campaign-kampanye marketing

Faktor Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Analisis Campaign

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai faktor-faktor  penting yang perlu diperhatikan saat melakukan analisis campaign, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai langkah-langkah penerapan strategi pemasaran.

Langkah-Langkah Penerapan Strategi Pemasaran

strategi-pemasaran-campaign
Road photo created by mdjaff – www.freepik.com

a. Segmentasi Pasar, Segmentasi  pasar merupakan tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli-pembeli berdasarkan perbedaan; seperti kebutuhan, karakteristik atau perilaku  yang berbeda mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran yang terpisah.

b. Penetapan Target Pasar, Merupakan proses evaluasi daya tarik dari masing-masing segmen pasar. Pertama, memilih satu atau lebih segmen yang akan dilayani. Kemudian penetapan sasaran pasar yang terdiri dari merancang strategi untuk membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat. Sebuah perusahaan besar mungkin memutuskan untuk menawarkan ragam produk yang lengkap dalam melayani seluruh segmen pasarnya. Namun, juga terdapat beberapa perusahaan yang memasuki pasar baru dengan melayani segmen tunggal, dan jika terbukti berhasil mereka baru menambah segmen,

c. Diferensiasi dan Posisi Pasar, Perusahaan harus memutuskan bagaimana mendiferensiasikan penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut. Posisi produk adalah tempat yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen. Oleh karena itu, Anda harus mengembangkan posisi pasar yang unik untuk produk. Jika sebuah produk dianggap sama persis dengan produk lainnya di pasar, maka konsumen tidak mempunyai alasan untuk membeli nya.

Salah satu strategi yang dilakukan dalam memasarkan sebuah produk melalui media sosial adalah dengan pembuatan campaign (kampanye). Kegiatan campaign dilakukan baik melalui media sosial (secara online) maupun secara langsung (offline) yang sama-sama memiliki tujuan untuk memperkenalkan produk, jasa, maupun layanan dari suatu bisnis. Untuk mengetahui sukses tidaknya suatu campaign, perlu melakukan analisis.

Faktor Penting dalam Analisis Campaign

Penyelenggaraan campaign akan menjadi sia-sia, jika tidak melakukan analisis terhadap campaign yang telah dilakukan. Terdapat beberapa matriks yang harus diperhatikan, tergantung dari jenis kampanye yang dijalankan. Sebuah kampanye bisa dijalankan melalui beberapa platform, seperti email, media sosial, hingga dalam bentuk konten. Masing-masing memiliki analisis yang hampir sama walaupun dibeberapa bagian ada yang berbeda.

Tujuan

Dari sebuah tindakan akan memiliki sebuah tujuan yang harus dicapai. Begitupula saat membuat campaign, harus tahu apa tujuan campaign yang dibuat. Dengan memiliki tujuan yang spesifik, dan melakukan analisis campaign dengan lebih baik. Memahami tujuan campaign menjadi indikator paling penting agar tidak salah target atau goals yang ingin dicapai. Untuk melihat sukses atau tidaknya sebuah campaign, dilihat dari respons yang diberikan target dan tujuan awal. Dapat dilihat dari beberapa matriks berikut ini:

1. Matriks Traffic

a. Email Delivery Rate, adalah istilah untuk menghitung beberapa banyak email yang terkirim. Apakah semua email pasti terkirim? Tentu saja tidak. Karena ada saja beberap a email yang tidak sampai ke penerima dengan berbagai alasan. Bisa jadi, email sudah tak aktif, hingga reputasi sender yang rendah, akibat penyedia layanan internetnya buruk. Matriks ini wajib dipahami bagi Anda yang menggunakan strategi email marketing sebagai sarana promosi.

b. Open Rate, setelah dikirim apakah campaign, email atau link dalam email tersebut dibuka oleh penerima? Tentu banyak faktor seseorang tidak membuka sebuah tautan yang diterimanya. Misalnya, karena subjek kurang menarik, email yang belum tersegmentasi, judul yang kurang menarik, dan lain-lain. Maka perlu mempelajari rahasia email blash banyak pengunjung/banyak klik.

c. Click-Through-Rate (CTR), menjadi salah satu parameter saat seseorang menerima sebuah email atau tautan. Apakah si penerima akan melakukan klik? CTR berbanding lurus dengan email delivery dan open rate. Saat email delivery dan openrate tinggi, maka besar kemungkinan tingkat CTR juga tinggi.

e. Bounce Rate, merupakan persentase pengunjung website dan email yang hanya membaca satu halaman saja dan memilih untuk meninggalkan website dan email Anda. Bounce Rate menjadi matriks yang perlu dikaji dan diperhatikan. Semakin tinggi bounce Rate menjadi tanda bahwa konten kurang menarik. Maka perlu segera memperbaiki kualitas konten demi menurunkan Bounce Rate.

f. Leads, merupakan sebutan untuk konsumen yang memiliki ketertarikan terhadap produk yang ditawarkan. Jika membuat campaign melalui website, dan terdapat leads (chat) yang masuk, ini merupakan tanda jika call to action (CTA) yang dibuat berhasil. Membuat campaign yang menghasilkan leads terbilang tidak mudah. Sedangkan setiap leads yang masuk belum tentu menghasilkan penjualan. Maka harus rajin melakukan follow up kepada calon costumer. Kemudian analisis juga channel mana yang mampu mendatangkan leads.

2. Matriks Conversion

Saat campaign bertujuan untuk meningkatkan penjualan, maka matriks conversion menjadi salah satu matriks yang wajib dianalisis. Tingkat konversi yang tinggi menunjukan telah menargetkan orang yang tepat dalam campaign. Mau tidak mau mereka mengambil tindakan sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan, jika tingkat konversi rendah, maka perlu melakukan evaluasi campaign. Apa penyebab dari masalah yang terjadi, sehingga tingkat konversi campaign yang diselenggarakan sangat rendah

Laba/ROI

ROI-Laba-Keuntungan
ROI with graphs and reports on paper

Apapun campaign yang dilakukan, tujuan akhirnya tentu ingin mendapatkan laba atau ROI (return of investment). Untuk menghitur dan mengukur ROI dibutuhkan analisis campaign yang lebih dalam, mulai dari klik iklan hingga berakhir dengan terjadinya penjualan. Tidak mudah dalam melakukan analisis campaign, namun saat telah mendapatkan data yang cukup dan menemukan winning campaign, maka Anda akan menemukan kenyamanan dalam beriklan seterusnya.

Jika anda pebisnis yang menjual produk dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂

Postingan Terkait