DuniaPeristiwaUncategorized

Profesi Yang Dianggap Sepele Masyarakat

Iklan

Indonesia memang negara yang unik, antik, dan termasuk kaya. Tak hanya akan sumber daya alam dan budaya, namun juga karakter masyarakatnya. Kekayaan karakter ini pun melahirkan begitu banyak profesi yang berbeda. Namun, tak semua profesi yang ada sekalipun  halal dipandang dengan tingkat respek yang sama. Banyak profesi yang kita pandang sebelah mata padahal mungkin saja itu menjadi jalan mensejahterakan dan memudahkan hidup kita. Masyarakat umumnya memilih pekerjaan yang memang simbolik atau anggapan masyarakat itu luar biasa, dengan title yang anggap mereka bagus padahal itu bisa saja hanya sementara. Banyak sekali profesi yang dianggap sepele, remeh, dan sederhana namun bisa bermanfaat untuk dirinya dan juga orang lain.

  • Tukang Parkir

Tahu engga sikhh anda tukang pakir??? Pekerjaan yang dianggap menggangu, atau pungli bagi sebagian orang yang menilainya, padalah pekerjaan ini sangat berperan penting sekali bagi anda. Biasanya sih anak-anak muda seperti kita malas bayar parkir. Apalagi, kalau kita cuma mau beli pulsa aja atau ambil uang di ATM. Namun tak setiap waktu kok kehadiran tukang parkir itu mengganggu. Seringkali, justru karena adanya tukang-tukang parkir inilah deretan motor dan mobil kita bisa terparkir rapi di jalan. Mereka pula yang menjaga kendaraan dan helm kita dari tangan-tangan jahil yang bertanggungjawab.

  • Petani

Apa sikh yang terpikir didalam pikiran anda mengenai petani? Petani itu kusam, panas-panasan, disawah, atau apalagi yang pastinya jawaban menyepelekan  profesi ini. Padahal asal kalian tahu kita makan nasi dan  nasi menjadi makanan pokok bagi penduduk Indonesia, nasi ini hasil kerja keras seorang petani hasil pengolahan yang dilakukan dengan sedemikian rupa tahapannya. Kita hanya tahu makan, ada nasi yang bisa dimakan tidak memikirkan hasil engganya panen, rugi engga nya hasil. Secara tidak langsung kita membutuhkan sekali petani namun kita anggap pekerjaan ini pekerjaan yang sepele dan mungkin bagi kalangan anak kota sudah dianggap pekerjaan hina.

  • Tukang Sampah

Padahal tanpa ada truk sampah itu, bau sampah di truk atau Tempat Pembuangan Akhir akan terus tinggal di depan rumahmu. Tanpa mereka yang bersedia memasukkan kedua tangan mereka yang terbungkus sarung ke dalam tong sampah, tanpa mereka yang dengan giat memisah-misahkan sampah anorganik dan organik, kamu harus meluangkan berjam-jam waktumu untuk membawa sampah sendiri ke TPA di pinggir kota. Namun, pekerjaan ini masing sering kita anggap pekerjaan tidak terhormat dan sepele, namun ada manfaat lebih bagi banyak orang juga alam.

  • Petugas Taman Kota

Taman kota yang sering anda pakai untuk nongkrong bareng teman-teman maupun sekedar menikmati sore bersama pacar tercinta ternyata di baliknya ada pihak yang bertanggung jawab membersihkannya siapa lagi kalau bukan petugas taman kota. Mereka inilah yang membersihkan, menyiram, dan merawat tetumbuhan yang ada di taman sehingga terciptalah suasana nyaman serta asri seperti yang kamu nikmati saat ini.

  • Tim SAR

Sesuai namanya, SAR kepanjangan dari Search and Rescue adalah petugas yang berperan untuk mencari dan menyelamatkan orang hilang atau korban kecelakaan. Profesi ini bakal anda sering dengar ketika ada bencana alam yang melanda, maupun ketika ada kecelakaan seperti tenggelamnya kapal, maupun pencarian para pendaki yang tersesat di hutan maupun gunung belantara.

  • Pedagang Bensin Eceran

Profesi ini mungkin banyak sekali anda jumpai, khususnya di daerah-daerah yang belum banyak dibangun POM bensin, atau daerah terpencil seperti kampung-kampung. Apalagi bagi anda yang sedang dalam perjalanan jauh dan kehabisan bensin ditengah perjalan, kemungkinan besar anda akan mencari pedagang bensin eceran sebelum anda menemukan POM bensin.

Sejatinya setiap pekerjaan itu sama, menghasilkan uang demi mencapai kebutuhan hidupnya sehari hari. Namun yang membedakan adanya anggapan bahwa sebagian pekerjaan itu dianggap pekerjaan yang tidak terhormatlah sepele lah padahal tujuannya sama. Apalagi dengan seiiring perkembangan zaman banyak profesi-profesi baru yang muncul dengan penggunaan teknologi-teknologi terbaru.

Iklan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker