HiburanTechnology

Developer Game Asal Indonesia yang Mendunia

Iklan

Di balik terciptanya sebuah video game, ada sekelompok orang yang bekerja keras untuk menghasilkan karya yang bagus dan diterima di masyarakat. Developer Game adalah sebutan untuk mereka yang ikut andil dalam membuat dan mengembangkan sebuah video game. Keberhasilan sebuah video game tak luput dari perjuangan orang-orang yang tergabung dalam sebuah developer. Potensi industri game di Indonesia kian berkembang. Hal itu terbukti dengan makin banyaknya muncul game-game lokal buatan anak Indonesia yang tak kalah kualitasnya bahkan mampu bersaing hingga ke kancah Internasional.

  • Touchten Games

Touchten Games didirikan di Jakarta oleh 3 bersaudara yaitu Anton Soeharyo, Roki Soeharyo dan Dede Indapurna. Ketiganya sukses menciptakan game-game keren yang tidak kalah dengan buatan luar negeri. Salah satu game buatan Touchten yang mendunia adalah Infinite Sky yang sukses masuk jajaran Top 10 Rank iOS App Store

  • Digital Happiness

Digital Happiness adalah developer asal Indonesia yang sukses memamerkan karyanya di mata dunia. DreadOut adalah karya Digital Happiness yang paling sukses hingga saat ini. Game bernuansa horor khas Indonesia ini sempat booming di luar negeri setelah dimainkan oleh seorang gamer terpopuler di Youtube, PewDiePie. Selain itu, dua karya mereka yang lain bertajuk The Hallway Raid dan DreadOut: Keepers of the Dark juga cukup dimati gamer baik dalam maupun luar negeri.

  • Toge Production

Toge Production yang dibangun oleh Kris Antoni berhasil meraih kesuksesan di kancah internasional berkat game Infectonator yang mendapat penghargaan sebagai Best Game of The Year dan Best Browser Strategy and Simulator pada tahun 2012 silam. Developer Indonesia yang satu ini memang tidak hanya menyediakan game dalam bahasa Indonesia saja, tapi juga beberapa bahasa lainnya termasuk Inggris, Arab dan Mandarin sehingga karya mereka pun lebih mudah diterima di negara lain.

  • Kidalang

Kidalang adalah developer game asal Bandung yang berhasil mendunia lewat game-game visual novel yang keren. Richard Imam dan Yohan Alexander adalah dua orang dibalik karya-karya Kidalang yang berhasil menarik perhatian dunia.

  • Anoman Studio

Anoman studio yang didirikan oleh Made Wira Aditya pada 2014 lalu. Berlokasi di Jakarta, Anoman Studio fokus mengembangkan game mobile dan desktop. Beberapa game yang pernah dibuat, seperti Mahabharat Warriors yang tersedia di Play Store, Kisah Anak Cahaya, dan Orbiz. Orbiz sendiri adalah permainan top-down dengan elemen-elemen yang dirancang untuk singleplayer dan multiplayer lokal

  • Solite Studio

Solite Studio berhasil mengharumkan nama bangsa melalui karya mereka yang mendunia. Developer lokal ini berhasil menarik perhatian dunia berkat salah satu game besutan mereka bertajuk Save the Hamster yang berhasil mendapatkan penghargaan di Microsoft Imagine Cup 2013 yang diselenggarakan di Rusia.

Itulah beberapa developer game Indonesia yang mendunia berkat karya-karyanya yang tidak kalah dengan buatan negara luar. Semoga kedepannya semakin banyak developer-developer lokal yang karya-karyanya bisa go internasional agar Indonesia semakin dikenal berkat prestasi yang ditorehkan anak bangsa.

Iklan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker