JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
tools server down

Tools Untuk Mengecek Server Down

Saat membuat website sendiri, selalu pastikan bahwa website dapat diakses dengan baik. Terkadang website tidak dapat diakses oleh pengunjung karena suatu hal, padahal website berjalan normal jika diakses pemilik situs. Cek website down bisa dilakukan sendiri, caranya dapat menggunakan tool yang tersedia secara online. Suatu website dapat menjadi bagian yang penting dalam bisnis serta berbagai keperluan. Pengunjung bisa mendapatkan informasi, berinteraksi dengan yang lain, serta berbagi pengetahuan tanpa harus pergi ke mana-mana. Jika suatu website down, segala fungsi dan beragam potensinya dapat hilang. Kunci utama agar website tidak sering down adalah dengan memilih layanan penyedia web hosting unlimited.

Cara pengecekan website down sekarang bisa dilakukan secara online. Jadi tidak perlu lagi masuk control panel server hosting, yang membutuhkan waktu lebih lama daripada mengecek secara online. Pengecekan ini perlu dilakukan, terutama pada website bisnis karena jika sampai terjadi down beberapa menit saja bisa dipastikan akan kehilangan omset ratusan juta bahkan sampai milyaran. Salah satu solusi utama adalah memilih penyedia web hosting terbaik Indonesia yang memberikan support 24 jam. Karena website down tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi kapan saja waktunya. Ada beberapa cara yang bisa dicoba. Pilih cara yang paling disukai, atau bahkan dapat mencoba semuanya untuk memastikan bahwa website berjalan normal.

Baca juga : Memahami Jenis- Jenis Kode Error pada Website

Pentingnya Mengecek Website Down

Saat ini website digunakan oleh banyak orang dari berbagai kalangan di luar IT. Ada yang memakai website untuk berdagang secara online, menampilkan profil perusahaan dan lembaga pendidikan, hingga memakai web untuk memposting konten buatan sendiri ke masyarakat. Banyak orang sudah paham bagaimana cara memakai web, namun tidak banyak yang memahami pentingnya melakukan cek server web secara berkala. Mengaplikasikan cara cek server web adalah salah satu bagian dari pemeliharaan web (maintenance) untuk jangka panjang. Jika sering menerapkan cara-cara cek server web, maka besar kemungkinan website akan terus stabil dan tidak mudah down, sehingga bisa mendapatkan traffic dari pengunjung. Melalui cara cek server web, maka bisa dengan cepat mengetahui saat terjadi error pada web dan server lalu kita bisa segera mencarikan solusi terbaik.

Seringkali, website yang down tidak dapat diakses secara normal oleh pengunjung. Namun pemilik situs masih bisa menjalankan web tersebut seperti biasa. Jika sempat mendengar keluhan atau feedback dari pengunjung seperti itu, maka harus segera mencari cara cek server web. Jika masalah ini tidak segera diselesaikan, akibatnya bisa fatal. Mulai dari pengunjung yang kesal karena tidak bisa mengakses konten, berlanjut ke website yang kehilangan traffic organik, hingga akhirnya terjadi penurunan posisi di SEO. Segala usaha keras untuk membangun website otomatis berujung sia-sia jika web tidak dipelihara dengan baik. Namun tidak perlu cemas, karena cara cek server web ternyata sangat mudah untuk diaplikasikan sendiri, dan tidak perlu repot atau bingung menghubungi jasa ahli IT, cukup gunakan rekomendasi tools terbaik, maka sudah bisa melakukan cara cek server web sendiri secara online. Ada beberapa penyebab website down yang sering banyak ditemui, berikut daftar penyebabnya:

  • Penyedia server hosting yang buruk
  • Serangan hacker
  • Serangan DDoS (Distributed Denial of Service)
  • Kelebihan traffic pengunjung
  • Salah konfigurasi website
  • Listrik padam
  • Bencana alam

Cara Cek Website Down

1. Host-tracker.com

host tracker

Host Tracker bisa diakses di www.host-tracker.com. Host Tracker mempunyai aneka tools yang lengkap untuk melakukan pengecekan kondisi web. Bahkan, software ini akan mengirimkan notifikasi sesegera mungkin, jika mendeteksi web mengalami down. Untuk mengecek kondisi web di Host Tracker, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser > ketik: host-tracker.com.
  • Klik ‘enter’. Tunggu hingga web Host Tracker selesai dimuat.
  • Pilih ‘http’, kemudian masukkan URL web yang ingin dicek pada kolom yang disediakan oleh Host Tracker.
  • Tunggu sejenak selagi tool melakukan pengecekan otomatis.
  • Begitu selesai, akan mendapati tabel-tabel dengan hasil pengecekan dari berbagai bagian pada web. Keterangan website down atau tidak terdapat pada baris status pertama dalam tabel. Jika keterangan yang muncul adalah ‘fail’, maka website down. Namun jika menemukan keterangan ‘ok’, maka web masih tergolong aman.

2. Isitdownrightnow.com

Isitdown.us

Setelah masuk ke tool dari website Isitdownrightnow.com, cukup memasukan alamat website dan tekan tombol ‘CHECK’. Tunggu proses cek hingga selesai, kemudian akan muncul tampilan mengenai Website Name, URL Checked, Response Time, Last Down dan Support Website Status History yang akan menjelaskan server bermasalah atau tidak. Jika dibandingkan dengan website Host Tracker , Isitdownrightnow.com memiliki fitur yang lebih lengkap, detail dan tidak perlu memasukan captcha.

Baca juga : Penyebab Loading Website dan Cara Mengatasinya

3. Isitdown.us

Website ini memiliki tampilan yang paling simpel diantara tools yang lain, hanya ada kolom untuk memasukan nama domain dan button ‘Is It Down’. Pada halaman dashboard depan, selain menu check website down, ada menu lain seperti Top Websites, Website Status Checker Bookmarklet, Latest Sites Checked, Down Right Now dan recent Comments. Untuk mengecek website, cukup memasukkan nama domain dan tekan enter, kemudian tunggu hingga hasilnya muncul. Berikut langkah-langkah mengecek kondisi web server dengan Is It Down:

  • Buka browser > akses us
  • Masukkan nama domain web ke kolom yang disediakan.
  • Tekan ‘enter’ atau klik tombol ‘Is It Down’.
  • Tunggu sejenak. Dan akan ada pemberitahuan berupa: “com is not down” (web tidak down / aman); atau “namadomainweb.com is down” (web down, perlu perbaikan).

4. Downforeveryoneorjustme.com

Cara menggunakan tools ini bisa dibilang cukup mudah, karena hanya tinggal membuka alamat websitenya. Website ini menerapkan captcha untuk menjaga keamanan dan berfungsi memastikan pengunjung adalah manusia atau robot. Setelah memasukan captcha dengan benar, silahkan masukan alamat website yang ingin dicek pada kolom URL dan klik tombol ‘or just me ?’ warna biru. Jika berhasil akan muncul tampilan yang menandakan website ‘UP’. Selanjutnya cek kondisi web di Down For Everyone or Just Me di www.downforeveryoneorjustme.com. Dibandingkan dengan tool sebelumnya, tool ini lebih sederhana. Cukup dengan melakukan input nama domain web, kemudian tool akan memberikan keterangan web down atau tidak. Langkah-langkah mengecek web dengan tool downforeveryoneorjustme, yaitu:

  • Buka browser, akses Downforeveryoneorjustme.com.
  • Masukkan URL web ke kolom yang disediakan. Kolom tersebut memiliki nama ‘google.com’. Tekan enter atau klik URL ‘or just me’ di web pengecekan.
  • Tunggu sejenak, nanti tool akan memberikan keterangan status web sedang down atau tidak.

5. Down.com

Jika Anda mencari tools checker server web dengan tampilan user interface yang baik, maka tidak ada salahnya mencoba mengakses tools Down di www.down.com. Down.com memiliki tampilan yang lebih modern dengan user interface yang bagus. Pemilik situs tinggal memasukan nama domain di kolom ‘http://example.com’ dan klik button ‘Check Now!’. Di website Down.com juga terdapat review tentang layanan web hosting, yang bisa dipakai untuk menghindari web sering mengalami down. Namun isinya masih tentang penyedia layanan web hosting  dari luar Indonesia. Untuk memakai tools ini pun, caranya mudah yaitu:

  • Akses down.com
  • Masukkan nama domain web Anda di kolom khusus bertanda: http://
  • Klik ‘Check now!’. Hanya dalam hitungan menit, Anda sudah dapat menemukan hasil penilaian tools terhadap domain web.

6. Site24x7.com

Site24x7.com

Cara pengaplikasian Site24x7.com cukup mudah, cukup memasukkan domain dan klik “test now”. Kemudian tunggu prosesnya sampai selesai, nantinya akan muncul status “ok” yang berarti server normal, namun jika muncul “host unavailable” maka server sedang mengalami kendala. Tools Site24x7 juga merupakan opsi checker server web yang baik. Tools ini bisa diakses di www.site24x7.com untuk melakukan pengecekan web secara online kapan saja. Laman tools yang satu ini sangat interaktif dan simpel, sehingga bisa digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Cara mengecek:

  • Akses site24x7.com di browser.
  • Masukkan URL web ke kolom yang sudah disediakan.
  • Klik ‘test now’. Tunggu sampai proses tes selesai.
  • Kemudian akan menemukan tabel serta grafik terkait situasi dan kondisi web. Jika semua kolom memuat keterangan ‘ok’, maka web dalam kondisi baik. Namun jika menemukan tulisan ‘Host Unavailable’ di bagian IP, maka web Anda 100% sedang down.

7. Just-ping.com

Just-ping.com adalah layanan yang memberikan informasi status server hosting aktif atau tidak. Jadi jika tidak bisa mengakses website maka dipastikan website tersebut sedang mengalami galat.

Baca juga : Bentuk-Bentuk dan Strategi Content Marketing

8. Currentlydown.com

Tools Currently Down mempunyai kemampuan untuk melakukan pengecekan server web secara mendetil dan spesifik. Untuk cara mengecek Currentlydown.com tinggal memasukan alamat website pada kolom ‘Domain name’ dan tekan tombol ‘Check’. Akan ada 3 tampilan detail mengenai website yang sedang dicek sepeti berikut:

  • Service status, jika tampil ‘Up’ warna hijau berarti website normal tidak ada kendala.
  • Response Time, waktu yang dibutuhkan website untuk merespon dari suatu perintah, tampilannya dengan satuan ms (milliseconds).
  • Response Code, jika tertulis 200 berarti server berhasil memproses permintaan dari user.

Lakukan langkah-langkah berikut untuk mengecek kondisi domain di Currently Down:

  • Buka browser > akses Currentlydown.com
  • Pada kolom ‘domain name’, masukkan URL web.
  • Klik ‘check’. Tunggu hingga ketiga aspek penilaian (response time, service status dan response code) muncul di layar komputer. Jika terdapat error yang terdeteksi pada salah satu aspek testing, maka segera melakukan perbaikan.

9. Websiteplanet.com

Websiteplanet.com

Website Planet dapat diakses di www.websiteplanet.com. Websiteplanet.com memiliki tagline ’Home For All of Your Website Solutions’, atau dapat dikatakan sebagai tools paling lengkap untuk segala kebutuhan website, karena tak hanya akan menemukan tools pengecekan web down atau tidak saja. Website Planet menyediakan semua service untuk kebutuhan web, seperti pengecekan kondisi hosting dan domain, website builder, e-mail marketing, logo design service, landing page creators, hingga social media management tools dan masih banyak lagi. Juga terdapat layanan gratis yang diberikan webisteplanet yaitu Webmaster Tools, Operational Tools dan Performance Tools. Jadi, web ini direkomendasikan bagi yang sedang mencari aneka solusi bagi web di satu tempat saja. Untuk mengecek performa dan kondisi hosting server web, lakukan langkah-langkah simpel di bawah ini:

  • Buka browser > akses Websiteplanet.com
  • Klik menu ‘Performance Tools’ pada web.
  • Klik opsi ‘Website Down or No’ > cari kolom ‘Your Website URL’.
  • Masukkan alamat URL web Anda ke kolom tersebut.
  • Klik ‘check’ atau enter. Dalam hitungan detik, sudah bisa mendapatkan hasil testing domain web.

10. Uptrends.com

Uptrends.com

Uptrends adalah layanan website monitoring control berbayar yang menangani masalah uptime, performance, functionality, API dan server, tetapi ada beberapa tool yang memang gratis untuk digunakan. Bagi yang memerlukan layanan cek website down bisa menuju menu Free Tools > Uptime Check. Silahkan masukan domain di kolom sebelah ‘I want to test’ dan pilih ‘all check’ agar lebih detail pengecekannya. Jika sudah klik button ‘Start test’ dan tunggu hasilnya hingga keluar. Hasilnya akan ada beberapa test dari lebih dari 40 Negara dan beserta kecepatan loadingnya.

Baca juga : Memahami Psikologi Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂