Search
Close this search box.
New-Content

Pentingnya Meng-update Konten Website yang Kamu Miliki Secara Berkala!

Pentingnya Update Konten Secara Berkala

Optimasi konten merupakan proses mengoptimalkan website yang bertujuan untuk membangun website yang berkualitas dan kuat. Pengunjung yang menjelajah internet mencari informasi yang sedang mereka butuhkan, maka konten website harus selalu di upadate secara berkala.

Sebagai Digital Marketer, website adalah media penting untuk menarik traffic pengunjung sebanyak mungkin sehingga semakin banyak peluang mendapatkan leads/prospek dan sales dari visitor. Semakin banyak traffic semakin banyak peluang mendapat leads. Konten yang dioptimalkan akan mendapatkan peringkat yang tinggi di search engine, yang secara teratur mengindeks konten-konten terbaru pada suatu website dan menyimpannya dalam basis data dan dikeluarkan jika ada pengunjung yang mencari data tersebut. Berikut hal-hal yang mempengaruhi betapa pentingnya mengupdate konten website secara berkala :

1. Blog Akan Ramai Pengunjung

ramai pengunjung
Global business communication

Semakin banyak konten maka semakin banyak pula pengunjung yang akan datang ke situs web, maka rajinlah melakukan update artikel setiap hari, kalaupun tidak bisa kamu bisa menyewa jasa content writer. Pastikan juga untuk setiap hari ada konten yang dipublish secara rutin untuk menghindari pengunjung yang kecewa dengan website yang dijalankan.

2. Blog Akan Semakin Dikenal

Dengan banyaknya pengunjung yang datang, maka menjadikan blog menjadi semakin dikenal oleh banyak orang, bahkan bisa saja mendapatkan ajakan kerjasama dengan pihak lain sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan terutama dalam bentuk materil.

3. Sarana Berkomikasi dengan pengunjung atau Pelanggan Website

communication
https://www.freepik.com/free-photo/top-view-chat-bubbles-with-telephone-receiver-copy-space

Pentingnya mengupdate konten website secara berkala dapat berupa informasi dalam bentuk artikel, foto, banner promo maupun video dan konten lainnya, yang berfungsi agar pengunjung yang menunggu konten terbaru tidak bosan karena produk maupun artikel yang ada hanya itu-itu saja atau tidak ada yang terbaru. Pastikan konten yang dibuat selalu menarik, informatif, menghibur, tepat sasaran dan berisi target keyword SEO didalamanya. Dan juga bisa berinteraksi dengan pengunjung melalui percakapan komentar di artikel maupun live chat sehingga pengunjung merasa nyaman.

4. Mengupdate Konten Website untuk Meningkatkan SEO

Search Engine Optimisization selalu meningkat jika rutin mengupdate konten. Anda dapat memaksimalkan artikel untuk meningkatkan SEO karena hal tersebut merupakan cara paling sederhana untuk bisa mempertahankan posisi website dalam kurun waktu yang lama. Salah satu kunci dalam teknik SEO adalah melakukan update konten blog secara rutin dan berkualitas. Semakin banyak artikel artinya semakin kuat pula SEO yang ada di blog tersebut dengan adanya artikel yang saling berkaitan, internal linking dan backlink antar artikel.

5. Membuat website terlihat professional

proffesional
Business team standing against window with leader in front

Mengupdate konten website secara berkala dapat menunjukkan bahwa usaha yang dijalankan lebih professional. Anda dapat memposting artikel dan foto-foto terbaru seperti promo maupun kegiatan-kegiatan yang sedang dijalankan. Hal ini tentu membuat perhatian pengunjung lebih tertarik untuk mengikuti promo maupun kegiatan Anda sehingga apapun yang sedang dilakukan akan selalu dinilai baik, professional dan tidak meragukan.

6. Meningkatkan skill dan pengetahuan untuk melayani pelanggan.

Semakin banyak pengunjung website, akan semakin banyak anda mendapatkan pelajaran untuk melayani pelanggan. Banyaknya pelanggan dan pengunjung yang berkomunikasi dengan Anda di website atau toko online juga dapat membuat Anda semakin mahir dalam berjualan hingga negosiasi.

7. Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Ketika blog kamu rutin melakukan update artikel setiap hari, terutama bagi blog yang tujuannya adalah untuk konversi dan penjualan pastinya akan semakin meningkat. Artinya blog akan dipercaya oleh calon-calon konsumen potensial yang datang ke blog yang dikelola. Seringnya mengupload artikel secara berkala akan meningkatkan konversi dan penjualan.

8. Peringkat Blog Jadi Naik

grafik naik
Growth up arrow icon isolated

Dengan banyaknya konten yang dimiliki dan jumlah visitor yang semakin bertambah, maka reputasi blog akan semakin meningkat sehingga akan banyak direkomendasikan oleh mesin pencari pada halaman pertama.

9. Mendapatkan Backlink

Dengan banyaknya artikel yang berkualitas, maka website mendapatkan akan banyak backlink dari blog atau website lain dari hasil repost, rewrite, dll yang merekomendasikan blog anda dengan mencantumkan link sumber, sehingga menjadi nilai plus dan menjadikan blog kamu semakin kuat dihalaman pertama mesin pencari. Kemudian Anda bisa mendapatkan backlink yang akan menjadi nilai plus yang akan didapatkan dan akan mampu membuat peringkat berada di halaman pertama mesin pencari dan mempercepat indeks. Pada dasarnya backlink ini bisa didapat dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan mengupdate artikel secara berkala.

Pentingnya mengupdate konten website secara berkala mungkin akan terasa berat bagi sebagian pebisnis yang sudah memiliki toko offline dengan pemesanan yang banyak setiap harinya. Namun Anda dapat menyiasatinya dengan merekrut admin maupun freelance untuk mengupdate konten website secara berkala.

Baca juga : Hal- Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Website Toko Online

10. Indeks Lebih Cepat dan Blog Semakin Dikenal Banyak Orang serta selalu fresh

blog-terkenal-dan fresh
Social networking concept

Di mata visitor dan juga search engine Google. Sudah menjadi hal yang umum, bahwa semua orang suka sesuatu yang fresh dan baru. Robot Google juga seperti itu, mereka suka dengan website yang rutin update artikel berkualitas. Dengan adanya konten yang diupdate setiap hari dan rutin, maka robot mesin pencari akan rutin datang ke blog yang kamu kelola setiap ada konten baru yang dipublish. Kebalikannya jika konten blog yang jarang update, maka robot mesin pencari akan jarang datang sehingga proses indeks artikel lebih lama. Dengan banyak pengunjung yang datang pada website anda menjadikan website semakin dikenal oleh banyak orang. Semakin banyak yang tertarik dengan website Anda, maka bisa mendapatkan kerjasama dengan pihak lain.

11. Meningkatkan kemampuan menulis artikel

Jangan puas pada pencapaian yang sudah didapatkan saat ini, gali terus kemampuan Anda agar bisa menciptakan konten yang viral. Semakin sering berlatih dan belajar, maka secara tidak langsung kemampuan serta pengetahuan akan meningkat. Untuk membuat artikel yang berkualitas, juga harus memperkaya kosa kata dengan rajin membaca setiap hari.

Kesimpulan

Anda bisa lihat semua perusahaan besar seperti Tokopedia, Traveloka, Gojek dll pasti punya artikel blog yang rutin di update. Sebaiknya jika memang serius membangun sebuah website untuk bisnis, maka jadikan update artikel adalah poin utama yang harus dikerjakan. Mudah sekali untuk mencari content writer staff ataupun freelance yang biayanya sangat terjangkau.

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂

Postingan Terkait