara Personal
Judul halaman tidak harus melulu “Tentang Kami” atau “About Us”. Anda bebas berinovasi membuat headlineuntuk mencuri perhatian konsumen. Dengan harapan konsumen akan tertarik meng-klik halaman dan membaca profil bisnis Anda. Anggap saja sedang PDKT dengan konsumen. Jelaskan bagaimana bisnis berdiri seolah sedang bercerita pada seseorang. Akan lebih baik jika menyebut unsur personal. Misalnya ceritakan sedikit latar belakang pendidikan, hobi, minat, dll. Karena bisa saja, konsumen memiliki persamaan. Dan buat cerita dengan bahasa yang bersahabat. Hal itu akan membangun kedekatan personal atau emotional engagement dengan konsumen.
5. Paparkan Visi, Misi, Company Value, Dll
Biarkan konsumen menilai bagaimana visi misi bisnis yang dijalankan. Perlihatkan prinsip dan nilai-nilai yang Anda junjung. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas di mata konsumen. Sehingga konsumen juga menilai kualitas produk atau layanan dengan baik. Cantumkan visi, misi, company value, atau yang lainnya dalam teks singkat, padat, dan jelas.
Baca juga : Menu-Menu atau Halaman Penting dan Harus Ada pada Website
6. Pamerkan Kelebihan dan Capaian Bisnis
Jika bisnis Anda mendapatkan penghargaan, seperti contohnya pernah diliput media, berhasil membuat event, bahkan memberikan bantuan pada korban bencana alam. Jangan malu-malu dengan prestasi bisnis! Anda dapat menampilkannya sebagai bagian dari halaman Tentang Kami. Hal ini akan menambah nilai positif di mata konsumen. Namun ini bukan pamer yang berlebihan, tetapi sewajarnya saja untuk menunjukkan bahwa bisnis berjalan bukan hanya berfokus pada profit saja. Namun, juga peduli pada lingkungan sekitar, mencetak prestasi, dan memberi dampak positif. Apalagi jika ada portal berita yang pernah meliput. “Wah, produk dan layanannya sudah terkenal, pasti terpercaya nih!” kemungkinan konsumen akan berpikir demikian.
7. Ceritakan Kisah Bisnismu
Ceritakan secara historis bisnis yang dijalankan, agar konsumen lebih mengenal bisnis Anda. Melalui narator yang efektif, calon pelanggan bisa merasa lebih dekat dengan bisnis Anda. Kisah perusahaan memainkan peran penting dalam menarik perhatian dan membangun kepercayaan. Mencakup bagaimana bisnis didirikan, siapa pemain utamanya, kepercayaan dan prinsip yang membentuk bisnis, dan detail tentang tim. Jabarkan segala tantangan yang dihadapi bahkan kegagalan yang telah dialami. Kemudian, tunjukkan bagaimana cara mengatasinya dan bangkit dari keterpurukan. Namun tetap realistis dan tetap menginspirasi. Hal ini penting karena untuk menjaga menjaga kepercayaan konsumen atas keberlangsungan bisnis Anda.
Meskipun perusahaan belum lama berdiri, Anda harus memberikan optimisme kepada para konsumen. Dengan menunjukkan bahwa produk atau layanan bisnis Anda menjawab masalah yang konsumen alami. Jelaskan tujuan perusahaan dan dampaknya kepada konsumen dan lingkungan secara umum. Berikan kesan semangat, jadi konsumen pun akan terkesan.
8. Tarik Perhatian dengan Visual
Sebanyak 91% konsumen masa kini lebih tertarik pada konten visual, maka jangan buat pembaca capek dengan tulisan, ada baiknya lebih memaksimalkan tampilan visual dengan apik, seperti tips-tips berikut:
- Atur layout halaman – Jika terlalu banyak informasi yang ingin diberikan, jangan ragu menggunakan beberapa segmen atau sub-heading.
- Gunakan gambar atau media audio visual – Atur teks seminimal mungkin. Sisipkan informasi atau teks ke dalam gambar, video, ilustrasi, dll.
- Tonjolkan warna ciri khas – Gunakan pilihan warna yang selaras dengan logo ya, agar terlihat lebih konsisten, meyakinkan, dan profesional.
- Bermain dengan font – Hindari variasi font yang terlalu banyak. Gunakan 2 -3 font yang paling mencerminkan karakter bisnis. Masing-masing untuk judul, heading, dan teks. Dilarang memakai comic sans, agar bisnis tidak dianggap main-main.
9. Jangan Lupakan Call To Action (CTA)
Dengan segala kisah menarik, pencapaian fantastis, layout yang memukau, dll, bukan berarti sudah cukup. Di akhir halaman, lengkapi pula dengan CTA. Tombol ini digunakan untuk membujuk pembaca secara halus untuk mengetahui produk lebih jauh. Sesuai tujuan utama yaitu menjaring konsumen dengan halaman ‘Tentang Kami’. Ajak pembaca menjadi konsumen dengan memberi tombol yang mengarah ke halaman produk, halaman contact us, dan lain-lain.
10. Saatnya Optimasi!
Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah optimasi halaman tentang kami. Seperti konten blog post biasa, Anda juga bisa melakukan praktik SEO untuk halaman about us. Masukkan kata-kata kunci di halaman about us seperti, nama bisnis, niche bisnis, produk atau layanan, dan lain sebagainya. Hal ini agar dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencarian google.
Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.
Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?