Search
Close this search box.

Penggunaan Aplikasi Dalam Berwirausaha

Di zaman modern seperti sekarang inperkembangan teknologi semakin pesat dan semakin maju. Salah satu penggunaan teknologi aplikasi diterapkan dalam berwirausahauntuk memudahkan para pebisnis dalam mengembangkan usaha miliknya. Dari mulai usaha kuliner, fashion hingga sektor jasa sekarang sudah menggunakan apliaksi agar memudahkan para pelanggan dalam berbelanja. Pengertian apliaksi yaitu merupakan perangkat lunak yang memanfaatkan komputer untuk melakukan tugas sesuai yang diinstrusikan penggunanya.

Dewasa ini, jika kita hampir ke kedai kopi, kita dapat mengakses menu menggunakan gawai kita sehingga menu-menu yang akan kita pilih dapat kita pilih sendiri di gawai yang kita gunakan. Tentunya pilihan menu yang dapat diakses oleh pelanggan merupakan salah satu penerapan aplikasi dalam berwirausaha. Kemudian ada dari sektor jasa, misalnya aplikasi objek daring semakin mempermudah para pelanggan dalam mencari jasa angkutan baik roda dua maupun roda empat.

Pelanggan dapat melakukan pemilihan kendaraan sesuai dengan kebutuhan, tarif hingga mengatur titik lokasi penjemputan dan tujuan mereka agar lebih akurat. Aplikasi objek daring tersebut dapat melakukan tugas sesuai dengan apa yang diinstruksikan oleh penggunanya. Tak hanya itu saja, pembayaran pun sekarang sudah memakai aplikasi (non tunai ) agar lebih praktis dan memudahkan tentunya bagi para pelanggan maupun pengusaha, menghindari kekeliruan dan menimalisir kerugian.

Ada pula penerapan aplikasi dalam sektor jasa keuangan yaitu penggunaan mobile banking yang memudahkan para nasabah atau pelanggan dalam bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Mobile bangking adalah sebuah aplikasi penganti ATM atau bank yang di pasang pada gawai seseorang nasabah hampir semua bank di indonesia sudah tersedia fitur mobile banking karena sangat memudahkan para nasabah tanpa harus datang ke ATM atau kantor bank tersebut. Fungsi mobile baking diantaranya untuk transfer ke semua rekening, cek saldo, cek riwayat transaksi, membayar tagihan elektronik, membeli pulsa atau paket internet.

Pengunaan dompet digital (E-WALLET) pin sangat mempermudah dan rerkesan praktis. Dompet digital ini merupakan aplikasi untuk alat pembayaran melalui gawai. Dompet digital dapat dipakai untuk berbagai jenis transaksi apapun, belanja, transfer antar bank, sampai bayar di warung-warung pun sangat bisa, hanya tinggal scan QR code.

Dengan begitu kita tak perlu repot-repot mengambil uang cash ke ATM apalagi jika tidak ada ATM disekitar kita. Berdasarkan hasil survey kementerian komunikasi dan informasi (kemkominfo) dengan katadata insigtr center (KIC) pada tahun 2021 mengatakan sebanyak 65,5 % responden sering memakai dompet digital. Di indonesia sendiri beberapa aplikasi dompet digital yang populer diantaranya Dana, Go pay, OVO, link aja dan masih banyak lagi.  Praktis dompet digital yaitu kita tidak usah repot-repot buka rekening dan memasukan rekening seperti yang dilakukan ketika kita aktivitas akun mobile banking.

Rasanya di zaman sekarang hampir semua sektor usaha menerapkan aplikasi  agar mempermudah operasionalnya. Penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut seperti beberapa contoh diatas memiliki berbagai tujuan, mulai dari pengembangan produk usahanya, layanan pelanggan, pemasaran berbasis online.

Manfaatnya pun banyak sekali bagi para perusahaan karena jika suatu perusahaan tidak menerapkan atau menggunakan aplikasi maka akan ketinggalan dengan pesaing-pesaing lainnya. Menurut katadata, 67% penduduk indonesia memliki handphone pada 2022 dengan sebaran urutan pertama provinsi dengan presentae kepemilikan handphone tertinggi yaitu kalimantan timur(82,37%) disusul urutan kedua DKI jakarta (82,27)% kepulauan riau (79,88)%, kalimantan utara (78,62)%, riau (73,47)%, kepulauan bangka belitung (73,16)%, kalimantan tengah (72,83)%, bali (72,82)%, sulawesi utara (71,12)%, dan sulawesi selatan (71,10)%,.

Dengan semakin banyaknya penduduk yang memiliki gawai atu smartphone maka tak heran jika perusahaan-perusahaan baik yang sedang merintis maupun yang sudah besar berlomba dalam penerapan aplikasi demi kemajuan usahanya dan kepuasan para pelanggannya.

Postingan Terkait

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO

Pengertian SEO Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO

Read More »