About WebsiteTechnology

4 aplikasi tertua di dunia

Ada banyak sekali aplikasi yang pernah di buat  dengan berbagai fungsi , namun sudah pada tahu belum apa saja sih aplikasi yang pertama di buat atau aplikasi aplikasi yang paling tua di dunia , seiring perkembangan zaman aplikasi kini semakin berkembang dan gampang terintegrasi dengan hardware sehingga aplikasi berjalan smooth , okeh langsung saja ini dia aplikasi aplikasi tertua di dunia

1. WorldWideWeb


Pencipta konsep yang menjadi cikal bakal internet, Tim Berners-Lee, memperkenalkan WorldWideWeb alias CERN Browser pada 1990. Browser pertama di dunia yang dibuat berdasarkan konsep orisinal “Bapak Internet Dunia” ini ternyata juga bisa berfungsi sebagai editor situs dan laman. WorldWideWeb pun juga dilabeli sebagai modifikator web pertama, mengingat browser ini sudah bisa mencantumkan link dan gambar dalam laman.

Awalnya, WorldWideWeb hanya bisa digunakan di sistem operasi NeXTStep. Namun, Nicola Pellow, yang saat itu sedang magang di CERN, mengusulkan ide baru dan sedikit memodifikasi browser tersebut. Pada akhirnya, browser ini pun bisa difungsikan di UNIX dan MS-DOS.

Sebagai informasi tambahan, WorldWideWeb juga punya nama lain, yaitu Nexus. Pemberian alias ini ditujukan agar khalayak bisa membedakan nama browser ini dengan sistem world wide web atau web yang menjadi bagian dari internet. Namun, nama Nexus ini tidak punya kaitan dengan seri handset produksi Google dengan nama yang sama.

2. Erwise

Dirilis berkat kerja keras empat mahasiswa asal Finlandia pada 1992, Erwise punya kemampuan yang mendekati browser yang Anda pakai saat ini. Erwise sudah dapat mengenali beberapa macam font, menggarisbawahi hyperlink, mengenali perintah double-click untuk menuju ke laman selanjutnya, dan bisa membuka beberapa window. Berners-Lee bahkan sempat memuji Erwise sebagai browser pintar.

Sayangnya, Erwise tidak bisa dikenalkan secara meluas di dunia. Pasalnya, kondisi Finlandia saat itu sedang terpuruk dan minim investor. Kalau saja proyek Erwise bisa diteruskan, bukan tidak mungkin jika nama Kim Nyberg, Kari Sydänmaanlakka, Teemu Rantanen, dan Kati Suominen akan tercatat di sejarah dunia sebagai tokoh penting bagi perkembangan browser.

3. ViolaWWW

Di tahun yang sama dengan peluncuran Erwise, Pei-Yuan Wei sukses mengembangkan ViolaWWW. Viola, yang merupakan kepanjangan dari Visually Interactive Object-oriented Language and Application, sebenarnya terinspirasi dari program Mac bernama HyperCard. Program tersebut bisa membangun matriks yang terbuat dari dokumen dengan hyperlink.

Salah satu perbedaan signifikan yang ditawarkan oleh Viola adalah browser ini sudah mengenal script dan applet (aplikasi yang sangat kecil dengan fungsi sederhana) dalam sebuah laman. Keistimewaan tersebut pun mengilhami fitur applet buatan Java beberapa tahun setelahnya.

4. Mosaic

Ya, inilah browser yang paling dekat dengan cikal bakal dari browser sekarang. Meski begitu, kelahiran browser yang dikembangkan oleh NCSA ini tidak bisa dilepaskan begitu saja dari WorldWideWeb, Erwise, dan ViolaWWW, karena Mosaic menyempurnakan inovasi dan ide mereka.

Mosaic juga dijuluki sebagai browser grafis pertama sepanjang sejarah, mengingat browser ini punya banyak fitur web inovatif, seperti bisa menampilkan file video dan audio serta menyimpan bookmark dan history. Tak hanya itu, Mosaic juga sudah mendukung konsep lintas platform, karena bisa dipasang di komputer bersistem operasi Windows, Unix, Amiga, dan Macintosh. Intinya, kehadiran browser yang dikembangkan pada 1993 ini telah menandai masa di mana browser bisa sangat ramah pada pengguna non-programmer dan mampu menyajikan grafis yang menyenangkan pula.

Berikut adalah daftar 4 aplikasi aplikasi tertua , semoga sedikit informasi ini dapat bemanfaat , dan terimakasih sudah mampir , jangan lupa bahagia 😀

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close