Search
Close this search box.

Menggunakan Template Desain Situs Web? Pikirkan lagi

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sebagai pebisnis untuk menghadirkan citra profesional di internet. Memiliki website adalah salah satunya. Desain website dengan tampilan yang menarik, profesional, dan mudah digunakan adalah dambaan semua pebisnis. Sayangnya, situs web yang ideal seperti ini seringkali menghabiskan banyak uang. Akibatnya, banyak pebisnis mencari alternatif lain yang jauh lebih murah. Sehubungan dengan harga serta tingkat kepraktisan, pilihan jatuh pada template website.

Templat situs web adalah situs web di mana Anda tidak perlu mendesain semuanya dari awal. Anda hanya perlu memilih elemen atau tema yang ada untuk dapat segera memiliki website.

Karena kemudahan tersebut, banyak pebisnis yang menggunakan template website sebagai solusi membuat website yang mudah, cepat, dan terjangkau. Hal ini tentunya tidak menjadi masalah, hanya saja banyak pelaku bisnis yang belum memahami kelemahan dan kelebihannya.

Keuntungan Menggunakan Template Desain Situs Web

Biaya Relatif Murah

Memang benar bagi Anda yang baru memulai bisnis online, hal ini memang sangat menggiurkan. Bayangkan Anda bisa mendapatkan desain website yang menarik dan terlihat profesional dengan harga mulai dari $30 – $65. Berbeda jika membangun custom website melalui agen atau web developer, biayanya bisa sampai puluhan juta.

Proses Pembuatan Cepat

Bagaimana tidak, semua yang Anda butuhkan tersaji dalam satu kerangka template desain, dimana Anda hanya perlu mengubah beberapa elemen desain website seperti warna, gambar, logo dan lain sebagainya sesuai keinginan Anda. Memiliki situs web yang dibangun dari awal bisa memakan waktu berbulan-bulan. Dengan template, Anda bisa mendapatkannya dengan cepat dan siap dijalankan dalam beberapa hari.

“WAKTU ADALAH UANG”

Banyak pilihan

Ada ribuan template yang tersedia di website yang menjual desain template website di internet, mulai dari yang berbayar hingga template web gratis. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan/bisnis Anda. Tidak perlu khawatir dengan elemen desain seperti warna, tipografi, dan fitur website, semuanya bisa dimodifikasi karena kebanyakan penyedia template website profesional akan menyediakan semua pengaturan tersebut namun masih terbatas, tidak seperti website custom.

Meskipun semua keuntungan menggunakan template situs web sangat menjanjikan, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan beberapa kelemahan. Misalnya, bagaimana cara menyesuaikan template untuk kebutuhan situs web bisnis Anda? Apakah Anda memiliki keterampilan untuk memodifikasi template desain Anda sendiri?

Kekurangan Menggunakan Template Desain Situs Web

Kurang Unik dan Eksklusif

Templat situs web diunduh dan digunakan oleh ratusan pengguna. Jadi mereka tidak eksklusif dan unik untuk perusahaan Anda. Ingatlah, bahkan jika Anda membayar label harga yang mahal dan menginginkan desain eksklusif, orang lain telah membeli template sebelum Anda dan mereka masih memiliki hak untuk menggunakannya.
Juga, template yang sama mungkin telah digunakan oleh orang lain sebelum Anda. Anda mungkin perlu menyesuaikan desain situs web Anda sendiri jika Anda menginginkan desain yang lebih eksklusif untuk perusahaan Anda.

Kustomisasi Terbatas

Tanpa keterampilan pengkodean halaman web, Anda masih harus menghabiskan lebih banyak waktu dan uang untuk mempelajari cara membuat kode halaman web bahkan Anda harus menyewa pengembang untuk membantu Anda.

TIPS:

  • Pilih template yang mendukung visual composer untuk memudahkan Anda dalam mendesain website hanya dengan drag & drop.
  • Gunakan Plugin Elementor Gratis serta komposer visual untuk mendesain situs web wordpress dengan drag & drop tanpa coding.

Tidak Semua Template Situs Web Ramah SEO

Sebagian besar templat situs web tidak dioptimalkan untuk mesin pencari. Ingatlah bahwa mesin pencari lebih tertarik pada kata-kata daripada gambar.

Ketahuilah bahwa konten adalah jantung dari situs web Anda.

Templat situs web dengan banyak efek grafis dan animasi mungkin terlihat menarik, tetapi akan memakan waktu lebih lama untuk memuat konten. Hal ini juga akan mempengaruhi kinerja website Anda.

TIPS:
Gunakan template yang mendukung SEO-Optimized

Anda mungkin tidak memiliki keterampilan desain atau pemrograman untuk menyesuaikan template desain situs web yang Anda beli. Jangan sampai hal sepele ini menunda kehadiran bisnis online Anda. Delegasikan sekarang dan nikmati hasilnya. Anda dapat menemukan layanan pengembang, desainer, dan penulis konten di sini.

Freelancer

Freelancer adalah situs crowdsourcing berbasis tawar-menawar yang menghubungkan pemilik bisnis dengan pekerja lepas yang memenuhi syarat untuk pekerjaan jangka pendek atau jangka panjang. Ini menawarkan platform untuk memposting proyek, mengevaluasi tawaran, dan berkomunikasi dengan pekerja lepas.

Upwork

Upwork adalah salah satu platform crowdsourcing paling komprehensif, antara individu dan perusahaan yang menawarkan layanan mereka dalam pekerjaan TI, pemrograman, penulisan, desain, nasihat hukum, dan pemasaran. Anda menetapkan harga atau mengambil tawaran. Situs web ini adalah tempat yang baik untuk dijelajahi jika Anda memiliki proyek yang tidak sesuai dengan desain atau copywriting biasa yang dilayani oleh situs crowdsourcing lainnya.

99desain

99designs menghubungkan seniman grafis dan pembuat situs web dengan bisnis atau pengusaha yang membutuhkan pekerjaan desain. Perusahaan crowdsourcing ini berfokus pada logo, website, pakaian, ilustrasi dan desain kemasan. Tak sedikit desainer dari Indonesia yang ikut serta dalam situs ini.

Tidak seperti situs crowdsourcing lainnya yang menetapkan harga per proyek atau membiarkan Anda menetapkan harga sendiri, 99designs memiliki empat rencana untuk dipilih. Paket yang lebih mahal memberikan hadiah yang lebih besar kepada pemenang, yang berarti lebih banyak orang yang mengusulkan desain mereka, memberi Anda lebih banyak pilihan. besar.

Sribulancer

Sribulancer adalah situs crowdsourcing dari Indonesia untuk membantu pemilik bisnis menemukan freelancer yang tepat dari seluruh dunia. Layanan lepas mulai dari penulisan blog & artikel, penerjemah, pemrograman, desain web, desain grafis, pengisi suara, pembuatan video, penulisan email, penulisan konten situs web, dan banyak lagi. Sistem Sribulancer memanfaatkan data kinerja yang membuat proses seleksi freelancer mudah dan dapat diandalkan. Hingga saat ini, Sribulancer telah membantu lebih dari 1.000 perusahaan dan memiliki komunitas lebih dari 15.000 freelancer

KESIMPULAN

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan template desain website, jika Anda akan mulai membangun website untuk bisnis Anda dengan membeli template desain website, perhatikan poin-poin berikut ini.

  • Perhatikan kompatibilitasnya dengan CMS yang Anda gunakan
    (apakah itu menggunakan WordPress, Joomla, Drupal dan sebagainya)
  • Apakah ada dukungan dari penyedia template?
  • Bagaimana sistem garansi dari penjual template?
  • Dapatkah Anda menemukan tutorial instalasi template?
  • Perhatikan juga kecepatan memuat halaman situs web Anda. Anda dapat menggunakan alat online seperti
    Kecepatan Halaman Google

Google PageSpeed

GTmetrix

Adapun beberapa situs yang menjual berbagai macam template yang mungkin bisa Anda kunjungi:

Themeforest

Template Monster

Themes Kingdom

Rockett Themes

Studiopress

Kami berharap dengan memahami berbagai kelebihan dan kekurangan dari desain template website, Anda dapat menggunakannya dengan lebih bijak, terutama untuk bisnis Anda sendiri.

Baca juga: Mengapa UKM Memerlukan Desain Logo Profesional?

Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

Postingan Terkait