Strategi Pemasaran 4P
Pengertian Strategi Pemasaran 4P
Strategi pemasaran 4P merupakan kumpulan alat pemasaran taktis yang terdiri dari product (produk), price(harga), place(tepat) dan promotion (promosi) yang dipadukan agar menghasilkan respon yang diinginkan di pasar. Salah satu tujuan dari marketing adalah memastikan agar produk atau jasa yang dibuat oleh perusahaan dikenal masyarakat sehingga nantinya perusahaan dapat mendapatkan laba dari penjualannya. Maka tidak aneh saat sebuah perusahaan rela mengeluarkan banyak biaya untuk membuat strategi pemasaran yang tidak hanya untuk perusahaan besar saja. Perusahaan kecil juga harus memilikinya, contohnya seperti bauran pemasaran 4P. Istilah strategi pemasaran 4P (Marketing Mix 4P) merupakan dasar yang harus dijadikan patokan awal, saat hendak menjalankan bisnis. Khususnya bagi para pelaku usaha kecil menengah atau UKM yang semakin hari semakin merangkak naik jumlahnya di Indonesia.
Faktor apa yang menentukan bauran pemasaran?
Setiap perusahaan yang berniat untuk menemukan penawaran yang tepat untuk produk mereka perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum mulai melakukannya. Bauran pemasaran untuk setiap produk akan ditentukan oleh dua faktor yaitu.
1. Faktor internal
Ini mencakup faktor-faktor yang ada di dalam organisasi atau yang berkaitan dengan suasana dalam perusahaan. Faktor internal utamanya adalah:
- Sifat produk
- Tahapan produk dalam siklus hidupnya secara keseluruhan
- Ketersediaan dana
- Tujuan perusahaan
2. Faktor eksternal
Faktor Eksternal berkaitan dengan faktor di luar organisasi. Mereka mencakup aspek-aspek berikut:
- Tingkat persaingan
- Efisiensi saluran
- Perilaku membeli konsumen
- Kontrol dari sisi pemerintah
Elemen dari Strategi Pemasaran 4P
Setiap elemen strategi saling memperkuat dan sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis terutama UKM. Konsep strategi pemasaran 4P termasuk dalam materi yang dipelajari pertama kali di setiap pelajaran tentang marketing atau pemasaran. Namun, di era digital yang membuat bisnis tak mengenal batas ini, strategi harus lebih jitu dan tepat sasaran. Strategi pemasaran 4P (Marketing Mix 4P) merupakan kumpulan alat pemasaran taktis yang terdiri dari:
- Product(produk)
- Price(harga)
- Place(tepat)
- Promotion(promosi)
Keempat komponen atau variable ini dipadukan agar menghasilkan respon yang diinginkan di pasar. Berikut Pejelasan dari elemen Strategi Pemasaran 4P:
1. Product (Produk)
Produk adalah jantung dari bauran pemasaran. Semua aktivitas pemasaran dimulai dengan produk. Produk bukanlah entitas fisik saja; itu menangkap seluruh aspek berwujud dan tidak berwujud seperti layanan, kepribadian, organisasi, dan ide. Tanpa suatu produk, kita tidak memiliki harga, promosi atau tempat. Karenanya, dari semua 4 P, Produknya adalah P yang paling elemental. Di sini, penting untuk memahami hubunngan tentang produk dan bauran pemasaran. Bauran produk adalah seluruh rangkaian produk yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggannya. Keputusan mengenai bauran produk akan bergantung pada banyak faktor seperti:
- Rancangan
- Fitur
- Nama merk
- Variasi produk
- Kualitas
- Jasa
- Pengemasan, pengembalian, dll.
2. Price (Harga)
Harga adalah nilai moneter yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh atau memiliki produk suatu perusahaan. Ini adalah komponen penghasil pendapatan yang penting bagi perusahaan. Keputusan penetapan harga harus diambil dengan sangat hati-hati, karena ini adalah pedang bermata dua. Jika produk dihargai terlalu tinggi, mungkin akan memberikan kesan berkualitas tinggi. Pada saat yang sama, ini akan membuat produk ditempatkan di toko terbatas dan pemasar harus tahu seni menggunakan penetapan harga yang tepat Keputusan bauran harga perlu mempertimbangkan variabel pemasaran berikut ini:
- Metode penetapan harga; kebijakan; strategi
- Benefit
- Diskon, rabat
- Periode pembayaran
- Kebijakan kredit
Strategi penetapan harga bisnis harus selaras dengan tujuan keseluruhan organisasi agar dapat berbaur dengan lancar. Apakah ingin penetrasi pasar atau membaca sepintas semua ini tergantung pada strategi penetapan hargaa.
3. Promotion (Promosi)
Strategi pemasaran ini bertujuan untuk melayani dua tujuan. Pertama, memberi tahu calon pelanggan tentang produk dan kedua, membujuk mereka untuk membeli produk. strategi promosi dengan demikian akan mencakup berbagai cara yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan target konsumen. Bauran promosi yang efektif akan memastikan penjualan yang baik dan pemasar harus berusaha untuk menciptakan lingkungan yang kondusif. Elemen utama bauran promosi adalah:
- Periklanan
- Penjualan pribadi
- Hubungan Masyarakat
- Pemasaran langsung
- Publisitas -media sosial, cetak, dll.
- Promosi penjualan
4. Place (Tempat) atau Distribusi
Tempat atau distribusi fisik berkaitan dengan pengalihan kepemilikan produk dari produsen ke pelanggan. Margin keuntungan akan bergantung pada seberapa cepat dapat menyerahkan barang. Semakin cepat produk mencapai titik penjualan, semakin besar kemungkinan untuk memuaskan pelanggan dan meningkatkan loyalitas merek. Maka, faktor Tempat sangat penting dalam memastikan daya saing produk di pasar. Berikut elemen-elemen campuran distribusi:
- Saluran distribusi
- Keputusan pergudangan
- Penanganan produk
- Logistik
- Kontrol inventaris
- Proses pemesanan
- Cakupan
Pentingnya Strategi Pemasaran 4P
Menciptakan sinergi
Strategi pemasaran 4P: Produk, Harga, Promosi, Tempat, bila dikombinasikan dengan benar menciptakan koordinasi yang memberikan promosi yang tepat untuk produk.
Loyalitas dan nilai merek
Karena pendekatan ini berfokus pada kebutuhan pelanggan dan kepuasannya, produk tersebut akan menghasilkan loyalitas dan brand awareness yang baik di mata konsumen.
Untuk mendekatkan pelanggan
Fitur produk, harga, dan tempat berusaha untuk memperhitungkan harapan pelanggan. Aspek promosi memberikan apa yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan dan dengan demikian memposisikan produk dengan lebih baik. Nantinya, akan terjalin sebuah hubungan yang baik antara konsumen dan organisasi bisnis.
Memungkinkan integrasi yang tepat
Jika dalam perancangan strategi pemasaran 4P menggabungkan pemikiran kritis dan persepsi. Maka, produk akan menemukan ruang unik di benak pelanggan.
Panduan dalam mengambil keputusan yang tepat
Saling ketergantungan antar elemen akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan. Misalnya: jika harga produk tinggi, maka dalam aktivitas promosi harus menargetkan pelanggan dengan demografi yang memiliki penghasilan tinggi, dan desain produk harus berdasarkan kualitas. Saluran distribusi dan lokasi, dll. Juga akan dipandu oleh keputusan ini.
Volume penjualan lebih tinggi
Hasil dari semua upaya tersebut adalah kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan pangsa pasar yang lebih besar dengan peningkatan penjualan produk.
Manfaat Merealisasikan Strategi Pemasaran 4P
- Membantu memahami apa yang dapat ditawarkan produk atau layanan Anda kepada pelanggan Anda
- Membantu merencanakan penawaran produk yang sukses
- Membantu perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan bauran pemasaran yang efektif
- Membantu bisnis memanfaatkan kekuatan mereka dan menghindari biaya yang tidak perlu
- Membantu menjadi proaktif dalam menghadapi risiko
- Membantu menentukan apakah produk atau layanan Anda cocok untuk pelanggan Anda
- Membantu mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pelanggan
- Membantu mempelajari kapan dan bagaimana mempromosikan produk atau layanan Anda kepada pelanggan Anda.
Contoh Strategi Pemasaran 4P Pada UKM
Strategi pemasaran memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yang sudah kita kenal yakni strategi pemasaran 4P atau yang biasa disebut juga strategi marketing mix. Ada banyak sekali usaha atau jenis UKM di Indonesia. Strategi pemasaran 4P ini dapat diterapkan dalam berbagai jenis usaha. Contoh Penerapan Bauran Pemasaran, Strategi Pemasaran 4P
Pada Produk Makanan UKM Carica
Carica merupakan salah satu nama buah yang banyak tumbuh di dataran tinggi dieng. Buah carica adalah kelompok keluarga dari buah pepaya. Namun, buah carica hanya dapat tumbuh di daerah dataran tinggi yang memiliki suhu rendah sehingga sering disebut dengan pepaya gunung.
Perbedaan buah carica dan pepaya yaitu ukuran buah carica yang lebih kecil dari buah pepaya, selain itu rasa carica jika tidak diolah adalah pahit sementara pepaya manis. Carica ini banyak diolah dan dijual oleh para pelaku UKM di wonosobo dalam bentuk manisan.
Itulah deskripsi sedikit mengenai produk UKM buah carica, selanjutnya yaitu penerapannya dengan strategi pemasaran 4P yang tentunya dapat membantu dalam menjalankan bisnis.
Penjelasan Terkait Strategi Pemasaran 4P Produk Makanan Pada UKM
Kemudian untuk penjelasan tiap P yang ada di strategi pemasaran 4p dan contohnya adalah sebagai berikut. UKM Berkah Rizky (misalnya), memproduksi manisan carica dengan kemasan merek Carica Rizky. Cara pembuatan manisan carica yaitu pertama buah carica yang sudah matang dipetik kemudian dikupas menggunakan sarung tangan karena banyak getahnya, selanjutnya buah dipisahkan dari bijinya lalu direbus hingga mendidih dan diberikan gula kemudian carica dikemas.
Produk manisan carica yang sudah jadi, dikemas dalam dua variasi yaitu 350 gram dan 125 gram. Produk manisan carica mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks dan gula dan juga serat yang tinggi sehingga dapat memperlancar proses perencanaan. Buah carica juga mengandung karotin, vitamin C dan flafonoid yang membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu juga mengandung enzim papain, khimopapain, glicopeptidase serta lisosim yang bermanfaat mengatasi nyeri punggung.
Produk manisan carica ini menawarkan kelebihannya yang memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh dan juga pembuatannya yang tanpa menggunakan bahan pengawet, namun mampu bertahan lama. Adanya dua pilihan kemasan juga memudahkan konsumen untuk memilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Beberapa hal dapat dijadikan strategi pemasaran untuk meningkatkan konsumen, salah satunya adalah mengenai harga.
UKM Berkah Rizky mencantumkan harga dari produk manisan carica pada kemasannya. Harga manisan carica di pasaran sangat variatif sehingga dengan menerapkan harganya akan membuat konsumen lebih mudah membandingkan dengan kompetitor. Maka UKM Berkah Rizky juga harus menetapkan harga yang kompetitif. Apabila perusahaan akan menaikan harga kedepannya sebaiknya perusahaan juga memperhatikan persepsi konsumen. UKM Berkah Rizky memiliki tempat produksi yang berada di wonosobo dimana tempat bahan baku banyak tumbuh disana. Produk manisan carica sekarang telah menjadi produk atau oleh-oleh khas Wonosobo. Maka dapat memasarkannya di pusat toko oleh-oleh, toko-toko di tempat pariwisata, dan warung-warung sepanjang jalan jalur wisata selain di rumah produksinya tentunya. Sehingga akan sangat mudah produk manisan Carica Rizky ini ditemukan oleh konsumen.
Kemudian media yang digunakan untuk melakukan promosinya adalah poster, selebaran, spanduk, pamflet, social media, iklan di radio. Promosi dengan strategi pemasaran secaradigital pun dilakukan dan cukup efektif serta meningkatkan penjualan. Sehingga strategi promosi selanjutnya dapat berupa target seperti meningkatkan segmentasi konsumen dan juga meningkatkan jumlah pelanggan yang loyal mengingat produk manisan carica adalah produk oleh-oleh khas daerah wonosobo. Itulah cara menerapkan strategi pemasaran 4P dalam sebuah produk UKM.
Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.
Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂