Search
Close this search box.
Apache

Apache Tidak Bisa Start: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Website membutuhkan server untuk dapat diakses melalui internet. Web server yang saat ini banyak digunakan adalah Apache. Meskipun sudah banyak digunakan, terkadang web server ini mengalami masalah, seperti masalah apache tidak bisa start padahal tidak ada masalah dalam proses instalasi.

Apache adalah web server yang dapat berjalan di banyak sistem operasi. Tidak hanya Microsoft Windows, Apache dapat berjalan di Unix, BSD, Linux dan sistem informasi lainnya.

Popularitas Apache adalah karena aplikasi ini dapat digunakan sebagai pengganti hosting dan dapat dijalankan di komputer lokal. Para developer khususnya website developer pasti sudah tidak asing lagi dengan web server yang satu ini.

Di Windows untuk menginstal Apache, biasanya satu paket dengan MySQL dan phpMyAdmin melalui aplikasi XMPP. Sedangkan pada sistem operasi Linux, hanya Apache yang dapat diinstal.

Meskipun sudah banyak digunakan di berbagai sistem informasi, terkadang ada masalah yang muncul saat menggunakan Apache. Berikut ini adalah panduan yang saya buat untuk mengatasi Apache not starting sehingga server tidak bisa berjalan.

Persiapan

Untuk mengikuti panduan ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan:

  • Editor, digunakan untuk mengubah konfigurasi pada file.
  • Backup file, pastikan sebelum mengubah semua file konfigurasi, Anda harus mem-backup file terlebih dahulu. Jadi jika ada kesalahan konfigurasi masih ada file standar yang bisa dikembalikan.

Memecahkan Kesalahan Port di Apache

Mengatasi Apache Tidak Dapat Memulai di Windows

Masalah dengan Apache Xampp yang tidak dapat dijalankan biasanya ditemukan pada sistem operasi Windows. Port 80 adalah port yang digunakan Apache untuk dapat menggunakannya. Masalah ini bisa jadi karena sistem operasi sudah memiliki aplikasi yang menggunakan port yang disediakan. Akibatnya layanan tidak dapat dijalankan.

Aplikasi yang menggunakan port yang sama dengan Apache seperti Virtual Machine(VM), Skype, dan aplikasi lainnya. Kesalahan yang akan muncul di log adalah Error: Apache shutdown tiba-tiba.

Anda tidak perlu khawatir jika masalah ini terjadi, ada banyak panduan yang bertebaran di internet. Untuk memudahkan Anda memahami dan memecahkan masalah. Berikut cara memperbaiki Apache tidak dapat memulai.

Berikut panduan untuk mengatasi Apache yang tidak dapat dijalankan di Windows:

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan perubahan pada file httpd.conf yang terletak di C:\xampp\apache\conf\

Langkah 1 – Buka file httpd.conf.
Buka file tersebut menggunakan aplikasi editor, bisa menggunakan notepad, sublime, atau yang lainnya.

Langkah 2 – Ubah beberapa atribut.
‘Dengarkan 80’ diubah menjadi ‘Dengarkan 8080’
‘ServerName localhost:80’ diubah menjadi ‘ServerName localhost:8080’

Kemudian simpan.

Langkah 3 – Buka file httpd-ssl.conf
File httpd-ssl.conf terletak di folder C:\xampp\Apache\conf\extra\.

Langkah 4 – Ubah beberapa atribut berikut:

‘Dengarkan 443’ diubah menjadi ‘Dengarkan 4499”
Virtualhost_default_:443’ diubah menjadi ‘4499’

Kemudian simpan.

Langkah 5 – Jalankan XAMPP Control Panel

Jalankan XAMPP Control Panel dan jalankan Apache menggunakan tombol start.

 

Langkah 6 – Lakukan pengecekan.

Buka browser, kemudian Anda coba lakukan akses ke http://localhost:8080/xampp, jika pengaturan berhasil maka Web Service Apache berjalan pada port 8080.

Memecahkan Apache Tidak Dapat Memulai di Linux

Jika Anda pengguna Linux dan apache xampp tidak bisa dijalankan, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Jika Anda ingin mengubah port Apache pada sistem operasi Linux Anda, Anda dapat menggunakan beberapa metode. Salah satu caranya adalah dengan mengubah pengaturan pada file konfigurasi.

Langkah 1 – Bukan terminal, lalu akses file konfigurasi Apache.
RHEL/CentOS/Fedora
$ nano /etc/httpd/conf/httpd.conf
Debian/Ubuntu/Mint
$ nano /etc/apache2/ports.conf
Langkah 2 – Ubah atribut port.
‘Dengarkan 80’ diubah menjadi ‘Dengarkan 8080’
Langkah 3 – Mulai ulang httpd.
Untuk memulai ulang layanan server web, jalankan perintah berikut:
$ layanan httpd restart
Jika Anda menggunakan layanan VPS Niagahoster, hal pertama yang harus dilakukan adalah akses SSH ke VPS.

Kesimpulan

Apache adalah web server yang sangat mudah digunakan. Bahkan pemula pun mudah digunakan. Karena sudah banyak panduan yang tersedia dan tampilan aplikasi yang user friendly.

Namun, ada masalah yang tidak semua orang mengerti, seperti Apache tidak dapat dijalankan meskipun sudah diinstal tanpa masalah. Masalah ini karena port yang digunakan Apache sudah digunakan oleh aplikasi lain. Biasanya masalah ini disebabkan oleh Skype atau aplikasi lain yang berjalan di port yang sama dengan Apache.

Cara mengatasi Apache tidak bisa dijalankan adalah dengan mengubah port tempat Apache dijalankan. Perubahan port ini dilakukan melalui file konfigurasi Apache. Panduannya sudah saya coba jelaskan di artikel ini, jika masih ada kesalahan atau kendala bisa berkomentar di bawah.

Baca juga: Cara Membuat Next Page di Blog (WordPress)

Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

Postingan Terkait

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO

Pengertian SEO Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO

Read More »