Search
Close this search box.
ramadhan time

Waktu Terbaik Promosi Online di Bulan Ramadhan 2021

Media yang paling sering dikonsumsi orang Indonesia selama bulan Ramadhan berubah dari waktu ke waktu. Pada 2010, televisi masih menjadi media favorit orang Indonesia untuk mengisi waktu luang di bulan puasa. Namun, pada bulan Ramadhan 2017, media favorit orang Indonesia adalah internet, terutama yang diakses melalui perangkat mobile. Kemungkinan besar konsumsi internet masyarakat Indonesia meningkat pada bulan Ramadhan 2021 apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan #dirumahsaja baik itu pendidikan maupun pekerjaan. Bukannya menonton televisi, orang Indonesia saat ini lebih suka menghabiskan waktunya selama bulan Ramadhan untuk mengakses internet melalui perangkat mobile. Mereka memanfaatkan internet untuk mengakses media sosial, menonton YouTube, hingga mencari produk yang akan dibeli di Google.

Dengan tingginya konsumsi internet selama bulan Ramadhan, para pebisnis dapat memanfaatkan media ini sebagai tempat promosi. Media online menjadi sasaran promosi terbaik selama Bulan Ramadhan karena kemungkinan konsumen yang melihat iklan di internet lebih besar dibandingkan media lain. Namun, promosi online tidak bisa dilakukan tanpa perencanaan terlebih dahulu. Ketahui terlebih dahulu produk apa saja yang dibutuhkan oleh orang Indonesia selama bulan Ramadhan, misalnya makanan, pakaian, parsel, hingga paket layanan internet. Dan pahami pola perilaku konsumen selama Ramadhan yang berbeda dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya. Kemudian pahami juga timing atau waktu terbaik untuk melakukan promosi online. Momen yang tepat ini dapat berbeda tergantung jenis produknya. Secara umum, produk-produk seperti pakaian muslim, makanan, peralatan rumah tangga, smartphone, dan paket layanan internet memang mengalami peningkatan popularitas selama satu bulan tersebut.

Baca juga : Strategy Digital Marketing di Bulan Ramadhan – Kesempatan Perusahaan

Satu Minggu Sebelum Puasa

Hari pertama puasa merupakan hari yang istimewa. Pada umumnya tidak ada orang yang rela membiarkan hari pertama puasa berlalu biasa-biasa saja. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga, kemungkinan besar para ibu rumah tangga sudah mempersiapkan menu sahur spesial agar seisi rumah lebih semangat menjalani puasa pertama. Melihat kecenderungan ini kemungkinan besar pelanggan sudah mulai mencari beberapa persiapan untuk menyambut bulan puasa seminggu sebelumnya.

Topik pencarian yang terkait dengan Bulan Ramadhan mulai mengalami peningkatan sejak dua minggu sebelum datangnya bulan Suci Ramadhan. Jangka waktu antara dua minggu sebelum dan minggu pertama Ramadhan dapat dimanfaatkan sebagai pemanasan karena belum terjadi peningkatan secara signifikan terhadap pencarian produk tertentu. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan, misalnya menerbitkan konten penyambutan bulan puasa atau merilis teaser promosi online atau countdown Ramadhan sejak satu atau dua minggu sebelumnya, konten dengan tema menu sahur praktis, tips tetap fit selama puasa atau rekomendasi kegiatan seru saat ngabuburit. Meskipun belum dimulai, tapi semangat puasa sudah terasa menguat karena sebentar lagi tiba. Jadi, konten-konten yang bertema Ramadhan lebih berpotensi untuk dilirik. Pada masa ini tidak perlu merubah jam upload konten, karena bulan puasa belum resmi dimulai.

Minggu Pertama Ramadhan

Minggu pertama umumnya menjadi masa adaptasi yang cukup berarti, waktu kerja berkurang, waktu luang bertambah dan jadwal kegiatan menjadi lebih sedikit. Hal ini membuat orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di dunia maya. Namun meskipun terjadi peningkatan akses internet namun kebanyakan orang belum aktif berburu diskon atau mencari produk-produk tertentu. Minggu awal Ramadhan adalah waktu terbaik untuk mempublikasikan konten yang ringan dan menghibur. Buat beberapa video pendek berseri, vlog selebgram yang menggunakan produk atau video kuis interaktif. Dengan begitu, orang-orang yang menunggu waktu berbuka sambil online di internet dapat melihat video yang dibuat. Walaupun tidak mengkonversi penjualan secara langsung, namun kegiatan ini akan menjaga eksistensi brand sampai waktu puncak lebaran.

Minggu Kedua Ramadhan

  1. Makanan

receipes

Memasuki minggu kedua bulan Ramadhan, beberapa produk menjadi semakin populer di Google. Produk pertama yang paling banyak dicari yaitu restoran, Pencarian ini mengalami peningkatan yang drastis karena kebanyakan orang Indonesia mengadakan acara buka bersama pada minggu ini. Baik itu dengan keluarga, teman kerja, atau teman semasa sekolah untuk dijadikan ajang reuni. Para pemilik restoran, rumah makan, atau kafe biasanya menyediakan tempat untuk berbuka bersama. Memanfaatkan keadaan ini dengan mengadakan diskon atau promo tertentu. Dalam hal makanan, bukan hanya restoran saja yang mengalami peningkatan pengunjung, namun juga resep masakan pun menjadi kata kunci yang paling banyak dicari.  Selain di Google, orang-orang juga mencari resep masakan di YouTube ataupun yang sedang booming saat ini yaitu tiktok. Oleh karena itu, sebisa mungkin lengkapi konten resep makanan Ramadhan dengan video di YouTube atau Tiktok.

  1. Pakaian

muslim shop
Happy couple spending time in Dubai.

Selanjutnya yang paling banyak dicari adalah pakaian muslim. Orang Indonesia memiliki kebiasaan membeli pakaian baru untuk menyambut Hari Raya Lebaran. Pencarian produk pakaian muslim terjadi jauh sebelum hari Lebaran, karena konsumen khawatir jika mereka kehabisan pakaian muslim yang sedang tren. Alasan lainnya adalah agar pakaian yang dibeli tiba sebelum hari H.

  1. Skincare

kosmetik

Kemudian perawatan kulit atau skincare pun permintaannnya akan meningkat selama Bulan Ramadhan. Beberapa kata kunci terkait skin care yang banyak dicari adalah cara menghilangkan jerawat, cara menghilangkan bekas jerawat, cara memutihkan wajah, cara memutihkan kulit, dan cream pemutih wajah. Pencarian kategori ini mencapai puncaknya di minggu kedua karena orang-orang ingin memberikan penampilan terbaik di Hari Raya Lebaran, karena proses bekerjanya skincare tidak ada yang sekaligus berubah sesuai dengan apa yang diharapkan, maka pembelian skincare dilakuakan jauh hari sebelum hari Raya Lebaran. Mereka berusaha mempercantik wajah dan kulit jauh sebelum hari spesial itu tiba.

Minggu Ketiga Ramadhan

Pada minggu ketiga ini, pengeluaran konsumen lebih besar dibanding minggu sebelumnya. Karena, sebagian besar karyawan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dari tempatnya bekerja. Yang berarti mereka mampu membeli produk-produk dengan rentang harga yang lebih tinggi. Tentu saja ini dapat menjadi waktu terbaik untuk menjalankan promosi besar-besaran, terutama bagi para pedagang barang elektronik, perhiasan dan produk bernilai jual tinggi. Untuk usaha yang tidak termasuk kategori tersebut tetap dapat melakukan promosi besar-besaran pada pelanggan tertarget. Pelanggan yang sudah di target tentunya memiliki ketertarikan atau membutuhkan produk yang dijual, sehingga persaingan menjadi lebih mengerucut dan tidak terlalu

Biasanya di minggu iberat. Barang yang paling banyak dicari pada minggu ketiga diantaranya adalah:

  1. Smartphone

smartphone
Mobile phone

saat ini yang paling banyak dicari oleh konsumen adalah smartphone. Ternyata, orang Indonesia tidak hanya membeli baju baru, tetapi juga membeli smartphone. Jadi, potensi penjualan smartphone, terutama di minggu ketiga Ramadhan, memang menjanjikan.

  1. Peralatan Rumah Tangga

household
Home appliances. Gas cooker, tv cinema, refrigerator air conditioner microwave, laptop and washing machine

Kebanyakan kata kunci yang dituju pada kategori ini adalah kulkas, rice cooker, oven, kipas angin, dan presto. Selain kebutuhan pribadi, kebutuhan rumah tangga juga harus dipersiapkan. Orang-orang Indonesia cenderung membuat makanan lebih banyak untuk menyambut Hari Raya Lebaran. Oleh sebab itu, pencarian produk di atas menjadi populer menjelang lebaran.

Baca juga : Cara Ampuh  Menghadapi Klien yang Marah dan Menjengkelkan

Minggu Keempat Ramadhan

Karena bulan Ramadhan akan segera berakhir, maka semarak kemenangan semakin jelas terasa. Orang-orang mulai saling berkirim hampers lebaran dengan sanak dan kerabat. Bagi yang tinggal merantau kemungkinan besar juga mulai mencari oleh-oleh untuk keluarga di kampung. Turut sertalah memeriahkan minggu keempat Ramadhan dengan membawa konten yang hangat dan bermakna. Misalnya, ide ucapan lebaran atau quotes yang menyentuh hati. Disini juga bisa melakukan soft selling dan menjual beberapa bundle promosi, seperti free kue kering dan kartu ucapan, gratis sirup dan biskuit kaleng ataupun produk lain yang berkaitan dengan usaha. Sebaiknya, jangan terlalu menggebu-gebu melakukan promosi ini, karena sudah melewati masa puncak, namun tetap disarankan untuk konsisten mengunggah konten sekitar waktu sahur dan berbuka. Berikut beberapa kata kunci yang banyak dicari di mingu keempat Ramadhan:

  1. Kue Lebaran

cookies

Menjelang Hari Raya Lebaran, makanan kembali menjadi kategori yang paling banyak dicari. Bedanya, kata kunci yang dicari diminggu ketiga ini yaitu kue. Pencarian terhadap kata kunci ini sangat meningkat dibanding bulan-bulan biasa. Menyediakan kue sebagai hidangan saat lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Beberapa kata kunci terkait kue yang paling banyak dicari adalah resep kue kering dan kue nastar. Karena kue-kue tersebut dapat bertahan lama.

  1. Layanan Internet

wifi

Paket layanan internet juga menjadi kata kunci yang paling banyak dicari. Pada saat Ramadhan, pencarian kata kunci ini bisa mengalami peningkatan hingga 40 persen jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasa.

  1. Make Up, Gaya Rambut dan Tutorial Hijab

cosmetics

Pencarian kategori make up, gaya rambut dan tutorial berhijab dipastikann meningkat drastis pada H Lebaran. Bukan hanya di Google, kategori ini juga populer di YouTube. Orang-orang mencari video tutorial makeup, gaya rambut dan tutorial berhijab untuk mempersiapkan diri menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Minggu Pertama Setelah Lebaran

Umumnya semarak lebaran masih terasa sampai satu minggu setelahnya. Meskipun promosi besar-besaran tidak lagi relevan, tapi dapat memuat beberapa konten yang masih bernuansa lebaran dengan menampilkan iklan idul fitri dan promosi yang masih berlangsung. Sebaiknya, manfaatkan waktu ini untuk menyiapkan kampanye atau event-event baru setelah Ramdahan berlalu.

  1. Makanan Fast Food

fast food

Pada minggu pertama Lebaran, makanan tetap menjadi kategori yang paling banyak dicari, tetapi dengan kata kunci yang berbeda yaitu makanan Fast Food. Sebenarnya, kata kunci makanan cepat saji atau fast food mengalami peningkatan pencarian sejak awal Ramadhan. Namun, puncak pencariannya terjadi pada minggu pertama Lebaran, karena orang-orang yang tinggal di kota besar kesulitan menemukan tempat makan atau restoran yang buka di minggu pertama. Kebanyakan tempat makan libur dan pembantu rumah tangga pulang kampung sehingga pilihan yang ada adalah restoran makanan cepat saji. Umumnya, restoran makanan cepat saji tetap buka di minggu pertama Lebaran. Sebab lain restoran masih menjadi kata kunci yang paling banyak dicari adalah karena, pada minggu ini kebanyakan orang Indonesia mengadakan acara halalbihalal.

  1. Peralatan Rumah Tangga

mesin cuci
Washing machines and vacuum cleaners

Selain makanan, peralatan rumah tangga juga kembali menjadi kategori yang banyak dicari tetapi dengan kata mesin cuci. Pada minggu pertama Lebaran ini juga, konsumsi YouTube masyarakat Indonesia menurun drastis (kecuali pencarian kategori makeup dan gaya rambut), karena kemungkinan disebabkan oleh padatnya kegiatan selama minggu pertama Lebaran. Umumnya, masyarakat Indonesia memiliki tradisi untuk silaturahmi kepada keluarga dan tetangga. Kegiatan ini menyita sebagian besar waktu sehingga tidak ada waktu untuk menonton YouTube. Sebaiknya tidak merilis konten promosi video baru di YouTube pada periode ini. Rilislah konten promosi video di YouTube pada minggu kedua lebaran karena aktivitas masyarakat Indonesia sudah kembali seperti semula.

Baca juga : Cara Ampuh  Menghadapi Klien yang Marah dan Menjengkelkan

Jam Terbaik untuk Melakukan Promosi Online

Setelah mengetahui momen-momen penting yang terjadi setiap minggu di awal bulan Ramadhan sampai minggu pertama setelah Lebaran, selanjutnya ketahui kapan orang Indonesia berbelanja setiap harinya selama satu bulan tersebut. Selain menyusun konten bertema Ramadhan, catat juga kapan waktu terbaik untuk melakukan promosi secara online selama bulan puasa. Sehingga konten yang dibuat dapat mendapatkan views yang lebih tinggi dan tentu saja memberikan performa marketing yang semakin bagus. Selama masa Ramadhan, aktivitas internet mengalami peningkatan khususnya pada Pukul 04.00 – 05.00 Pagi dan Pukul 17.00 – 20.00 malam.

Pukul 04.00 – 05.00 Pagi dan Pukul 17.00 – 20.00 Malam

Kunjungan tertinggi orang Indonesia ke situs e-commerce terjadi dua kali sehari selama bulan Ramadhan. Pertama terjadi saat sahur, yaitu pukul 04.00-05.00 WIB dan yang kedua ketika menjelang buka puasa sampai salat isya, yaitu pukul 17.00-20.00 WIB. Dua periode tersebut dapat dimanfaatkan untuk merilis konten promosi online harian karena memiliki kemungkinan lebih besar dilihat banyak orang dibanding jam-jam lain.

 

Selain itu, agar lebih persuasif dan tidak kalah tenar dengan produk lain Anda dapat menyusun strategi promosi bertingkat dengan waktu terbatas sejak minggu sebelumnya. Sehingga pelanggan dapat merasakan tekanan urgensi dari promosi yang dibuat dan terpicu untuk membeli secara impulsif. Pada waktu ini, Anda melakukan promosi online lebih giat pada siang hari, menjelang waktu berbuka dan setelah sahur agar pelanggan Anda lebih terpapar dengan iklan yang Anda buat.

 

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

 

Postingan Terkait