Search
Close this search box.
marketing strategy

PERBEDAAN INTERNET MARKETING DENGAN DIGITAL MARKETING

Penggunaan internet di Indonesia cukup besar dan sangat aktif karena menunjang berbagai kebutuhan sehari-hari. Ini menjadi hal yang wajar, mengingat hampir semua sektor sudah terhubung ke internet, termasuk sektor bisnis yang mulai melakukan perubahan dalam segi marketing. Pemasaran yang dulu dilakukan dengan menggunakan flayer, spanduk, koran, kini beralih ke media digital dan juga internet, yang kemudian dikenal dengan istilah internet marketing strategist dan digital marketing. Arti keduanya sebenarnya kurang lebih sama, yaitu suatu cara untuk memasarkan produk secara luas menggunakan internet. Namun kedua strategi marketing yang populer di tengah masyarakat dan diminati banyak pengusaha/ brand ini ternyata mempunyai perbedaan yang cukup mencolok apabila dilihat dari penerapan dan cara kerja pemasaran produknya.

Memahami Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Masih banyak yang bertanya mengenai perbedaan internet marketing dan digital marketing. Digital marketing dan internet marketing adalah dua istilah berbeda yang memiliki batasannya masing-masing.

1. Digital Marketing

Digital marketing social media with a man and a laptop symbol Premium

Digital marketing adalah sistem pemasaran dengan menggunakan media digital, baik daring maupun luring yang bertujuan untuk mempromosikan produk, membangun preferensi terhadap merek, dan meningkatkan penjualan. Bentuk-bentuk digital marketing, antara lain, berupa search engine optimization (SEO), email marketingvideo marketingin-app mobile advertisement, billboard elektronik, dan SMS. 

Digital marketing merupakan suatu sistem pemasaran produk yang menjangkau pelanggan secara cepat, tepat, dan pribadi, melalui media digital serta internet. Dengan kata lain, internet marketing masuk di dalam penerapan digital marketing. Media digital memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan internet. Pemasaran melalui media digital, seperti iklan TVC, ebook, koran digital, company profile video, email marketing, Endorse Influencer, SMS broadcast, Iklan Pay Per Lead, dan sebagainya. Fokus utama dalam digital marketing yaitu untuk menarik pelanggan untuk meningkatkan penjualan saja, dan juga membangun brand awarness dan customer relation. 

2. Internet Marketing

Infographic vector created by upklyak – www.freepik.com

Internet marketing adalah sistem pemasaran yang memanfaatkan teknologi internet, biasa disebut sebagai online marketing. Internet adalah media digital daring, maka internet marketing otomatis merupakan bagian dari digital marketing. Jenis-jenis internet marketing, di antaranya, adalah situs web, search engine optimization (SEO)search engine marketing (SEM), social media marketing (SMM), iklan pay per clickcontent marketing, email marketing, dan banner ads. Mungkin banyak yang masih berpikir bahwa internet marketing sebatas berupa iklan daring berbayar dan email marketing, padahal internet marketing sebenarnya mencakup hal yang luas, mulai dari struktur situs web, konten iklan, optimasi, sampai dengan data analitik.

strategi memasarkan produk melalui internet dengan tujuan promosi, branding, meningkatkan penjualan, juga mempengaruhi konsumen untuk membeli, baik itu barang ataupun jasa. Jadi, cara pemasarannya lebih fokus ke pengguna internet dengan memanfaatkan website, SEO, SEM, Mobile Marketing, Social Media Marketing dan lainnya.

Dapat disimpulkan bahwa digital marketing mencakup internet marketing. Sedangkan Internet marketing adalah bagian dari digital marketing, tetapi bukan satu-satunya bentuk digital marketing. Namun, banyak yang cenderung menggunakan istilah digital marketing ketika sebenarnya yang dimaksud adalah internet marketing, begitu pun ketika mereka melakukan pencarian di internet. Itulah salah satu penyebab istilah digital marketing lebih sering digunakan dan bahkan sering disamakan dengan internet marketing.

Jika anda pebisnis yang menjual produk dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang anda dambakan.

Persamaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Internet Marketing dan Digital Marketing sama-sama melakukan pemasaran (marketing) dengan media internet yang sedang trend saat ini. Jadi dalam hal media hampir sama antara lain seperti: Content Marketing, Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing, Search Engine Marketing (Google Ads, Sosial Media Marketing, dan Video seperti Youtube. Keduanya sama-sama menggunakan media-media tersebut yang memang saat ini sangat efektif dan efisien membantu pekerjaan marketing.

Lalu Apa Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing?

Internet marketing lebih memfokuskan pada kegiatan pemasaran yang menarget pengguna internet. Artinya sangat memanfaatkan internet untuk mendapatkan customer, seperti SEO dan SEM. Sednangkan Digital marketing lebih menggunakan teknologi salah satunya adalah internet. Bisa dibilang internet marketing adalah bagian dari Digital marketing. Proses nya lebih kompleks tidak semata fokus menarik customer. Termasuk mengerjakan strategi marketing, seperti menggunakan sosial media, endors, free ebook, webinar untuk menarik awareness.

Influencer adalah contoh Digital Marketing bukan Internet Marketing

Infographic vector created by upklyak – www.freepik.com

Digital lebih kompleks dalam menggunakan teknologi. Dulu iklan hanya digunakan untuk menarik perhatian dengan menggunakan iklan di tv. Sedangkan sekarang sudah menggunakan influencer yang menggunakan teknologi instagram dan youtube untuk menyampaikan pesan (marketing). Influencer contohnya adalah personal atau public figure yang mempunyai banyak followers atau subscriber dan mampu menjadi pusat perhatian masyarakat, terutama seperti pengguna instagram dan Vloger masa kini.

Internet Marketing boleh juga disebut Digital Marketing

Teknologi selalu berubah, siapa yang tahu kelak internet sudah berinovasi lagi karena kemudahan akses jaringan ada dimana-mana. Namun karena digital adalah teknologi itu sendiri maka akan lebih umum dan selalu up to date mengikuti perkembangan zaman. Pada dasarnya adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan semaksimal mungkin untuk bisa meningkatkan sebuah bisnis. Semua lini usaha menggunakan marketing untuk mendapatkan pelanggan yang akan memberikan keuntungan bagi usaha itu sendiri.

Baca Juga : Pentingnya Website untuk Toko Online pada Masa Pandemi

Manfaat Melakukan Internet Marketing Strategist dan Digital Marketing

Semakin hari persaingan bisnis serta inovasinya terus bermunculan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para konsumen, maka media digital dan internet yang ada sudah sepantasnya digunakan dengan maksimal demi mengembangkan bisnis Anda. Berikut manfaat dari menjalankan teknik internet marketing dan digital marketing:

1. Meningkatkan Penjualan

Infographic vector created by upklyak – www.freepik.com

Melakukan optimasi kedua teknik tersebut tentunya bisa meningkatkan penjualan. Karena, pelanggan bisa mendapatkan informasi seputar produk tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Pelanggan lama ataupun calon pelanggan baru bisa mengetahui produk yang diinginkan tanpa repot mengunjungi toko offline atau menunggu toko buka. Hanya cukup dengan mengunjungi website, akun media sosial, dan tempat penjualan lainnya selama 24 jam. Hal ini membuat pembelian menjadi lebih praktis serta cepat. 

2. Lebih Mudah Menjalin Hubungan dengan Konsumen

Infographic vector created by upklyak – www.freepik.com

Jarak merupakan hal paling mengganggu dan bisa menjadi penghambat suatu bisnis. Tetapi sekarang dengan adanya media digital dan internet, Bisnis/ brand Anda menjadi lebih mudah untuk terhubung dengan konsumen. Masalah pemesanan bisa dilakukan melalui sambungan telepon, media sosial, e-commerce, dan website toko online. Begitu pun dengan masalah layanan pelanggan untuk pengaduan yang tak terbatas waktu. Ini penting untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen agar mereka puas dengan layanan bisnis Anda. Semakin anda fast respons terhadap kebutuhan pelanggan, semakin senang mereka berbelanja di online shop Anda.

3. Biaya Marketing Lebih Hemat

Infographic vector created by upklyak – www.freepik.com

Untuk bisnis berskala kecilpun, beriklan di internet maupun media digital tak akan menghabiskan banyak biaya. Karena untuk membuat akun media sosial tak dikenakan biaya sepeserpun, hanya perlu beriklan di akun tersebut, lalu menempatkan produk yang dijual pada satu atau banyak situs e-commerce. Jika membuat website toko online sendiri dan memasang iklan di Facebook Ads, Google Ads atau kolaborasi dengan influencer, biaya marketingnya tetap lebih hemat dibandingkan pemasaran konvensional seperti menyebar pamflet dan memasang iklan di media cetak. Melakukan pemasaran secara online juga jangka waktu pemasarannya lebih panjang (long Lasting).

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami, silahkan berkonsultasi dengan kami disini.

semoga bermanfaat, salam sukses untuk kita semua.. sekian dan terimakasih.. ?

Postingan Terkait