Layanan SEO menjadi pilihan bagi sebagian orang yang ingin websitenya lebih mudah muncul di Google. Salah satu alasannya, menggunakan jasa SEO dinilai lebih praktis karena tidak perlu repot dengan optimasi sendiri.
Apakah itu benar? Sebenarnya, apa itu layanan SEO? Dan, apakah Anda benar-benar membutuhkannya?
Apa itu Layanan SEO?
Layanan SEO adalah layanan yang menawarkan optimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari Google.
Layanan ini muncul karena persaingan antar website untuk bisa masuk ke halaman pencarian semakin besar. Faktanya, jumlah website semakin banyak, namun tidak semua pemilik website memahami cara optimasi SEO.
Selain itu, optimasi SEO juga merupakan serangkaian proses yang kompleks. Jika Anda salah menerapkannya, bahkan bisa membuat website tidak bisa ditemukan di hasil pencarian. Itupun ditambah dengan fakta bahwa algoritma Google selalu berubah-ubah.
Nah, untuk itulah pangsa pasar jasa SEO semakin luas. Bahkan, nilai pasar agensi atau layanan SEO secara global terus meningkat dan diperkirakan mencapai USD 40,92 miliar pada tahun 2021!
Namun, apakah Anda benar-benar membutuhkan jasa SEO? Apa saja layanan yang ditawarkan oleh layanan SEO?
Layanan apa yang biasanya ditawarkan oleh layanan SEO?
Nah, berikut ini beberapa layanan yang biasanya ditawarkan oleh agen jasa SEO:
1. SEO Pada Halaman
SEO on page adalah upaya optimasi SEO yang dilakukan pada konten yang dipublikasikan. Jenis optimasi inilah yang ditawarkan sebagian besar layanan SEO.
Jadi, penyedia jasa SEO biasanya akan lebih fokus pada faktor-faktor yang ada pada website, seperti riset kata kunci, strategi link internal dan eksternal, image SEO, dan lain-lain.
Namun, setiap layanan SEO menawarkan layanan optimasi SEO On Page yang berbeda, tergantung pada paket yang mereka sediakan. Misalnya pada optimasi kata kunci.
Umumnya, layanan SEO membatasi optimasi pada beberapa kata kunci utama dan hanya kata kunci turunan. Jadi Anda harus mengetahui kata kunci target utama Anda terlebih dahulu, layanan SEO kemudian akan membantu menganalisis kata kunci tersebut.
Dalam paket optimasi On Page, layanan SEO juga sering menawarkan layanan pembuatan konten. Jadi, mereka akan membuat artikel yang dioptimalkan SEO untuk diposting di blog Anda. Tentunya artikel tersebut diharapkan mendapatkan posisi terbaik dalam hasil pencarian.
Namun, tidak jarang layanan penulisan konten menjadi paket layanan SEO khusus, di luar paket On Page.
2. SEO di Luar Halaman
SEO on page adalah upaya optimasi yang dilakukan di luar website. Berbeda dengan On Page, optimasi SEO Off Page lebih pada upaya-upaya seperti:
- Menjalankan pembuatan tautan
- Meningkatkan EAT (Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness)
- Memperhatikan SEO Lokal
- Tingkatkan keterlibatan di media sosial
- Manfaatkan forum online
Namun, biasanya layanan SEO lebih banyak melakukan optimasi SEO Off Page dengan fokus pada jumlah backlink, serta peningkatan domain authority dan page authority.
Pasalnya, website Anda sudah berhasil mendapatkan backlink, link dari website lain, peluang untuk rangking di Google lebih terbuka.
Mengapa demikian? Website yang mendapatkan link dari pihak lain dianggap dapat dipercaya atas informasi yang diberikan. Jadi, Google akan memberikan nilai lebih untuk jenis website ini.
Padahal, peran link sangat penting jika topik website Anda adalah kesehatan, keuangan dan jurnalistik. Semakin banyak tautan yang relevan dengan topik, semakin kredibel situs web Anda
Dengan kebutuhan itu, Anda dapat memanfaatkan layanan SEO untuk membantu situs web Anda mematuhi EAT (Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness). Jika itu masalahnya, Google yakin Anda ahli di bidang itu dan bisa mendapatkan peringkat teratas.
3. SEO Teknis
Technical SEO adalah optimasi pada sisi teknis website agar sesuai dengan algoritma Google. Karena sifatnya yang teknis, optimasi ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.
Contoh teknis SEO adalah membaca kinerja website melalui Google Analytics, meningkatkan kecepatan website, membuat peta situs, dan lain-lain.
Beberapa layanan SEO memiliki paket layanan yang akan membantu Anda memastikan situs web Anda mematuhi aturan teknis SEO yang baik. Biasanya ada berbagai macam tools yang digunakan untuk mendapatkan analisa teknikal dari sebuah website.
4. SEO Lokal
SEO lokal adalah metode menampilkan bisnis dalam pencarian lokal. Jadi, calon pelanggan terdekat dapat menemukan bisnis Anda.
Sekitar 46% pengguna Google, melakukan pencarian lokal untuk menemukan toko terdekat dengan lokasi mereka. Semua pebisnis ingin bisnisnya ditemukan oleh calon pelanggan.
Inilah yang mendorong layanan SEO untuk menawarkan layanan SEO Lokal khusus.
Biasanya, layanan SEO akan mengoptimalkan lokasi bisnis Anda, profil Google Bisnisku, dan informasi bisnis (kutipan NAP). Nantinya, semua itu akan dioptimalkan dengan kata kunci yang paling relevan dan ditautkan ke website bisnis Anda.
5. Tautan Balik
Bukankah backlink bagian dari SEO Off Page? Benar, tetapi banyak layanan SEO menawarkan layanan optimasi backlink secara terpisah. Sebab, mendapatkan link terbaik dari niche yang sesuai dengan website Anda tidaklah mudah.
Secara umum, layanan SEO menawarkan sejumlah backlink tertentu dengan harga tertentu. Ini dapat dinilai dari jumlah yang diperoleh atau tingkat Otoritas Domain yang dimiliki.
Jika Anda menggunakan layanan SEO, backlink berkualitas seperti apa yang perlu Anda dapatkan? Berikut beberapa kriterianya:
Relevan dengan topik situs web Anda
Memiliki otoritas domain atau otoritas halaman yang baik
Memiliki lalu lintas situs web yang bagus
Situs web yang kredibel dengan konten yang bagus dan diperbarui
Memiliki rekam jejak tautan keluar yang baik, tidak banyak spam
diindeks oleh Google
Nah, karena memilih backlink yang bagus dan mendapatkannya tidaklah mudah, menggunakan jasa SEO bisa menjadi strategi yang bisa Anda gunakan.
6. SEO Suara
Saat ini, hampir 40% pencarian di Google dilakukan dengan suara. Jadi, optimasi SEO untuk pencarian suara tentu sangat diperlukan.
Tak heran, saat ini layanan SEO juga kerap menawarkan layanan voice SEO. Jika bisnis Anda ingin lebih cepat ditemukan di pencarian suara, terutama dari pengguna perangkat seluler, menggunakan layanan SEO bisa menjadi pilihan.
Juga, jika pengoptimalan dilakukan dengan baik, situs web Anda juga memiliki kemungkinan untuk mendapatkan cuplikan unggulan, atau berada di peringkat teratas Google.
Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan kata kunci ekor panjang untuk pencarian yang lebih spesifik sesuai dengan kebiasaan pengguna saat menggunakan Google Voice Search.
7. Penulisan Konten
Konten yang baik dapat membantu situs web Anda berada di peringkat teratas pencarian Google.
Semakin banyak artikel dengan kualitas bagus, semakin besar kemungkinan website Anda ditemukan orang. Dan tentunya hal ini akan mempengaruhi bisnis yang Anda jalankan karena semakin dikenal.
Namun, membuat artikel yang berkualitas dan SEO friendly tidaklah mudah. Itu sebabnya menggunakan layanan SEO dapat membantu Anda mendapatkan artikel terbaik dengan cara yang praktis.
Jasa SEO sudah memahami seluk beluk artikel SEO friendly, sehingga sering menawarkan jasa penulisan konten khusus.
Nantinya, artikel Anda akan dioptimalkan dengan kata kunci terbaik untuk bisnis Anda.
Apa yang Dapat Anda Dapatkan dari Layanan SEO?
Dengan semua layanan yang diberikan oleh Jasa SEO, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Apa pun?
1. Lebih Banyak Trafic
Layanan SEO dapat membantu Anda mengoptimalkan kata kunci sesuai dengan bisnis Anda. Jika website Anda berhasil menduduki peringkat teratas di search engine, tentunya akan banyak pengunjung yang datang.
Oleh karena itu, penting untuk memilih paket layanan SEO yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Jika Anda masih pemula, Anda dapat meminta layanan SEO untuk melakukan semua optimasi yang diperlukan. Namun, Anda juga bisa menanyakan sejumlah kata kunci tertentu yang paling relevan dengan bisnis yang Anda jalankan.
2. Kesadaran Merek Meningkat
Jika optimasi SEO berhasil, situs web Anda tidak hanya akan mendapatkan lalu lintas tetapi juga kesadaran. Mengapa demikian?
Jika setiap kata kunci pada suatu topik dicari oleh pengguna dan yang muncul adalah bisnis Anda, maka brand awareness bisnis tersebut akan meningkat. Sebab, semakin banyak orang yang mengetahui bisnis yang Anda jalankan dan produk yang Anda jual.
Meskipun ini mungkin tidak selalu mengundang mereka untuk membeli produk, strategi ini dapat bermanfaat untuk tujuan jangka panjang.
3. Kredibilitas yang Lebih Baik
Sebuah website akan dianggap kredibel jika mampu menunjukkan keahlian dalam niche tertentu. Dalam dunia SEO, hal ini erat kaitannya dengan EAT.
Nyatanya, meningkatkan kredibilitas sebuah website di mesin pencari bukanlah hal yang mudah. Sebab, selain upaya optimasi harus tepat, Anda juga harus selalu update dengan algoritma terbaru.
Nah, jasa SEO menawarkan solusi dari upaya meningkatkan kredibilitas website secara praktis. Dengan berbagai upaya yang dilakukan, Anda akan dianggap sebagai ahli di bidang tersebut, memiliki otoritas dan informasi website yang dapat diandalkan.
4. Menambahkan Prospek
Leads adalah orang yang berpotensi membeli produk Anda karena sudah memiliki minat dan bersedia meninggalkan informasi kontak.
Dengan lead, Anda dapat mempromosikan produk secara langsung kepada calon pelanggan untuk melakukan pembelian sesuai dengan produk yang mereka inginkan.
Nah, karena jasa SEO mengoptimasi kata kunci utama, maka besar kemungkinan website Anda akan ditemukan oleh calon pelanggan yang cocok dengan produk atau jasa Anda. Mereka adalah pengunjung berkualitas ke situs web Anda.
Karena upaya SEO yang tepat sasaran dan konten yang ditampilkan bermanfaat, tidak jarang pengunjung website rela meninggalkan identitasnya untuk mendapatkan informasi atau promosi produk terbaru.
Salah satu upaya untuk meningkatkan lead adalah dengan adanya langganan newsletter bagi setiap pengunjung yang mengisi data pribadinya.
5. Penjualan Meningkat
Ketika jasa SEO berhasil membantu Anda mengoptimalkan kata kunci yang cocok dengan produk Anda, kemungkinan penjualan produk bisa meningkat. Mengapa demikian?
Katakanlah Anda menjual jaket berkualitas dengan harga murah di wilayah Bandung. Jadi, dengan optimasi SEO yang baik, ketika orang mencari “jaket murah bandung”, bisnis Anda akan muncul di hasil pencarian.
Nah, umumnya, jika pencarian pengguna khusus untuk produk, tujuannya adalah pembelian.
Semakin banyak kata kunci yang dioptimalkan sesuai dengan niche bisnis Anda, semakin besar tingkat penjualan yang bisa Anda dapatkan.
6. Optimasi SEO yang Tepat
Sebuah jasa SEO tentunya sudah berpengalaman dalam upaya optimasi website di mesin pencari. Baik dari upaya yang lebih efektif, maupun dari strategi yang selalu up to date.
Keterampilan ini akan memakan waktu, sedangkan hasil yang Anda inginkan tentu lebih cepat.
Nah, dengan bantuan jasa SEO yang tepat, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih akurat sesuai kebutuhan. Selain itu, sebagian besar layanan SEO juga akan memberikan laporan tentang kemajuan optimasi yang dilakukan.
Dengan begitu, Anda bisa mengukur tingkat keberhasilan dengan baik.
Apa yang Tidak Didapat dari Layanan SEO?
Meskipun layanan SEO menawarkan banyak opsi pengoptimalan untuk situs web, tidak semuanya dapat dilakukan oleh layanan SEO. Lalu, apa yang tidak akan Anda dapatkan dari mereka?
1. Eksperimen Jenis Konten
Layanan SEO memang menyediakan layanan pembuatan konten, tetapi variasi kontennya terbatas. Sebab, mereka fokus pada kesuksesan untuk menjadi peringkat teratas.
Nah, jika Anda ingin bereksperimen dengan berbagai jenis konten sesuai kebutuhan bisnis, layanan SEO belum tentu bisa melakukannya. Atau, Anda harus merogoh kocek lebih dalam dengan paket khusus.
Misalnya, Anda ingin membuat konten dengan infografis, ebook, wawancara, atau podcast.
Untuk beberapa bisnis, berbagai konten dapat menunjukkan keahlian mereka. Misalnya konten Niagahoster yang bervariasi, mulai dari tutorial, wawasan bisnis, hingga berita.
2. Riset Kata Kunci yang Lebih Banyak dan Spesifik
Salah satu batasan utama layanan SEO adalah jumlah optimasi kata kunci di setiap paket yang ditawarkan.
Umumnya, dalam satu paket layanan reguler, Anda dapat mengoptimalkan hingga 10 kata kunci saja. Jika ingin lebih, Anda harus menggunakan paket khusus yang tentunya cukup mahal.
Jadi, bagaimana jika kebutuhan Anda adalah pengoptimalan situs web dengan banyak kata kunci pada waktu tertentu?
Belum lagi jika penggunaannya untuk beberapa halaman utama website seperti homepage, landing page, halaman produk dan blog. Dan optimasi harus dilakukan pada semua halaman situs Anda. Bisakah Anda bayangkan berapa banyak kata kunci potensial yang perlu Anda optimalkan?
Artinya, untuk kebutuhan optimasi khusus untuk kata kunci, layanan SEO tidak dapat menyediakannya kecuali dengan biaya yang lebih tinggi.
3. Pengoptimalan Situs Web Ramah Seluler
Menurut Statista, 54,8% lalu lintas situs web dihasilkan dari akses seluler. Artinya, Anda juga harus melakukan optimasi agar website nyaman diakses dari perangkat mobile.
Triknya juga meliputi pemilihan tema yang responsive, pemilihan font yang tepat, penggunaan AMP, dan masih banyak cara lain untuk membuat website yang mobile friendly.
Dan ini tidak bisa dilakukan oleh jasa SEO, padahal website yang mudah diakses dari perangkat apapun sangat membantu ranking di Google.
4. Audit Situs Web Kapan Saja
Umumnya, jasa SEO juga memiliki jasa audit website dalam upaya optimasi SEO. Namun, langkah audit biasanya merupakan bagian dari paket SEO dengan kuota terbatas dan waktu yang telah ditentukan.
Bahkan, seringkali audit situs web harus dilakukan dengan cepat sebelum dampaknya semakin parah. Misalnya jika ada link yang rusak atau error 404, website menjadi lambat, Anda harus menunggu waktu yang ditentukan.
Hal ini tentu tidak akan terjadi jika Anda mampu melakukan audit website sederhana pada website, bukan?
5. Investasi Jangka Panjang
Saat menggunakan layanan SEO, Anda pasti mendapatkan hasil instan. Dalam jangka pendek, Anda bisa langsung merasakan manfaatnya.
Namun, dalam jangka panjang, Anda akan sangat bergantung pada layanan SEO tersebut. Bagaimana jika Anda tidak memiliki anggaran khusus untuk optimasi SEO saat bisnis Anda membutuhkannya?
Apalagi biaya membayar jasa SEO tentunya akan lebih bermanfaat untuk usaha pengembangan bisnis lainnya, atau untuk periklanan.
Tidak hanya itu, Anda juga tidak akan tahu langkah SEO apa yang harus dilakukan. Sebab, segala upaya telah diatasi oleh layanan SEO. Padahal, dengan SEO yang tepat, Anda bisa meningkatkan penjualan untuk produk yang lebih baik.
Jika Anda bisa belajar SEO sendiri, lama kelamaan Anda akan semakin paham tentang cara optimasi SEO sesuai kebutuhan website Anda.
Faktanya, sekarang belajar SEO lebih mudah dan ada banyak tools SEO gratis yang bisa Anda gunakan. Meski fiturnya terbatas, namun tools ini cukup membantu upaya optimasi SEO Anda.
Itulah alasan mengapa layanan SEO lebih cocok untuk upaya optimasi dengan hasil instan, bukan investasi jangka panjang.
Jadi, Ingin Menggunakan Jasa SEO atau Belajar SEO Sendiri?
Bagi sebagian orang, layanan SEO adalah cara ninja untuk menentukan peringkat di Google, tanpa perlu mengutak-atik SEO sendiri. Jadi Anda bisa lebih fokus pada pengembangan bisnis tanpa harus repot mengoptimalkan website Anda sendiri. Praktis, bukan?
Sepintas, menggunakan layanan SEO sepertinya merupakan pilihan terbaik untuk Anda, bukan? Tetapi ada hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan.
Layanan SEO hanya memberikan hasil instan sehingga Anda tidak mengetahui keseluruhan proses optimasi SEO. Saat Anda berhenti berlangganan, situs web Anda mungkin kembali ke keadaan sulit untuk mendapatkan peringkat Google terbaik.
Bagaimana jika bisnis Anda sudah membutuhkan optimasi SEO karena banyak konsumen yang berasal dari Google?
Jawabannya, Anda bisa mulai belajar SEO sendiri. Tidak hanya lebih hemat dan bisa dilakukan kapan saja, sekarang sudah banyak panduan belajar SEO yang dibuat khusus untuk pemula. Belum lagi, ada banyak pilihan alat SEO gratis yang mudah digunakan.
FAQ – Pelajari SEO: Alternatif untuk Layanan SEO
Bagi pemula, sering kali memiliki pertanyaan seputar SEO. Nah, berikut ini beberapa hal penting terkait dengan pembelajaran SEO itu sendiri. Apa pun?
1. Di mana saya bisa belajar SEO sendiri?
Saat ini belajar SEO sangat mudah kok. Mulai dari kursus gratis, pelatihan, webinar, dan lainnya yang bisa Anda ikuti.
Seperti Niagahoster yang menyediakan resource lengkap untuk Anda pelajari secara gratis. Mulai dari kursus, ebook menarik, video konten YouTube, artikel blog terupdate, hingga webinar dan acara Audit Your Site yang rutin diadakan.
2. Bagaimana langkah-langkah belajar SEO?
Untuk mempelajari SEO bisa dimulai dengan memahami konsep dasar dan indikator SEO yang meliputi, penggunaan kata kunci, dan pemahaman maksud.
Selanjutnya, Anda dapat mulai mengoptimalkan situs web Anda secara teknis. Ini penting untuk membuat situs web cepat dan mudah diakses dari berbagai perangkat.
Sama pentingnya, Anda dapat mempelajari cara membuat konten yang baik dan mempromosikannya untuk menarik perhatian pembaca. Bahkan, Anda bisa mempelajari link building agar otoritas website Anda bisa meningkat.
3. Alat SEO apa yang dapat saya gunakan?
Untuk mengoptimalkan SEO, Anda memerlukan bantuan beberapa alat, seperti:
- Riset kata kunci – Pencarian Google, Google Trends, Perencana Kata Kunci Google, Keywordtool.io,
- Pembuat Kata Kunci Gratis Ahrefs, dan banyak lagi.
- Tautan Balik – UberSuggest, SEMrush, Ahrefs, Moz Pro, dan sebagainya.
- Optimasi Konten – Yoast SEO atau Rank Math.
- Analisis kinerja SEO – Google Analytics, Google Search Console, Google PageSpeed Insight, dan lainnya.
Baca juga : Cara Instal Candy CBT di cPanel
Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.
Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂