Bagaimana Cara Pasang Iklan di Google

Bagaimana Cara Pasang Iklan di Google?

Lebih dari 90% konsumen internet di Indonesia memakai mesin pencarian Google buat memperoleh data yang mereka butuhkan. Perihal ini dibuktikan dari data Global Stats Counter yang membuktikan kalau, di Google mempunyai pangsa pasar pada mesin pencarian sebesar 96, 84 persen, YANDEX RU sebesar 1, 32 persen, Yahoo sebesar 1, 07 persen, serta Bing sebesar 0, 43 persen, DuckDuckGo sebesar 0, 29 persen, serta Baidu sebesar 0, 02 persen.

Berikut data yang dihasilkan:

 

Sumber: Global Stats Counter

Berdasarkan fakta diatas menyadarkan para pebisnis, bahwa Google dapat menjadi salah satu media iklan yang efektif dan memiliki banyak manfaat untuk bisnis mereka. Google juga menyediakan tools yang bisa digunakan untuk beriklan dan biasa dikenal dengan istilah “Google Ads”.

Melalui Google Ads, kamu bisa menampilkan iklan di hasil pencarian Google menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu, serta menjadi peluang untuk mendapatkan lebih banyak klien.  Karena itu jasa iklan google sangat membantu sekali dalam meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

Nah kira-kira bagaimana cara pasang iklan di Google Ads? Simak penjelasannya di bawah ini, tetapi sebelum memasang iklan di Google, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Oh iya perlu diketahui, untuk menjalankan iklan di Google kamu disarankan sudah memiliki website sendiri. Jika belum kamu bisa mencoba membut website. Kecuali kamu ingin mengarahkan ads kamu ke website lain (Tidak disarankan) seperti contohnya ke halaman profile marketplace, profil Facebook, dan lain-lain.

Perihal yang butuh disiapkan saat sebelum pasang promosi di Google:

1. Pastikan Tujuan Iklan

Tahap awal yang butuh kalian persiapkan buat beriklan lewat Google Ads ialah memastikan satu tujuan yang nyata. Perihal ini amat berarti dicermati sebab kekeliruan yang banyak dicoba oleh para pebisnis ialah mereka tidak memiliki tujuan memasang promosi, serta kesimpulannya berpikiran kalau promosi di Google tidak efisien serta membuang banyak bayaran.

Tujuan promosi ini misalnya buat memperoleh lebih banyak panggilan telepon ke bidang usaha kalian, meningkatkan trafik web, ataupun mendesak orang buat tiba ke gerai( posisi raga) bidang usaha kalian.

2. Pastikan Tempat Buat Beriklan

Google Ads membolehkan kalian buat memilah posisi tempat promosi hendak diperlihatkan, tercantum dalam radius khusus dari gerai kalian ataupun menjangkau totalitas area serta negeri( lokal ataupun garis besar).

Memastikan tempat buat beriklan bermaksud buat memperoleh calon konsumen yang pas supaya promosi kalian mempunyai penampilan yang baik. Misalnya kalian mematok Indonesia selaku tempat beriklan, buat lebih detailnya kalian dapat meningkatkan julukan kota di Indonesia, semacam Jakarta, Pekanbaru, ataupun Bali.

3. Studi Tutur Kunci( Keyword)

Mematok tutur kunci( keyword) yang pas buat promosi kalian jadi salah satu aspek kesuksesan bidang usaha kalian. Kalian wajib melaksanakan studi buat menciptakan tutur kunci yang pas( cocok dengan bidang usaha) kalian, dan tutur kunci yang banyak dipakai oleh audiens.

Buat meriset tutur kunci, terdapat beberapa tools buat studi keyword yang dapat menolong kalian seperti Google Keyword Planner, KWFinder, atau Google Suggest.

Bisa jadi saat ini kalian bimbang, gimana metode memakai 3 tools tersebut? Kalian dapat baca postingan lebih dahulu mengenai 3 metode gampang temui tutur kunci.

Baca juga : bagaimana cara pasang iklan di google ads?

4. Pastikan Perhitungan Bayaran Kamu

Tahap terakhir yang butuh kalian persiapkan saat sebelum membuat promosi lewat Google Ads merupakan menentukan biaya googleads yang hendak kalian keluarkan. Anggaran beriklan di Google Ads amat fleksibel. Silakan didetetapkan bersumber pada besarnya bidang usaha, ketersedian perhitungan, atau keuntungan kalian. Butuh diketahui, terus menjadi banyak budget, terus menjadi banyak kunjungan, serta terus menjadi besar pula kesempatan buat jumlah pemasaran.

Buat memastikan perhitungan bayaran buat bidang usaha kalian lumayan gampang, tinggal tentukan budget yang hendak kalian keluarkan serta durasi tayang promosi. Serta buat perhitungan bayaran setiap hari diterima dari jumlah budget dibagi dengan jumlah durasi tayang promosi. Misalnya memakai bayaran sebesar Rp 3. 000. 000 buat 30 hari promosi, hingga perhitungan bayaran tiap harinya ialah Rp 100. 000.

Sehabis menyiapkan 4 perihal diatas, tahap berikutnya yang butuh kalian jalani ialah untuk promosi di web sah Google Ads.

Cara Pasang Iklan di Google:

1. Buka Google Ads

2. Klik “Mulai Sekarang”

3. Masukkan Tujuan Campaign

Google sediakan sebagian tujuan campaign buat bidang usaha kalian, semacam tingkatkan pemasaran produk, jumlah konsumen, website traffic, product and brand consideration, brand awareness and reach, serta mengiklankan aplikasi.

Misalnya disini aku memilah tujuan promosi buat tingkatkan jumlah trafik web( web traffic).

 

4. Pilih Jenis Tampilan Google Ads dan klik “Continue

Google Ads memiliki 5 jenis tampilan Google Ads yang bisa kamu gunakan, yakni:

  • Search Ads: Jenis iklan yang muncul ketika seorang user melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu.
  • Display Ads: Jenis iklan yang muncul di website tertentu berdasarkan berbagai faktor seperti kata kunci, lokasi geografis, atau minat audiens.
  • Shopping Ads: Jenis iklan yang menyediakan berbagai informasi produk seperti gambar produk, harga, serta nama penjual.
  • Video Ads: Jenis iklan yang berupa video dan biasanya akan muncul ketika kamu membuka sebuah video di Youtube.
  • Universal APP Campaign: Jenis iklan yang digunakan untuk mempromosikan sebuah aplikasi.

Tinggal pilih salah satu jenis tampilan iklan yang sesuai dengan tujuan iklan kamu. Misalnya disini saya memilih Search Ads karena tujuan iklan yang saya buat yaitu untuk meningkatkan trafik website. Dan jangan lupa untuk memasukkan nama website sebelum mengklik tombol “continue”.

5. Pilih Target Lokasi dan Bahasa yang Digunakan

6. Tentukan Target Audiens

Google menyediakan fitur untuk menentukan target audiens yang sesuai dengan bisnis kamu. Disini kamu dapat menentukan target audiens sendiri, misalnya seperti gambar dibawah:

 

7. Tentukan Anggaran Harian

Tentukan anggaran harian maksimal yang ingin kamu keluarkan setiap hari (isi nominal tanpa titik). Anggaran harian bergantung dari biaya per klik per kata kunci dan jumlah klik yang di dapat dalam satu hari.

Jika kamu memilih banyak kata kunci yang kompetitif, tentu biaya per kliknya jadi lebih mahal dengan jumlah pencarian yang lebih banyak setiap harinya. Untuk awal-awal bisa dimulai dengan menggunakan anggaran yang lebih sedikit, kamu bisa merubahnya jika dirasa kurang atau terlalu banyak di hari berikutnya (setelah melihat kinerja iklan yang kamu buat).

8. Tentukan Bidding

Bidding adalah biaya yang akan kamu keluarkan atau harga sekali klik iklan.

Ada dua pilihan disini:

Pertama, mempercayakan Google untuk menentukan sendiri nilai per klik. Sistemnya dengan melihat tingkat kompetisi, berapa jumlah pengiklan dengan kategori yang sama seperti wilayah jangkauan dan kata kunci.

 

Kedua, kamu bisa mengisi sendiri nominal yang ingin dibayarkan per klik. Jika kamu mengisi nominal yang terlalu rendah, iklan kamu mungkin tidak akan muncul. Dan jika terlalu tinggi, mungkin kamu akan cepat kehabisan anggaran harian.

Untuk lebih amannya, pilih saja pilihan yang pertama ( mempercayakan Google untuk menentukan sendiri nilai per klik).

 

9. Tambahkan Informasi Lain Mengenai Bisnis Kamu

Untuk meningkatkan lebih banyak jumlah klik, seperti media sosial yang digunakan, nomor telepon, atau  lokasi perusahaan. Kemudian klik “Save and Continue”.

10. Masukkan Kata Kunci yang Akan Kamu Gunakan

Google juga akan memberikan beberapa kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu. Jangan lupa untuk mengklik tombol “Save and Continue” untuk langkah selanjutnya.

11. Buat Tampilan Iklan

Isi beberapa kolom yang sudah disediakan oleh Google untuk membuat judul dan deskripsi iklan kamu. Klik “Save And Continue” untuk Tahap Selanjutnya.

12. Siapkan Detail Penagihan

Ini adalah tahap terakhir sebelum kamu memasang iklan di Google Ads, kamu akan diminta untuk memasukkan detail penagihan pembayaran. Tetapi ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan.

  • Negara dan Zona Waktu (Billing Country and Time Zone)

Seleksi negeri penagihan Indonesia supaya kalian dapat melunasi dengan mata duit rupiah( IDR). Setelah itu seleksi alam durasi yang cocok supaya promosi kalian bisa disiarkan cocok dengan alam durasi yang kalian seleksi.

  • Info Pelanggan (Customer Info)

Seleksi tipe akun” Orang” supaya lebih gampang dipakai, data pajak“ Individu”( masukkan no NPWP bila terdapat). Kemudian isi perinci julukan, tujuan, bersama isyarat pos.

  • Cara Pembayaran (How You Pay)

Untuk pembayaran bisa secara “otomatis” atau “manual”. Jika otomatis kamu wajib memiliki kartu kredit, tetapi jika manual kamu bisa transfer melalui mobile banking atau ATM.

  • Metode Pembayaran (Payment Method)

Seperti yang sudah dijelaskan, untuk cara pembayaran manual, kamu bisa menggunakan kartu kredit atau dengan transfer. Kamu bisa transfer ke nomor rekening yang nanti akan diberikan Google Ads.

Cara pembayaran manual menggunakan kartu kredit, saldo kamu akan masuk seketika. Tetapi pembayaran manual melalui transfer biasanya masuk antara 2 hingga 5 hari.

  • Centang Persetujuan

Centang persetujuan (I agree to the Google Ads terms and conditions) dan klik tombol submit.

Hingga kalian hendak menyambut form rekening gugatan promosi kalian. Silahkan memindahkan cocok dengan perhitungan setiap hari yang telah kalian pastikan. Misalnya bila perhitungan setiap hari kalian merupakan Rp. 50. 000 atau hari serta mau menunjukkan promosi sepanjang 7 hari, hingga duit yang wajib kalian memindahkan ialah Rp. 350. 000.

 

Setelah pembayaran tagihan selesai, iklan kamu akan tayang jika sudah disetujui. Itulah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk memasang iklan di Google. Semoga bermanfaat.

sumber :  whello.id

Masih kesulitan juga? Kamu bisa menggunakan jasa iklan google dari Ezy.co.id agar bisnis kamu makin berkembang!, tim ezy.co.id juga menyediakan jasa web developer yang bisa kami kerjakan, kami juga sudah melayani 1000 lebih pembuatan website. Jadi tunggu apalagi yuk hubungi kami untuk membuat bisnis yang lebih maju.

Postingan Terkait