Strategi Promo Untuk Menarik Pelanggan Menjelang Lebaran

Bulan Ramadan merupakan sebuah momen penting bagi para pelaku bisnis karena perilaku konsumtif orang-orang. Maka, momen ini dapat dimanfaatkan untuk lebih giat dalam melakukan pemasaran produk sehingga omzet penjualan dapat meningkat drastis. Berikut Beberapa strategi yang harus dipersiapkan menjelang Lebaran untk menarik pelanggan :

1. Menata Ulang Tampilan Produk di Toko Online

marketplace

Lakukan penataan ulang tampilan produk di website toko online maupun di marketplace yang digunakan untuk berjualan. Menata ulang tampilan produk berarti mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan penampilan produk, seperti foto produk yang digunakan dan tata letak produk. Jika produk masih menggunakan foto yang kurang berkualitas atau kurang menarik, maka sudah saatnya untuk diganti. Manfaatkan jasa para profesional untuk menangani hal ini jika tidak memiliki kemampuan di bidang fotografi. Tata letak produk juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Tampilkan produk-produk unggulan di bagian letak paling utama atau featured products agar produk tersebut bisa dengan mudah dilihat oleh pengunjung.

2. Isi Deskripsi Produk dengan Jelas

Siapkan deskripsi produk dengan lengkap dan jelas, karena setiap konsumen ingin mengetahui informasi suatu produk dengan detail sebelum membelinya. Sajikan beberapa informasi yang menunjukkan kelebihan produk, atau alasan mengapa produk layak dibeli. Jika konsumen tidak dapat menemukan apa yang mereka cari pada deskripsi produk, dan mereka menemukan itu di deskripsi produk pesaing, bukan tidak mungkin mereka akan memilih dan membeli produk pesaing tersebut.

3. Strategi Pemberian Promo atau Potongan harga

discount

Starategi pemberian diskon atau potongan harga merupakan salah satu praktek bisnis yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis. Dengan pemberian harga khusus, dapat mempengaruhi psikologi. Apabila strategi terencana, maka diskon atau penawaran khusus dapat menarik pelanggan baru dan mempermudah pelaku bisnis dalam meningkatkan omzet. Sebelum menerapkan sistem diskon harga produk atau memberikan promo lebaran, rencanakan dan periksa struktur harga produk dahulu. Yang bertujuan untuk memastikan agar margin keuntungan tetap seimbang bahkan dapat meningkat dari bulan-bulan sebelumnya.

Baca juga : Strategi Pemasaran 4P dan Contoh Penerapannya Pada UKM

Jenis-Jenis Promo Lebaran

  1. Kupon Belanja

Kupon belanja dapat diberikan jika konsumen telah melakukan pembelian dalam jumlah tertentu atau telah mengikuti event promo yang berhadiah kupon belanja. Pada umumnya untuk bisa memperoleh kupon belanja ada syarat khusus yang ditetapkan, seperti misalnya pembelian dalam jumlah tertentu atau mengikuti event promo yang berhadiah kupon belanja.

  1. Buy One Get One Free

Promo ini bertujuan untuk memberikan value tambahan pada pelanggan. Tidak hanya bisa memberikan satu produk yang sama untuk satu atau beberapa pembelian, namun juga bisa mengeluarkan produk yang kurang laku sebagai produk gratisnya. Memberikan produk gratis untuk sebuah pembelian juga strategi yang tepat untuk memberikan value tambahan pada pelanggan. Pemilik bisnis tidak hanya bisa memberikan satu produk yang sama untuk satu atau beberapa pembelian tapi juga bisa mengeluarkan produk yang kurang laku sebagai produk gratisnya.

  1. Pemberian Harga Khusus

Seperti misalnya harga Rp 99.990 Cara pemberian harga ini bukan memiliki efek psikologis terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Meskipun sebuah produk berharga Rp 99.990, konsumen akan beranggapan bahwa harga tersebut masih lebih murah dari Rp100.000. Cara pemberian harga ini dilakukan karena harga ini memiliki efek pisikologis terhadap keputusan pembelian customer. Meskipun sebuah produk berharga Rp Rp 9.990 mereka masih beranggapan harga tersebut masih lebih murah dari Rp 10.000. Ini terjadi karena melibatkan cara otak yang  mengodekan nilai-nilai numerik. Otak mengodekan nomor begitu cepat (dan di luar kesadaran) bahwa sudah membuat sebuah sandi nomor sebelum kita selesai membacanya.

  1. Diskon Presentase

Diskon presentase ini dapat diberikan antara 5% sampai 10% atau dapat juga diberikan yang lebih besar antara 20% sampai 25% untuk mendorong penjualan. Cara ini paling populer digunakan untuk memberikan diskon.

  1. Promo Cuci Gudang

Promo ini bertujuan untuk menghabiskan produk yang ada di gudang. Hal ini dilakukan untuk menutup akhir tahun atau pada saat penjualan mengalami penurunan. Pemberian diskon antara 50% sampai 70% ditetapkan untuk produk-produk pada saat promo cuci gudang ini.

  1. Promo Gratis Ongkir

Biaya pengiriman sering sekali menjadi salah satu alasan terbesar mengapa pelanggan tidak jadi melakukan pembelian. Mahalnya biaya pengiriman dari pada harga produk sama saja seperti konsumen membeli 1 produk dengan harga 2 produk. Maka, tidak heran jika banyak calon konsumen yang memutuskan untuk meninggalkan keranjang belanja sebelum proses transaksi karena melihat total pembayaran. Untuk memecahkan masalah tersebut, strategi pemberian gratis dapat dilakukan untuk mendorong minat pembeli. Jenis promosi ini sering menggunakan minimal jumlah order untuk meningkatkan nilai pesanan dalam sekali pemesanan.

Baca juga : Strategi Pemasaran 4P dan Contoh Penerapannya Pada UKM

Tahapan dalam Menentukan Promo Lebaran

selling skill

Menjelang Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk memberikan promo. Lebaran, natal dan tahun baru adalah hari-hari libur besar yang sering dimanfaatkan oleh pebisnis untuk memberikan promosi. Dalam pemberian promo Lebaran, ada tahapan yang harus dilakukan, yaitu:

1. Mengamati perilaku konsumen saat menjelang Lebaran

Pada umumnya, konsumen akan melakukan pembelian lebih banyak dari biasanya pada saat menjelang Lebaran. Maka hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan omset dan penjualan bagi bisnis atau usaha menjelang lebaran. Karena tersedianya Tunjangan Hari Raya (THR), para konsumen cenderung lebih tidak mempermasalahkan mengenai harga. Di sinilah para pelaku bisnis akan berusaha untuk meningkatkan layanan dan kualitas produk yang ditawarkan.

2. Membuat konten promosi yang menarik

Membuat konten promosi merupakan salah satu cara menghormati umat beragama Islam. Buatlah konten promosi yang menarik, yang didalamnya menceritakan suasana bulan Ramadhan dan nuansa menyambut hari Lebaran. Seperti membuat konten dengan menambahkan bulan sabit yangmerupakan salah satu simbol dari umat muslim, lentera yang bermakna sebagai pencerahan, kaligrafi berbahasa Arab dan background berwarna hijau serta masih banyak lagi.

3. Mengatur waktu dalam melakukan promosi secara online

Ada beberapa waktu tertentu, dimana konsumen akan lebih banyak mengakses internet selama bulan Ramadhan, yaitu pada saat menjelang buka puasa, pada waktu sahur, dan pada siang hari Lakukan promosi secara online pada waktu-waktu tersebut. Waktu istirahat saat jam kerja juga merupakan waktu yang cukup lama untuk mengakses internet. Yang biasanya waktu istirahat digunakan untuk makan siang, pada bulan Ramadhan mereka mengisinya dengan kegiatan lain seperti mengakses internet.

4. Melakukan promosi secara online dan offline

Sosial media tidak hanya untuk memperkenalkan produk saja, namun juga bisa untuk memberikan informasi terkait pemberian promo Lebaran yang harus disajikan dengan tampilan yang menarik. Agar informasi lebih mudah sampai kepada calon konsumen. Pemasaran produk juga dapat dilakukan secara offline dalam bentuk penyebaran brosur, pemasangan spanduk atau baliho, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan jenis strategi pemasaran yang beragam, berati sudah memperkenalkan produk kepada para konsumen secara lebih luas. Maka, akan lebih banyak produk yang terjual.

Langkah Perencanaan Strategi Harga Promo Lebaran

promosi

  1. Mengidentifikasi margin keuntungan, break-even pointdan mark-up harga yang masuk akal.
  2. Menentukan jenis penawaran yang ingin diberikan (kupon, buy one get one free, potongan harga, cuci gudang dan lainnya).
  3. Mencari tahu apa yang dilakukan kompetitor, termasuk diskon dan promosi yang sedang mereka terapkan.

Pemberian promo Lebaran dapat berdampak baik untuk bisnis, yaitu untuk meningkatkan keuntungan saja, dan dapat menarik pelanggan baru dan menumbuhkan interaksi antara bisnis dengan konsumen loyal. Namun promosi harus disampaikan dengan cara yang tepat, karena itu merupakan kunci sukses dalam pemberian penawaran khusus. Pahami cara membuat kata-kata promosi yang mampu menarik perhatian calon konsumen. Dengan meningkatnya omzet penjualan, laporan keuangan harus tetap diperhatikan dan dikelola dengan baik. Karena merupakan faktor penentu untuk kelangsungan dan kesuksesan bisnis.

Langkah perencanaan diskon dan strategi harga untuk menarik minat pembeli

  • Identifikasi margin keuntungan, break-even point dan markup harga yang masuk akal
  • Tentukan jenis penawaran yang ingin Anda berikan. Terdapat macam-macam diskon yang bisa Anda tetapkan, yaitu kupon, buy one get one free, potongan harga, cuci gudang dan diskon kartu kredit. Tetapkan salah satu jenis diskon ini pada produk Anda.
  • Cari tahu apa yang dilakukan kompetitor Anda termasuk diskon dan promosi yang mereka terapkan.
  • Mengidentifikasi kapan waktu yang tepat selama setahun yang biasanya berpotensi mendatangkan banyak pelanggan seperti hari libur panjang, hari raya dan momen lainnya.

Baca juga : Tips Meningkatkan Omzet Bisnis Busana Muslim Jelang Lebaran  

Strategi Yang Harus Diketahui Dalam Membuat Penawaran Khusus

1. Tahu Kapan Memberikan Promo Diskon

waktu promo

Memilih waktu yang tepat untuk memberikan promo diskon. Bisa membuat promo akhir bulan, akhir tahun, promo mingguan, liburan, bahkan promo hari raya. Lebaran, natal dan tahun baru adalah hari-hari libur besar yang sering kali dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk memberikan promosi. Tetapkan salah satu bentuk penawaran untuk diterapkan pada hari-hari libur besar nasional tersebut. Diskon juga bisa diberikan dengan berbagai cara, seperti dengan berlangganan, menjadi member, penawaran softlaunching, diskon berdasarkan banyaknya pembelian, dan sebagainya. Agar diskon yang diberikan tidak mengurangi keuntungan, maka adakan diskon special.

2. Infokan Promo Diskon di Sosial Media

 

Pengaruh sosial media untuk bisnis sangat besar. Fungsinya yaitu untuk memperkenalkan produk dan juga bisa untuk memberikan penawaran khusus atau diskon. Berikan diskon pada pengunjung website dan customer yang sudah ada. Tapi dengan syarat mereka harus share website atau akun sosial media dan produk yang ditawarkan di sosial media mereka.

3. Diskon untuk Target Audience Tertentu dan Diberikan Diskon Terbatas

Strategi diskon dengan menargetkan audience juga bisa lakukan. Contohnya diskon 20% untuk pengguna kartu kredit/debit bank tertentu atau diskon untuk customer loyal. Memberikan reward bagi pelanggan yang loyal tidak akan ada ruginya. Ini bisa menumbuhkan kesetiaan pelanggan dengan produk maupun brand Anda. Salah satu cara melakukan pemberian diskon sesuai target audience bisa dengan mengirimkan email pada pelanggan atau melalui pesan pribadi.

Cara promosi dengan diskon terbatas juga bisa  memberikan sense of urgency yang kuat. Seolah pelanggan hanya diberikan pilihan “dapatkan sekarang atau tidak sama sekali”. Contohnya dengan memberikan promo potongan harga hanya untuk 100 pelanggan pertama atau promo hanya untuk beberapa hari.

4. Tawarkan Diskon dengan Referrals Offers dan Biaya Pengiriman Gratis

Referral Offers adalah promosi untuk pelanggan baru yang menggunakan atau membeli produk dengan referensi orang lain. Referrals offers bisanya berupa kode potongan harga atau voucher belanja. Cara ini bisa digunakan untuk mendorong para konsumen untuk memberikan referensi. Berikan diskon, baik itu untuk otang yang mengenalkan toko maupun kepada pengunjung yang mendapatkan referensi dari pelanggan atau memberikan keduanya.

Sedangkan dengan adanya biaya pengiriman akan menjadi alasan mengapa pelanggan tidak jadi membeli. Untuk menarik pelanggan, bisa dengan menggunakan strategi gratis biaya pengiriman produk. Dengan menggunakan minimal jumlah order untuk meningkatkan nilai pemesanan dalam sekali pesan. Jika produk memiliki kualitas yang bagus, kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan setia nantinya. Ini berhubungan dengan Custiomer Lifetime Value (CLTV), yang merupakan periode di mana customer melakukan pembelian dalam jangka panjang. Pelaku bisnis tentu menginginkan ini, maka dengan memberikan free ongkir bisa menumbuhkan customer lifetime value yang lebih lama.

5. Pahami teknik Copywriting

Kunci suksesnya pemberian penawaran khusus yaitu dengan menyampaikan promosi dengan tepat. Jangan hanya memilih teknik yang tepat untuk promosi, namun gagal karena cara penyamapaian promosi yang terlalu berbelit sehingga pelanggan enggan mengggunakan promo yang diberikan. Pahami cara membuat kata-kata promosi yang mampu menarik perhatian pelanggan.

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂

 

×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp!

× Bantuan