Mengenal Lebih Jauh Facebook Ads dan Manfaatnya!
Apa Itu Facebook Ads?
Facebook ads merupakan media beriklan yang ditujukan kepada pengguna facebook sebagai audiens nya. Jumlah pengguna aktif facebook semakin meningkat dari tahun ke tahun dan juga memiliki berbagai kelebihan sebagai platform iklan yang digunakan untuk berbisnis. Adapun kelebihan dari Facebook Ads, adalah sebagai berikut:
Facebook ads merupakan media beriklan yang ditujukan kepada pengguna facebook sebagai audiens nya. Jumlah pengguna aktif facebook semakin meningkat dari tahun ke tahun dan juga memiliki berbagai kelebihan sebagai platform iklan yang digunakan untuk berbisnis. Adapun kelebihan dari Facebook Ads, adalah sebagai berikut:
Kelebihan Facebook Ads
Sebelum masuk pada manfaat Facebook Ads, akan kami jelaskan lebih dulu sedikit mengenai kelebihan dari penggunaan Facebook Ads, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Pengguna Aktif
Pengguna Facebook tidak hanya banyak, tetapi juga aktif. Facebook adalah media sosial paling aktif kedua di Indonesia setelah YouTube. Orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 3 jam 23 menit perhari di media sosial buatan Mark Zuckerberg ini.
2. Demografi Beragam
Selain memiliki pengguna berlimpah yang aktif, demografi pengguna Facebook juga beragam, 56 persen pengguna Facebook adalah laki-laki dan 44 persen sisanya adalah perempuan. Dilihat dari kelompok usia, Facebook juga menawarkan target audience bermacam-macam.
3. Target Spesifik
Dari sekian banyaknya pengguna aktif dengan demografi yang beragam, Anda bisa menentukan target iklan Anda sespesifik mungkin. Anda bisa mempersempit target iklan berdasarkan lokasi, usia, hingga minat dan hobi.
4. Jangkauan Organik Facebook Tidak Cukup
Mungkin Anda sudah memiliki fanpage bisnis di Facebook dengan jumlah follower ribuan sampai puluhan ribu. Namun kini, Facebook menerapkan sistem timeline non linear yang seringkali menyebabkan follower terlambat/bahkan tidak melihat promo dan penawaran yang diposting di fanpage. Solusinya bisa dengan memanfaatkan Facebook Ads, yang tidak hanya memungkinkan untuk menjangkau follower, tapi juga mendapatkan follower baru.
5. Remarketing
Sama dengan Google Ads, Facebook Ads juga menawarkan fitur remarketing. Dengan adanya fitur ini, target audience tidak hanya melihat iklan di Facebook, tetapi juga di website dan aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook. Maka bisa mempertahankan buying intent target audience melalui iklan yang tersebar di Facebook, website dan aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook.
6. Efektif untuk Berbagai Tujuan Marketing
Facebook Ads menyediakan berbagai pilihan tujuan marketing, dari mendapatkan trafik, mengumpulkan leads, download aplikasi, hingga melakukan pembelian. Dan dapat memilih salah satu dari pilihan tujuan marketing yang paling sesuai dengan bisnis.
7. Biaya Facebook Ads yang Murah
Dibandingkan dengan iklan lainnya, Facebook Ads bisa dibilang memiliki biaya iklan yang murah. Facebook Ads juga memiliki fitur pengoptimalan anggaran iklan yang memaksimalkan jangkauan iklan namun dengan biaya yang terjangkau. Jika sudah mahir memilih audiens iklan, Facebook akan memberikan harga iklan yang sangat murah.
Apakah kamu tertarik beriklan di Facebook Ads? Atau kamu masuh ragu? EZY.CO.ID sebagai sebuah agensi digital marketing akan membantu kamu memperoleh berbagai keuntungan ketika beriklan di Facebook Ads.
Manfaat Facebook Ads untuk Bisnis Anda
Adapun manfaat dari Penggunaan Facebook Ads dalam berbisnis. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan :
a. Penargetan yang Efektif
Facebook menawarkan sejumlah besar opsi penargetan, dan penargetan ulang agar bisa menayangkan iklan kepada target audience yang telah didefinisikan secara mendetail (sesuai dengan demografi, lokasi, perilaku, dalam golongan audience yang mirip, dan detail lainnya). Facebook memudahkan dalam menangani kampanye iklan di berbagai media sosial, dengan fitur yang sebenarnya sangat mudah digunakan. Karena sudah dibuat untuk memandu menyiapkan kampanye iklan. Dengan beberapa klik saja, sudah bisa menjalankan berbagai iklan di Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger baik pada layar ponsel maupun desktop, tinggal megatur preferensi Anda sendiri sesuai dengan kepentingan bisnis.
Maksudnya adalah iklan yang dibuat di facebook ads bisa disesuaikan dengan target bisnis. Karena di facebook dengan mudah untuk mengetahui data customer, seperti hobi, usia bahkan jenis kelamin. Dengan begitu kamu dapat memperoleh target pasar yang lebih jelas, tentunya hal ini akan berpotensial untuk mendapatkan customer yang tepat. Dan juga dapat memasukkan piksel tracking ke dalam page di website agar bisa menargetkan pelanggan ideal dengan produk apa saja yang paling diminati.
b. Mendapatkan Keuntungan yang Tidak Terbatas
Mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan menjangkau pasar tak terbatas merupakan impian semua pebisnis. Dengan facebook ads kamu dapat mencapai semua itu, karena iklan dapat dijumpai oleh berbagai kalangan. Sehingga dengan jangkauan luas yang didapatkan, sangat memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dan memiliki peluang yang begitu besar.
c. Jangkauan Target yang Luas
Traffic seluler saat ini menjadi sangat penting karena penetrasi smartphone terus meningkat dan berkembang. Banyak orang melirik smartphone dan mengakses media sosial bahkan di tengah-tengah pekerjaan penting mereka. Dengan hadirnya Facebook Ads, bisa mendapatkan akses ke audience seluler dan pesan iklan yang dipasang pasti sampai di layar mereka. Pengguna Facebook kini sudah mencapai lebih dari 1,74 miliar. Hampir seluruh penggunanya mengakses aplikasi seluler mereka di smartphone setiap hari, dan angka penggunaannya terus berkembang. Jadi, Facebook Ads layak dicoba.
Facebook menawarkan target dalam angka yang bisa dikatakan besar bagi bisnis. Sehingga bisa menampilkan iklan kepada khalayak yang telah ditargetkan. Target ini bisa berdasarkan penargetan geografis, rentang usia, minat, jenis kelamin dan banyak lagi yang tersedia.
Alat editor daya Facebook memudahkan untuk melakukan promosi iklan media sosial. Dilengkapi dengan fitur user-friendly, maka akan membantu untuk menyiapkan promosi iklan. Anda juga bisa menyisipkan fitur pelacakan ke halaman akun, untuk menargetkan pelanggan. Anda bisa mengetahui produk apa yang membuat masyarakat tertarik. Anda bisa mempromosikan bisnis secara leluasa. Tanpa terbatas jarak apapun, sejauh manapun bisa promosi brand Anda dan tidak terbatas oleh waktu. Semua menjadi lebih fleksibel dengan menggunakan Facebook Ads.
d. Analisa Lanjutan untuk Penargetan Berikutnya
Facebook juga tidak berfokus hanya pada analitik dan pelaporan untuk iklan yang dikerjakannya. Daripada berjuang untuk melihat seberapa tinggi tingkat konversi dan bagaimana metrik sosial yang lainnya, dengan Facebook Ads bisa mengatur perencanaan iklan dengan jelas di depan Anda dengan langkah yang lebih mudah dimengerti.
Saat mengelola halaman Facebook, Anda bisa mengakses data ini lewat tab “wawasan” di mana pihak Facebook akan memberikan metrik seperti jangkauan mingguan, page yang disukai, keterlibatan pos, pos yang berkinerja terbaik dan juga bisa mengukur page dengan metrik persaingan untuk melihat bagaimana kecocokkan penargetan. Visibilitas data ini benar- benar dapat membantu dalam menyesuaikan kampanye iklan sesuai dengan kebutuhan, dibandingkan hanya mencari tahu apakah itu efektif ataukah tidak setelah muncul beberapa fakta.
e. Meningkatkan Brand Awarness
Pengguna Facebook memeriksa news feed, sejumlah beberapa kali per hari. Inilah yang memberi kesempatan agar target pasar bisa berulang kali menerima paparan atau exposure akan iklan yang sudah dipasang. Bahkan jika target pasar itu tidak mengklik di awal, jika iklan terlihat secara lanjutan, iklan bisa berpotensi membantu Anda dalam membangun kepercayaan. Jika kepercayaan pasar sudah terbangun, Anda juga bisa menciptakan peluang untuk penargetan ulang di waktu yang akan datang.
Pengguna media sosial di Indonesia terutama jejaring sosial facebook sangatlah banyak, akan ditemui pengguna dari seluruh dunia. Jejaring sosial ini tidak terbatas wilayah, sehingga antar pengguna dapat berjumpa dalam media sosial online ini. Dengan demikian branding bisnis juga akan meningkat dengan mudah, baik dari segi produk, jasa, komunitas dan hal lainnya. Setelah mendapatkan branding, tentu akan lebih mudah untuk mencapai tujuan lainnya dan bisnis juga akan lebih berkembang. Maka beriklan di facebook ads menjadi solusi terbaik untuk media iklan bisnis kamu.
f. Meningkatkan CTR (Click Through Rate)
Kualitas dan keakuratan hasil dari iklan Facebook juga semakin meningkat. Karena Facebook meningkatkan tool periklanan dan bisnisnya secara terus-menerus sehingga dapat dikatakan konsisten dalam mempelajari berbagai hal terkait penggunaan Facebook Ads ini dengan tepat. Dengan peningkatan konstan pada penargetan serta hasil akhir yang kreatif, Anda bisa menghubungi audience yang tepat yang ingin dijangkau. Audience juga dapat memiliki kebebasan untuk jadi kreatif dengan beberapa jenis iklan yang bisa Anda pilih dan tampilkan kepada calon customer atau pelanggan.
g. Menggunakan Gambar atau Vidio
Salah satu dari sekian banyak cara kreatif yang dapat kamu gunakan dalam melakukan periklanan di media sosial yaitu dengan menggunakan gambar ataupun video. Kebanyakan customer lebih senang melihat gambar ataupun video dibanding membaca tulisan, facebook sendiri lebih mengutamakan gambar ataupun video. Dengan adanya tampilan gambar ataupun video yang d gunakan ketika beriklan, maka calon customer akan tertarik dengan iklan kamu.
h. Bisa Menganalisis Keadaan
Ketika mengelola fanpage Facebook, maka Anda bisa melihat aktivitas-aktivitas yang ada di beranda. Kemudian bisa menyesuaikan promosi sesuai yang diperlukan. Anda bisa menganalisis karakter orang yang akan menjadi target promosi bisnis. Meskipun Anda tidak menganalisisnya langsung, kecanggihan Facebook sudah jauh lebih bisa menganalisinya.
Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami, silahkan berkonsultasi dengan kami disini.
semoga bermanfaat, salam sukses untuk kita semua.. sekian dan terimakasih.. ?