Search
Close this search box.

Two Factor Authentication (2FA): Penafsiran & khasiat bagi Website

Maraknya kesalahan online mesti diperkirakan dengan penjagaan akun yang lebih bagus. Nah, two factor authentication ataupun 2FA merupakan senjata jitu buat mencegah Kamu.

Bagus Kamu selaku konsumen layanan online ataupun owner web, menggunakan 2 factor authentication telah bukan lagi opsi. Jika diabaikan, keamanan informasi serta pribadi Kamu dapat rawan.

Nah, dalam postingan ini kita hendak menarangkan mengenai two factor authentication. Mulai dari penafsiran sampai metode mengaktifkan 2FA. Silakan disimak!

Apa itu Two Factor Authentication( 2FA)?

Two factor authentication merupakan suatu fitur keamanan akun online yang meningkatkan cara konfirmasi dobel buat dapat mengakses suatu akun, apapun program yang dipakai.

Jadi, tidak hanya memasukkan username serta password buat login, Kamu hendak dimohon konfirmasi khusus cocok pengaturan yang diseleksi tadinya.

Cara konfirmasi ini terdiri atas sebagian tata cara, antara lain:

  • Data yang dikenal konsumen. Misalnya password, Jarum semat( Perorangan Identification Number), pattern lock, ataupun isyarat rahasia yang lain.
  • Data yang dipunyai konsumen. Misalnya no hp ataupun aplikasi ponsel pintar yang dipakai buat mengkonfirmasi permohonan otentikasi.
  • Biometrik. Misalnya scan fingerprint, wajah, mata, suara, serta banyak lagi.
  • Posisi geografis. Misalnya, tujuan IP ataupun fitur geolocation lain, semacam GPS ponsel pintar.
  • Durasi spesial. Misalnya, seluruh kegiatan login yang terjalin di luar jam yang telah didetetapkan hendak otomatis ditolak.

Tata cara di atas umumnya telah didetetapkan oleh program ataupun web yang sediakan layanan semacam gerai online ataupun web membership. Nah, konsumen lumayan mengaktifkannya buat mencegah akun mereka.

Sebaliknya, web yang memakai two factor authentication pastinya hendak lebih aman dari mungkin diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Khasiat Two Factor Authentication( 2FA) buat Website

Selanjutnya merupakan sebagian khasiat 2FA buat web:

1. Menghindari Pembobolan Akun serta Kesalahan Internet Yang lain.

Permasalahan pembobolan akun bertambah gempar dengan bermacam tujuan, semacam identity theft, perampokan informasi industri, apalagi perampokan duit dengan melaksanakan bisnis online.

penggunaan 2FA merupakan salah satu metode menghindari pembobolan akun sejenis ini. Karena, bila tidak sukses membagikan data pada konfirmasi kedua, akses ke akun tidak bisa dicoba.

Bahkan, Kamu jadi ketahui kalau terdapat yang berupaya mengakses akun Kamu dari konfirmasi yang Kamu dapat. Dengan sedemikian itu, Kamu dapat giat melaksanakan penjagaan dengan mengubah username serta password.

2. Menekan masa serta Anggaran Operasional

Saat sebelum terdapat 2FA, resiko akun dibobol lumayan besar. Kesimpulannya, banyak konsumen kehabisan akses serta wajib melaksanakan reset password lewat layanan klien.

Tahap ini wajib dicoba panduan sebab menginginkan konfirmasi dari semacam no KTP, serta data khusus lain. Seperti itu mengapa keinginan layanan klien spesial buat cara ini tidak dapat dijauhi.

Apalagi, dengan cara biasa pengeluaran industri buat layanan konsumen menggapai kisaran 180 dollar ataupun 2, 5 juta Rupiah per konsumen per tahunnya.

Nah, dengan mempraktikkan tata cara 2 factor authentication semenjak dini, mungkin terbentuknya pembobolan akun lebih sedikit. Dengan sendirinya, keinginan buat melaksanakan reset password pula menurun.

Akibatnya, bayaran operasional dapat lebih ditekan serta durasi buat melayani permohonan reset dapat dialihkan buat layanan lain yang lebih efisien.

3. Tingkatkan Keyakinan Pengguna

Web dengan proteksi akun lebih bagus hendak digemari wisatawan. Nah, bila web mempraktikkan 2FA dalam tata cara loginnya, mungkin informasinya dibobol pasti lebih kecil. Dengan agunan keamanan itu, konsumen web pasti hendak lebih yakin buat lalu memakai layanan web itu.

4. Jadi Pemecahan Password yang Lemah

Banyak orang yang mengarah memakai password yang serupa buat bermacam akun. Perihal ini pastinya beresiko membuat seluruh akun dibobol dengan gampang.

Memakai 2 factor authentication dapat jadi proteksi bonus sembari Kamu mengubah seluruh password mulanya dengan yang lebih kokoh.

Walaupun orang lain mengenali password Kamu, mereka senantiasa tidak dapat masuk ke akun Kamu sebab dibutuhkan konfirmasi langkah kedua dari hp Kamu.

Gimana Metode Kegiatan Two Factor Authentication?

Metode kegiatan 2FA merupakan rancangan yang serupa dengan metode kegiatan pintu gapura di rumah. Siapapun yang mau masuk ke rumah wajib melampaui pintu gapura dahulu saat sebelum pintu rumah.

Nah, kala Kamu login ke web yang mempraktikkan 2FA, terdapat 2 tahap yang butuh dicoba:

  • Memasukkan username serta password semacam normal.
  • Melaksanakan konfirmasi melalui hp ataupun memasukkan isyarat yang dikirimkan ke hp Kamu.

Dengan 2 tingkatan login ini, akses login ke suatu akun, bagus itu aplikasi, email, sampai web cuma dapat dicoba oleh owner akun yang asli.

Kemudian, gimana metode mengaktifkan 2FA pada suatu web WordPress?

Metode Mengaktifkan 2FA di Web WordPress

Nah, di mari kita hendak membagikan bimbingan metode mengaktifkan fitur two factor authentication pada web WordPress Kamu.

Pada arahan ini, kita hendak memakai dukungan plugin WP 2FA yang lumayan terkenal dan

free.

Selanjutnya ialah langkah- langkah metode mengaktifkan 2fa:

  1. Akses Dashboard WordPress Kalian, buka menu Plugins>Add New.
  2. Cari plugin WP 2FA pada kotak pencarian, setelah itu klik tombol Install Now.
  3. Sesudah terinstal, klik tombol Activate guna mengaktifkan pluginnya.
  4. Sesudah teraktivasi, hendak terbuka menu pengaturan WP 2FA. Seleksi pilihan Let’ s get started! guna mulai menyusun prosedur 2FA Kalian.
  5. Kalian dapat memilah prosedur pengiriman petunjuk pengecekan. saya sarankan untuk memilah pilihan One- time code melalui 2FA App supaya lebih terjamin. Berikutnya klik tombol Continue Setup.
  6. Seleksi akun siapa saja yang memerlukan 2FA. Buat keamanan yang maksimal, seleksi pilihan All users. Dengan seperti itu, seluruh pemakai yang login ke WordPress Kalian harus lewat tata cara two factor authentication.pilih semua user yang diterapkan 2 factor authentication
  7. Pastikan grace period, ialah rentang masa yang diserahkan untuk seluruh konsumen guna melaksanakan bentuk 2FA mereka. Biasanya, Kalian dapat membagikan durasi 2 sampai 3 hari sesudah 2FA diaplikasikan pada seluruh konsumen.
  8. Pastikan grace period, ialah rentang masa yang diserahkan untuk seluruh konsumen guna melaksanakan bentuk 2FA mereka. Biasanya, Kalian dapat membagikan durasi 2 sampai 3 hari sesudah 2FA diaplikasikan pada seluruh konsumen.
  9. Waktunya menyusun two factor authentication untuk Kalian sendiri. Klik tombol Configure 2FA now.
    1. Pada tahap ini, Anda perlu menyiapkan aplikasi authenticator di smartphone Anda, seperti Google Authenticator atau Authy yang tersedia di Play Store dan App Store. Authty adalah aplikasi yang cukup baik karena Anda masih bisa mengakses data meskipun harus install ulang aplikasi. Namun, Google Authenticator tak kalah canggih.
  10. Seleksi pilihan berikutnya serta masukkan sandi 6 digit dari aplikasi authenticator ke kotak yang ada di laman WordPress Kalian, setelah itu klik Validate& Simpan Configuration.
  11. Kini Anda sudah sukses mengaktifkan two factor authentication pada WordPress Anda. Jadi, setiap pengguna melakukan login, WordPress akan meminta one time code yang ada pada aplikasi authenticator di smartphone pengguna tersebut.

Seperti itu tutorial mengaktifkan two factor authentication pada WordPress Kalian.

Saran Plugin Two Factor Authentication Terbaik

Melainkan WP 2FA, terdapat 3 plugin 2FA free lain yang dapat Kamu maanfaatkan buat WordPress Kamu:

1. Wordfence

Wordfence ialah plugin WordPress yang berpusat pada keamanan web dengan cara biasa, tercantum fitur 2FA.

Prosedur 2FA yang diadakan Wordfence memakai aplikasi authenticator dari smartphone Kalian. Tidak hanya itu, Wordfence juga sediakan laman login CAPTCHA untuk menghindari upaya login dari bot.

Wordfence juga sediakan fitur Live Traffic, yang menampilkan informasi login serta logout dengan cara real- time, dan upaya pembobolan serta aktifitas meragukan yang lain.

2. Duo

Duo banyak diseleksi sebab memberikan konsumen pemantauan penuh atas pengaturan 2FA. Menariknya, Kalian tidak membutuhkan aplikasi ekstra buat memanfaatkannya. Kalian cuma butuh menginstal plugin setelah itu melaksanakan pendaftaran pada layanannya.

Berikutnya, Kamu dapat memilah tata cara otentikasi, semacam one- touch ID, password spesial dari Duo langsung, dan OTP( one time password) melalui SMS atau telepon tanpa butuh melaksanakan scan barcode.

3. Rublon

Rublon ialah plugin WordPress yang spesial berperan buat 2FA. Plugin ini tersedia secara gratis untuk satu user.

Keunggulannya, Rublon membagikan data kegiatan akun melalui email ataupun aplikasi di ponsel pintar. Cara otentikasi juga dicoba dengan mengkonfirmasi identitas dengan mengklik link yang dikirimkan melalui email, ataupun dengan melaksanakan scan isyarat.

Amankan Web Kamu dengan Two Factor Authentication!

Two factor authentication( 2FA) merupakan tata cara yang ampuh buat mengamankan akun serta web Kamu dengan cara konfirmasi bonus.

Dengan memakai 2FA, resiko akun terbobol ataupun informasi individu dicuri dapat dikurangi. Khususnya pada program ataupun web semacam gerai online yang menaruh seluruh informasi individu konsumennya.

Kalian juga telah berlatih gimana metode mengaktifkan 2FA di web dengan dorongan plugin WP 2FA. Nantinya, tiap akses ke dashboard WordPress ataupun akses ke login zona, hendak memakai konfirmasi 2 langkah. Lebih nyaman, bukan?

Akan tetapi, memakai 2 factor authentication saja belum lumayan buat mengamankan web Kamu dengan cara maksimum. Karena, terdapat banyak bahaya kesalahan online yang wajib Kamu prediksi. Apa saja tahap yang butuh dicoba?

Baca juga: Pengertian Protokol Jaringan Serta Fungsi dan Jenisnya

jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

 

Postingan Terkait