Search
Close this search box.
ezy img

Mudah Dan Praktis ! Ketahui 3 Cara Untuk Screenshot Di Laptop !

Sobat ezy, gimana nih puasa hari ketujuh nya ? semoga lancar sampai ied fitri ya .xixi Btw, ngomongin soal laptop kalian pasti sering kan baca artikel atau nulis artikel di laptop ? apakah pernah terlintas dipikiran kalian pas lagi baca artikel itu jadi pengen screenshot dan di posting ke story ? tapi kalian gatau gimana cara screenshot di laptop itu ? hmmm… ayo mimin kasih tau caranya !! jangan di skip yaa sobatt 🙂

Sebuah tangkapan layar atau screenshot memungkinkan Anda menangkap dengan tepat apa yang Anda lihat di layar untuk dibagikan dengan orang lain atau untuk disimpan. Ini dikarenakan mengambil, menyimpan, dan membagikan tangkapan layar bisa sangat membantu terutama jika Anda memerlukan dokumentasi. Pada dasarnya screenshot seringkali berfungsi sebagai artefak zaman baru yang berfungsi sebagai cara untuk membuktikan kepada orang lain bahwa Anda menyimpan sebuah bukti akan hal- hal tertentu misalnya, sebagai bukti bahwa seseorang mengirimi Anda email yang berpotensi merugikan Anda.

Dengan adanya screenshot tadi, tidak hanya membantu Anda membuktikan kasus Anda, mereka juga membantu Anda mengarsipkan masa lalu. Bahkan tangkapan layar dapat membantu Anda mengetahui tampilan situs web sebelum terbaru diperbarui, pesan kesalahan aneh yang Anda dapatkan beberapa bulan lalu, atau bahkan artikel yang sekiranya bermanfaat dan berguna nantinya.

3 Cara Screenshot Melalui Laptop Windows

Dibawah ini adalah beberapa cara untuk melakukan screenshot di laptop Windows dengan versinya masing- masing.

Menggunakan tombol windows + print screen khusus windows 8 dan 10 

Untuk versi windows 8 dan 10 yang merupakan pengembangan lebih lanjut Windows 7 ada perbedaan tentang tata cara melakukan screenshot. Screenshot di windows 8 dan 10 bisa langsung tersimpan tanpa harus me-paste nya terlebih dahulu di software Paint. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows + Print Screen. Hasil dari gambar melalui cara ini akan langsung tersimpan di folder picture tepatnya di screenshots.  Kekurangan dari cara ini adalah ukuran ss yang tidak bisa dikustomisasi, jadi layar yang ditangkap full satu layar.

Menggunakan tombol windows + print screen semua windows

Sedikit lebih kompleks dibandingkan cara sebelumnya, namun bisa dilakukan melalui windows 7, 8, dan 9. Cara ini juga umum dilakukan para pengguna Windows. Cara screenshot melalui cara ini sebenarnya cukup mudah dengan menekan tombol tersebut lalu masuk ke dalam software Paint. Gambar hasil ss tidak langsung tersimpan namun harus di paste dulu di Paint. Jika sudah paste saja, atau tekan CTRL + V. Gambar akan ditampilkan dan simpan pada folder yang diinginkan. Ringkasnya tekan prt sc -> buka software Paint ketikkan di kolom pencarian windows Paint -> Paste atau tekan CTRL + V -> Simpan.

Menggunakan Bantuan Aplikasi Snipping Tool

Cara yang menggunakan bantuan aplikasi yang sering digunakan dan merupakan aplikasi bawaan Windows adalah Snipping Tools walau aplikasi ini tersedia di versi windows Vista ke atas dimana mulai dari versi windows 7,8,dan 10 sudah bisa menggunakannya. Cara melakukan ss melalui aplikasi ini adalah buka dulu aplikasinya atau cari di kolom pencarian windows. Klik lalu akan muncul tampilan sederhana Snipping Tool. Klik New, dimana pada bagian ini kamu bisa melakukan ss sesuai dengan ukuran yang kamu mau. Selain itu, kamu juga bisa memilih area layar yang di ss. Jika sudah screenshot simpan pada folder yang dikehendaki.

 

Setelah membaca artikel diatas kamu jadi tau gimana cara screenshot di laptop nih sobat. jangan lupa mempraktikannya dirumah atau di tempat kerja kalian yaa.. see you di next artikel;)

referensi

Postingan Terkait