Search
Close this search box.
Remote Desktop Protocol

Pengertian RDP dan Fungsi serta Cara Penggunaannya

Untuk pemilik komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows yang ingin mengakses komputer secara remote atau jarak jauh, bisa menggunakan software bernama RDP atau Remote Desktop Protocol. RDP merupakan salah satu fitur Windows 10 yang dirancang untuk memudahkan koneksi dan kontrol perangkat lain melalui jaringan lokal atau internet. RDP adalah software unggulan Windows berperforma tinggi yang bisa diunduh melalui Microsoft Store. Hingga saat ini, kegunaan atau fungsi RDP masih diandalkan untuk kebutuhan pengaksesan internet yang lebih cepat dan bisa tersedia selama 24 jam setiap hari nonstop. Software protokol ini juga sudah dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan untuk remote controlling desktop lainnya yang ada di negara lain bahkan benua lain.

Baca juga : Konsep Marketing Mix 7P

Pengertian RDP

remote kontrol

Remote Desktop Protocol atau RDP adalah protokol komunikasi jaringan buatan Microsoft yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke komputer lain dari jarak jauh (remote). Pengguna juga bisa melihat tampilan layar desktop dan mengoperasikan fungsi-fungsi desktop. RDP juga disebut sebagai sebuah komputer yang memiliki performa sangat tinggi, dengan kemudahan akses internet yang ditawarkan dan disewakan secara berlangganan. Diketahui RDP adalah perangkat protokol perpanjangan dari protokol T.120 yang merupakan protokol standar bagian dari ITU (International Telecommunications Union). RDP merupakan protokol khusus sistem operasi Windows sehingga pengguna hanya bisa membuat sambungan jarak jauh dengan PC Windows dan penginstalan Windows Server yang mendukungnya. Dan tidak semua versi Windows bisa menggunakan fungsi RDP secara full-pack. Misal, komputer dengan sistem operasi Windows 10 Home, yang hanya dapat digunakan sebagai klien untuk terhubung ke Windows Remote Desktop lainnya. Perangkat lunak klien RDP yang paling terkenal adalah yang disediakan oleh Microsoft, yang saat ini disebut ‘Remote Desktop Connection’.

Semua versi sistem operasi Windows saat ini, termasuk versi desktop Windows dan server Windows, dilengkapi dengan server terminal bawaan untuk koneksi desktop jarak jauh. Banyak klien dan server RDP non-Microsoft juga tersedia, termasuk klien open source yang disebut ‘rdesktop’. Klien rdesktop dijalankan melalui command line. Contoh penggunaan RDP saat ini yaitu ketika pengguna sedang membuka komputer di Jogja, kemudian membuka aplikasi Remote Desktop Connection pada Windows untuk mengakses komputer server RDP yang berada di Singapura secara online, saat sudah terhubung pengguna bisa melakukan kegiatan apa saja dengan komputer RDP tersebut bahkan 24 jam online terus.

Baca juga : Pengertian Marketing Mix dan Penerapannya dalam Pemasaran

Fungsi RDP

Fungsi utama RDP adalah sebagai perangkat administrasi dan implementasi jarak jauh berbasis Virtual Network Computing (VNC). Software ini memanfaatkan internet untuk memungkinkan satu mesin (klien) mengakses dan mengontrol mesin lain (server) dari jarak jauh. RDP juga dapat mengirimkan data apa pun, mulai dari sinyal perangkat serial, data presentasi, informasi lisensi, dan data yang sangat terenkripsi antara remote server dan klien. Namun, umumnya fungsi RDP adalah mengirimkan monitor (output) dari remote server ke klien, klien dapat mengirimkan fungsi mouse dan keyboard (input) ke remote server. Selain digunakan untuk mengakses komputer lain melalui kontrol jarak jauh (remote), Microsoft membuat fungsi RDP adalah sebagai solusi cloud computing pada Azure untuk melayani komputer virtual kepada pengguna. Dengan evolusi Microsoft Desktop Services (dikenal sebagai Terminal Server), fungsi RDP telah berkembang secara signifikan untuk berbagai aspek. Bisnis di seluruh dunia menggunakan dan mengandalkan Microsoft RDS untuk mengirimkan aplikasi dan desktop kepada karyawannya dari lokasi mana pun, memungkinkan telecommuting, dan akses seluler yang lebih mudah dan efisien. Berikut beberapa fungsi penting lainnya yang dimiliki oleh RDP:

  • RDP digunakan bagi yang membutuhkan kecepatan internet tinggi, minimal 100Mbps sampai 1Gbps bahkan lebih tergantung dari spesifikasi RDP yang disewa.
  • Dengan kecepatan tinggi, RDP cocok untuk upload dan download dari berbagai website dengan kapasitas yang besar.
  • Dengan adanya RDP bisa menjalankan BOT untuk keperluan website tanpa membebani server yang dimiliki, jadi cocok untuk keperluan berat dengan kecepatan internet yang tinggi seperti bisnis trading.

Untuk bisa menggunakan semua fungsi tersebut, pengguna perlu membeli layanan RDP yang banyak dijual para seller-seller di Internet, tetapi tanyakan terlebih dahulu tentang spesifikasi dan cara penggunaan RDP.

Baca juga : Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Valuasi serta Cara Menghitungnya

Manfaat RDP

Banyak manfaatan dan keuntungan yang akan didapatkan dengan menggunakan RDP. Pengguna tidak perlu mengorbankan resource yang ada pada komputer yang dimiliki, cukup menggunakan koneksi internet saja. Berikut beberapa manfaat RDP yang akan didapatkan:

  1. Koneksi Internet Lebih Cepat dan Stabil

RDP memiliki kelebihan pada kecepatan internetnya, pengguna bisa menyesuaikan paket apa yang disewa, semakin mahal berarti semakin cepat pula komputer RDP yang disewa bahkan bisa sampai 1Gbps. Untuk kecepatan 1Mbps Dedicated, jika digunakan hanya untuk sendiri tidak dibagi kepada user lain. Maka sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan website skala besar. Untuk tambahan agar kecepatan internet RDP lebih cepat maka pilihlah server yang paling dekat dengan lokasi pengguna. Saat ini yang paling dekat yaitu di Singapura, sehingga aksesnya tidak mengalami delay karena lokasi server yang jauh.

Baca juga : Apa itu Hostname Dan Bagaimana Cara Membuat Hostname?

  1. Download dan Upload Data Menjadi Lebih Cepat

Untuk kecepatan yang dimiliki RDP tidak diragukan lagi, jadi untuk proses upload download akan lebih cepat daripada menggunakan jaringan internet biasa. Misal saat melakukan migrasi website dengan ukuran data sampai 100 GB, akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa memindahkan semuanya ke server baru. Namun, dengan RDP kecepatan 200Mbps proses pindah server tidak akan memakan waktu yang lama, cukup melakukan login ke akun hosting melalui RDP saja.

  1. Selalu Aktif 24 Jam

Dengan RDP, komputer akan selalu online 24 jam. Jadi bagi yang memiliki BOT atau Tool yang membutuhkan komputer selalu on terus menerus, maka solusinya bisa dengan RDP. Untuk kegiatan yang membutuhkan waktu lama seperti encoding video, upload download file besar juga cocok menggunakan RDP. Tetapi ada beberapa kegiatan yang dilarang seperti Mining dan kegiatan yang akan membebani server yang bisa menyebabkan server down.

  1. Custom Spesifikasi Sesuai Kebutuhan

Saat melakukan pembelian, pengguna bisa mengkustom spesifikasi komputer RDP yang disewa sesuai dengan kebutuhan.

  1. Kuat Menjalankan Program Berat

RDP juga bisa menjalankan program yang berat sesuai dengan spesifikasi server. Semakin baik server, maka akan semakin aman untuk menjalankan program-program komputer yang bisa diinstall secara langsung pada RDP.

Baca juga : Aplikasi Website Builder Profesional Terbaik dan Gratis

Cara Kerja RDP

remote-control-streaming

Secara umum, yang dibutuhkan agar bisa menggunakan fungsi RDP adalah komputer server dan klien. Anggaplah pengguna yang membuat permintaan sambungan fungsi RDP adalah klien, yang bisa menggunakan perangkat Windows, macOS, Android, dan iOS untuk remote controlling PC server. Komputer Windows yang sedang diakses adalah server sehingga klien dapat terhubung dari jarak jauh. Setelah terhubung, pengguna yang membuat permintaan (klien) akan dapat melihat desktop komputer yang mereka hubungkan melalui RDP. Namun pastikan bahwa kedua komputer tersebut sudah menginstal RDP sesuai perannya, baik untuk server maupun klien. Dengan perangkat lunak klien yang menggunakan RDP, seseorang dapat terhubung ke komputer manapun yang menjalankan sistem operasi Windows atau sistem operasi lain yang kompatibel.

Jika ingin mengakses PC dari laptop atau perangkat lain, RDP adalah solusinya karena pengguna bisa melihat konten di layar dari jauh, berinteraksi, dan mengontrol fungsi komputer seolah-olah sedang menggunakan PC tersebut secara real-time. Pengguna hanya bisa membuat satu koneksi ke PC Windows yang mengaktifkan Remote Desktop Protocol. Jika bersikeras untuk menghubungkan beberapa pengguna sekaligus, maka perlu komputer server Windows yang sudah menginstal dan mengaktifkan komponen Remote Desktop Services (RDS).

Baca juga : Aplikasi Website Builder Profesional Terbaik dan Gratis

Cara Mengaktifkan RDP

Agar bisa menggunakan RDP pada PC server Windows lain, maka aktifkan terlebih dahulu di server PC jarak jauh. Kabar baiknya, konfigurasi Windows untuk mengaktifkan fungsi RDP adalah proses yang cukup mudah. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fungsi RDP, buka menu Settings dengan cara:

  • Tekan tombol Start berupa lambang Windows di pojok kiri bawah
  • Pilih menu Settings dengan ikon gerigi atau gunakan fitur Search
  • Pilih menu System, lalu cari pilihan Remote Desktop
  • Tekan slider Enable Remote Desktop untuk memindahkannya ke posisi On.

Tips:

  1. Secara default, akun Microsoft pada setiap desktop akan menjadi akun yang digunakan untuk terhubung ke PC secara remote. Jika ingin terhubung dengan pengguna tambahan lainnya, tekan Select users that can remotely access this PC. Di jendela Remote Desktop Users, tekan Add dan cari akun pengguna yang dituju.
  2. Untuk mengizinkan koneksi RDP melalui internet, pengguna perlu mengizinkan koneksi masuk dan keluar ke port TCP/UDP 3389 pada jaringan yang digunakan.

Baca juga : Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway di Website

Cara Menghubungkan RDP di Windows

Semua PC Windows dan Server Windows memiliki tools RDC yang tersedia sebagai bagian dari instalasi default Windows. Jika ingin terhubung ke Windows Remote Desktop menggunakan PC Windows lain, gunakan RDC. Namun, jika terhubung ke PC lain di jaringan lokal, pengguna perlu menemukan alamat IP lokal atau hostname terlebih dahulu. Dapat dilakukan dengan mengklik Windows Settings > Network & Internet > View your network properties untuk melihat informasi tentang PC remote, termasuk hostname dan alamat IP lokal. Berikut cara menghubungkan Windows Remote Desktop di PC atau server Windows dengan RDP :

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu akan muncul window Run dan ketik mstsc. Tekan OK. Kemudian akan disajikan window Remote Desktop Connection.
  2. Ketik alamat IP atau hostname Windows Remote Desktop di textbox Computer, lalu tekan Show Options.
  3. Ketik username PC yang akan dihubungan ke Windows Remote Desktop di kotak Username.
  4. Tekan Connect
  5. Jika muncul window notifikasi bahwa remote computer tidak dapat di autentikasi, karena masalah dengan sertifikat keamanannya, klik Yes untuk tetap menyambungkan.

Kemudian, cara menerima/mengizinkan akses remote di PC Windows dengan RDP adalah:

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian akan muncul window Run dan ketik mstsc. Tekan OK. Maka akan disajikan window Remote Desktop Connection.
  2. Pilihlah Allow Remote Access to Your Computer. Maka akan muncul window System Properties.
  3. Tekan tab Remote, lalu ke bagian Remote Desktop.
  4. Pilih/centang Allow Remote Connections to This Computer
  5. Tekan OK.

Baca juga : Masalah SEO yang Sering Ditemukan dan Solusinya

Cara Menghubungkan RDP di macOS

Microsoft menawarkan aplikasi Remote Desktop sendiri untuk macOS yang dapat diinstal dari App Store. Interface untuk aplikasi Microsoft Remote Desktop mirip dengan klien iOS dan Android yang ditawarkan oleh Microsoft untuk pengguna seluler. Berikut cara menghubungkan Windows Remote Desktop di PC atau server macOS dengan RDP :

  1. Tekan tombol Add PC atau dengan cara tekan tombol + lalu pilih Add PC
  2. Ketik hostname atau alamat IP untuk Windows Remote Desktop di kotak PC name.
  3. Tekan Save

Baca juga : Masalah SEO yang Sering Ditemukan dan Solusinya

Tips Mengamankan Koneksi RDP

Sebagai sebuah layanan protokol yang diaktifkan secara remote atau jarak jauh, isu keamanan akan selalu menjadi perhatian pengguna RDP. Jika ingin membuat koneksi RDP ke jaringan perusahaan yang aman dari lokasi yang jauh, pengguna perlu menginstal lalu mengkonfigurasi layanan Remote Desktop Gateway pada Windows Server yang sesuai. Remote Desktop Gateway menawarkan peningkatan keamanan sehingga menggantikan kebutuhan pengguna akan Virtual Private internal. Namun, pengguna Windows standar tidak memiliki kemewahan layanan Remote Desktop Gateway. Maka, bisa menggunakan beberapa solusi yang masuk akal untuk membuat fungsi RDP tetap aman. Berikut beberapa tips mengamankan koneksi RDP :

  • Jangan izinkan membuka koneksi RDP melalui internet, Namun jika terpaksa menggunakan Windows Remote Desktop melalui internet, siapkan jaringan Virtual Private.
  • Aktifkan Network Level Authentication (NLA), Fitur ini harus diaktifkan secara default di Windows 10, Windows Server 2012, dan versi Windows yang lebih baru.
  • Batasi koneksi RDP ke non-administrator, pengguna hanya boleh mengizinkan akun pengguna non-administrator untuk terhubung dari jarak jauh ke PC Windows. Akun pengguna standar tidak dapat mengubah pengaturan, menginstal perangkat lunak, dan memiliki akses terbatas ke file.
  • Batasi kesempatan input password, Tujuannya agar pengguna bisa membatasi kemungkinan kerusakan apa pun dari serangan Denial of Service (DoS).
  • Gunakan kata sandi yang rumit dan aman, saran yang baik untuk situasi apa pun, terutama untuk koneksi Windows Remote Desktop. Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun dan gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  • Atur fungsi RDP untuk enkripsi maksimum, Secara default, koneksi RDP akan selalu mencoba menggunakan tingkat enkripsi setinggi mungkin. Untuk memastikan bahwa tingkat enkripsi tertinggi selalu digunakan, coba atur tingkat enkripsi default menggunakan Group Policy Editor.

Baca juga : Strategi SEO Terbaik untuk Website di Berbagai Industri

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua  ?

Postingan Terkait