E-CommerceEntrepreneurshipUncategorized

Brand Lokal Yang Mendunia

Iklan

Brand lokal yang mendunia– Tidak dapat dipungkiri, kita pasti lebih sering membeli produk-produk dari luar negeri dibanding produk dalam negeri karena alasan kualitas. Namun jangan salah, produk Indonesia ternyata juga memiliki kualitas yang gak kalah bagus dari produk-produk asing. Bahkan beberapa produk Indonesia sudah mendunia dan go internasional. Memang Brand menjadi hal yang paling utama ketika membahas produk. Alasannya, Brand yang menjadi ukuran kualitas bagus atau buruknya dari produk tersebut. Berbicara soal kualitas, orang lebih percaya bahwa produk yang berasal dari luar negeri memiliki kualitas yang sangat bagus ketimbang produk lokal, sehingga mereka sudah memberikan label kalau produk dengan brand yang menggunakan kata asing sudah pasti berasal dari luar negeri. Nyatanya tak semua anggapan masyarakat itu benar. Walaupun jika dilihat dari penamaan brand atau logonya seakan-akan berasal dari luar negeri, tak sedikit brand lokal yang menghasilkan produk dengan kualitas bagus dan pemasarannya sudah mendunia.

  • Indomie

Indomie merupakan Brand  salah satu makanan pokok anak kos ,dan menjadi makanan instan yang paling banyak diminati dikalangan banyak orang.  Indomie sudah dipasarkan di hampir seluruh penjuru dunia, mulai dari Amerika, Australia, serta di berbagai negara di Asia, Eropa, hingga Afrika. Bahkan tidak sedikit penduduk negara-negara afrika yang mengira Indomie adalah produk buatan negara mereka sendiri.

  • Advan

Advan adalah vendor ponsel lokal yang cukup terkenal. Secara berani Advan mengeluarkan juataan Euro untuk mengendorse klub sepak bola ternama asal Spanyol,  Barcelona FC. Secara kualitas, Advan tidak kalah dari produk-produk luar. Dan kabarnya Advan juga akan mengekspor produk-produk mereka ke beberapa negara.

  • Polytron

Polytron merupakan Brand elektronik asli Indonesia yang mampu bersaing dengan produk-produk dari Jepang dan Korea. Bahkan produk-produknya beraneka ragam, baik  untuk keperluan rumah tangga, sosial, maupun yang lainnya.

  • Polygon

Polygon merupakan salah satu Brand sepeda asli Indonesia yang sangat digandrungi masyarakat, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Brand lokal ini diproduksi di Sidoarjo, Jawa Timur yang memproduksi berbagai macam jenis sepeda, diantaranya sepeda gunung, sepeda mini untuk anak-anak hingga sepeda lipat dan sebagainya. Kualitasnya yang tidak diragukan lagi membuat produk polygon sudah mendunia. Bahkan, sudah pernah dipakai atlet dunia, seperti Tim-tim Downhill kelas dunia.

  • Eiger

Bagi pencinta alam, Brand Eiger tentunya tak asing lagi. Karena memang disediakan khusus bagi para petualang di alam bebas. Sehingga produk yang dihasilkan akan lebih kuat dan tahan lama. Tak salah jika Eiger menjadi salah satu merek lokal mendunia. Ronny Lukito adalah pendiri Eiger yang memproduksi peralatan out door untuk para pendaki gunung.

Dulunya Eiger hanya memproduksi satu macam produk saja yaitu tas yang dia buat di sebuah rumah kontrakan dengan dua orang tukang jahit.  Eiger sendiri kini telah mengusai pasar Indonesia dan luar negeri seperti Singapura, Filipina, Jepang dan Libanon.  Dan menjadi Brand  lokal yang mendunia.

  • AQua

Nama AQua tentunya tak asing lagi di Indonesia. Air mineral kemasan ini siapa sangka akan mendunia bahkan menjadi trendsetter di beberapa negara. Padahal awal muncul, AQua tak diakui keberadaanya. Karena hanya menjual air mentah yang dikemas. Bahkan saat diberikan secara gratis AQua justru ditolak. AQua kini menjadi merek air minum dalam kemasan (AMDK) terbesar di wilayah Asia, Timur Tengah dan Pasifik, bahkan menurut survei Zenith  International. Bahkan meski sudah wafat Tirto merupakan orang Asia pertama yang masuk ke dalam Hall of Fame industri bottled water. Dan sejak tahun 1987, AQua telah merajai Singapura, Malaysia, Maldives, Fiji, Australia, Timur Tengah dan Afrika.

Kualitas luar negeri tak selamanya bagus dan Brand yang menggunakan bahasa asing tak semuanya miliki luar negeri. Nyatanya banyak Brand Indonesia yang produknya di ekspor ke luar negeri karena memiliki kualitas yang lebih bagus dari Brand lainnya. Dengan begitu, kita sebagai warga Negara Indonesia haruslah bangga dengan hasil karya para pengusaha yang mampu bersaing di pasar dunia. Ayo, mulailah dari sekarang untuk selalu gunakan produk dalam negeri. Karena masih banyak lagi brand-brand lainnya yang asli buatan Indonesia.

Iklan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker