Review Online : Pengertian serta Kegunaannya Dalam Membantu Meningkatkan Bisnis Online

Review Online : Pengertian serta Kegunaannya Dalam Membantu Meningkatkan Bisnis Online

Ulasan online sangat berarti untuk bisnis, karena pelanggan semakin mengandalkannya untuk memandu pengambilan keputusan mereka. Ulasan positif bisa menaikkan pemasaran serta membuat kepercayaan untuk brand Kamu, sementara ulasan negatif bisa menakuti calon konsumen serta merusak nama baik brand Kamu. Terlebih apabila Kamu mempunyai bidang usaha e- niaga, perlu untuk memahami betapa pentingnya ulasan online untuk pemasaran.

Memahami Apa Itu Online Review

Statistik membuktikan 79% konsumen mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi pribadi. Google merupakan yang sangat terkenal dalam perihal ulasan online dengan 59% pelanggan menggunakannya untuk membaca ulasan. Lebih dari setengah membaca paling tidak 4 ulasan sebelum membeli suatu produk. 4 ulasan tidak banyak menjadi dasar keputusan, jadi Kamu wajib memanfaatkannya sebaik mungkin. Oleh sebab itu, untuk membantu Kamu supaya lebih menguasai online review, artikel ini hendak membagikan data lebih rinci terkait dengan pengertian serta kegunaan online review dalam membantu meningkatkan bisnis Kamu secara online.

Online Review memainkan peran penting dalam membuat bisnis Kamu di pasar digital. Mereka bisa membantu Kamu mengembangkan brand, menarik prospek baru, mendorong lebih banyak pemasukan, serta mendidik diri sendiri mengenai strategi untuk mengembangkan serta meningkatkan bisnis Kamu. Mereka benar- benar merupakan sumber penting untuk perusahaan Kamu, dan mereka hanya menjadi lebih penting dari hari ke hari.

Sebagian pemilik bisnis tidak memperhatikan ulasan online. Ada tingkat sikap acuh tak acuh tertentu yang mereka rasakan kepada umpan balik dari klien. Untuk mereka, klien bisa menginginkan apapun yang mereka mau mengenai bidang usaha mereka, dan hanya itu. Sedangkan pebisnis lain beranggapan terbuka. Mereka tahu pasti bahwa ulasan online bisa menarik klien baru tetapi menganggapnya sebagai salah satu siasat penjualan yang lain. Sebagian pebisnis yang tidak mau menaruh atensi pada online review sering- kali kekhawatiran memperoleh ulasan minus ataupun bahkan tidak percaya diri dengan produk ataupun pelayanan yang dijual. Lebih buruk lagi adalah banyak owner bidang usaha memandang ulasan online sebagai buang- buang waktu.

Pada faktanya, ulasan dari konsumen bisa mendatangkan pembelian lain dari calon konsumen yang tertarik dengan produk ataupun pelayanan Kamu. Merupakan salah satu kesalahan besar jika Kamu melalaikan elemen penting yaitu ulasan online. Mereka benar- benar bisa membuat ataupun menghancurkan online presence Kamu. Serta di dunia digital yang semakin pesat dan bersaing dikala ini, Kamu tidak bisa mengabaikannya. Ada pula alasan mengapa Kamu wajib mencermati ulasan daring adalah sebagai berikut:

Konsumen melihat review sebelum memutuskan untuk membeli

Ulasan telah menjadi sumber informasi yang utama dan digunakan konsumen untuk memutuskan di mana, apa, serta kapan harus membeli. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Spiegel Research Center dalam kemitraan dengan PowerReviews, 95% konsumen membaca ulasan online sebelum membuat keputusan pembelian produk dan layanan. Faktanya, 30% responden dari survei yang dilakukan oleh PowerReviews melaporkan bahwa mereka membaca ulasan sebelum melakukan pembelian .

Pembelian besar pada pelanggan sangat memperhatikan ulasan

Semakin tinggi harga produk, semakin besar juga pentingnya ulasan pelanggan lain. Ini karena produk mahal seperti gadget, peralatan, dan bahkan mobil didasarkan pada preferensi pribadi. Konsumen lebih menuntut harapan mereka ketika membayar lebih untuk produk atau layanan tertentu. Mereka ingin mencocokkan harapan mereka dengan tingkat kepuasan pelanggan lain yang telah berpengalaman menggunakan suatu brand. Jadi, jika Anda menjual sesuatu dengan harga yang lebih tinggi, Anda harus lebih berhati-hati di sini. Meminta ulasan online dari orang-orang setelah mereka membeli dari Anda dan memiliki waktu untuk menggunakan produk/layanan akan sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda.

Ulasan negatif dapat menjadi hal yang baik

Meskipun ulasan negatif tidak dapat dihindari, tetapi mereka benar-benar dapat menguntungkan Anda. Menurut Reevoo, ulasan negatif dapat meningkatkan pemasukan hingga 85%. Dan lebih dari setengah pelanggan lebih mempercayai bisnis ketika mereka melihat banyaknya ulasan yang baik dan buruk. Ini adalah kabar baik untuk bisnis Anda karena beberapa ulasan buruk tidak akan menggagalkan skor rata-rata Anda selama Anda memiliki aliran ulasan yang kebanyakan positif yang stabil.

Kualitas ulasan yang lebih tinggi, mempengaruhi kredibilitas

Selain peringkat bintang secara keseluruhan, jumlah ulasan online juga merupakan faktor kuat yang dipertimbangkan pelanggan saat mengevaluasi bisnis. Berapa banyak ulasan yang cukup? Salsify mengungkapkan bahwa rata-rata 112 ulasan akan membuat konsumen mempercayai sebuah bisnis. Hal ini menunjukkan bahwa karena konsumen lebih menyukai bisnis dengan volume ulasan positif yang lebih tinggi, pemilik bisnis seperti Anda harus secara aktif dan konsisten mendorong pelanggan untuk membagikan pengalaman mereka tentang bisnis Anda. Semakin banyak ulasan yang dimiliki bisnis Anda, semakin berkembang brand Anda di mata konsumen. Anda dapat meminta ulasan melalui email dan juga saluran media sosial Anda. Facebook, Yelp, dan Google Bisnisku adalah tempat penting untuk mengumpulkan ulasan.

Ulasan membangun reputasi bisnis

Mengembangkan dan mempertahankan reputasi yang baik bukanlah pencapaian dalam semalam. Menurut Penelitian Dimensi Zendesk , 95% pelanggan lebih cenderung berbagi pengalaman buruk mereka dengan rekan kerja. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi Anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang tidak puas dan segera mengatasi situasi tersebut. Terkadang, yang diperlukan hanyalah menawarkan permintaan maaf yang cepat untuk mengubah pelanggan yang tidak bahagia menjadi pelanggan yang setia. Pada akhirnya, reputasi brand yang baik mengarah ke rujukan. Untuk mencapai ini, Anda perlu memperkuat suara pelanggan dan membangun budaya dimana ulasan dianggap berharga dimata mereka. Referensi

Postingan Terkait