DuniaInfo EzyPeristiwa

Sistem dan Mutu Pendidikan Indonesia

Iklan

 Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu dan membuatnya menjadi seorang manusia yang kritis dalam berpikir.  untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi di dalam diri para peserta didik. Dengan pertumbuhan kecerdasan dan potensi diri maka setiap anak bisa memiliki ilmu pengetahuan, kreativitas, sehat jasmani dan rohani, kepribadian yang baik, mandiri, dan menjadi anggota masyarakat yang bertanggungjawab. Sebagaimana fungsi pendidikan adalah untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak, kepribadian, agar peserta didik menjadi pribadi yang bermartabat.

 Sistem pendidikan atau kurikulum di Indonesia masih sering berubah. Munculnya kata ‘uji coba’ dan ‘kelinci percobaan’ merupakan bukti nyata dari argumen saya. Saya sendiri, ketika Sekolah Menengah Atas, secara langsung menjadi kelinci percobaan. Selanjutnya, mata pelajaran yang didominasi mata pelajaran eksakta pun membuat saya merasa heran. Setiap siswa memiliki kemampuan dan daya serap yang berbeda-beda. Ada anak yang senang dengan matematika namun ada anak yang lebih senang dengan pelajaran seni. Einstein sendiri pernah berkata ‘Setiap orang adalah jenius. Tapi kalau kamu menilai seekor ikan dari kemampuannya memanjat pohon, maka selama hidupnya dia akan mempercayai bahwa dia bodoh’. Jadi, wajarkah jika saya merasa tidak puas dengan sistem pendidikan kita? Padahal sebagaimana peribahasa tentang uang, ‘pendidikan memang bukan segalanya, namun segalanya butuh pendidikan’. Pendidikan yang saya maksud bukanlah pendidikan dalam artian formal saja, namun lebih luas lagi. Pendidikan yang saya maksud disini adalah proses belajar yang setiap orang lalui pada setiap fase kehidupan mereka.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut ada beberapa hal yang bisa dilakuakn diantaranya:

• Perubahan Kurikulum Belajar

Kurikulum merupakan dasar atau jadwal pendidikan yang akan diajarkan oleh guru kepada peserta didiknya. Perubahan kurikulum ini harus dipertimbangkan dengan matang agar peserta didik dan pendidik bisa melaksanakannya dengan baik. Jangan sampai kurikulum itu dijadikan sebagai ajang uji coba yang akan membuat sistem pendidikan kacau.

• Peningkatan Mutu Guru

Peningkatan mutu guru bisa dilakukan dengan penyeleksian guru pendidik sebelum mereka mengajar pada suatu sekolah. Dengan adanya seleksi yang tepat ini diharapkan guru benar-benar merupakan tenaga pilihan yang bisa membimbing muridnya dengan baik. Dan jangan lupakan kesejahteraan seorang guru itu harus dioptimalkan, baik guru honorer maupun PNS.

• Bantuan Operasional Sekolah ( BOS )

Pada intinya bantuan ini dirancang pemerintah untuk membantu sekolah yang tidak mampu agar bisa menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yng layak dan dibutuhkan siswa didiknya. Namun kadang program ini disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga penyampaiannya masih belum optimal. Dan masih banyak yang penyalurannya itu tidak sesuai.

• Bantuan Khusus Murid (BKM)

Program pemerintah ini khusus untuk membantu biaya bagi murid yang tidak mampu agar bisa mengenyam pendidikan sama seperti anak lainnya. Dan ini harus menjadi perhatian khusus pemerintah.

• Sarana Pendidikan Yang Maju

Secara otomatis jika  mutu pendidikan di negara kita ingin maju maka sarana dari pendidikan tersebut harus ditingkatkan lebih baik lagi. Bila sarana pendidikan bagus dan modern maka siswa bisa melaksanakan pendidikan dengan nyaman. Kenyamanan mereka itulah yang menjadi kunci kesuksesan dalam proses belajar.

• Pemerataan Pendidikan

Pendidikan tidak hanya untuk mereka yang berada di kota namun didaerah terpencil juga harus mendapatkan pendidikan yang layak. Inilah yang menjadi tugas pemerintah untuk pemerataan pendidikan di semua wilayah. Karena masih banyak anak-anak Indonesia khususnya di pedalaman yang belum bisa mengenyam pendidikan dikarenakan banyak aspek, baik sarana, tenaga didik, maupun pemerataan dana yang masuk.

Iklan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker