Oke oke. Anda mungkin pernah mendengar ini beberapa kali. Hanya saja, kami tidak mengada-ada. Situs web Anda benar-benar harus mobile sekarang!
Perubahan perilaku pelanggan juga mempengaruhi hal ini.
Dalam beberapa tahun terakhir, pengguna perangkat seluler telah meningkat secara signifikan. Fenomena ini perlahan mengubah ‘wajah’ dunia digital dan perilaku penggunanya.
Saat ini ada sesuatu yang disebut Zero Moment of Truth. Istilah ini mengacu pada momen khusus yang ada antara calon pelanggan dan perangkat seluler mereka saat mencari informasi produk/layanan dan sebelum membuat keputusan pembelian.
Dengan perangkat seluler di tangan calon pelanggan, Anda perlu memperhatikan empat momen perilaku pelanggan online: Saya-ingin-tahu, Saya-ingin-pergi, Saya-ingin-melakukan, dan Saya -ingin membeli.
Empat momen di atas mengarah pada satu kesimpulan: informasi tentang layanan Anda di internet perlu terlihat bagus secara online.
Memiliki website tentu bisa menjadi solusi Anda. Website biasa saja tidak cukup. Anda memerlukan situs web ramah seluler yang dapat diakses melalui perangkat apa pun, termasuk ponsel cerdas dan tablet.
Apa itu Situs Web yang Ramah Seluler?
Situs web ramah seluler adalah situs web yang dioptimalkan untuk perangkat seluler. Beberapa orang mengenal situs web jenis ini sebagai situs web responsif, mengacu pada kemampuannya untuk ‘beradaptasi’ dengan berbagai ukuran layar perangkat yang berbeda.
Ukuran, tata letak, dan konten situs web Anda dapat secara otomatis menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan pengunjung untuk mengaksesnya.
Meski menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir, namun belum banyak pelaku usaha di Indonesia yang memanfaatkan website mobile-friendly dengan baik. Padahal, jika dioptimalkan dengan baik, Anda berpeluang mendapatkan banyak keuntungan dari sini.
Jika Anda memiliki bisnis, tentu Anda ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, bukan? Seluler adalah salah satu saluran yang dapat Anda gunakan untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan. Dan Anda dapat memanfaatkan situs web yang ramah seluler untuk mendominasi pasar.
Silakan lanjutkan membaca review kami kali ini karena pada bagian selanjutnya kami akan menjelaskan sederet alasan lain mengapa Anda harus memiliki website yang mobile-friendly!
7 Alasan Anda Harus Memiliki Situs Web yang Ramah Seluler
1. (Hampir) Semua Orang Beralih ke Seluler
Ponsel adalah tren terpanas saat ini. Sekitar 80% pengguna internet di seluruh dunia telah menggunakan perangkat mobile, baik itu smartphone maupun tablet. Angka ini setara dengan 1,2 miliar orang dan jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun.
Tanpa situs web ramah seluler yang dioptimalkan dengan baik, Anda tidak akan berhasil menembus segmen seluler ini.
2. Lebih dari separuh situs web yang ada diakses melalui perangkat seluler
StatCounter, perusahaan riset yang mencatat penggunaan internet di lebih dari 2,5 juta situs web, menyatakan bahwa 51,26% halaman situs web diakses melalui perangkat seluler pada periode Oktober 2016. Jumlah akses melalui seluler ini melampaui jangkauan desktop untuk pertama kalinya dalam sejarah. .
Kami melihat grafik di atas sebagai tanda perubahan zaman. Perangkat seluler sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Adanya koneksi internet ekstra cepat plus kemudahan penggunaan membuat smartphone dan tablet menjadi satu-satunya ‘komputer’ bagi banyak orang.
3. Ponsel Menentukan Keputusan Pembelian
Tahukah Anda bahwa pengguna seluler lebih cenderung membeli produk atau menggunakan layanan Anda?
Saat ini semakin banyak calon pelanggan yang menggunakan perangkat mobile untuk menelusuri produk/jasa sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk/jasa. Ya, perangkat seluler telah menjadi seperti asisten belanja. Mereka akan membeli produk atau layanan yang dapat ditemukan secara online.
Bahkan, efeknya sangat besar. Produk dan layanan yang ditemukan calon pelanggan di internet dapat membantu membuat keputusan pembelian beberapa menit sebelum mereka membeli!
4. Google Lebih Memilih Situs Web yang Ramah Seluler
Anda tidak salah membaca. Mesin pencari Google memprioritaskan situs web yang ramah seluler. Beberapa waktu lalu, dunia internet dihebohkan dengan update algoritma Google ini. Peristiwa ini sering disebut mobilegeddon, mengacu pada hari kiamat bagi website yang belum berorientasi mobile. Pasalnya, website yang belum mobile friendly menjadi korban utama karena tidak bisa menempati urutan teratas hasil pencarian Google.
Mengingat bahwa sebagian besar lalu lintas ke situs web Anda dapat diperoleh dari mesin pencari Google, tidak menampilkan situs web Anda di sana tentu dapat menjadi kerugian besar bagi bisnis Anda di internet. Salah satu, website Anda bahkan tidak ditampilkan sama sekali hanya karena tidak mobile-friendly. Anda tidak ingin ini terjadi, bukan?
5. Situs Web yang Ramah Seluler Dapat Meningkatkan Citra Bisnis Anda
Saat ini, hanya sekitar 56% situs web yang menggunakan fitur ramah seluler. Ini berarti bahwa kira-kira setengah dari pesaing Anda masih belum menggunakannya. Kalaupun ada, biasanya belum dioptimalkan dan digunakan dengan baik.
Survei lain juga menunjukkan bahwa 89% pelanggan potensial setuju bahwa situs web dapat membuat bisnis lebih dapat dipercaya. Sementara itu, 79% dari mereka mengatakan akan membeli atau menggunakan layanan jika mereka memiliki situs web. Ini adalah kesempatan Anda. Jadikan ini kesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda!
6. Ponsel Membutuhkan Strategi Khusus
Pengguna desktop berperilaku berbeda dari pengguna seluler. Nah, perilaku yang berbeda ini memerlukan strategi khusus agar kampanye pemasaran Anda berjalan dengan lancar. Kami jamin, kampanye seluler Anda akan berjalan lebih mudah menggunakan situs web yang ramah seluler.
Strategi yang Anda bangun harus komprehensif. Artinya, Anda tidak dapat mengandalkan satu saluran seperti akun media sosial saja. Lagi pula, Anda perlu memiliki ‘tulang punggung’ berupa halaman arahan yang dapat Anda optimalkan sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.
Peran ini akan dimainkan oleh situs web yang ramah seluler. Dengan segala kemudahannya, Anda dapat menjadikan situs web jenis ini sebagai ‘pusat’ kampanye seluler Anda.
7. Iklan Seluler Masih Menjadi Peluang Promosi yang Menjanjikan
Pernahkah Anda melihat iklan di Youtube? Atau posting berbayar di Facebook dan Instagram? Kemungkinan besar, Anda pasti pernah melihatnya. Iklan seluler dapat dioptimalkan untuk tampil di semua perangkat, termasuk smartphone dan tablet, dengan berbagai kriteria pengguna sesuai keinginan Anda.
Masalahnya, ke mana Anda harus pergi selanjutnya untuk mengarahkan calon pelanggan yang melihat iklan Anda? Iklan memang bisa diarahkan ke halaman media sosial atau nomor telepon Anda. Namun, seperti yang kami katakan di poin sebelumnya, ini saja tidak cukup. Anda memerlukan halaman arahan yang selalu dapat Anda andalkan dan optimalkan sendiri. Website mobile friendly bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.
Ini adalah era perubahan perilaku pengguna desktop menuju mobile. Bisa dibilang, website mobile-friendly adalah masa depan pemasaran online. Tentu saja Anda harus bersiap. Jangan sampai kompetitor Anda tertinggal karena mereka sudah menggunakan website mobile friendly sebelum Anda.
Membuat situs web mobile-friendly sekarang lebih mudah. Dengan WordPress, Anda dapat memiliki situs web mobile-friendly hanya dalam empat klik. Buka tautan berikut untuk membuatnya sekarang!
Baca juga: Infografis: Waktu Tepat Promosi Online Selama Ramadhan
Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.
Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua