DuniaHiburan

Rekomendasi Gunung Untuk Pendaki di Tahun Baru

Iklan

Mendengar kata tahun baru pasti yang ada dipikiran kita adalah liburan. Liburan dan  merayakannya ditempat atau wisata favorit.  Khusus nya bagi para pendaki gunung, ini menjadi moment tahunan yang selalu ditungu-tunggu. Tak heran lagi, bagi para pendaki mempersiapkan dan memilih lokasi yang paling tepat untuk dijadikan lokasi pendakian, mulai dari dalam  negari atau bahkan sampai keluar negeri demi hanya ingin mendapatkan kesan yang lebih extream. Padalahal lokasi pendakian yang ada di Indonesia juga tidak kalah extream dengan lokasi lainnya yang ada di manca negara. Berikut beberapa rekomendasi pendakian yang bisa dijadikan pilihan bagi kamu untuk pendakian tahun ini.

  • Gunung Batur di Bali

Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif yang ada di Kecamatan Kintamani di Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 1717 Meter diatas Permikaan Laut (MDPL) dan cocok untuk pemula karena jalur treknya tidak sulit. Meskipun begitu, ketika sampai di puncaknya, Kamu bisa melihat pemandangan yang luar biasa indahnya. Pendakiannya berawal dari kawasan Pura Jati Luhur dengan estimasi waktu 3 jam trekking untuk sampai puncaknya. Jadi, tak butuh waktu lama.

Kamu juga bisa menikmati akhir tahun di beberapa destinasi wisata di Bali sembari mendaki Gunung Batur. Daerah yang dapat ditonjolkan sebagai objek wisata adalah kawah, kaldera dan danau. Terdapat aliran air dalam tanah yang mengalirkan air Danau Batur, yang muncul menjadi mata air di beberapa tempat di Bali dan dianggap sebagai “Tirta Suci” Wisata budaya yang terdapat di kawasan Gunung Batur adalah Trunyan.

  • Gunung Prau, Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah memiliki gunung yang memiliki pemandangan indah namun jalur pendakiannya mudah, namanya adalah Gunung Prau. Gunung ini memiliki  ketinggian 2.565 MDPL.

Di atas puncaknya, Kamu bisa melihat ribuan bunga Daisy yang sangat cantik jelita. Pemandangan ini biasanya muncul kala musim penghujan seperti bulan Desember. Puncak Gunung Prahu merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan dapat kita jumpai di puncak. Bukan hanya itu saja, Kamu juga bisa melihat pemandangan puncak gunung di Jawa Tengah ketika sampai di puncak Gunung Prau, seperti Puncak Sindoro, Sumbing, Merapi, bahkan Merbabu.

  • Gunung Pangrango, Jawa Barat

Gunung Pangrango terkenal sebagai salah satu gunung tercantik di Jawa Barat karena memiliki spot bunga abadi, Edelweis terluas bernama Mandalawangi. Ini adalah spot terbaik untuk menikmati akhir tahun sembari menyusun resolusi 2019. Selain pemandangan edelweis, Kamu juga bisa melihat aneka air terjun dan beberapa spot cantik di Gunung Pangrango.

Ini adalah gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Ceremai. Pilihan terbaik untuk Kamu yang malas beranjak dari Jawa Barat saat akhir tahun.Merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Pangrango mempunyai ketinggian setinggi 3.019 meter dari permukaan laut. Puncaknya dinamakan Puncak Mandalawangi. Puncak Mandalawangi juga merupakan titik pertemuan batas tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. Gunung Pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Gunung Ceremai. Gunung Pangrango terletak persis bersebelahan dengan Gunung Gede dan berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Gunung Pangrango mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

  • Gunung Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta

Gunung Nglanggeran atau lebih dikenal dengan nama Gunung Api Putba juga masuk dalam deretan gunung untuk tahun baru 2019, karena di sini Kamu tak perlu mendaki dengan jalur ekstrem. Jalurnya masih standar dengan estimasi waktu pendakian yang singkat sekitar 3 jam dari basecamp.

Bukan hanya itu saja, di sini kamu juga bisa merasakan aneka wahana alam yang memacu adrenalin, mulai dari flying fox hingga panjat tebing. Tapi itu cuma optional saja, Kamu yang ingin bersantai di tenda juga bisa karena di sini terdapat banyak sekali spot untuk camping.

  • Gunung Kelimutu di Kabupaten Ende

Ini adalah gunung yang cukup mudah didaki di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Gunung ini memiliki kawah yang cantik yang biasa disebut dengan Danau Kelimutu. Di puncaknya, traveler bisa melihat tiga warna air danau yang berbeda-beda. Pendaki harus mendaki lebih awal pada pukul 3 pagi agar bisa melihat keindahan puncak Kelimutu dengan sunrisenya.

Itu sebagian rekomendasi objek wisata pendakian,namun  masih banyak lagi tentunya. Semoga bermanfaat dan menjadi list pilihan bagi kamu.

Iklan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker