Search
Close this search box.
situs PHP

Situs- Situs untuk Belajar PHP Sampai Mahir

Dengan menggunakan framework PHP, seorang pengembang web dapat menyelesaikan tugas yang tadinya sulit, rumit, membutuhkan waktu yang lama menjadi tugas yang mudah, sederhana, dan dapat diselesaikan dengan waktu yang singkat. Meskipun telah berumur hampir 20 tahun, kepopuleran PHP (Hypertext Preprocessor) tidak pernah luntur, karena banyaknya framework yang membantu serta mempermudah pekerjaan seorang pengembang aplikasi web, sebut saja Symfony, Zend, CodeIgniter, Yii Framework, dan tak lupa framework yang saat ini sedang naik daun di Indonesia, Laravel. Namun, agar dapat menggunakan framework PHP dengan baik, kita harus memahami dasar-dasar PHP itu sendiri, untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh setiap kode framework yang digunakan, sehingga apabila terjadi kesalahan dalam aplikasi yang dibuat, dapat dengan mudah mencari darimana sumber kesalahan tersebut. Apabila tidak memiliki pemahaman tentang PHP, akan sulit untuk mendeteksi kesalahan yang terjadi serta memahami cara kerja dari program yang dibuat.

Baca juga : Tools Untuk Mengecek Server Down

Pengertian PHP

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa penulisan skrip open-source yang biasanya digunakan dalam pemrograman atau pengembangan website. PHP sebenarnya mirip dengan JavaScript dan Python, bedanya PHP sering digunakan untuk komunikasi sisi server, sedangkan JavaScript bisa digunakan untuk frontend dan backend. Sedangkan Python hanya untuk sisi server (backend). Sebelum membahas apa itu PHP, pahami dulu tentang bahasa penulisan skrip atau scripting language.

Bahasa penulisan skrip merupakan bahasa yang mengotomatiskan eksekusi task (tugas) dalam environment runtime khusus. Tugas ini mencakup menginstruksikan halaman statis (dibuat dengan HTML dan CSS) untuk melakukan tindakan tertentu dengan aturan yang sudah ditetapkan. Contoh, menggunakan skrip untuk memvalidasi apakah semua kolom dalam sebuah form sudah diisi sebelum form dikirim kembali ke server. Skrip tersebut akan berjalan, lalu memeriksa semua kolom ketika user mengirimkan form. Jika ada kolom yang masih kosong, akan muncul teks peringatan untuk memberi tahu user tentangnya. Kegunaan lain bahasa skrip yang cukup umum adalah untuk menampilkan efek drop-down ketika kursor menyoroti menu utama, melakukan rollover tombol dan animasi, membuka kotak dialog, dan sebagainya.

Server-side (sisi server) dan Client-side (sisi klien)

Bahasa penulisan skrip bisa dijalankan di sisi klien (frontend) atau di sisi server (backend). Skrip sisi klien diproses oleh web browser. Saat web browser klien meminta halaman yang memuat skrip sisi klien, server akan merespons dengan mengirimkan source code (kode sumber) yang bisa dijalankan oleh browser. Bahasa penulisan skrip sisi server berarti skrip dijalankan di server sebelum dikirimkan ke browser. Jadi, bukannya langsung mengirimkan source code, web server akan mengurai (parse) kode lebih dulu dengan mengubahnya menjadi format HTML biasa. Maka, penulisan skrip sisi server memungkinkan para webmaster menyembunyikan kode sumbernya, sementara skrip sisi klien bisa dilihat dengan mudah oleh user klien.

Alasan Pentingnya Belajar PHP

1.Bahasa Pemrograman Populer

Nyatanya website sebesar Facebook, Slack, hingga Wikipedia dibangun dengan bahasa pemrograman PHP. Popularitas bahasa pemrograman PHP memang sudah melegenda berkat performa yang cukup baik. Jadi, jangan ragu untuk mulai belajar PHP dari sekarang.

2.Komunitas Besar

Dalam dunia teknologi peran komunitas sangat penting ketika akan mempelajari sebuah pemrograman. Adanya komunitas yang solid akan membantu saat mengalami masalah atau kendala yang sulit dipecahkan. Dengan bergabung di komunitas, maka hanya perlu mengajukan pertanyaan terkait masalah yang dihadapi. Bahasa pemrograman PHP sudah terbukti memiliki komunitas yang solid dan tersebar di berbagai bahasa, sehingga lebih mudah untuk dibaca.

3.Peluang Karir

Saat ini masih ada banyak perusahaan top global yang menggunakan website berbasis PHP. Maka, sampai beberapa tahun kedepan akan dibutuhkan banyak programer PHP untuk mengurus dan mengembangkan website agar tetap relevan di tengah perkembangan zaman. Dan karena banyaknya jumlah website yang menggunakan PHP, otomatis peluang berkarier sebagai programmer PHP akan terbuka lebar. Adanya perusahaan besar yang menggunakan PHP, seperti Facebook, WikiPedia dan Slack, membuktikan PHP memiliki performa yang cukup baik.

4.Fleksibel dan Mudah Digunakan

Ketika bicara soal proses pembuatan website, bahasa PHP relatif lebih mudah digunakan dibandingkan Java. Dengan mempelajari beberapa fungsi sederhana, maka akan terbantu dalam membangun sebuah website. Bahasa PHP juga tidak perlu di compile terlebih dahulu, sehingga program bisa langsung melakukan coding dan mengupload hasilnya ke server atau hosting agar bisa diakses melalui browser.

Baca juga : Memahami Jenis- Jenis Kode Error pada Website

Situs untuk Belajar PHP

1. W3Schools.com

W3Schools.com

W3Schools menyediakan tutorial untuk pemrograman website, salah satunya adalah PHP. Tercatat website W3schools sudah berdiri sejak bulan Maret 2000, jauh sebelum website populer di Indonesia. Untuk belajar PHP online melalui website ini, hanya perlu mengakses bagian halaman PHP. Pengunjung bisa bebas mempelajari materi dari dasar sampai expert. Adapun untuk materi belajar PHP, ada pengertian syntax, string, variabel, dan lain sebagainya. Pada bagian ini, akan mempelajari bagaimana melakukan koneksi dari PHP ke database. Dan setelah sesi materi dan praktek selesai, bisa menguji pemahaman dengan cara menjawab kuis dan pertanyaan yang tersedia.

2. Tizag.com

tizag.com

Tizag.com disediakan khusus bagi yang ingin belajar PHP dasar. Jika dilihat sekilas dari tampilan halaman depan, website ini tampak sangat sederhana dengan latar belakang warna dominan biru serta minim gambar. Meski begitu, Tizag memberikan tutorial bahasa PHP yang lumayan berguna bagi para pemula. Di dalamnya tersedia berbagai tutorial PHP, seperti cara menampilkan data dengan menggunakan variabel, cara menggunakan statement loop, dan if/else, cara menggunakan POST dan GET. Tujuan dari tutorial pada website tersebut adalah memberikan pemahan kepada user untuk dapat melakukan kustomisasi script PHP yang sudah didownload melalui link yang sudah tersedia di tizag.com.

3. Codeacademy.com

Codeacademy.com

Codeacademy memiliki fitur tutorial PHP yang cukup menarik. Pada setiap tahapan dari tutorial, terdapat fitur penjelasan, code editor, dan tampilan dari code yang dibuat. Dengan fitur-fitur tersebut, script pada tutorial PHP bisa dijalankan tanpa perlu menginstal webserver di localhost. Cukup dengan adanya koneksi internet dan web browser. Di situs ini juga dapat belajar PHP dasar mulai dari pengenalan sintaks, struktur percabangan, pengulangan, array, fungsi, sampai object oriented PHP secara interaktif. Kode-kode PHP yang dituliskan dibagian kode, akan muncul hasilnya secara otomatis dibagian preview. Fitur ini membantu untuk belajar sintaks PHP lebih cepat dengan hanya bermodalkan koneksi internet dan peramban web.

4. Learn-PHP.org

Learn-PHP.org

Learn PHP memberikan benefit dari kemajuan zaman untuk mendukung proses pembelajaran. Dengan hanya bermodal laptop, smartphone, atau PC yang terhubung ke Internet, sudah bisa belajar bahasa pemrograman PHP secara interaktif melalui situs ini. Karena code dapat dijalankan langsung, maka tidak memerlukan PHP yang terinstal di komputer. Hal ini akan lebih efisien ketika mempelajari PHP. Di situs ini juga bisa menjadi kontributor dengan memberikan tutorial untuk pengembangan situs yang lebih baik. Learn PHP memberikan paket belajar secara gratis tanpa perlu membayar biaya berlangganan sepeserpun. Fasilitas yang sangat jarang didapatkan akhir-akhir ini.

5. SoloLearn.com

SoloLearn.com

SoloLearn.com menyediakan fitur yang cukup menarik untuk mempelajari bahasa pemrograman, salah satunya adalah PHP. Situs ini sangat cocok bagi yang ingin mempelajari PHP baik melalui perangkat desktop maupun mobile, karena sudah tersedia aplikasi mobile (Android & iOS). Untuk bisa menggunakannya, perlu membuat akun terlebih dahulu, bisa menggunakan alamat email, akun Google atau Facebook. Seperti tagline nya “Learn Playing. Play Learning”, maka akan belajar sambil bermain melalui kuis interaktif yang tersedia tanpa merasa tertekan seperti ketika belajar secara formal. Pengguna terlebih dahulu harus mendaftar menggunakan alamat surel, untuk bisa bergabung dan menikmati fitur pembelajaran. Melalui website SoloLearn, akan diajak untuk belajar PHP dengan skema yang sangat menyenangkan.

6.Ilmuwebsite.com

Ilmuwebsite.com

Ilmuwebsite.com merupakan website belajar PHP untuk pemula yang menyediakan tutorial PHP dalam bentuk artikel dan ebook. Meskipun tidak memiliki fitur seperti website tutorial yang lain, situs ini sangat cocok bagi yang ingin belajar PHP online dari situs dengan tampilan bahasa Indonesia. Untuk jenis tutorial PHP yang disediakan pada website dan ebook, tersedia mulai dari tingkatan dasar sampai tingkat mahir. Ilmuwebsite.com merupakan website pembelajaran yang cukup dikenal karena materi belajar php nya, dan karena keterbatasan waktu membuat kontritbur situs ini tidak bisa melakukan sharing seperti sebelumnya. Namun ilmuwebsite masih terus mencoba agar kegiatan sharing belajar php, html, belajar jquery, cara membuat website dan lainnya menjadi semakin sering. Pada awalnya situs ini diurus oleh beberapa kontributor saja namun saat ini setiap orang dapat berkontribusi untuk menjadi penulis di situs ini dengan menulis artikel yang berkaitan dengan web developmentweb design, desain grafis , belajar php , html , belajar jquery, dan lain-lain. Situs ini juga pernah merilis ebook belajar PHP yang telah diunduh sebanyak lebih dari 250.000 kali berjudul Menyelam dan Menaklukan Samudra PHP.

7. Codecourse

Codecourse

Bagi yang suka belajar menggunakan media video, Codecourse adalah tempat yang tepat untuk memulai belajar PHP. Terdapat course gratis dan berbayar yang dapat dipilih. Dapat juga belajar PHP online dari channel Youtube Codecourse.Terdapat ratusan video belajar PHP dengan berbagai macam penerapan. Jika tertarik dengan bahasa pemrograman lainnya, Codecourse juga menyediakan video tutorial JavaScript, CSS, MySQL dan JQuery.

8. Udemy.com

udemy

Platform belajar online yang satu ini sudah sangat populer bagi orang-orang yang ingin meningkatkan skill dan keahlian di bidang apapun, termasuk bahasa pemrograman. Berbagai macam tutorial dapat ditemukan di Udemy. Dapat juga membeli video tutorial belajar coding PHP di website ini. Udemy menyediakan video belajar pemrograman PHP secara berbayar dan gratis. Untuk mendapatkan tutorial yang gratis, tinggal mencari tutorial dengan kata kunci “PHP” kemudian pilih filter dan checklist pada pilihan Gratis. Udemy saat ini memiliki 64 video belajar PHP mulai dari php dasar, php berorientasi objek, php dan mysql, sampai ke framework-framework terbaru. Untuk dapat menikmati video-video belajar PHP tersebut, kita hanya perlu mendaftar di situs Udemy.com dan memilih yang terdapat di daftar video belajar PHP yang tersedia tanpa dipungut biaya. Sebagian besar video di Udemy menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga : Penyebab Loading Website dan Cara Mengatasinya

9. CodePolitan

codepolitan

Sebagai salah satu situs lokal, CodePolitan mampu menawarkan pembelajaran bahasa pemrograman PHP dasar melalui metode interactive coding. Bisa mempelajari bahasa PHP mulai dari konsep dasar, sintaks hingga algoritma dasar dengan urutan belajar yang terstruktur secara sistematis. Untuk mengetahui hasil codingan, bisa langsung mencoba kode program melalui halaman tutorial interaktif sehingga tidak perlu instal program di komputer lokal.

10. Jagocoding.com

jagocoding

Jagocoding merupakan website yang berisi tutorial pemrograman yang berbasis social network. Dan mengusung tema learn and share, dimana dapat belajar sekaligus berbagi ilmu yang telah dimiliki kepada pengguna lain. Pengguna Jagocoding terdiri dari yang ingin belajar pemrograman komputer dari dasar, menengah, maupun tingkat yang lebih tinggi. Menjadi anggota Jagocoding tidak dipungut biaya, maka dapat belajar maupun berbagi gratis selamanya di Jagocoding.com. Jagocoding memang tidak mengkhususkan di bidang web maupun php, namun dapat ditemukan tutorial-tutorial yang sangat bermanfaat untuk belajar php disitus ini.

11. phpacademy.org

phpacademy.org

Bagi orang yang lebih mudah menyerap informasi dengan menonton video, maka phpacademy merupakan pilihan utama. Kunjungi situs utamanya di phpacademy.org atau di channel youtube.com/user/phpacademy. Phpacademy saat ini memiliki koleksi video tutorial yang sangat banyak, yang juga dapat menyita waktu yang cukup banyak. Meski memfokuskan diri pada pemrograman PHP, namun juga dapat menemukan video tutorial CSS, JQuery, JavaScript, serta MySQL. Video-video tutorial phpacademy menggunakan Bahasa Inggris.

12. Duniailkom

duniailkom

Duniailkom adalah situs untuk Belajar Ilmu Komputer, yang tidak secara khusus menyediakan modul pembelajaran seputar bahasa PHP. Duniailkom didedikasikan bagi anda yang ingin memperlajari tentang dunia ilmu komputer. Namun, bisa menggunakan tutorial seputar PHP, HTML, CSS, JavaScript, hingga MySQL di website ini secara gratis. Sesuai namanya, situs ini tidak hanya memberikan tutorial tentang PHP saja tapi juga HTML, CSS, JavaScript, serta MySQL. Website ini sangat cocok untuk pengguna pemula yang ingin belajar PHP menggunakan artikel Bahasa Indonesia. Jadi, tidak perlu capek menerjemahkan maksud pembelajaran agar lebih mudah dipahami. Pada bulan November 2014, Duniailkom dikunjungi oleh lebih dari 3.000.

Baca juga : Memahami Psikologi Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait