Search
Close this search box.
Pengertian Payment Gateway, Manfaat dan Cara Kerjanya

Pengertian Payment Gateway, Manfaat dan Cara Kerjanya

Di Indonesia terdapat berbagai bidang fintech berkembang pesat, salah satunya adalah payment gateway, yang merupakan bidang fintech yang menjembatani transaksi antara konsumen dan penyedia barang. Pada dasarnya, payment gateway adalah media pembayaran yang disediakan oleh suatu layanan marketplace yang mampu memberikan otorisasi pemrosesan suatu kartu kredit ataupun pembayaran langsung pada klien dalam suatu kegiatan bisnis online. Menurut ensiklopedia online Wikipediapayment gateway terbukti mampu membantu memudahkan para pebisnis dan para klien dalam melakukan kegiatan transaksi.

Baca juga : Pengertian Word of Mouth, Keunggulan dan Strategi Menjalankannya

Pengertian Payment Gateway

payment gateway

Payment gateway merupakan istilah bahasa Inggris, terdiri dari kata payment artinya pembayaran dan Gateway berarti gerbang. Artinya gerbang pembayaran atau payment gateway adalah teknologi yang mampu membuat seluruh bisnis menerima transaksi pembayaran dari berbagai tempat dan waktu tak terbatas melalui pemanfaatan internet. Singkatnya payment gateway adalah suatu cara pembayaran yang mampu membantu para penjual dan juga pembeli dalam melakukan transaksi secara online dengan fungsi mengotorisasi berbagai proses pembayaran baik perbankan, kartu kredit, transfer bank maupun secara langsung dari konsumen. Bentuk payment gateway bisa berupa transfer bank, kartu kredit, virtual account, debit, e-wallet atau di gerai-gerai minimarket. Meskipun seluruh data tersebut adalah hal yang sangat sensitif dan juga sangat penting, namun sistem keamanan payment gateway sangatlah ketat. Berikut sistem penunjang atau sistem keamanan payment gateway:

  • Address Verification System, merupakan sistem verifikasi tagihan otomatis pada pihak penagih sesuai data yang dimasukkan. Dengan sistem ini, seluruh rincian tagihan setiap pelanggan akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu yang sudah terdaftar secara resmi, bisa ke nomor telpon, email, kartu kredit, atau alamat penagihan lainnya. Sehingga, penggunanya tidak perlu khawatir terjadi salah tagih.
  • Card Security Code, sistem yang membuat transaksi hanya bisa diproses jika diselesaikan melalui alamat penagihan terdaftar. Atau hanya akan bisa diproses jika mempunyai tiga angka terakhir pada nomor kartu kredit atau kartu debit.
  • 3D Secure Password, sistem keamanan berlapis untuk memastikan hanya pemilik alamat penagihan yang bisa melakukan transaksi. Maka, setiap penggunanya akan selalu diminta memasukan password yang aman saat akan melakukan transaksi online.

Baca juga : Teknik Referral Marketing dalam Meningkatkan Bisnis Online

Perkembangan Payment Gateway di Indonesia

Saat ini, zaman sudah serba berteknologi, dan hampir semua seluruh orang bisa merasakan imbas positifnya. Karena perkembangan teknologi yang pesat nyatanya tidak dilakukan pada suatu bidang tertentu saja, tapi juga terjadi pada bidang lain, termasuk dalam bidang bisnis. Pada dasarnya teknologi diciptakan dan dikembangkan untuk membantu pekerjaan manusia, dan sama halnya dengan teknologi payment gateway. Dimulai dari adanya sistem belanja secara online di Indonesia yang saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup seluruh lapisan masyarakat. Bahkan, saat ini jarang orang yang berbelanja di toko fisik di pinggir jalan raya atau mall.

Dan saat ini sudah terdapat banyak website besar yang muncul dimana-mana dengan daya saing yang sangat ketat. Berbagai tawaran yang menarik pun mereka gencarkan, seperti gratis ongkos kirim, produk gratis, serta potongan harga besar-besaran. Sehingga, mampu menarik minat pengunjung web. Kegiatan jual beli online dapat terjadi dikarenakan terbukanya peluang untuk calon pembeli dalam membandingkan banyaknya harga produk secara lebih mudah dan juga cepat tanpa harus bepergian dari toko online yang satu ke toko online lainnya. Satu toko online juga biasanya mampu menyediakan berbagai variasi produk yang sangat menarik, bahkan sulit ditemui saat berbelanja secara offline. Adanya perubahan pada pola bisnis ini menjadi peluang besar untuk banyak orang yang berniat menjalankan usahanya secara online. Dan munculah yang dinamakan payment gateway, yang saat ini memiliki peranan sangat penting mengingat banyaknya perkembangan situs belanja online.

Baca juga : Pengertian LiteSpeed Web Server dan Keunggulannya

Payment gateway di Indonesia diresmikan pada tanggal 4 Desember 2017 di jakarta oleh Bank Indonesia. Sistem payment gateway di Indonesia diberi nama Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang disahkan dalam Peraturan BI No. 19/8/PBI/2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017. Di dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur mengatur sistem payment gateway di Indonesia untuk mengintegrasikan berbagai instrumen pembayaran secara nasional dan membuat lokal pembayaran perbankan di Indonesia. Dukungan pemerintah terhadap perkembangan payment gateway di Indonesia sangat tinggi. Agar Gerbang Pembayaran Nasional sukses, maka pemerintah membentuk tiga pihak khusus, meliputi Lembaga Standar, Lembaga Switching, dan Lembaga Service dalam mengelola dan mengembangkan payment gateway di Indonesia.

Manfaat Payment Gateway 

Payment gateway adalah

1. Metode Pembayaran Lebih Variatif

Sistem pembayaran payment gateway memungkinkan pengguna untuk menyediakan metode pembayaran yang beragam. Hal ini akan memudahkan konsumen ketika berbelanja di toko online tesebut. Karena, konsumen akan memiliki banyak pilihan ketika ingin melakukan pembayaran sesuai kondisi dan keinginan mereka. Misal, jika penjual hanya menyediakan satu rekening bank sebagai metode pembayaran dan banyak pelanggan bukan nasabah dari bank tersebut, maka lonsumen akan merasa terbebani dengan biaya transfer antar bank. Atau jika ada konsumen yang ingin membayar menggunakan kartu kredit, cash on delivery (COD), pembayaran di minimarket, atau dompet digital seperti Go-Pay.  Maka, tanpa payment gateway, kendala pembayaran akan menjadi masalah untuk toko online tersebut.

Baca juga : Pengertian Subdomain, jenis Dan Cara Membuatnya

2. Instalasinya Mudah

Instalasi payment gateway di website toko online tidak sesulit yang dibayangkan. Memasang payment gateway di website toko online jauh lebih mudah, apalagi jika menggunakan WordPress. Karena terdapat banyak pilihan plugin yang bisa digunakan, salah satunya Midtrans WooCommerce. Menariknya, saat ini tidak jarang penyedia layanan payment gateway yang menyediakan support 24/7, sehingga tak perlu khawatir ketika mengalami masalah atau kendala tertentu.

3. Proses Transaksi Lebih Cepat

Dengan menggunakan payment gateway, semua proses transaksi berjalan otomatis sehingga jauh lebih cepat. Tanpa payment gateway, transaksi pembelian terjadi secara manual. Konsumen harus mengirimkan uang melalui transfer dan melakukan konfirmasi pembayaran terlebih dahulu. Pemilik toko online pun juga harus membuat invoice secara manual. Intinya, untuk menyelesaikan satu transaksi saja akan memerlukan waktu cukup lama. Sedangkan jika toko online memiliki pengunjung yang ramai dan jumlah transaksi tiap harinya cukup banyak, hal ini akan sangat merepotkan. Lamanya proses transaksi juga akan membuat konsumen tidak sabar dan akan selalu menanyakan proses transaksinya. Maka, dengan menggunakan payment gateway, kendala tersebut bisa teratasi dan penjual bisa fokus pada masalah lain di bisnisnya.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Error 404 Not Found

4. Transaksi Lebih Aman

Payment gateway menawarkan solusi agar transaksi yang terjadi di toko online menjadi lebih aman. Perusahaan penyedia payment gateway telah membangun sistem yang canggih. Jadi, dapat memeriksa semua transaksi dengan cepat dan mencegah adanya transaksi fiktif yang dinilia merugikan. Berbeda dengan metode pembayaran manual, penjual tak perlu mengecek dan memastikan sendiri setiap transaksi. Selain memakan banyak waktu, bisa saja terjadi kesalahan sehingga transaksi yang fiktif ikut diproses.

5. Jangkauan hingga Mancanegara

Jika masih menggunakan sistem pembayaran manual, penjual akan merasa kesulitan dalam menjangkau konsumen yang lebih luas, terlebih jika pangsa pasar hingga mancanegara. Dan dengan menggunakan payment gateway potensi transaksinya bisa lebih besar dan mampu meningkatkan potensi yang lebih besar, karena metode pembayaran yang banyak. Sehingga konsumen dapat membeli produk toko online tersebut dengan mudah. Dan hal ini akan membuat bisnis menjadi lebih berkembang.

6. Transaksi Tidak Terbatas

Bisa dikatakanm transaksi yang dapat ditangani oleh sistem payment gateway tidak terbatas. Artinya, jika toko online ramai dikunjungi pelanggan, transaksi online bisa tetap dilakukan secara mudah. Seluruh sistem payment gateway saat ini sudah dibekali dengan pengelolaan transaksi yang lebih baik dan akurat.

Baca juga : Tanda Startup Sudah Tidak Bisa Lagi Disebut Sebagai Startup

7. Mempermudah Transaksi Online dan Transaksi Lebih Cepat Diselesaikan

Dengan adanya teknologi ini, konsumen tidak perlu melakukan pembayaran secara offline melalui bank atau bertemu pihak penjual secara langsung. Karena proses transaksi telah otomatis dilakukan secara online. Dan transaksi juga akan lebih cepat diselesaikan, karena konsumen tidak perlu menunggu beberapa hari untuk membeli suatu produk karena proses transaksi yang lama. Dengan adanya payment gateway, proses transaksi akan segera selesai karena gateway terintegrasi langsung ke asosiasi penerbit atau bank dan tempat transaksi barang.

8. Melayani Pertukaran Kurs dengan Mudah dan Memungkinkan Transaksi Massal

Melayani pertukaran kurs dengan mudah bagi yang akan bepergian ke luar negeri. Karena tidak perlu mengantri secara offline untuk menukarkan kurs. Hanya melalui payment gateway secara online, keperluan pertukaran kurs dapat terpenuhi. Selain itu, payment gateway juga dapat melakukan adalah transaksi secara massal dalam satu waktu. Hal ini tentu membantu aktivitas bisnis lebih efisien, misalnya seperti pengiriman gaji karyawan dilakukan secara efektif.

Cara Kerja Payment Gateway

payment method

Meskipun cukup vital menghubungkan penjual dan pembeli dalam bertransaksi online, cara kerja payment gateway sebenarnya cukup sederhana, yaitu sebagai berikut:

1. Konsumen Melakukan Transaksi

Konsumen e-commerce akan melakukan window shopping, kemudian memutuskan untuk membeli suatu produk sehingga muncul opsi pembayaran, salah satunya adalah payment gateway. Pembayaran dengan payment gateway dapat menjadi salah satu opsi atau terpasang otomatis saat konsumen akan membayar sampai melakukan proses checkout.

Baca juga : Meningkatkan Kinerja Situs Web dengan LiteSpeed

2. Informasi Payment Gateway Diteruskan ke Prosessor Pembayaran

Kemudian toko online akan meneruskan informasi data pengiriman dari konsumen yang diketahui oleh koneksi sumber payment gateway kepada pelaku proses pembayaran yang dipilih konsumen. Setelah konsumen melakukan pembayaran, transaksi ini akan dilanjutkan ke bank atau institusi keuangan terkait. Misal, konsumen memilih transaksi pembayaran melalui bank, maka payment gateway akan menyampaikan informasi ke bank tersebut.

3. Informasi Diterima Oleh Asosiasi Penerbit

Selanjutnya, pelaku prosessor pembayaran menyampaikan informasi terjadinya payment gateway kepada asosiasi penerbit kartu, seperti Visa atau Mastercard. Selain berdasarkan Visa atau Mastercard, payment gateway juga dapat menghubungkan ke bank-bank yang bekerjasama dengan payment gateway bersangkutan.

4. Pemberian Kode Khusus

Kemudian, asosiasi penerbit akan memberikan balasan berupa kode khusus ke prosessor pembayaran. Kode khusus ini sifatnya mirip dengan OTP, akan tetapi hanya diketahui oleh penerbit kartu dan prosesor payment gateway.

5. Keberhasilan Transaksi

Setelah kode pembayaran diterima dan dikonfirmasi, payment gateway akan mengubah status pembayaran konsumen menjadi lunas. Setelah itu, payment gateway akan meneruskan informasi ke merchant pemasang, dan transaksi jual beli pun sukses dilakukan.

Baca juga : Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis Online

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua

Postingan Terkait