Search
Close this search box.
aplikasi online shop

Rekomendasi Aplikasi Pendukung Terbaik Untuk Jualan Online

Sejak adanya pandemi, banyak orang yang mulai beralih ke bisnis online. Adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga turut menyebabkan jumlah keberadaan bisnis online yang semakin meningkat dengan berbagai pilihan produk dan jasa yang ditawarkan. Jualan online merupakan salah satu peluang bisnis yang paling banyak diminati di masa pandemi. Dengan adanya pembatasan kegiatan, masyarakat masih bisa mendapat kemudahan untuk memenuhi kebutuhan. Kemudahan ini muncul dalam bentuk produk yang dijual secara online. Calon pelanggan hanya perlu duduk dan melakukan transaksi melalui smartphone, lalu menunggu pesanan diantarkan.

Baca juga : Manfaat Google Search Console dan Cara Menggunakannya 

Bagi yang tertarik untuk memulai atau mengembangkan usaha jualan online, penggunaan aplikasi untuk bisnis online adalah hal yang wajib dipelajari. Meningkatnya jumlah pelaku jualan online di masa pandemi mengakibatkan munculnya banyak aplikasi pendukung jualan online  dengan fitur yang berbeda menyesuaikan kebutuhan pebisnis. Pentingnya penggunaan aplikasi pendukung jualan online yaitu untuk mengoptimalkan pekerjaan dan meningkatkan pelayanan pada pelanggan, sehingga akan mempengaruhi peningkatan pendapatan. Dengan adanya aplikasi pendukung, maka pelaku bisnis dapat menerapkan social media dan digital marketing dengan lebih tepat sasaran sehingga mencapai hasil maksimal. Untuk bisa terus bersaing dengan kompetitor, berikut aplikasi terbaik yang bisa mendukung aktivitas bisnis online:

Aplikasi Pendukung Jualan Online

1. Jagel

Jagel merupakan platform Membuat aplikasi tanpa coding untuk para pengusaha dan UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya ke ranah digital dengan aplikasi. Kamu bisa membuat aplikasi toko online, rumah makan, transportasi online, PPOB, tiket & travel, company profile, jasa home service, dan masih banyak aplikasi lainnya, aplikasimu juga bisa diupload di playstore!. Tersedia banyak fitur dan pilihan pembayaran (payment Gateway). Mulai 100rb aja.

Jagel juga mulai mengembangkan tampilan untuk website dan link in bio, yang bisa kamu gunakan untuk bisnismu. Cara membuat aplikasi di jagel pun mudah dan hanya butuh Smartphone saja. Kamu juga bisa mendapat keuntungan dari fitur referral dan admob yang ada dalam aplikasi jagel lho. Buat Aplikasi untuk bisnis mu, Install jagel di playstore sekarang, ada promo untuk pengguna baru yang ingin berlangganan dengan menghubungi nomor marketing jagel 0812-2226-2248

2. Aplikasi E-Commerce

Dengan adanya aplikasi e-commerce, Anda dapat melakukan berbagai transaksi belanja secara online kapan pun dan dimana pun. Transaksi jual beli online menjadi lebih terstruktur dan berjalan secara sistematis. Dimana, anda dapat menemukan berbagai produk atau pilihan barang hanya dengan sekali klik tanpa perlu keluar rumah terlebih dahulu. E-commerce merupakan segala aktivitas jual beli dengan menggunakan bantuan media elektronik. Media elektronik yang digunakan meliputi perangkat desktop, mobile, dan website.

Proses belanja online menjadi lebih cepat dan akurat dengan menggunakan bantuan aplikasi berbasis web. Dimana, platform tersebut dapat membantu sektor bisnis B2B (Business to Business), C2C (Consumen to Consumen), dan sebaliknya.

3. Aplikasi Marketplace

Aplikasi marketplace adalah aplikasi wajib untuk bisnis online, apalagi bagi yang baru saja memulai bisnis. Karena aplikasi ini berguna untuk menunjang kegiatan bisnis online. Kemudahan pembuatan akun dan keamanan transaksi menjadikan aplikasi marketplace banyak mewarnai Indonesia saat ini.  Produk akan lebih mudah ditemukan pembeli dengan berjualan di marketplace. Beberapa konsumen juga akan merasa lebih aman bertransaksi di marketplace sehingga daya tarik jualan juga lebih besar. Buka toko online sendiri dan pasarkan dengan sistem kolaborasi yang saling menguntungkan. Pilih marketplace yang memiliki nama besar atau populer, maka kemungkinan bisnis sukses pun akan terbuka lebar. Beberapa Aplikasi Marketplace yang bisa digunakan yaitu Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Amazon, Blibli atau lainnya.

4. Aplikasi Manajemen Media Sosial

sosial media

Agar bisnis dapat berkembang dan dijangkau calon pelanggan, buatlah konten brand awareness dan lakukan promosi di media sosial. Pengelolaan media sosial memang memerlukan berbagai detail yang tak boleh terlewatkan. Salah satunya adalah saat harus mengelola penjadwalan media sosial. Selain membuat pengingat untuk mengunggah konten, bisa juga memanfaatkan aplikasi seperti Software Hootsuite untuk mempermudah marketing digital dengan cara memantau dan mengatur semua saluran media sosial dari satu tempat, membuat jadwal konten dan mendapatkan statistik data keyword populer sekaligus kinerja media sosial jualan online.

Baca juga : Penyebab Loading Website dan Cara Mengatasinya

5. Aplikasi Desain Grafis

Manfaatkan aplikasi desain grafis untuk berbagai macam bentuk visual untuk mendukung bisnis online. Mulai dari pembuatan logo, header media sosial, icon untuk website, bahkan mendesain poster. Apabila tampilan profil akun media sosial menarik, akan sangat berpotensi untuk dilirik oleh banyak calon konsumen. Maka, akan membutuhkan aplikasi desain grafis yang bisa diakses di perangkat mobile dan desktop. Aplikasi ini mudah digunakan untuk pemula sekalipun karena menyediakan berbagai template desain yang tinggal disunting sesuai kebutuhan. Bisa juga membuat desain logo, background, katalog dan brosur promosi usaha menggunakan Canva dan Figma.

6. Aplikasi Kehadiran dan Timesheet

Aplikasi absensi memungkinkan untuk mengelola sumber daya manusia di bisnis. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Hadirr yang untuk mencatat kehadiran karyawan, mulai dari pencatatan kehadiran, manajemen proyek dengan cara kolaborasi dan bagi tugas, dan memonitor waktu kerja karyawan agar produktivitas online shop berjalan secara efisien dan efektif. Sistem absensi yang efektif juga dapat meningkatkan semangat karyawan. Maka, bisnis bisa berjalan lebih efisien.

7. Aplikasi Penggajian Karyawan (Payroll)

Apabila memiliki usaha online online dengan jumlah karyawan yang banyak, kegiatan administratif untuk penggajian akan sangat merepotkan. Kegiatan administratif bisa menjadi kendala jika tak dikendalikan dengan baik. Gunakan aplikasi penggajian online bernama Gadjian untuk membantu mengelola perhitungan dan pengiriman upah karyawan secara otomatis, aman dan akurat. Bisa juga digunakan untuk mengatur jadwal shift kerja karyawan serta menganalisis kinerja dan produktivitas mereka.

Baca juga : Cara Menambahkan Website ke Google Search Console

8. Sirclo

Sirclo

Dengan Sirclo menjalankan jual-beli akan sangat mudah, tinggal pakai template web dan jalankan. Manfaatkan aplikasi dari Sirclo untuk membuat website online. Sirclo juga bisa membantu untuk menjual produk di semua marketplace besar dengan masuk ke jalur distribusi online. Maka pemilik bisnis dapat meraih target market di semua marketplace dengan efektif dan efisien.

9. Canva

canva

Jasa desain grafis relatif masih mahal bagi usaha kecil yang baru dirintis. Dan tentunya saat ini nyaris semua promosi butuh desain yang unik dan menarik untuk menggaet pembeli. Daripada menawar dengan harga sadis atau dapat desainer asal, sebaiknya manfaatkan aplikasi Canva untuk kebutuhan bisnis. Jika tak mau repot untuk belajar Adobe Photoshop, Canva siap membantu membuat poster, kartu ucapan, infografik dan sebagainya dengan fitur-fitur mudahnya. Promo-promo produk di media sosial akan semakin menarik. Menggunakan aplikasi ini membuat pekerjaan dalam mendesain tampilan image atau foto promosi produk jadi lebih cepat dan praktis.Bisa juga mencoba berbagai aplikasi sejenis antara lain PicMonkey, VSCO Cam, dan PhotoGrid.

10. Hootsuite

Hootsuite

Saat ini, sosial media adalah platform promosi utama. Namun tak jarang pemilik bisnis pusing harus mengelola banyak akun sosial media untuk bisnisnya. Solusinya yaitu dengan aplikasi bisnis online terbaik untuk manajemen konten. Hootsuite akan mempermudah dengan pengelolaan media sosial dalam satu aplikasi. Layanan ini membantu perusahaan untuk menggunakan media sosial berupa situs yang dapat digunakan untuk meluncurkan kampanye pemasaran, mengidentifikasi dan menambah khalayak, dan menyampaikan pesan yang ditargetkan di beberapa saluran media. Aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa antara lain Buffer, MailChimp, Fanspage Manager

11. OneNote

OneNote

Bisnis jenis apapun, akan membutuhkan kertas atau hal serupa untuk membuat coretan atau catatan manual ketika memiliki ide atau untuk merencanakan banyak hal. Dan dengan aplikasi OneNote, pebisnis bisa mencatat, menyisipkan gambar, dan menambahkan tautan. Tak perlu lagi membawa buku atau kertas kemanapun untuk menyimpan ide atau rencana bisnis. Aplikasi dari Microsoft ini juga lebih ringkas dan ramah lingkungan. Program ini digunkan untuk mengolah catatan pengguna, gambar, kliping layar dan komentar audio. Bisa juga membagi catatan yang dibuat dengan internal bisnis, misalnya rekan kerja atau investor. Adapun aplikasi bisnis lain yang serupa, seperti Evernote dan Google Keep.

Baca juga : Situs- Situs untuk Belajar PHP Sampai Mahir

12. Trello

trello

Trello merupakan task management tools. To-do-list jadi tidak membosankan dengan menggunakan Trello. Atur pekerjaan mulai dari yang belum dilaksanakan, sedang dalam proses, sampai yang sudah selesai. Aplikasi ini bisa diakses lewat android, IOS, dan website. Penggunaannya akan membantu dalam mengatur jalannya usaha dan apa saja yang harus dikerjakan. Terbukti, dari sejumlah perusahaan besar telah menjadi pengguna aplikasi ini seperti Adobe dan KickStarter. Coba juga aplikasi lain dengan fungsi yang hampir mirip seperti Asana dan Wunderlist.

13. Quickbooks

Quickbooks

Quickbooks yaitu aplikasi pelaporan keuangan yang khusus ditujukan bagi usaha kecil dan menengah. Dengan Quicbooks, semua urusan pencatatan keuangan dapat dibereskan dalam satu aplikasi saja. Aplikasi ini memang tidak gratis namun sangat menghemat waktu dalam menyusun laporan akuntansi setiap bulannya. Aplikasi ini tersedia dalam beberapa mata uang yang berbeda. Dalam penggunannya juga akan diberikan panduan agar mudah menguasai aplikasi ini dengan cepat. Ada juga aplikasi Money Lover ataupun Google Spreadsheet yang bisa digunakan untuk kepentingan pencatatan keuangan.

14. Aplikasi Chatting

Fast response dengan pelanggan adalah salah satu faktor terpenting untuk memperoleh kepercayaan pelanggan. Miliki semua aplikasi yang memudahkan untuk berdiskusi dengan pelanggan dari WhatsApp, LINE, Facebook Messenger dan aplikasi Chat lainnya. Dan saat ini, WhatsApp sudah memiliki fitur khusu untuk bisnis. Dengan membuat akun bisnis di Whatsapp, maka bisa memasarkan produk serta dapat menggunakan fitur balas pesan otomatis ketika jam kerja berakhir. Ini akan membuat promosi dan penjualan produk jadi lebih mudah, aman, dan tepat sasaran

15. Aplikasi Mobile Banking

mobile banking

Agar tidak perlu pergi ke ATM hanya untuk mengecek transfer dari pembeli, gunakan aplikasi mobile banking smartphone atau perangkat lain yang digunakan dalam menjalankan bisnis. Aplikasi Mobile Banking akan berguna untuk melancarkan proses transaksi dengan konsumen saat terjadi proses pembelian produk. Hampir semua bank sudah punya fasilitas ini, misalnya BCA Mobile, Mandiri Online, BNI Mobile Banking, dan lain-lain. Pilih bank yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk jadi tujuan transfer. Memiliki beberapa mobile banking sekaligus juga bukan hal yang buruk jika memang itu membantu bisnis.

16. Raja Ongkir

Sistem belanja online saat ini memperketat persaingan termasuk soal ongkos kirimnya. Pelanggan sebisa mungkin ingin mendapatkan harga paling murah baik untuk produk maupun ongkir. Demi pelanggan, tawarkan ongkos kirim barang termurah dari perusahaan ekspedisi terpercaya. Raja Ongkir yang akan bertugas menampilkan ongkos kirim dari semua kurir seperti JNE, Pos Indonesia, TIKI, ESL Express, PCP, dan RPX. Maka, pelaku bisnis bisa memberikan pilihan bagi konsumen untuk memilih sendiri kurirnya lengkap dengan ongkos yang valid.

Baca juga : Memahami Psikologi Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait