Search
Close this search box.

Panduan Lengkap Social Media Marketing di Tahun 2022

Social media marketing sudah bukan hal asing untuk sebagian Anda. Promosi produk melalui platform media sosial ini dianggap cukup efektif menjangkau calon pelanggan dengan mudah.

Namun, apakah Anda sudah melakukannya dengan benar? Atau, apakah Anda menggunakan satu platform saja dan ternyata belum mendapatkan hasil maksimal?

Nah, di artikel berikut, kami akan mengajak Kamu untuk belajar social media marketing dengan berbagai platform yang berbeda.

Ayo mulai dengan pengertian Social Media Marketing dulu.

Apa itu Social Media Marketing?

Social media marketing adalah suatu strategi marketing dengan memakai media sosial sebagai platform dalam melakukannya. Banyak jenis konten yang bisa diupload melalui sosial media, seperti konten untuk informasi umum, panduan, hingga penawaran produk. Social media marketing pula dapat dicoba dengan gratis atau memakai promosi berbayar.

Pada prakteknya, upaya social marketing sering digunakan bersamaan dengan upaya digital marketing lainnya. Contohnya, penggunaan blog, email dan lainnya.

Karena platform media sosial cukup banyak, penentuan platform yang tepat sesuai bisnis Kamu merupakan salah satu kunci kesuksesan strategi pemasaran ini.

Oh ya, sebelum masuk ke berbagai strategi social media marketing, ada baiknya Kamu melakukan riset untuk mendukung usaha Kamu serta belajar social media marketing terlebih dahulu.

Caranya bagaimana? Mulailah dengan kemampuan media sosial di Indonesia.

Data dari WeAreSocial, 160 juta orang Indonesia merupakan konsumen media sosial aktif. Dari jumlah tersebut, pengguna paling banyak merupakan umur 25- 24 tahun. Ini tentu jadi informasi berarti untuk Kamu yang menyimpang sasaran pasar usia tertentu.

Saat ini, Facebook masih jadi program media sosial yang sangat populer. Serta, Whatsapp merupakan aplikasi berkirim pesan yang biasa dipakai. Dengan mengenali informasi ini, Kamu dapat mempraktikkan upaya yang sesuai dengan strategi bisnis Kamu.

Selain itu, perlu diketahui bahwa 99% akses media sosial tersebut dilakukan melalui perangkat mobile. Jadi, sesuaikan konten promosi Kamu agar mobile friendly.

Tipe Media Sosial Terbaik yang Bisa Kamu Manfaatkan

Lalu, media sosial mana yang terbaik dan paling sesuai untuk bisnis Kamu? Temukan infonya di bawah ini!

1. Facebook

Pengguna Aktif Bulanan: 2, 7 miliar pengguna

Demografi Terbesar: 25- 34 tahun

Gender: 56% laki- laki, 44% perempuan

Tidak dapat dibantah bahwa Facebook merupakan media sosial terbesar di dunia. Bahkan, tidak hanya individu saja yang beramai- ramai menggunakan Facebook, tapi ada 65 juta bisnis yang memanfaatkan Facebook Page untuk mempromosikan bisnisnya.

2. YouTube

Pengguna Aktif Bulanan: 2 miliar pengguna

Demografi Terbesar: 15- 25 tahun

Gender: 72% laki- laki, 72% perempuan

YouTube merupakan media sosial terbaik untuk menjalankan video marketing. Bagaimana tidak? Ada sekitar satu miliar jam video yang ditonton setiap harinya di YouTube. Maka dari itu, sudah banyak bisnis yang membuat channel di YouTube dan rutin upload video yang relevan.

3. Instagram

Pengguna Aktif Bulanan: 1 miliar

Demografi Terbesar: 25- 34 tahun

Gender: 43% laki- laki, 57% perempuan

Instagram memiliki segudang fitur menarik yang bisa Kamu manfaatkan untuk promosi secara cuma- cuma. Sebut saja Stories, Instagram Live, dan IGTV. Selain itu, ada pula fitur akun bisnis yang memberikan analisis komplit mengenai penampilan akun bisnis Kamu.

4. Twitter

Pengguna Aktif Bulanan: 330 juta

Demografi Terbesar: 30- 49 tahun

Gender: 68% laki- laki, 32% perempuan

Twitter berfokus pada konten ataupun informasi dengan cara real- time. Sehingga menjadi tempat untuk memberi informasi serta hiburan terkini di seluruh penjuru dunia. Alhasil, pergerakan di Twitter sangatlah cepat. Sangat cocok untuk bisnis yang rutin memproduksi konten.

5. TikTok

Pengguna Aktif Bulanan: 689 juta

Demografi Terbesar: 18- 24 tahun

Gender: 41% laki- laki, 59% perempuan

TikTok merupakan media sosial berbagi video pendek yang penggunanya bertambah ekstrem beberapa tahun belakangan. kuncinya untuk anak- anak belia Generasi Z. Alhasil sangat sesuai untuk Kamu yang sasaran pasarnya merupakan kanak- kanak belia.

6. LinkedIn

Pengguna Aktif Bulanan: 738 juta

Demografi Terbesar: 46- 55

Gender: 51% laki- laki, 49% perempuan

LinkedIn merupakan media sosial untuk para pekerja dan profesional di bidangnya. Maka dari itu, demografi terbesar ialah pengguna dengan umur 40 tahun ke atas. Alhasil, LinkedIn sangat sesuai untuk mencari pengguna apabila bisnis Kamu bergerak di B2B.

7. Pinterest

Pengguna Aktif Bulanan: 400 juta

Demografi Terbesar: 30- 49 tahun

Gender: 22% laki- laki, 78% perempuan

8. Snapchat

Pengguna Aktif Bulanan: 287 juta

Demografi Terbesar: 13- 34

Bisa dikatakan Pinterest merupakan kediaman digital dimana Kamu dapat“ menempel” gambar, video, hingga gif sekalipun di akun Kamu. Jadi, media sosial ini sangatlah sesuai untuk mengiklankan produk- produk Kamu dengan gambar yang mencolok. Terlebih jika sasaran pasar Kamu merupakan perempuan.

Kelamin: 40% pria, 58% perempuan

Snapchat dapat dibilang alat sosial yang istimewa. Mengapa? Karena, interaksi di Snapchat memakai video pendek, ternyata teks seperti media sosial lainnya. Snapchat umumnya digunakan bisnis untuk membuat brand awareness pada anak- anak muda.

Strategi Social Media Marketing yang Efektif

1. Menggunakan instagram marketing

Berikut ini adalah sebagian strategi social media marketing yang dapat Kamu jalani:

Kemampuan Instagram untuk advertensi produk tidak dapat diragukan. 80% konsumen berterus terang postingan di Instagram mempengaruhi buying decision mereka.

Nah, untuk memastikan social media marketing Kamu sukses, terdapat sebagian strategi berarti saat menggunakan Instagram. Yang utama, segera beralih ke akun profesional ataupun Instagram bisnis. Kemudian, optimasi profil bisnis Kamu.

15 Strategi Instagram Marketing buat Bisnis yang Harus Kamu Coba

  1. Gunakan Akun Instagram Bisnis
  2. Optimasi Profil Bisnis Anda
  3. Ketahui Tipe Postingan di Instagram
  4. Optimasi Feed Instagram
  5. Manfaatkan Instagram Stories
  6. Coba Instagram Live
  7. Gunakan Instagram TV
  8. Posting Ulang Foto atau Stories dari Follower
  9. Buat Caption yang Menarik
  10. Buat Hastag Unik yang Kreatif
  11. Posting di Waktu yang Tepat
  12. Manfaatkan Berbagai Fitur Canggih Instagram Bisnis
  13. Tingkatkan Engagement
  14. Buat Instagram Ads
  15. Bekerjasama dengan Influencer

2. Memanfaatkan instagram ads

Untuk melengkapi usaha Instagram marketing Kamu, memasang promosi di program itu pula ialah ide yang lumayan bagus.

Sebab promosi terkait dengan penggunaan anggaran, pastikan promosi Kamu efektif untuk menjangkau klien. Jadi, bisa berikan Kamu return of investment( ROI) alias balik modal.

Untuk membuat promosi di Instagram, terdapat sebagian hal yang butuh dicermati. Awal, tentukan audiens dengan pas. Kemudian, seleksi bentuk promosi yang cocok dengan produk Kamu. Yang tidak kalah penting, untuk teks copywriting yang menarik.

Bila target audience Kamu banyak yang menggunakan Instagram, pasti beriklan di Instagram Ads ialah sesuatu kewajiban. Kewajiban Kamu selaku pemilik bisnis merupakan menjangkau calon pelanggan Kamu di tempat- tempat yang kerap mereka kunjungi di dunia maya. Instagram adalah salah satunya.

Mengapa Harus Beriklan di Instagram Ads?

Pengguna Instagram Indonesia adalah yang paling banyak keempat di dunia. Per November 2018, jumlah pengguna Instagram Indonesia mencapai 60 juta pengguna. Pengguna paling banyak berawal dari golongan umur 18 sampai 34 tahun serta laki- laki memimpin konsumen Instagram sebesar 50. 5 persen. Tech In Asia pula memberi tahu kalau 45 persen konsumen Indonesia berterus terang kerap membeli produk yang mereka amati di Instagram. Amat berguna sekali buat kemajuan bidang usaha Kamu bila kamu mengenali metode memakai Instagram Ads.

3. Mengunakan Facebook marketing

Dengan banyaknya pengguna Facebook di Indonesia, Facebook marketing pasti menjadi upaya social media marketing wajib untuk bisnis Kamu. Jika belum dilakukan, sekarang- lah waktunya.

Terdapat bermacam strategi yang dapat Kamu maanfaatkan dalam penjualan dengan Facebook. Mulai dari menghasilkan konten menarik, menentukan budget serta menganalisa usaha yang dicoba.

Jangan kurang ingat untuk memakai tools Facebook marketing yang ada. Contohnya, DrumUp dan SocialOomph

4. Menggunakan Facebook Ads untuk hasil lebih optimal

Jika Kamu memiliki budget khusus, menggunakan Facebook Ads dapat jadi opsi menarik. Karena, Kamu akan lebih mudah menarget audiens yang lebih khusus dengan cepat.

Berkah keahlian Facebook mempelajari kebiasaan konsumen, Kamu akan terbantu dalam menghasilkan program advertensi yang pas target.

Metode membuat Facebook Ads nyaris serupa dengan Instagram. Langkahnya mulai dari memilah tipe promosi, memastikan audiens serta menata pengagendaan tayang promosi.

5. Menggunakan Twitter marketing

Apabila strategi social media marketing Kamu fokus pada brand visibility, Twitter dapat jadi program pilihan. Faktanya, 80% pengguna melakukan mention brand dalam tweet mereka. Serta, lebih dari 50% brand mention itu selesai dengan pembelian produk.

Nah, untuk menangkap kesempatan itu, Kamu perlu menerapkan strategi Twitter marketing yang pas. Awal, maksimalkan profil twitter bisnis Kamu. Jangan lupa selalu sertakan hashtag pada tiap kampanye advertensi produk.

6. Meningkatkan penjualan dengan Retargeting

Retargeting adalah usaha mendekati kembali pengguna yang tadinya sempat membeli produk ataupun hanya bertamu ke web Kamu. Tujuannya, melaksanakan penawaran sesuai jenis produk yang mereka lihat..

Salah satu cara yang sangat terkenal adalah Facebook Retargeting Ads menggunakan Pixel.

7. Menggunakan pluggin sosial media terbaik untuk website

Masih menjalankan promosi lewat web serta media sosial dengan cara terpisah? Pikirkan lagi. Sebab dengan plugin social media WordPress, Kamu dapat melaksanakannya dengan cara terintegrasi dengan gampang.

Banyak plugin WordPress untuk social media marketing. Baik untuk tujuan sharing, profiling sampai melakukan auto publish konten.

Beberapa plugin yang dapat Kamu coba merupakan Social Alat Auto Publish, Social Warfare serta Instagram Feed.

Manfaat Social Media Marketing

Berikut beberapa khasiat social media marketing bagi bisnis—baik besar ataupun kecil:

  • Hemat Biaya

Kamu dapat membuat akun alat sosial free, posting lukisan ataupun film free, sampai membuat tim free. Pengeluaran cuma dibutuhkan bila Kamu membeli promosi berbayar di alat sosial itu ataupun membeli tools pendukung.

Manfaat media social marketing yang pertama adalah Kamu tidak harus merogoh kantong terlalu dalam untuk melakukan social media marketing, loh. Bahkan, Kamu dapat sepenuhnya menjalankannya tanpa biaya sepeserpun. Tidak percaya?

  • Efektif dan Efisien

Dibanding pemasaran secara offline semacam pada spanduk ataupun baliho, social media marketing bisa lebih efektif menjangkau konsumen Kamu. Kenapa? Karena, Kamu dapat mengatur sasaran iklan dengan sangat mendalam.

Kamu dapat mengatur umur, gender, tempat tinggal, hobi, hingga status hubungan sekalipun. Alhasil, penjualan Kamu akan jauh lebih efektif dengan cara yang efisien serta tidak rumit.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Seperti yang telah disinggung di atas, terdapat 160 juta pengguna media sosial di Indonesia. Artinya, jika Kamu menerapkan social media marketing dengan baik, ada 160 juta orang yang berpotensi memahami bisnis Kamu melalui media sosial. Wow!

Terlebih, jika Kamu berhasil membuat post menarik yang viral di kalangan netizen. Dapat ditentukan bahwa brand Kamu hendak diketahui banyak orang dengan lebih cepat.

  • Memperluas Pangsa Pasar Bisnis

Alat sosial dapat digunakan oleh siapapun serta dimanapun mereka berada. Dengan kata lain, sasaran konsumen tidak terbatas di tempat Kamu tinggal. Tetapi, dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, hingga ke luar negeri sekalipun.

Asal, Kamu memang menerapkan social media marketing dengan bagus. Misalnya, menggunakan hashtag yang tepat, sehingga semua orang bisa mencari bisnis Kamu dengan mudah.

  • Komunikasi yang Lebih Mudah ke Konsumen

Komunikasi yang bagus merupakan perihal penting dalam tiap hubungan. Termasuk hubungan antara bisnis dengan konsumennya. Nah, melalui social media marketing Kamu bisa melakukan komunikasi dua arah dengan mudah ke konsumen.

Konsumen dapat mengirimkan private message, meninggalkan pendapat, ataupun melakukan mention brand Kamu. Hebatnya, Kamu akan langsung mendapatkan pemberitahuan mengenai perihal itu serta bisa segera meresponnya.

  • Membagi Informasi Terbaru dengan Cepat

Manfaat social media marketing yang lain adalah memungkinkan Kamu untuk memberikan informasi terkait bisnis Kamu dengan kilat. Alhasil, pelanggan Kamu dapat tahu mengenai diskon, flash sale, promo, ataupun informasi yang lain saat itu juga karena akan langsung muncul di timeline mereka.

Bayangkan jika memakai penjualan konvensional semacam papan iklan ataupun slogan. Kamu hendak menginginkan durasi berjam- jam, bahkan berhari- hari. Itupun dengan harga yang jauh lebih mahal daripada melalui social media marketing.

  • Menarik Trafik ke Website Anda

Social media marketing juga bisa dijadikan jembatan untuk trafik terkini ke web Kamu, loh. Kamu cuma tinggal memasukkan URL web Kamu pada deskripsi. Alhasil banyak orang yang mengkliknya akan langsung diarahkan ke web Kamu.

Apalagi bila post Kamu memanglah menarik serta berguna. Dijamin, pasti akan banyak orang yang memberikan post itu, sehingga trafik yang tiba ke web Kamu pula lebih banyak. Win- win solution, bukan?

Manakah Strategi Social Media Marketing untuk Bisnis Kamu?

Cukup banyak strategi social media marketing yang dapat Kamu maanfaatkan. Sebagai tahap dini, yakinkan Kamu telah mengidentifikasi sasaran audience Kamu dengan bagus.

Sebagian program media sosial menawarkan usaha penjualan dengan cara gratis ataupun berbayar. Sesuaikan dengan keinginan serta keahlian anggaran Kamu.

Jika telah menentukan pilihan, lekas jalani usaha social media marketing Kamu dengan lebih maksimal. Semoga berhasil selalu!

Postingan Terkait