5 Jenis Iklan Online Paling Ampuh Untuk Menghasilkan Untung

Apa itu iklan online?

Mungkin bagi kebanyakan orang iklan yang tidak asing lagi adalah iklan yang terdapat di televisi, radio, surat kabar, majalah, pamflet, atau baliho. Iklan online masih tergolong baru, diawali dengan munculnya iklan banner pada tanggal 27 Oktober 1994 di majalah online HotWire (Sumber: Hubspot Blog).

Iklan online adalah iklan yang menggunakan internet sebagai media penyampaian pesan promosi, baik yang ditampilkan di komputer desktop maupun perangkat bergerak. Ada berbagai jenis iklan online.

Apa Keuntungan Beriklan Online untuk Bisnis Anda?

Sebelum membahas jenis-jenis iklan online untuk berbagai jenis bisnis, ada baiknya Anda mengetahui keuntungan menggunakan iklan online. Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

  • Iklan Lebih Terukur

Iklan online sangat memudahkan Anda dalam melakukan analisis. Anda dapat dengan jelas memantau efektivitas iklan Anda dari jangkauan, biaya, hingga target iklan Anda. Platform periklanan sudah menyediakan berbagai data pelaporan yang dapat Anda analisis untuk menentukan target iklan Anda selanjutnya.

  • Iklan Online Lebih Beragam Formatnya

Selain lebih terukur, iklan online memiliki keunggulan karena bebas menentukan jenis dan format iklan. Mulai dari gambar, video, teks, hingga kombinasi ketiganya bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Jenis Iklan Online yang Dapat Anda Gunakan

Setelah mengetahui jenis-jenis iklan online dan contoh iklan online berikut ini, diharapkan Anda dapat memperluas jaringan bisnis Anda. Anda juga dapat mengetahui jenis iklan mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda. Simak penjelasan berikut ini:

1. Paid Search

Sejak ditemukannya mesin pencari online, siapapun bisa menemukan apapun di dunia maya, mulai dari jurnal ilmiah hingga peralatan rumah tangga.

Adanya mesin pencari online seperti Google juga telah mengubah perilaku konsumen, dimana konsumen kini dapat mencari produk di Google sebelum membelinya. Google menyebut keadaan ini sebagai Zero Moment of Truth (ZMOT).

Menurut Google, 84 persen konsumen mencari produk di Google sebelum membelinya. Anda dapat mengambil kesempatan ini untuk menampilkan iklan online Anda melalui hasil pencarian.

Sebenarnya, pencarian berbayar dapat ditemukan di semua mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Namun, kami hanya akan membahas pencarian berbayar dari Google karena pengguna adalah yang paling banyak.

Google menyediakan layanan pencarian berbayar melalui Google Ads, yang sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords. Google mengganti nama Google AdWords menjadi Google Ads sambil mempertahankan fitur yang ada dengan fitur baru seperti Kampanye Pintar. Penjelasan lebih lengkap tentang Google Ads versi terbaru baru akan dirilis sekitar Juli 2018.

Google Ads menawarkan cara beriklan melalui hasil penelusuran, iklan bergambar, iklan YouTube, dan iklan di aplikasi seluler.

Anda dapat memulai iklan online di Google Ads dengan mudah.

 

Hal yang harus diperhatikan dalam pencarian berbayar adalah kata kunci. Anda harus memilih kata kunci yang tepat, yaitu kata kunci yang paling banyak dicari oleh calon pelanggan untuk menemukan produk Anda.

Saat mencari kata kunci yang terkait dengan produk tertentu, calon konsumen dapat menemukan hasil pencarian dengan label iklan seperti di atas. Hasil pencarian dengan label iklan disebut sebagai pencarian berbayar.

Misalnya, ketika seseorang mencari hosting indonesia, Google akan menempatkan iklan hosting di hasil pencarian orang tersebut.

2. Paid Social

Pada poin pertama sudah dijelaskan tentang iklan online di hasil pencarian Google. Tidak hanya di hasil pencarian Google, Anda juga bisa membuat iklan online di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Media sosial merupakan tempat yang strategis di dunia maya untuk menempatkan iklan online Anda. Berdasarkan riset APJII, 87,13 persen pengguna internet di Indonesia mengakses layanan media sosial.

Selain itu, iklan online di media sosial memungkinkan Anda untuk secara spesifik menargetkan calon pelanggan berdasarkan kategori tertentu seperti tingkat pendidikan, usia, lokasi, minat, hobi, jenis kelamin, dan pendapatan.

Beberapa media sosial populer yang bisa Anda gunakan adalah Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads.

Ada beberapa perbedaan yang perlu dipertimbangkan ketika memilih media sosial untuk menempatkan iklan Anda. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tujuan yang dapat dicapai oleh masing-masing media sosial.

Facebook dan Instagram menawarkan tiga tujuan yang sama karena berada di bawah satu payung perusahaan, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

Tujuan Iklan Facebook dan Iklan Instagram:

  • Tujuan kesadaran adalah tujuan membangun kesadaran merek atau meningkatkan jangkauan merek.
    Tujuan pertimbangan mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, meningkatkan keterlibatan,
  • meningkatkan pemasangan aplikasi, menghasilkan prospek, atau mendorong audiens Anda untuk menghubungi perusahaan Anda melalui messenger.
  • Tujuan konversi adalah untuk membuat konversi online atau mendorong audiens untuk datang ke toko fisik, jika ada.

Ada berbagai format iklan yang tersedia. Beberapa format iklan yang sama-sama tersedia di Facebook dan Instagram adalah iklan foto, iklan video, dan iklan carousel. Padahal, ada berbagai ukuran iklan yang bisa Anda pilih.

Satu-satunya format iklan yang tersedia di Facebook adalah iklan koleksi, iklan tayangan slide, iklan prospek, dan iklan messenger. Sementara itu, satu-satunya format iklan yang tersedia di Instagram adalah Instagram Stories Ads.

Meski tidak sepopuler dua media sosial sebelumnya, Twitter memiliki pengguna aktif yang cukup banyak di Indonesia, yakni 40 persen. Hal ini menjadikan Twitter salah satu media sosial yang potensial untuk beriklan.

Iklan Twitter menawarkan enam tujuan:

  • Konversi adalah mempromosikan tweet ke calon orang yang berkonversi di situs web Anda.
  • Keterlibatan Tweet memulai percakapan tentang merek Anda di Twitter.
  • Dapatkan pengikut mempromosikan akun Twitter Anda dan biaya yang dibayarkan adalah per pengikut yang diperoleh.
  • Meningkatkan kesadaran merek adalah dengan mempromosikan tweet ke khalayak luas dan biaya yang dibayarkan adalah per impresi yang diperoleh.
  • Penayangan video mempromosikan video Anda ke audiens yang ditargetkan dan biaya yang Anda bayarkan per penayangan video.
  • Pemasangan aplikasi mempromosikan tweet dan akan dikenakan biaya per tautan yang dibuka atau per pemasangan aplikasi.

Format iklan yang disediakan adalah Twitter Promote dan Twitter Ad Campaign

Langkah-langkah membuat Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads akan kita bahas pada artikel yang berbeda karena pembahasan masing-masing jenis iklan cukup panjang.

3. Pemasaran Email

Anda juga dapat beriklan melalui email. Email tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi pribadi, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran. Pemasaran email adalah pengiriman pesan komersial seperti buletin dan promosi melalui email.

Email marketing tidak hanya murah, tetapi juga memiliki tingkat efektivitas yang tinggi. Menurut penelitian McKinsey and Company, pemasaran email 40 kali lebih efektif daripada media sosial seperti Facebook dan Twitter. Oleh karena itu, penggunaan email marketing sebagai iklan online sangat dianjurkan.

Salah satu contoh email marketing yang bagus menurut Hubspot adalah email marketing BuzzFeed:

4. Remarketing

Selain menyediakan pencarian berbayar, Google juga menyediakan layanan pemasaran ulang.

Pemasaran Ulang Google Adwords (sekarang Google Ads) menampilkan iklan online kepada orang-orang yang telah mengunjungi situs web atau aplikasi Anda.

Ketika orang-orang ini meninggalkan situs web Anda atau Anda, baik mereka membeli produk Anda atau tidak, mereka akan mulai melihat iklan Anda saat menjelajahi situs lain atau menonton video di YouTube.

Misalnya, setelah Anda mengunjungi website Niagahoster, pada hasil pencarian atau iklan di website yang Anda kunjungi setelahnya akan muncul iklan Niagahoster.

Tujuan utama dari pemasaran ulang adalah untuk mempertahankan niat beli atau keinginan untuk membeli dari calon pelanggan.

5.Video marketing

Pemasaran video adalah salah satu jenis iklan online yang paling efektif untuk semua jenis bisnis, baik itu perusahaan kecil atau perusahaan besar. Keefektifan pemasaran video dibuktikan oleh Vidyard, sebuah perusahaan internasional di bidang pemasaran yang fokus pada video online.

Menurut laporan Vidyard 2017, 92 persen perusahaan (baik besar maupun kecil) menyatakan bahwa video penting untuk pemasaran konten. Pada tahun 2017, 41 persen perusahaan memproduksi 11 hingga 50 video pemasaran video. Masih berdasarkan laporan Vidyard, 70 persen perusahaan juga menyatakan bahwa video marketing lebih efektif dibandingkan jenis konten lain untuk mendorong konsumen melakukan konversi.

Jenis konten apa yang dapat Anda gunakan untuk pemasaran video? Berikut beberapa konten pemasaran video yang dapat Anda terapkan pada perusahaan Anda: video produk, demo produk, video penjelasan produk, video media sosial, webinar, video tutorial, video konsumen, live stream, dan vlog.

Kesimpulan

Ada berbagai cara untuk beriklan secara online. Anda bisa menggunakan kelima jenis iklan online di atas untuk menarik lebih banyak konsumen agar membeli produk Anda.

Anda bisa menggunakan satu atau beberapa jenis iklan yang tentunya disesuaikan dengan dana perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan target audiens yang ingin Anda targetkan karena setiap media periklanan memiliki karakteristik audiensnya masing-masing.

Baca juga: Apache Tidak Bisa Start: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

 

Postingan Terkait