Tutorial

Cara Tambah Produk dan Kategori Produk

Introduction

Proses instalasi WooCommerce telah anda lalui. Begitu pula dengan proses setting toko seperti pengaturan metode pembayaran, metode pengiriman, mata uang dan sebagainya. Bagi anda yang belum mengetahui langkah- langkah instalasi, dapat anda baca di Panduan Instalasi WooCommerce di WordPress. Dan bagi anda yang belum mengerti tentang cara setting WooCommerce, maka dapat anda baca di Panduan Setting WooCommerce di WordPress. Nah, sekarang yang harus anda lakukan yaitu menambah produk atau barang yang ingin anda jual.

Persiapan Sebelum Menambah Produk

Adapun langkah- langkah yang ahrus dipersiapkan sebelum menambah produk di WooCommerce yaitu,
1. Buka website berbasis wordpress yang anda miliki kemudian tambahkan /wp-admin atau /wp-login di belakang nama domain. Misalnya www.namadomain.com/wp-admin. Kemudian isikan username dan password dari WordPress itu sendiri. Lalu klik Log In
enter image description here
2. Kemudian, anda akan diarahkan ke dashboard WordPress. Setelah anda melakukan instalasi WooCommerce maka terdapat dua menu tambahan yaitu WooCommerce dan Products. Pada bagian Products ini anda dapat menambah produk, menambah kategori produk, dan menambah atribut produk.
enter image description here

Menambah Kategori Produk

Pertama, tama yang dilakukan sebelum menambah produk yaitu menambah kategori produk. Pilih menu Categories. Kemudian tuliskan kategori produk yang ingin anda jual pada kolom Add New Product Category. Setelah selesai, klik Add New Product Category. Maka kategori produk anda telah selesai dibuat.
enter image description here

Menambah Atribut Produk

Kemudian, buat atribut produk terlebih dahulu. Atribut produk merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan produk seperti ukuran, merek, warna, dan sebagainya. Tuliskan atribut produk pada kolom Add New Attribute. Lalu klik Add Atribute.
enter image description here

Menambah Produk

  1. Setelah kategori dan atribut dibuat maka langkah selanjutnya yaitu klik Add Product. Pada kolom Add New Product, tuliskan produk yang ingin anda jual.
    enter image description here
  2. Kemudian scroll ke bagian bawah, maka anda akan menemukan dashboard seperti berikut. Di dalam dashboard ini, anda dapat mengatur produk yang ingin ditambahkan. Seperti menambahkan atribut barang, deskripsi barang, ahrga barang dan sebagainya. Apabila anda tidak memiliki atribut tertentu seperti ukuran, merek, warna, dll maka pilih Simple Data. Apabila anda memiliki atribut tertentu maka pilih Variabel Product.

    Tab General

    Pada tab General ini, tambahkan kode produk.
    enter image description here

    Tab Inventory

    Pada tab Inventory, dapat anda tambahkan jumlah stok produk. Beri tanda centang pada enable stock management at product level. Tuliskan jumlah stok pada kolom Stock Qty.
    enter image description here

    Tab Shipping

    Pada bagian ini, anda dapat menambahkan berat, tinggi, lebar serta panjang produk.
    enter image description here

    Tab Attributes

    Pada bagian ini, anda dapat menambahkan atribut yang telah ditambahkan tadi. Pada Custom product attribute, pilih atribut yang ditambahkan. Misalnya atribut warna, kemudian klik Add. Tuliskan warna barang lalu klik Save Attributes. Berikan tanda centang pada Used for Variations.
    enter image description here

    Tab Variations

    Anda dapat memberikan variasi pada stok barang. Misalnya, barang A dengan Ukuran X memiliki stok C. Sehingga, didapatkan barang yang sama dengan stok yang berbeda di setiap atributnya. Pada pilihan Add Variations, klik Go. Tentukan produk yang ingin divariasi. Kemudian klik toogle disamping tanda Remove.
    enter image description here
    Maka akan muncul form yang dapat anda isi sesuai dengan produk anda. Setelah itu klik Save Changes.
    enter image description here

Menambah Deskripsi Produk

Adapun step selanjutnya yaitu menambahkan deskripsi produk. Anda dapat menambah deksripsi produk pada Product Short Description.
enter image description here

Menambah Gambar Produk

Untuk menambah gambar produk maka pada bagian Product Image klik Set product image.
enter image description here
Kemudian pilih gambar produk yang sesuai. Setelah selesai, maka pilih Set product image.
enter image description here
Bagi anda yang ingin memasukkan gambar lebih dari satu, maka pada bagian Product Gallery pilih Add product gallery images.
enter image description here
Pilih gambar produk lainnya yang akan ditampilkan. Setelah itu klik Add to gallery.
enter image description here

Memilih Kategori Produk

Jangan lupa untuk memasukkan kategori produk di bagian Product Categories.
enter image description here

Mempublish Produk

Setelah itu, klik Publish. Maka produk anda telah ditambahkan.
enter image description here

Produk Siap di Pasarkan

Untuk melihat produk yang ditambahkan, maka klik Products. Pilih produk yang ingin dilihat. Kemudian, klik View.
enter image description here
Maka proses menambahkan produk pada toko online telah selesai.
enter image description here

Closing

WooCommerce merupakan salah satu plugin WordPress yang cukup mumpuni dalam pembuatan toko online. Setelah melakukan instalasi dan setting beberapa pengaturan dalam toko online, maka saatnya menambahkan produk yang ingin dijual. Proses menambahkan produk ini cukup mudah dan cepat. Anda dapat juga menambahkan atribut, deskripsi, harga serta gambar produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close