JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
Tips Mendapatkan Uang Dari Blogger

Tips Mendapatkan Uang Dari Blogger dan Contohnya

Saat ini, uang bisa dihasilkan dari mana saja, termasuk salah satunya dari blog. Ribuan orang sedang mencari cara mendapatkan uang dari blog. Karena selain menjadi tempat menulis artikel, blog juga bisa menghasilkan uang. Meskipun butuh waktu, prosesnya tidak terlalu sulit dan ada banyak cara untuk melakukannya. Berikut beberapa tips untuk menghasilkan uang dari blog.

Baca juga : Memahami Strategi Marketing Funnel untuk Bisnis

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Blog yang berkualitas penting dalam mendapatkan uang dari blog, karena bisa menghasilkan uang dari blog untuk jangka waktu yang lama. Jadi yang perlu ditekankan terlebih dahulu adalah kualitas blog, kemudian pikirkan cara meraup rupiah. Uang tidak akan bisa dihasilkan dari blog yang kualitasnya rendah. Berikut beberapa cara membangun blog berkualitas dan cara menghasilkan uang dari blog tersebut:

1. Pilih Niche

capaian bisnis

Dengan memiliki niche, blog akan fokus pada minat tertentu daripada beberapa topik. Pengunjung menemukan website melalui mesin pencari atau karena minat bersama, mereka tetap di blog tersebut untuk sebuah konten. Maka, jangan menulis tentang berbagai hal dengan niche yang berbeda, karena hanya akan memberi pengaruh buruk terhadap trafik. Dengan menjadi konsisten, pengunjung akan mengetahui hal apa yang bisa didapatkan dari situs tersebut, dan akan terus mengunjungi situs itu. Bahkan pengunjung cenderung untuk membagikan sebuah posting ke media sosialnya, sehingga akan menambah dorongan untuk trafik web tersbeut. Jika tidak yakin tentang niche yang paling cocok, berikut beberapa tips yang mungkin membantu:

  • Pilih niche yang disukai sebagai inspirasi saat menulis, agar tidak akan kehabisan ide ketika menuliskan tentang hal yang disukai.
  • Kenali audiens dengan baik, mengatur tone dan diksi yang cocok akan membantu web agar terlihat lebih menarik bagi pembaca.
  • Pastikan ada pasar yang cukup besar untuk niche, pilih salah satu niche yang dicari oleh kebanyakan orang, sehingga blog bisa bertahan untuk jangka waktu yang panjang. Niche yang tepat juga akan menghasilkan uang dengan lebih cepat.

2. Pilih Nama Domain

nama domain

Nama domain juga akan menentukan identitas blog. Cara terbaik untuk memilih nama domain adalah dengan memastikan bahwa namanya sesuai dengan niche yang dipilih. Misal, jika membuat blog tentang produk fashion, pasti akan memilih nama yang bisa menjelaskan isi blog secara keseluruhan seperti www.mydailyfashion.com. Nama domain dengan keyword yang paling banyak dicari juga akan membantu meningkatkan peringkat blog di mesin pencari. Jangan lupa untuk meluangkan waktu dan memberikan usaha demi memilih nama domain. Jika bingung, bids menggunakan generator nama domain yang tersedia sebagai referensi ide nama domain.

3. Buat Blog di Platform Terbaik

wordpress

Untuk membuat blog, tentu juga harus menyiapkan dua hal utama yaitu web hosting dan platform blogging. Ada beberapa jenis hosting yang bisa dipilih, bagi yang baru pertama kali membuat blog, disarankan untuk menggunakan layanan shared hosting, karena layanan shared hosting adalah yang paling ramah untuk pemula. Blog berkualitas berawal dari platform blog yang berkualitas pula. Ada banyak platform blog yang bisa digunakan, yaitu Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, hingga WordPress. Platform blog mana yang terbaik untuk Anda? Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, disarankan untuk menggunakan WordPress, karena WordPress merupakan CMS (Sistem Manajemen Konten) terpopuler yang lumayan sulit untuk dipelajari tetapi menawarkan fungsionalitas yang begitu luas. Adapun kelebihan WordPress, yaitu bisa digunakan secara gratis, cocok digunakan oleh siapa saja, baik pemula ataupun tingkat mahir, dan blog yang dihasilkan WordPress berkualitas tinggi.

Baca juga : Cara Kerja dan Pentingnya Sales Funnel dalam Bisnis

4. Buat Konten yang Bermanfaat dan Menarik

strategi konten marketing

Buatlah konten yang bermanfaat dan menarik. Konten bisa dikatakan bermanfaat ketika pembaca mendapatkan solusi melalui apa yang ditulis. Ketika pembaca mencari sebuah kata kunci di Google, yang mereka inginkan adalah jawaban yang bisa menyelesaikan masalah mereka. Website juga harus bisa memenangkan persaingan dengan kompetitor, dimana banyak website dan blog yang membahas satu topik yang sama. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat konten blog jadi menarik. Misal, ambil sudut pandang yang unik, satu topik bisa dibahas dengan berbagai sudut pandang. Usahakan ambil sudut pandang unik yang belum digunakan blog atau website lain. Kemudian, buat judul yang kreatif, karena judul adalah hal yang pertama yang dilihat pembaca. Pastikan judul artikel kreatif dan menarik. Selanjutnya, tambahkan media visual, karena artikel yang berisi tulisan saja akan membosankan. Maka, tambahkan gambar, foto, ilustrasi, infografik, atau video. Kemudian, Agar pembaca tetap merasa terlibat, maka jaga kualitas dan kuantitas posting blog.  Hal tersebut memang agak rumit. Maka, berikut tips agar berhasil membuat konten yang menarik:

  • Cari inspirasi – cari tahu tentang artikel seperti apa yang berhasil dari sisi pesaing, dan cobalah untuk membuat posting dengan wawasan yang lebih baik.
  • Cari tahu format mana yang paling berhasil – misal, cobalah membuat posting seperti “Cara Melakukan Sesuatu dalam X Menit”. Melibatkan judul dan konten yang terstruktur dengan baik sangat lah penting.
  • Susun struktur tulisan dengan benar – jangan membuat kesalahan tata bahasa, sejajarkan subtitle dan paragraf, jangan menulis kalimat yang panjang, dan sebagainya.
  • Gunakan alat bantu visual yang menyenangkan – gambar dan video yang indah dapat dengan mudah menarik lebih banyak pembaca
  • Selalu mengoreksi – lihat kembali tulisa, atau mencari bantuan lain untuk mengecek tulisan

5. Libatkan Pembaca Website

libatkan pembaca

Pembaca lah yang memutuskan apakah blog layak atau tudak. Maka, buatlah pembaca merasa dianggap. Buat mereka lebih aktif dengan menambahkan ‘call-to-action‘ ke dalam postingan,  misal, ajak pengunjung untuk memberikan komentar, untuk memberi kesempatan bagi pemilik situs agar terlibat dengan pengunjung blog dengan cara membalas komentar mereka atau menyelesaikan masalah yang mereka miliki. Atau busa juga dengan membuat artikel opini, karena mungkin beberapa pembaca tidak setuju dengan pandangan penulis. Maka, pintu diskusi akan terbuka, dan membuka peluang luas untuk keterlibatan audiens.

6. Mendapatkan Trafik Organik dengan SEO

seo optimization

Pengunjung blog berasal dari banyak sumber. Salah satu sumber terbesarnya adalah pencarian Google. Maka, untuk menjaring banyak pembaca dari Google harus memiliki SEO yang berkualitas. SEO (Search Engine Optimization) yang merupakan praktik yang digunakan untuk membuat situs web muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari. Konten yang ditulis harus muncul setidaknya di halaman pertama hasil pencarian Google agar lebih mudah ditemukan calon pembaca. Bahkan dengan kualitas SEO yang baik, konten bisa mendapatkan trafik yang tinggi dan menduduki peringkat pertama Google. Semakin banyak traffic yang dimiliki, semakin cepat juga menghasilkan uang dari blog. Banyak blogger yang telah melakukan beberapa metode dalam menarik lebih banyak pembaca. Google memiliki algoritme sendiri yang mengatur situs mana yang pantas berada di urutan teratas dalam daftar. Meskipun tidak ada yang tahu bagaimana cara kerjanya, berikut beberapa faktor yang dapat membantu konten agare berada di peringkat yang lebih baik.

  • Kinerja situs, seberapa cepat loadingsitus, apakah gambar dioptimalkan dengan benar, dll
  • Kualitas konten, panjang artikel, panjang setiap kalimat dan paragraf, dll.
  • Distribusi kata kunci, kepadatan kata kunci, apakah menggunakan kata kunci yang paling dicari, dll.
  • Struktur situs, memiliki situs yang terstruktur dengan baik dapat membantu crawler menemukan semua informasi di blog, terutama jika memiliki sitemap.
  • Link, ketika ada banyak situs relevan yang memuat link sebuah blog, mesin pencari akan menganggapnya sebagai pertanda baik dan akan meningkatkan peringkat blog tersebut.

Baca juga : Ide Bisnis untuk Milenial dan Gen Z yang Menguntungkan

7. Iklan Berbayar

google ads

Jika cara organik SEO tidak memberi peningkatan traffic yang dibutuhkan, solusinya bisa dengan menggunakan iklan berbayar, dapat menjalankan kampanye PPC (bayar per klik) yang menghasilkan banyak pengunjung ke blog. Berikut beberapa layanan iklan populer yang dapat dipilih:

  • Google Ads – dapat meningkatkan peringkat di Google dengan segera melalui program iklan.
  • Iklan Berbayar Facebook – dengan begitu banyak orang di Facebook, maka dapat memanfaatkan media sosial ini menjadi sumber traffic.
  • Bing Ads – Buat blog muncul di Bing, Yahoo!, sekaligus AOL!
  • BlogAds– layanan iklan ini memungkinkan untuk menargetkan audiens target tertentu dan menampilkan iklan di beragam jaringan (blog dan situs web)

8. Giveaway

giveaway

Banyak orang yang menyukai gratisan! Maka, berikan audiens beberapa hadiah kecil agar mereka akan mulai berdatangan ke blog. Giveaway adalah pemberian hadiah sebagai imbalan untuk kuis yang diberikan kepada pengunjung situs, baik dengan mempromosikan blog, bergabung dengan buletin email mereka, dll. Waktu terbaik untuk giveaway adalah saat liburan, seperti Natal atau Lebaran misalnya. Gunakan moment tersebut sebagai tema giveaway, pilih hadiah yang cocok, tetapkan beberapa aturan, dan umumkan di media sosial. Kemudian pilih pemenang. Cukup mudah dilakukan, namun akan membutuhkan biaya untuk membeli hadiah. Pertimbangkan faktor-faktor ini untuk memaksimalkan trafik yang akan didapatkan dari giveaway yang dibuat:

  • Hanya berikan barang yang terkait dengan niche, agar tidak membingungkan audiens. Jangan sampai memberikan hadiah konsol game di blog makanan!
  • Nilai adalah raja. Pastikan mereka sepadan dengan usaha yang dikerahkan. Barang-barang yang murah tidak akan menjaring banyak peminat.
  • Jangan membuat terlalu banyak aturan. Beberapa audiens mungkin kehilangan minat begitu melihat daftar panjang tentang apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan hadiah.
  • Terus promosikan! Karena blog baru mungkin belum memiliki banyak pembaca. Pemilik situs, harus melangkah lebih jauh dalam mengumumkan kontes. Bisa dengan mengunakan tagar yang tepat, membagikan info kontes di forum dan direktori kontes, memberi tahu teman untuk membantu mengumumkannya, dll

Giveaway adalah cara jitu untuk mendapatkan trafik dalam kecepatan sangat tinggi. Giveaway membuka cara untuk lebih banyak terlibat dengan audiens. Mungkin saja peserta giveaway akan pergi begitu saja setelah event selesai. Namun, untuk memastikan hal itu tidak terjadi. Lakukan follow-up, buat konten yang hebat, lebih banyak terlibat dengan pengunjung, dll.

Baca juga : Value Proposition untuk Meningkatkan Pelanggan yang Loyal

9. Promosikan Blog di Media Sosial dan Jaga Kepercayaan Pembaca

media sosial

Media sosial adalah media lain yang berpotensi menjadi sumber pengunjung blog, yang bisa menjangkau lebih banyak calon pembaca blog. Ada berbagai macam media sosial yang bisa dimanfaatkan, mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Kaskus, dan masih banyak lagi. Selain itu, jaga kepercayaan pembaca dengan menampilkan konten yang menarik dan berkualitas. Memulai blog yang berkualitas bukan hal mudah. Dan mempertahankan kualitas tersebut adalah hal yang lebih sulit lagi. Namun, bukan berarti mustahil untuk dilakukan, jaga konsistensi kualitas blog untuk tetap mendapatkan kepercayaan dari pembaca. Selalu mintai feedback, kritik, dan saran dari pembaca agar bisa memahami apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan di blog. Maka, pembaca akan semakin setia dengan blog. dan bukan tidak mungkin mereka akan dengan sukarela membagikan blog kepada teman-temannya.

10. Tentukan Cara Monetasi Blog

monetasi blog

Setelah membuat blog yang berkualitas, Anda sekarang bisa mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Karena tanpa blog yang berkualitas, maka tidak bisa mendapatkan uang dari blog. Jadi, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah sebelumnya terlebih dahulu. Kini saatnya mempelajari bagaimana menghasilkan uang dari blog yang sudah dibuat. Terdapat banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog. Bisa pilih salah satu atau beberapa cara berikut:

  • Google AdSense
  • Endorsement
  • Konten yang di Sponsori
  • Affiliasi
  • Membership
  • Produk Digital
  • Podcast Advertising
  • Tutor online
  • Penulis lepas, dll

Baca juga : Contoh Perusahaan yang Menawarkan Value Proposition dengan Tepat

Contoh Blogger Sukses

Menghasilkan uang dari blog bukanlah barang baru. Sudah banyak orang yang mempraktikkannya, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Berikut tiga contoh blogger yang sukses menghasilkan uang dari blog:

1. Diana Rikasari

Diana Rikasari, seorang fashion blogger ternama, tidak fokus hanya pada satu cara monetasi blog. Melalui blog, ia bisa menghasilkan uang dengan banyak cara. Beberapa di antaranya yaitu dengan menjadi brand ambassador produk (endorsement), menulis buku, dan membangun fashion brand. Menjadi fashion blogger yang unik mengantarkannya menjadi brand ambassador beberapa produk ternama seperti Sony Xperia. Ia juga menerbitkan buku berjudul #88 Love Life yang berhasil menjadi best seller. Selain itu, Diana juga menjual produk fashion buatannya, ia telah mengelurkan dua fashion brand, yaitu UP dan Schmiley Mo. Ia meletakkan link website fashion brand-nya di blog agar pengunjung blognya bisa dengan mudah membeli produk-produknya. Menghasilkan Uang dari Blog Ala Diana Rikasari:

  • Mengukuhkan diri sebagai ahli di bidangnya (fashion)
  • Membuat konten yang personal
  • Pintar mencari peluang menghasilkan uang dengan banyak cara

2. KelasWebsite

KelasWebsite sudah membuktikan bahwa mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan bukan hal yang mustahil. Willya Randika, pemilik blog, memutuskan untuk mengisi blognya dengan konten yang sangat spesifik, yaitu panduan membuat website/blog. Dengan membuat konten spesifik, ia lebih mudah untuk meyakinkan pembaca bahwa ia memang ahli di topik tersebut. Ketika orang sudah mulai percaya bahwa Anda seorang ahli di bidangnya, akan lebih mudah untuk merekomendasikan produk atau jasa kepada mereka. Dan hal inilah yang dilakukan KelasWebsite. Salah satu metode monetasi blog yang dilakukannya adalah memanfaatkan afiliasi. KelasWebsite sudah dipercaya sebagai ahli membuat website sehingga lebih mudah mengajak pembacanya untuk membli produk hosting yang bekerjasama dengannya. Menghasilkan Uang dari Blog Ala KelasWebsite:

  • Membuat konten yang spesifik
  • Mendapatkan kepercayaan pembaca sebagai ahli di topik membuat website/blog
  • Mendapatkan uang dari blog dengan cara afiliasi

Baca juga : Memahami Tentang Pengertian Dan Perkembangan Komputer Generasi Kelima

3. AnakJajan

Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan. Bisa juga mendapatkan uang dari blog melalui review makanan dan tempat wisata. Hal yang menarik dari blog AnakJajan adalah variasi review kuliner dan tempat wisata yang disediakan. Pengunjung web bisa menemukan review kuliner dan tempat wisata dari berbagai negara. Dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Spanyol, Inggris, China, Dubai, hingga Selandia Baru, semuanya ada. Dengan konten yang beragam, blog ini berhasil membangun citra sebagai sumber referensi kuliner dan tempat wisata yang lengkap, serta foto dan ulasan yang disajikan pun berkualitas tinggi. Jadi pembaca akan benar-benar puas dengan membacanya. Cara monetasi yang digunakan AnakJajan ada dua cara, yaitu partnership dan AdSense. AnakJajan menyediakan satu menu khusus Partnership untuk memudahkan orang untuk bekerjasama. Di blognya juga tampak iklan-iklan dari Google AdSense yang bisa menjadi sumber penghasilan blog. Menghasilkan Uang dari Blog Ala AnakJajan:

  • Membuat konten yang lengkap dengan kualitas foto dan ulasan yang baik
  • Menyediakan menu khusus untuk partnership
  • Memanfaatkan Google AdSense

Tiga contoh blogger di atas menggunakan cara yang berbeda untuk mendapatkan uang dari blog. Namun ketiga contoh tersebut juga memiliki kesamaan, yaitu mereka konsisten dengan topik yang digeluti. Dimana konsistensi ini penting untuk membangun kepercayaan pembaca. Misal, Diana Rikasari selalu membahas soal fashion dan lifestyle di blognya. Begitu juga dengan AnakJajan yang konsisten membahas soal kuliner. Kunci pertama dalam menghasilkan uang dari blog adalah konsistensi! Kedua, persamaan pada fokus membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat. Tiga blogger di atas mustahil bisa sukses mendapatkan uang dari blog jika tidak membuat konten yang bermanfaat dan berkualitas. Mereka juga sama-sama membutuhkan proses panjang untuk sampai akhirnya bisa menghasilkan uang dari blog. Mereka perlu membangun reputasi, membuat konten berkualitas, dan menentukan cara monetasi terbaik. Jadi setiap blogger memang harus siap menempuh proses yang panjang untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

Baca juga : Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal di Masa Pandemi

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂