BisnisTechnology

Teknologi Masa Depan Yang Sedang Dikembangkan

Iklan

Teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat dari masa ke masa. Seolah tidak pernah mencapai puncak kepuasan, para ilmuwan terus berusaha menciptakan inovasi-inovasi terbaru di dunia teknologi. Banyak benda-benda canggih telah direncanakan untuk diciptakan di masa depan. Saat ini para ilmuwan sedang sibuk mempersiapkan beberapa teknologi canggih yang telah direncanakan sebelumnya. Berikut beberapa teknologi canggih yang sedang dikembangkan :

  • Komputer Kuantum

Bermula dari ide yang dicetuskan oleh beberapa fisikawan mengenai sistem kuantum yang dapat melakukan proses penghitungan dan bisa juga menjadi simulator bagi percobaan fisika kuantum. Para ilmuwan mulai melakukan riset mengenai sistem kuantum dan logika yang sesuai dengan sistem tersebut untuk mengembangkan Komputer Kuantum. Komputer Kuantum adalah alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum untuk melakukan operasi data. Dibandingkan komputer biasa, komputer kuantum dipercaya dapat menyelesaikan masalah lebih cepat. Tidak hanya bekerja lebih cepat, komputer kuantum juga dapat memecahkan hampir semua program pembuat kode pelindung yang digunakan di dunia perbankan, medis, bisnis dan pemerintah di seluruh dunia. Komputer ini bahkan mampu melakukan jutaan kalkulasi pada saat yang bersamaan dan memprediksi perkiraan cuaca di bumi beserta gejala-gejala alam lain dengan sangat akurat.

  • Nanoteknologi

Teknologi canggih berikutnya yang sedang dikembangkan saat ini adalah Nanoteknologi yang merupakan sebuah teknologi berukuran 1/semilyar meter yang memungkinkan manusia untuk memanipulasi partikel-partikel super kecil berukuran nyaris sekecil atom. Dengan Nanoteknologi ini, manusia dapat menciptakan material-material baru berbentuk partikel yang bisa dimanfaatkan untuk segala hal. Bahkan dengan Nanoteknologi, manusia bisa menciptakan komputer super kecil dengan media penyimpanan mencapai jutaan GB. Hal ini tentu saja akan sangat memudahkan manusia di mana kita bisa menyimpan sebanyak apa pun data-data penting dalam benda seukuran dua jari.

  • Pembaca Pikiran

Salah satu badan komputer di dunia, IBM, tengah mengembangkan sebuah komputer yang dapat berinteraksi dengan manusia melalui pikiran. Manusia hanya perlu memakai headset yang mampu membaca gelombang pikiran dari otak yang kemudian akan dikirimkan melalui komputer. Jadi, manusia tidak perlu menggerakkan tangan untuk mengotak-atik komputer, cukup dipikirkan dan perintah manusia akan segera diterima oleh komputer canggih tersebut.

  • Scarmjet

Para ilmuwan sedang mengembangkan pesawat Scarmjet yang bisa membawa penumpang terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara, Mach 10. Bayangkan seberapa cepatnya! Perjalanan yang biasa ditempuh berjam-jam hanya akan memakan waktu beberapa menit saja.

Scramjet bahkan tidak menggunakan bahan bakar yang mahal dan berat melainkan hidrogen cair yang dicampur dengan penyedotan oksigen langsung dari atmosfer. Dengan Scramjet, penerbangan dari satu negara ke negara lainnya akan menjadi secepat kilat.

  • Hologram

Jika selama ini kita hanya bisa melihat teknologi hologram dalam film-film hollywood seperti Star Wars, maka beberapa tahun ke depan, teknologi tersebut akan ada di dunia nyata. Hologram adalah sebuah alat komunikasi 3D yang memungkinkan penelepon seolah-olah sedang duduk berhadap-hadapan dengan seseorang yang dihubungi. Sebuah perusahaan asal Polandia sedang mencoba mengembangkan teknologi canggih ini dan merencanakan perilisannya sekitar 5 tahun yang akan datang.

Iklan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker