Search
Close this search box.
SEO friendly

Search Engine Optimization (SEO)

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO dilakukan melalui proses yang sistematis (analisa, implementasi, report) yang artinya melakukan Teknik SEO yang masuk dalam kategori Blackhat SEO / Whitehat SEO / Greyhat SEO.

SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik Anda pun meningkat. Selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga akan membantu Anda mendapatkan trafik yang tepat. Jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tetapi juga trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website Anda. 

Untuk bisa mendapatkan trafik tinggi yang tepat sasaran, Anda perlu mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh mesin pencari, dalam hal ini Google. Anda perlu memahami bagaimana cara kerja SEO, algoritma Google, dan indikator utama SEO.

Dalam perkembangannya SEO memiliki banyak jenis dengan strategi yang berbeda-beda. Namun pada intinya, SEO adalah upaya optimasi yang dilakukan dalam membangun sebuah konten, agar konten yang dibuat dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Semakin mudah dan sering konten kita ditemukan, maka akan semakin besar peluang konten kita dikunjungi atau dibaca oleh target pasar / pembaca kita.

 

Cara Kerja SEO

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak menempati ranking teratas hasil pencarian. Ini berlaku untuk semua mesin pencari baik itu Google, Yahoo!, Bing, maupun Duckduckgo. Google menguasai lebih dari 90% pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia. Jadi ketika membicarakan cara kerja SEO, algoritma Google menjadi patokannya. 

Google selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan solutif untuk penggunanya. Dari 2011 sampai saat ini, setidaknya sudah ada delapan major update untuk algoritma Google. Jadi Anda harus selalu update tentang algoritma Google. Sebab langkah optimasi yang berdasarkan algoritma lama Google tidak akan memberikan efek apa pun. Misalnya, salah satu taktik lama yang digunakan adalah keyword stuffing. 

SEO mengoptimasi website sehingga orang-orang bisa menemukannya dengan menggunakan kata kunci tertentu. Berikut sejumlah manfaat yang ditawarkan metode optimasi ini:

  • Memberikan informasi yang relevan.
  • Menjadikan mesin pencari sebagai sumber yang andal.
  • Mendatangkan lebih banyak trafik organik.

Meskipun hasil pencarian bisa muncul saat itu juga, proses yang terjadi di dalam mesin pencari tidak sesederhana yang dibayangkan. Bahkan mesin pencari bekerja sebelum Anda mengetikkan apa pun di kolom pencarian dan menekan tombol Enter. Ada lima tugas utama dalam cara kerja mesin pencari untuk setiap permintaan atau pencarian yang dikirimkan:

  • Crawling atau perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Proses ini terjadi di tahap awal. Crawling akan mengumpulkan informasi dari seluruh website – dari satu halaman ke halaman lain, dari satu link ke link lainnya. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau googlebot dalam mesin pencarian google.
  • Indexing. Setelah mengumpulkan informasi, web crawler akan menyimpannya di entry list: index. Indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diamankan dan disimpan kedalam database mesin pencari.
  • Prosessing. Ketika mesin pencari menerima request dari user dengan mengetikkan kata kunci, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan kata kunci kedalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.
  • Calculating Relevancy. Mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.
  • Retrieving Result/Ranking. Langkah terakhir adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang di proses sebelumnya lal menampilkan ke dalam daftra hasil mesin pencarian yang ada di browser. Hasil peringkat akan ditampilkan secara berurutan, berdasarkan pada pencarian yang paling sesuai.

8 Indikator Utama SEO

Indikator utama SEO selalu berubah secara berkala. Perubahan indikator ini bergantung pada algoritma Google. Jika Google memperbarui algoritmanya, indikator SEO pun berubah. 

1.      Struktur URL

Struktur URL yang sederhana memudahkan mesin pencari untuk mengenali website Anda dan topik utama yang Anda bahas. Sebaiknya buat struktur URL yang sederhana, cukup mengandung nama domain dan judul artikel.

2.      Penggunaan SSL/TLS

Sejak 2014, Google mulai mengutamakan website-website yang menggunakan SSL/TLS. Sebab website dengan SLL/TLS mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website tersebut. Jadi keamanan data pengguna lebih aman. Selain itu, Google Chrome telah menandai website tanpa SSL/TLS sebagai not secure. Jika domain website Anda belum menggunakan SSL/TLS, sekarang adalah saat yang tepat untuk mengaktifkannya. 

Cara mengetahui apakah website Anda sudah memakai SSL/TLS atau belum adalah melihat alamat website di browser. Jika masih diawali dengan HTTP, artinya website Anda belum menggunakan SSL/TLS. Website yang sudah mengaktifkan SSL/TLS, alamat websitenya diawali dengan HTTPS.

3.      Topik Konten

Anda harus memiliki beberapa topik utama yang saling berhubungan untuk membangun struktur website yang baik. Setelah menentukan beberapa topik utama, Anda perlu membuat konten mengenai topik-topik tersebut. Misalnya, Anda punya blog traveling. Setidaknya ada beberapa topik utama seperti jalan-jalan, kuliner, dan penginapan. Ketiga topik tersebut saling berkaitan dengan topik utama blog, yaitu traveling.

Semakin banyak konten yang membahas topik yang saling berkaitan, semakin besar kemungkinan website Anda untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian topik tersebut. Sebab website dengan konten yang topiknya saling berkaitan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari. 

4.      Search Intent

Satu kata kunci bisa dimaksudkan untuk dua hal yang berbeda atau lebih. Search intent atau maksud pencarian adalah apa yang diinginkan oleh kebanyakan pencari terhadap satu kata kunci tertentu. Misalnya, ketika memasukkan kata kunci “bola” di Google, hasil pencarian teratasnya akan menampilkan berbagai portal berita bola seperti ini: Kenapa website yang membahas pengertian bola, jenis bola, macam-macam bola tidak bisa menang di kata kunci ini? Sebab mayoritas pengguna yang mencari kata kunci “bola” bermaksud untuk mencari berita bola, bukan pengertian bola dan jenis-jenisnya. Jadi Google mengutamakan konten yang sesuai dengan search intent kebanyakan pengguna.

5.      Struktur Konten

Mudahkan pembaca dalam menemukan jawabannya di konten Anda dengan struktur yang jelas dan rapi. Caranya dengan menggunakan heading dan subheading untuk poin-poin paling penting dalam konten. Anda juga bisa menambahkan foto, gambar ilustrasi, infografik, atau bahkan video untuk membantu pembaca memahami konten Anda. 

6.      Meta Tags

Meta tags terdiri dari title tag dan meta description. Fungsinya adalah membantu Google untuk memahami keseluruhan konten di sebuah halaman website. Pertama, title tag adalah judul artikel Anda yang muncul di hasil pencarian. Judul artikel tidak bisa terlalu panjang karena Google akan memotongnya sesuai standar yang berlaku. Kedua, meta description adalah teks yang merangkum konten Anda di hasil pencarian. Teks ini terletak tepat di bawah judul dan URL artikel. Meta description biasanya terdiri dari 120 sampai 130 karakter. 

7.      Backlink

Backlink masih menjadi salah satu faktor utama SEO. Semakin banyak backlink ke website Anda, Google akan menganggap website Anda memiliki kredibilitas tinggi. Namun, backlink tersebut juga harus berasal dari website atau blog berkualitas.

8.      Kecepatan Website

Kecepatan loading website memegang peranan penting dalam SEO Anda. Sejak 2018, Google menetapkan kecepatan loading website (di desktop dan perangkat mobile) sebagai salah satu indikator utama SEO. Semakin cepat loading website, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan ranking lebih tinggi di hasil pencarian Google

 

Kenapa SEO itu Penting? Apa Manfaat SEO?

digital composite of business graphics with office background

Sudah menjadi kewajiban untuk menerapkan teknik SEO pada website. Jika bicara mengenai manfaat SEO akan sangat banyak. Pada dasarnya SEO memberikan dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Dampaknya tergantung dari tujuan website itu sendiri, contohnya website affiliate ditambah dengan teknik SEO maka akan meningkatkan penjualan produk affiliate. Ada pula website jualan online dipadukan dengan SEO maka pengunjung meningkat, sama dengan penjualan akan semakin meningkat, dan konsumen akan terus kembali ke website Anda.  

1.      Traffic Banyak di Hasilkan dari Konten di Halaman Pertama

Jika konten yang dibuat hanya muncul di halaman dua, tiga atau bahkan lebih dari itu maka peluang untuk mendapatkan banyak traffic dari hasil pencarian akan semakin kecil. Maka konten anda harus masuk di halaman satu Google agar bisa mendapatkan traffic organik yang banyak.

2.      Membangun Brand Anda

Kebanyakan orang selalu melakukan riset secara online sebelum melakukan pembelian. Hal ini menuntut para pemilik bisnis untuk memiliki brand yang baik supaya bisa selalu di temukan di internet. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas brand anda adalah dengan menerapkan teknik SEO pada website. Semakin banyak website anda muncul di hasil pencarian, maka akan semakin banyak pula orang yang mengenal website dan brand anda.

3.      Website Anda Lebih Mudah di Temukan Pada Mesin Pencari

Website menjadi ramai dengan pengunjung tertarget kata kunci yang tepat sasaran. Dan pelanggan terus berdatangan ke website Anda karena kata kunci website sesuai dengan target pencarian. Anda dapat menjangkau audience lebih luas dengan menerapkan teknik SEO pada setiap kata kunci yang anda targetkan. Tentu saja kata kunci yang di targetkan harus sesuai dengan topik dari website anda.

4.      Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Website yang berada di halaman pertama google dengan keyword tertentu akan membuat pelanggan lebih percaya terhadap website atau brand anda dibandingkan website yang tidak dapat ditemukan di mesin pencari.

5.      Mendapatkan Leads hingga Meningkatkan Penjualan

Website yang ada di halaman pertama dengan keyword yang sudah ditargetkan dapat menghasilkan leads hingga meningkatkan penjualan. Pada dasarnya customer mengetikkan suatu keyword di pencarian google karena mereka ingin mencari tau atau membutuhkan suatu jawaban atau solusi dari masalah mereka. Oleh karena itu dengan website yang dapat mudah ditemukan di halaman pertama google (sudah dioptimasi dengan SEM) mendapatkan kemungkinan mendapatkan leads lebih baik dibanding website yang belum dioptimasi dengan SEO. Semakin mudah dicari, semakin besar peluang produk Anda dibeli oleh pasar.

6.      Leads Berkualitas didapat dari SEO

Karena orang yang mencari produk di search engine merupakan orang-orang yang mempunyai interest & kebutuhan, jadi ketika orang yang sedang mencari melalui search engine lalu masuk ke website anda kemungkinan closing rate lebih tinggi dibanding orang yang melihat iklan melalui social media.

Jika anda pebisnis yang menjual produk dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat…

Postingan Terkait

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO

Pengertian SEO Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO

Read More »