TikTok adalah platform jejaring sosial berbagi video, digunakan untuk membuat, sunting dan bagikan video. Pengguna dapat menerapkan filter dan efek, tambahkan musik, dan edit video di dalam aplikasi. Sedangkan Tiktok for business adalah media untuk menunjukkan sisi kreatif sebuah brand. Sisi yang terlahir dari berbagai inspirasi, dengan audiensnya sendiri. Tiktok merupakan media sosial yang paling cepat berkembang, bahkan fitur-fitur yang ada sangat mendukung untuk media promosi bisnis. Banyaknya pengguna tiktok menjadi salah satu alasan Platform Tiktok menjadi media yang sangat tepat untuk membidik target pasar. Cara masuk FYP TikTok yaitu dengan memperhatikan kualitas konten, jangan upload vidio berkualitas rendah dan tidak mudah untuk ditonton. TikTok merupakan media sosial yang paling cepat berkembang, bahkan fitur–fitur yang ada sangat mendukung untuk media promosi bisnis. Banyaknya pengguna tiktok, menjadi salah satu alasan mengapa menjadi media yang sangat tepat untuk membidik target pasar.
Konten TikTok sebagian besar menyenangkan dan menghibur. Format paling populer termasuk sinkronisasi bibir, komedi, dan video bakat. Yang terakhir bervariasi secara signifikan, dari merias wajah dan cosplay ke senam dan percobaan sains. Format lain yang populer di TikTok adalah meme yang didukung oleh klip suara dan musik. Jenis konten ini direproduksi tanpa henti, karena setiap pengguna mengubah dan mempersonalisasikan “templat” dengan caranya masing-masing, membuat versi mereka sendiri dari video meme yang sedang tren. Menggunakan fitur ini, pengguna dapat menempatkan video di samping yang lain untuk menampilkan dua klip secara bersamaan. Duet sering digunakan untuk membuat video reaksi atau untuk mendorong tantangan.
Baca juga : Cara Penempatan Kata Kunci (Keyword) dalam SEO
Cara Menghasilkan Uang di TikTok Bagi Pemilik Bisnis
-
Pahami TikTok Audiens dan Statistik
Pada tahun 2019, TikTok adalah aplikasi non-game ketiga yang paling banyak diunduh di dunia. April 2020, tiktok menjadi peringkat teratas dunia di antara aplikasi seluler untuk pendapatan April. Aplikasi ini mengungguli YouTube, Tinder dan Netflix, yang mengandalkan langganan yang ada. Konsumen menghabiskan lebih banyak waktu di Tiktok dibandingkan layanan streaming video populer lainnya. Rata-rata pengguna TikTok menghabiskan sekitar 52 menit setiap hari dan mereka membuka aplikasi ini delapan kali sehari. Dan sebagian besar pengguna TikTok adalah Generasi Z, remaja dan dewasa muda, pemirsa platform ada di kisaran usia antara 16 dan 24. Sementara demografis aplikasi sering dikaitkan dengan Generasi Z, banyak merek yang berhasil dijual di TikTok meskipun target pemirsa mereka lebih tua. Dapat ditemukan juga influencer Gen X di platform. Jadi, jika audiens bukan remaja dan dewasa muda, itu tidak berarti aplikasi tersebut tidak tepat. Sebelum membuat keputusan akhir, pelajari lebih lanjut tentang platform ini dan lihat berbagai contoh cara menjual produk di TikTok.
-
Pahami dan Pelajari Cara Menjual Produk Di Tiktok
Sebelum membuat akun TikTok dan mulai memposting video, pastikan bahwa pengguna memahami bagaimana algoritma platform bekerja. Membuat konten video membutuhkan waktu, dan pasti ingin upaya yang dilakukan membuahkan hasil. Terutama jika ingin menggunakan TikTok dalam jangka panjang. Ketika mempromosikan bisnis di TikTok, tujuannya adalah untuk menghasilkan video yang menarik untuk audiens. Cara kerjanya mirip dengan halaman yang direkomendasikan pada platform media sosial lainnya, algoritma menentukan jenis konten apa yang mungkin menarik bagi pengguna dan menampilkannya secara pribadi. Karena halaman pertama yang muncul ketika membuka aplikasi adalah halaman beranda pemilik akun. Inilah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang mendapatkan video ke halaman “Untuk Anda”.
-
Konsisten dengan konten
Jenis konten yang paling populer di TikTok adalah video bakat, komedi, musik, menari, DIY, lifehacks dan vlog pendek. Format apa pun yang dipilih, lebih baik memilih satu dan patuhi itu. Jika tampil kuat dan konsisten dengan tema profil, maka akan membantu algoritma menetapkan profil pemilik akun ke salah satu format. Dan berpotensi merekomendasikan video pada orang yang menikmati jenis konten itu. Coba perhatikan video pertama yang diposting: mereka membantu TikTok untuk menetapkan akun ke salah satu vertikal utama, atau jenis konten. Berbicara secara bebas, jika akun baru dimulai dengan memposting sinkronisasi bibir, platform akan menganggapnya sebagai profil yang mengkhususkan pada video lip sync. Profil dengan banyak jenis konten berbeda atau tanpa tema tertentu tidak akan mendapat peringkat bagus. Jadi jika ingin bereksperimen dengan berbagai video, lebih baik membuat profil berbeda untuk itu.
-
Pastikan Audiens menonton video dari awal hingga akhir
Pemilik akun pasti ingin menarik pengguna untuk menonton video sampai akhir dan tidak dropoff. Platform mungkin menafsirkannya sebagai sinyal bahwa pengguna tidak merasa konten layak ditonton, dan tidak layak direkomendasikan. Jadi meskipun video TikTok bisa sampai 60 detik, lebih baik untuk membuat video pendek saja (untuk 15 detik). Maka disini bisa berharap semakin besar kemungkinan orang akan menonton sampai akhir. Juga, jangan lupa untuk memutarkan video Anda. Ini meminta pengguna untuk menonton video beberapa kali, yang membantu meningkatkan peringkat kinerja video. Dan juga buat video menggunakan templat umum yang dipahami pemirsa dengan baik. Misalnya, orang mengharapkan lelucon di akhir komedi atau video meme, jadi mereka akan melihat dan mengawasi vidio mereka sampai akhir.
-
Gunakan lagu dan format yang sedang hangat
Selanjutnya, buatlah versi konten trending sendiri. TikTok menginspirasi pengguna untuk membuat video sendiri yang meniru tren yang ada, sering dengan menggunakan lagu-lagu populer. Dapat juga menambahkan musik sendiri ke video saat mengeditnya dengan mengunggah file audio dari perangkat sendiri. Pemirsa dapat mengetuk musik yang digunakan dalam video dan menggunakannya dalam videonya sendiri. Elemen lain dari TikTok adalah kreasi bersama, misalnya reaksi pengguna menembak, duet, menyalin tarian atau rias wajah, berpartisipasi dalam tantangan. Menyalin konten dan membuat ulang dengan cara baru adalah tren besar di TikTok, dan interaksi audiens tinggi. Jadi, awasi lagu dan format populer dan buat versi sendiri. Dan coba kolaborasi dengan pengguna lain untuk ikut menciptakan tantangan atau duet.
Baca juga : Cara Penulisan Artikel Seo Friendly Untuk Website Dan Blog
-
Streaming langsung ke pengikut
Setelah menekan 1,000 pengikut di akun, maka bisa memutar video ke pengikut TikTok. Di TikTok, pemirsa dapat membeli barang virtual seperti Koin dan menukarnya dengan Hadiah. Pemirsa menggunakan Hadiah untuk menunjukkan penghargaan mereka atas konten yang dialirkan. Livestreamers bisa mendapatkan Diamonds, didasarkan pada Hadiah yang diterima dari pemirsa. Berlian dapat ditarik dengan uang sungguhan. Kompensasi dihitung oleh platform berdasarkan berbagai faktor termasuk jumlah Diamonds yang diperoleh seorang livestreamer.
-
Tambahkan tautan ke bio
Tambahkan tautan ke bagian bawah bio profil. Awalnya fitur itu hanya tersedia untuk memilih profil. Itu sangat dinanti oleh merek-merek yang tertarik untuk menjual di TikTok, karena akan membantu mengarahkan lalu lintas ke situs web dari aplikasi. Sekarang pengguna dapat menambahkan tautan langsung ke halaman Instagram atau YouTube mereka. Menambahkan tautan situs web ke bio masih belum tersedia untuk beberapa pengguna. Untuk memeriksa apakah sudah dapat melakukannya, buka tab Profil, ketuk Edit Profil dan cari bidang Situs web. Bahkan jika masih belum dapat menambahkan tautan yang dapat diklik, dapat mengetikkan satu di bio agar pengguna mudah menyalin dan memasukkannya di browser mereka. Tambahkan juga tautan Instagram dan YouTube yang dapat diklik oleh semua pengguna. Pengguna dapat mengetuk tautan ke situs web yang disorot dengan warna pink.
Cara Iklan di TikTok
Pelaku bisnis dapat mempromosikan produk dan layanannya di TikTok melalui berbagai jenis iklan khusus platform. Berikut cara mengiklan dengan platform Tiktok:
-
Tantangan Hashtag Bermerek
Tantangan terbukti sebagai cara yang efektif untuk menghasilkan lebih banyak konten bermerek dan meningkatkan jangkauan serta keterlibatan. TikTok mengambil tantangan lebih lanjut dan memungkinkan merek mensponsori tantangan mereka untuk menempatkannya di halaman Discovery 3-6 hari. Kemudian undang pengguna untuk berpartisipasi dalam tantangan yang dibuat, dan semua video yang dibuat itu dikumpulkan di halaman tantangan tagar pada bagian Temukan. Menurut TikTok, tingkat keterlibatan rata-rata Tantangan Hashtag Bermerek adalah 8.5% melalui suka, komentar dan bagikan.
-
Pengambilalihan Merek (Takeover Merk)
Iklan Takeover Merek adalah iklan layar penuh yang ditampilkan kepada pengguna ketika mereka pertama kali membuka TikTok. Ini dapat ditampilkan sebagai gambar tiga detik atau GIF, tiga hingga lima detik. Merek dapat menautkan jenis iklan ini ke halaman arahan merek atau Tantangan Hashtag di dalam platform. Hanya satu merek yang dapat mengambil alih kategori mereka setiap hari.
-
Iklan Dalam Umpan
Iklan Dalam Umpan adalah video putar otomatis layar penuh yang dapat bertahan hingga 60 detik dan ditampilkan dalam umpan “Untuk Anda”. Video ini beroperasi seperti video biasa di TikTok, dengan kemampuan interaksi pengguna yang sama. Jika iklan dalam-feed memiliki latar belakang musikal, pemirsa dapat memilih tindakan “Gunakan suara ini” seolah-olah mereka berinteraksi dengan video asli. Iklan ini memiliki bagian CTA yang dapat ditautkan ke halaman situs web tertentu atau tantangan tagar.
-
Pandangan atas (TopView)
TopView adalah layar penuh, untuk 60 detik video dengan putar otomatis dan suara yang ditampilkan saat aplikasi terbuka. Iklan ini mirip dengan Pengambilalihan Merek, perbedaannya adalah takeover merk bisa menggunakan video seperti di Iklan Dalam Umpan sebagai bahan iklan, ketika Brand Takeover hanya mengizinkan gambar atau GIF.
-
Efek Bermerek
Stiker, filter, dan efek khusus akan jauh lebih menyenangkan daripada iklan biasa. Dan TikTok menawarkan efek ini sebagai cara untuk mempromosikan merek. Efek Bermerek Disesuaikan agar memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan merek dengan menggunakan filter, stiker, atau efek yang ada. Konten semacam itu dapat digunakan tidak hanya untuk kesenangan, tetapi juga untuk menguji produk. Saat menjual pewarna rambut, maka dapat menawarkan kepada pelanggan untuk mencoba berbagai warna melalui Efek Bermerek di TikTok.
Baca juga : Tips SEO dan Alasan SEO dapat Menghemat Biaya
-
TikTok Creator Marketplace
TikTok Creator Marketplae adalah platform yang dijalankan oleh TikTok yang menampung ribuan profil pembuat TikTok. ni bukan format iklan, tetapi cara untuk menemukan pencipta dengan pengikut besar untuk mempromosikan merek. Dapat mencarinya di pasaran untuk menemukan pembuat yang audiensnya cocok dengan audiens target bisnis.
-
Pembaruan E-commerce TikTok
TikTok sudah menawarkan beragam format iklan, tetapi platform ini tidak akan membatasi peluang e-commerce hanya untuk iklan. Inilah fitur yang akan datang untuk membuat penjualan di TikTok lebih mudah bagi pedagang online.
-
Hashtag Challenge Plus
Hashtag Challenge Plus adalah bagian dari Branded Hashtag Challenge dengan komponen yang dapat dibeli. Fitur ini akan memungkinkan pengguna berbelanja untuk produk yang terkait dengan Tantangan Hashtag yang disponsori secara langsung di aplikasi. Sama seperti Tantangan Hashtag Bermerek, pengguna dapat membuat dan melihat video dengan tagar yang disponsori merek. Dapat juga membeli produk dari kampanye di tab terpisah di halaman tagar. Menurut TechCrunch, juru bicara TikTok menolak, mengatakan jika kampanye lain dengan Hashtag Challenge Plus sedang berlangsung. Namun, mengingat bahwa TikTok sedang bereksperimen dengan menghasilkan pendapatan melalui opsi e-commerce, kemungkinan pengguna akan melihat lebih banyak merek menggunakan Hashtag Challenge Plus dalam waktu dekat.
-
Mainkan sesuai aturan saat menampilkan produk di video
Pengunjung datang ke TikTok untuk dihibur, jadi jika ingin menampilkan produk di video, pastikan menyesuaikan konten dengan harapan pengguna. Apakah video bagus secara musikal, lucu atau kreatif? Jika hanya menunjukkan produk dan manfaatnya tidak akan mendapatkan banyak tampilan atau tiket ke bagian “Untuk Anda”. Ketika menjual sesuatu, maka cenderung memiliki keahlian di bidang tertentu. Isi konten bisa ditambahkan dengan membagikan kiat atau fakta menarik. Misalnya, saat menjual kamera, buatlah video TikTok dengan pose-pose yang membuat model tampak hebat dalam gambar. Orang akan mengikuti profil pemilik akun untuk mendapatkan lebih banyak kiat seperti ini dan cenderung melihat lebih banyak produk/jasa yang ditawarkan.
Bersiaplah untuk Mempromosikan Bisnis Anda di TikTok
Untuk sum up, inilah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan paparan di TikTok:
- Buat akun dan mulailah membuat video yang menyenangkan dan kreatif
- Bermitra dengan pencipta populer – temukan sendiri atau melalui TikTok Marketplace
- Gunakan berbagai jenis iklan untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa di platform TikTok
- Tetap ikuti perkembangan untuk menjadi yang pertama menggunakan fitur e-commerce TikTok saat dirilis.
Baca juga : Cara Membuat Website Tampil di Halaman Pertama Google
Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.
Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?