About WebsiteBisnisTechnology

Konsep Pembuatan Web

Iklan

Sebelum membuat web secara profesional tugas penting sebagai sebagai pengembang web adalah memberikan ide dan gagasan tentang point apa saja yang akan ditampilkan dalam sebuah halaman web. Dengan demikian seorang pengembang web harus berkonsultasi dengan pemilik web agar segala sesuatu yang menjadi tujuan pemilik web dapat terpenuhi. Agar web yang dibuat nampak profesional perlu memahami beberapa konsep dasar dalam mengolah web, mulai dari tool yang digunakan, format gambar yang sesuai, hingga pemilihan warna teks dan latar belakang sebuah halaman web. Berikut beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah website :

  • Dapat Digunakan (USABILITY)

Usabiity merupakan hal yang sangat penting dalam merancang sebuah web. Umumnya pengguna/user ingin mendapatkan informasi secara cepat meskipun tampilan websitenya biasa saja.

  • Navigasi (NAVIGATION)

Navigasi juga menjadi hal yang sangat penting dalam merancang sebuah  website yang berfungsi untuk pengguna/user dalam menjelajah website kita untuk mencari informasi yang diinginkan secara mudah.

  • Konsep Penulisan (WRITING CONCEPT)

Teknik penulisan dalam web berbeda dengan penulisan untuk publikasi (cetak).

  • Kesederhanaan (SIMPLICITY)

Kesederhanaan merupakan hal penting dalam membuat sebuah web profesional. Sederhana disini bukan dalam arti tampilan situs, namun lebih mengarah ke teknik penulisannya.

  • Mudah Diakses (ACCESSIBILITY)

Suatu hal yang mudah diakses kesemua orang dengan mengabaikan browser, paltform, sistem operasi, tersambung atau putus merupakan hal yang sangat utama untuk mempertimbangkan ketika merancang sebuah website.

  • Kebutaan Warna (COLOR BLINDNESS)

Jangan menngunakan warna sebagai salah satu kunci rahasia, oleh karena itu gunakan selalu garis bawah jika merupakan sebuah link, karena website anda tidak akan nampak pada orang yang buta warna seperti yang telah anda rancang.

  • Grafik (GRAPHIC)

Unsur grafik sangat diperlukan dalam sebuah website, karean memilki beberapa fungsi. Namun jika terlalu banyak mengunakan grafik bisa jadi website kita akan menimbulkan berbgai masalah. Sehingga perlu mempertimbangkan berbagai sudut pandang dalam penggunaan grafik.

  • Teknologi Baru (NEW TECHNOLOGY)

Perkembangan internet yang begitu pesat membuat beberapa web developer menambahkan teknologi baru dapat menampilkan aplikasi yang dibutuhkan. Sebagai web developer tentu saja harus selalu mengikuti berbagai perkembangan di dunia maya agar ketika merancang web tidak timbul masalah akibat dari pengguna teknologi yang sudah kadaluarsa.

Iklan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker